Pilih Mana: Clay Mask atau Peel Off?

Clay Mask dan Peel Off merupakan masker wajah yang memiliki jenis yang berbeda dari segi tekstur cara pemakaian hingga manfaatnya cukup berbeda. Kedua masker ini memiliki banyak pilihan sesuai dengan jenis kulit yang ada. Oleh sebab itu, kedua jenis masker tersebut banyak digemari para perempuan di Indonesia.

Nah, bagi kalian yang bingung memilih antara Clay Mask dan Peel Off, Dalam postingan kali ini kami akan membandingkan keduanya lebih detail. Yuk langsung saja ke pembahasan artikel di bawah ini.

Clay Mask atau Peel Off

Clay Mask

Clay mask merupakan masker yang banyak digemari oleh banyak wanita. Masker ini berasal dari abu vulkanik maupun sedimen yang kaya akan mineral, seperti magnesium, kalsium, bersi, silika, dan potasium. Clay mask berbeda dengan mud mask atau masker lumpur.

Secara umum, keduanya berfungsi untuk mengangkat kotoran pada kulit Anda. Namun, mud mask lebih berfungsi untuk melembapkan kulit, sedangkan clay mask berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih. Baca juga Pilih Mana: Clay Mask atau Sheet Mask?

Fungsi clay mask membuat masker ini lebih cocok digunakan untuk kalian dengan kulit normal sampai berminyak. Tetapi, ada beberapa produk yang diformulasikan untuk kulit sensitif dan kering. Tidak hanya untuk kulit wajah, clay mask juga dapat kalian pakai sebagai perawatan rambut kalian.

Jenis Clay Mask Berdasarkan Jenis Kulit

1. Bentonite clay
Bentonite adalah clay yang berasal dari abu vulkanik yang cocok untuk kulit normal hingga berminyak. Namanya diambil dari nama Fort Benton, Wyoming, tempat bentonite banyak ditemukan. Jika kalian kurang yakin tentang tipe kulit yang kalian miliki, pilihlah bentonite clay.

Bentonite clay juga bisa mengurangi rasa gatal karena psoriasis dan eczema. Selain untuk masker, bentonite juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan ketika dikonsumsi.

2. Kaolin clay 
Kaolin juga merupakan jenis clay yang banyak digunakan pada masker untuk kulit berjerawat. Kaolin atau biasa dikenal dengan nama lain China clay pertama kali ditemukan di KaoLing, sebuah lembah di Cina. Ada beberapa jenis kaolin seperti putih, kuning, dan merah.

Kaolin putih merupakan kaolin yang banyak digunakan sebagai masker. Teksturnya yang halus sangat cocok untuk kulit wajah. Kaolin dapat bersifat sebagai disinfektan yang berfungsi untuk mengurangi jerawat serta iritasi pada kulit.

3. Fuller’s earth clay
Fuller’s earth dinamai berdasarkan para pekerja tekstil “Fuller”. Fuller’s earth clay berasal dari sedimen dengan kandungan mineral terbanyaknya aluminum magnesium silicate. Awalnya clay ini digunakan untuk menghilangkan noda minyak pada kain.

Karena kemampuannya tersebut, Jenis clay ini mulai dijadikan bahan masker untuk menyerap minyak berlebih pada kulit. Tetapi, jenis clay ini cukup jarang ditemui di pasaran Indonesia.

4. French green clay

French green clay pertama kali ditemukan di selatan Perancis. Warna hijau pada clay ini berasal dari alga dan rumput laut cokelat atau kelp.

Selain terdapat mineral, french green clay juga mengandung fitonutrien yang berasal dari alga dan kelp tersebut. Jenis clay ini bermanfaat untuk mengurangi inflamasi, seperti jerawat, reaksi alergi pada kulit, dan sunburn. Meskipun clay ini cocok untuk kulit sensitif, gunakan satu kali saja dalam seminggu agar kulit kalian tidak kering.

Clay Mask atau Peel Off

Rekomendasi Clay Mask Harga Per November 2019
Acnes Tea Tree Oil Clay MaskRp. 31.000
Sensatia Botanical - Acne Clarifying Charcoal MaskRp. 120.000
Let It Glow – Ever WhiteRp. 110.000
Wardah Nature Daily – mineral + clarifying clay maskRp. 15.000
Clay Mask La Tulipe
Rp. 40.000

Kelebihan Clay Mask

  • Meremajakan dan menutrisi kulit
    Clay mask dapat digunakan untuk memperbaiki serat kulit sekaligus meningkatkan kekencangan kulit serta mencegah keriput. Bentonite clay terbukti secara klinis untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga peningkatkan penyembuhan dan regenerasi jaringan kulit.
  • Bisa sebagai detoksifikasi 
    Clay mask memiliki fungsi detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dampak buruk polusi, radikal bebas, debu, dan kotoran yang menyebabkan kulit wajah bermasalah dapat diatasi dengan clay mask. Penggunaan clay mask secara rutin selama seminggu sekali membuat kulit wajah terasa segar dan bersih hingga ke dalam pori-pori.
  • Dapat mengecilkan pori-pori
    Masalah jerawat serta pori-pori besar menjadi masalah umum yang sering dihadapi setiap perempuan. Penggunaan clay mask dapat meminimalkan ukuran pori-pori dan menghaluskan kulit wajah Anda. Kulit Anda juga akan terasa lebih lembut dan tekstur wajah akan tampak lebih segar. Masker ini mampu mengurangi tampilan pori-pori besar penyebab minyak berlebih.

Kekurangan Clay Mask

  • Harus menggunakan kuas saat penggunaan
    Kekurangan yang pertama pada clay mask ini yaitu penggunaanya harus menggunakan kuas jika ingin rapi, Karena bentuk masker yang cair dan kental sehingga membutuhkan alat bantu seperti kuas untuk mengaplikasikannya ke wajah.
  • Penggunaan harus di bilas
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada clay mask ini yaitu masker ini harus dibilas, Hal inilah yang membuat para wanita berpikir ulang untuk menggunakannya, karena penggunaan yang cukup rumit.

Peel Off

Masker peel off merupakan masker wajah yang jika dipakai pada kulit wajah kemudian dikelupas kembali setelah kering. Masker seperti ini cukup efektif mengangkat sel kulit mati, komedo, kotoran kulit, rambut wajah yang tidak diinginkan, memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Masker peel off biasanya berbentuk bubuk/ tepung, lalu dilarutkan dengan air mineral. Masker Peel Off yang baik bagi kesehatan wajah, biasanya cepat kering dan bersifat kencang jika digunakan. Masker Peel Off juga dapat melembapkan kulit wajah daripada masker biasa. Sebab selain mengangkat sel kulit mati, masker Peel Off juga memberi nutrisi pada kulit wajah dan mampu menarik komedo.

Langkah Untuk Menggunakan Peel Off

Clay Mask atau Peel Off

1. Bersihkan wajah
Langkah pertama, bersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian bilas dengan air hangat dan gunakan pembersih wajah yang ringan. Sebagai informasi, peel-off mask bakal bekerja lebih maksimal kalau wajah bersih tanpa kotoran.

2. Lakukan teknik penguapan
Membersihkan wajah aja kurang cukup. Kalian harus melakukan penguapan juga biar pori-pori ‘terbuka’ dengan baik dan peel-off mask bekerja dengan maksimal. Kalian dapat menempelkan kain yang sudah direndam dalam air hangat atau menguapi wajah kita dengan air panas.

3. Aplikasikan peel-off mask
Setelah wajah melakukan teknik diuapi, jangan langsung mengeringkan wajag. Langsung tempelkan peel-off mask ke area wajah yang disukai, entah hanya di bagian hidung atau seluruh wajah. Peel-off mask akan menempel lebih baik apabila wajah kita lembab.

4. Tunggu hingga kering
Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu membiarkan peel-off mask hingga benar-benar kering. Biasanya memakan waktu 15-20 menit, tergantung produknya. Jangan biarkan kita melepas peel-off mask yang belum kering, karena tidak akan berkhasiat apapun pada kulit kalian. Berbagai pilihan produk peel off dapat kalian temukan di berbagai e-commerce seperti di Shopee.

Rekomendasi Peel OffHarga Per November 2019
Freeman Sweet Tea + Lemon Peel Off Clay MaskRp. 185. 000
The Face Shop Jeju Volcanic Peel Off Clay Nose MaskRp. 70.000
Sariayu Putih Langsat Peel Off MaskRp. 31.000
Hanasui Egg White Peel Off MaskRp. 10.000
Zoya Peel Off Mask Apricot & MilkRp. 25.000

Kelebihan Peel Off

  • Mengusir kulit mati dan kotoran dengan sempurna
    Wajah yang bersih adalah wajah yang sehat. Masker peel off yang melekat pada lapisan kulit teratas secara efektif mengangkat kulit mati dan kotoran di pori-pori wajah, sehingga mampu mengangkat semua partikel mikro. Hal inilah yang membuat kulit wajahmu terlihat bersih dan berseri-seri dengan cepat.
  • Mengusir rambut halus pada wajah
    Masker peel off yang melekat di wajah juga dapat mengangkat rambut-rambut halus. Sehingga kalian tidak perlu repot-repot mencukur rambut halus di kulit.
  • Tidak perlu dibilas
    Kelebihan yang lainnya pada masker peel off yaitu selesai penggunaan masker tidak perlu dibilas sehingga cukup simple saat ingin menggunakan makser peel off ini.

Kekurangan Peel Off

  • Sakit saat di kelupas
    Kekurangan yang pertama yang ada pada masker peel off ini yaitu masker ini cukup sakit saat ingin di lepas, karena masker ini menarik rambut halus pada wajah.
  • Dapat membuat kulit iritasi 
    Lapisan terluar akan terangkat sehingga membuat permukaan kulit akan sensitif dan rentan terhadap luka, iritasi, dan berbagai ancaman luar. Dalam taraf yang lebih tinggi, kulit akan menjadi merah dan gatal-gatal.

Pilih Mana: Clay Mask atau Peel Off?

 Clay Mask Peel Off
Kelebihan - Meremajakan dan menutrisi kulit
- Bisa sebagai detoksifikasi 
- Dapat mengecilkan pori-pori
- Mengusir kulit mati dan kotoran dengan sempurna
- Mengusir rambut halus pada wajah 
- Tidak perlu dibilas 
Kekurangan- Harus menggunakan kuas saat penggunaan
- Penggunaan harus di bilas


- Sakit saat di kelupas
- Dapat membuat kulit iritasi 

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas mengenai perbandingan antara Clay Mask dan Peel Off, Bahwa keduanya merupakan jenis masker yang sangat bagus digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan menutrisi wajah, Namun kedua jenis tersebut disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah kalian masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *