Pilih Mana: Clay Mask atau Sheet Mask?

Masker wajah adalah bagian dari perawatan wajah berkala yang dibuat dari berbagai macam bahan-bahan dengan kelebihannya masing-masing. Ragam masker wajah tergantung pada jenis dan masalah kulit. Contohnya seperti masker clay mask dan sheet mask.

Nah, Dalam postingan kali ini kami akan mebandingkan antara jenis masker Clay Mask dan Sheet Mask, agar kalian tidak salah pilih jenis masker yang cocok untuk kebutuhan kalian ya. Yuk langsung saja ke pembahasan di bawah ini!

Clay Mask atau Sheet Mask

Clay Mask

Clay mask merupakan masker unggulan buat para pecinta masker. Masker jenis ini diminati oleh banyak orang karena lebih membersihkan dan meresap dikulit wajah. Pada dasarnya, clay mask digunakan untuk membersihkan pori, mengangkat sel kulit mati dan ampuh membasmi jerawat sehingga kulit terlihat kencang dan menawan. Baca juga: Bagus mana Masker Aztec Clay Mask atau Masker Jafra?

Clay mask merupakan masker berbahan dasar tanah liat yang berfungsi mengangkat semua debu dan kotoran, serta menyerap kelebihan minyak di wajah. Clay mask sangat cocok digunakan pada kulit kombinasi, berminyak, sampai berjerawat.

Kelebihan Clay Mask

  • Sebagai antibakterial
    Clay mask terkenal dengan kemampuannya menyerap racun, tetapi tidak hanya itu loh. Ternyata clay mask juga mampu menyerap bakteri dan patogen berbahaya baik di permukaan maupun dalam pori-pori kulit yang bertanggung jawab atas berbagai masalah kulit seperti jerawat dan alergi. 
  • Bisa sebagai detoksifikasi 
    Clay mask memiliki fungsi detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dampak buruk polusi, radikal bebas, debu, dan kotoran yang menyebabkan kulit wajah bermasalah dapat diatasi dengan clay mask. Penggunaan clay mask secara rutin selama seminggu sekali membuat kulit wajah terasa segar dan bersih hingga ke dalam pori-pori.
  • Dapat mengecilkan pori-pori
    Masalah jerawat serta pori-pori besar menjadi masalah umum yang sering dihadapi setiap perempuan. Penggunaan clay mask dapat meminimalkan ukuran pori-pori dan menghaluskan kulit wajah Anda. Kulit Anda juga akan terasa lebih lembut dan tekstur wajah akan tampak lebih segar. Masker ini mampu mengurangi tampilan pori-pori besar penyebab minyak berlebih.

Kekurangan Clay Mask

  • Cukup rumit digunakan
    Jika dibandingkan dengan sheet mask pemakaian yang cukup simple, berbeda dengan clay mask. Dimana jika menggunakan clay mask ini harus menyiapkan kuas untuk mengaplikasikannya sehingga harus membeli kuas.
  • Penggunaan harus di bilas
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada clay mask ini yaitu masker ini harus dibilas, Hal inilah yang membuat para wanita berpikir ulang untuk menggunakannya, karena penggunaan yang cukup rumit.
Rekomendasi Clay MaskHarga Per November 2019
Innisfree Jeju Pore Clay MaskRp. 180.000
The Face Shop Jeju Volcanic Peel Off Clay Nose MaskRp. 80.000
Loreal Clay MaskRp. 150.000
Garnier Pure Active Matcha Clay MaskRp. 17.000
Sensatia Botanicals Acne Clarifying Charcoal MaskRp. 130.000

Clay Mask atau Sheet Mask

Sheet Mask

Sheet mask merupakan masker wajah yang berbentuk lembaran dan biasanya terbuat dari serat alami seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp kelapa. Lembaran ini biasanya telah melalui proses kimiawi yang diperkaya dengan serum dan air sebagai bahan utamanya. Umumnya, masker ini dibuat dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan protein tertentu sesuai dengan jenis dan manfaat yang ditawarkan.

Dibandingkan dengan masker biasa, sheet mask hanya bisa digunakan satu kali. Setelah ditempel ke wajah, lembarannya bisa langsung dibuang. Sisa serum yang menempel di wajah dibiarkan meresap tanpa perlu mencuci muka. Sedangkan masker oles biasa bisa digunakan berulang kali dan perlu dibilas dengan air hingga bersih setelah dipakai.

Sheet Mask ini juga dapat digunakan oleh siapa pun dari muda hingga tua, baik wanita maupun pria, asal disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Untuk penggunaan terbaiknya, sebaiknya pakai masker ini di malam hari karena sifatnya yang padat bisa membuat wajah terkesan mengilap dan berminyak jika digunakan di pagi hari sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

Kelebihan Sheet Mask

  • Melembapkan kulit
    Nyatanya penggunaan mask sheet sangat ampuh untuk melembapkan kulit dalam waktu yang cukup singkat. Serum pada mask sheet nyatanya mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Tidak hanya untuk melembapkan kulit wajah saja, dengan penggunaan rutin dan pemilihan mask sheet yang sesuai dengan kebutuhan kamu nyatanya bisa membantu untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, menghilangkan dark spot bahkan kerutan-kerutan halus di wajah kamu.
  • Membuat kulit wajah menjadi segar
    Selain serum, biasanya mask sheet mengandung beberapa kandungan lain seperti kolagen. Tentu dengan banyak kandungan baik yang terdapat pada mask sheet akan membuat kulit kamu menjadi lebih segar dan cerah.
  • Menutrisi kulit dengan baik
    Kandungan serum dan vitamin yang cukup banyak terkandung pada mask sheet, nyatanya akan membantu kulit wajah kamu mendapatkan nutrisi yang baik dan diperlukan.

Kekurangan Sheet Mask

  • Jika tidak cocok dengan kandungan akan merasa gatal
    Kekurangan yang pertama yang ada pada sheet mask yang umum yaitu terdapat pada kandungan, Dimana tidak semua orang yang cocok dengan kandungan yang ada pada sheet mask tersebut, Nah, bagi kalian yang merasa gatal berarti kalian tidak cocok dengan kandungan dan segera hentikan pemakaian dan bilas langsung wajah.
  • Ukuran yang sering tidak sesuai dengan bentuk wajah
    Kekurangan yang selanjutnya ada pada sheet mask yaitu dari ukuran sheet yang sering tidak sesuai dengan bentuk wajah yang ada, Karena kebanyakan produk hanya menyediakan satu ukuran bentuk wajah.
Rekomendasi Sheet MaskHarga Per November 2019
Mediheal NMF Aquaring Ampoule Mask EX Rp. 25.000
Innisfree It’s Real Squeeze MaskRp. 11.000
Nature Republic Real Nature Mask Sheet Rp. 7.000
Tony Moly I’m Real Mask Sheet Rp. 9.000
The Face Shop Real Nature Mask Rp. 10.000

Clay Mask atau Sheet Mask

Tips Menggunakan Sheet Mask

1. Simpan produk sheet mask ke kulkas terlebih dahulu
Langkah pertama yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menyimpan produk sheet mask yang akan kalian gunakan di dalam kulkas.Hal tersebut membuat sheet mask yang dingin akan membuat wajahmu tampak segar. Cocok banget dipakai setelah lelah seharian beraktivitas. Kalian dapat membeli berbagai produk masker sheet mask di Watson, sebagai toko kosmetik terlengkap.

2. Gunting perlahan kemasan
Saat akan menggunakannya, jangan buru-buru membuka semua bungkusnya. Gunting sedikit saja terlebih dahulu di bagian kiri atau kanan atas. Lalu, keluarkan cairan yang ada di dalamnya. Hal ini mencegah terbuangnya cairan yang menempel di dalam kemasan Aplikasikan ke bagian yang kamu inginkan seperti misalnya leher atau tangan dan lengan.

3. Gunakan sesuai petunjuk
Jika kalian berpikir semakin lama menggunakan masker, maka wajahmu akan semakin halus, Coba pikirkan ulang. Meninggalkan masker terlalu lama di wajah, apalagi mendiamkannya semalaman saat kalian tidur hanya akan membuat kulit menjadi rusak.

Ini karena masker lama kelamaan akan kering, sehingga akan menarik kelembapan alami yang ada pada wajah. Oleh karena itu, cukup gunakan masker sesuai dengan waktu yang disarankan pada kemasan. Rata-rata penggunaan sheet mask berkisar antara 15-20 menit.

4. Ratakan dan tarik dengan jari
Saat menaruh masker pada wajah, pastikan kamu meratakannya dengan jari agar masker tidak menimbulkan gelembung dan dapat menempel dengan sempurna. Jangan lupa juga untuk menarik masker di bagian kiri dan kanan hingga wajah terasa tertarik.

5. Gunakan kedua sisi masker
Jika biasanya kalian hanya menggunakan satu sisi saja, yuk ubah kebiasaan tersebut. Sayang kan kalau sisi yang lain masih memiliki essence yang menempel, tapi langsung kamu buang. Jika, waktu pakai yang disarankan selama 20 menit, gunakan sisi yang satu terlebih dahulu, lalu setelah 10 menit balik masker dan gunakan sisi yang lain.

6. Aplikasikan essence pada kemasan ke bagian tubuh lain
Setelah selesai menggunakan masker pada wajah, biasanya masker masih memiliki sedikit essence yang menempel. Cara pertama yang dapat kalian lakukan, lipat masker, lalu tepuk-tepukkan pada wajah agar cairannya semakin menyerap ke dalam pori-pori kulit.

Kalian dapat gunakan masker tersebut untuk bagian tubuh yang lain. Kalian dapt memoles siku, lutut, atau bagian tubuh yang lain yang cenderung kasar.

Pilih Mana: Clay Mask atau Sheet Mask?

 Clay MaskSheet Mask
Kelebihan - Sebagai antibakterial
- Bisa sebagai detoksifikasi 
- Dapat mengecilkan pori-pori

- Melembapkan kulit
- Membuat kulit wajah menjadi segar
- Menutrisi kulit dengan baik

Kekurangan- Cukup rumit digunakan
- Penggunaan harus di bilas
- Jika tidak cocok dengan kandungan akan merasa gatal
- Ukuran yang sering tidak sesuai dengan bentuk wajah

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua produk antara Clay Mask dan Sheet Mask merupakan produk masker yang memiliki perbedaan dalam cara penggunaan dan kandungannya, Oleh sebab itu dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika kalian tipe yang cukup simple kami dapat sarankan untuk menggunakan sheet mask, karena masker ini tidak perlu dibilas setelah penggunaanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *