fbpx

Bagus mana Dermapen vs PRP ?

Kebanyakan remaja, terutama perempuan selalu merawat kulit wajah dengan berbagai treatment yang ada demi mendapatkan kulit wajah yang terbaik. Namun kamu juga harus mengenali terlebih dahulu bahaya dari treatment tersebut. Di artikel kali ini kami akan mengulas treatment kecantikan yaitu dermapen dan prp yang wajib kamu coba. Yuk baca artikelnya sampai selesai.

Dermapen 

Dermapen merupakan suatu metode mesotherapy yang menggunakan alat yang dilengkapi dengan jarum dengan ukuran dan jumlah yang bervariasi. Cara kerjanya adalah membuat suatu saluran mikro melalui luka-luka kecil yang dibuat dengan alat tersebut.

Tujuannya adalah untuk merangsang pembentukan kolagen dan elastin yang kemudian akan merangsang proses penyembuhan dan pembentukan jaringan yang baru. Penggunaan dermapen yang dapat meningkatkan produksi kolagen sampai empat puluh kali lipat. Hasil dari terapi tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal mulai dari ukuran dan jumlah jarum, kasus yang dihadapi dan kulit pasien. Baca juga: Bagus mana Peeling vs Laser ?

Setelah melakukan treatment dermapen kamu tidak boleh menggunakan make up minimal dua belas jam setelah melakukan treatment. Kamu juga Wajib menggunakan tabir surya dan disarankan menggunakan pelembab yang mengandung Asam Hialuronat (HA), menjaga kebersihan wajah agar tidak terjadi infeksi sekunder atau munculnya jerawat, hindari tindakan atraumatic yang sering terjadi ketika kamu suka melakukan kebiasaan menggosok-gosok wajah atau mengeringkan wajah dengan handuk, dan yang lebih penting jangan menggunakan produk yang mengandung golongan AHA, BHA, retinoid acid dan beberapa vitamin C.

Manfaat dari dermapen 

  • Menghaluskan kulit
  • Menyamarkan stretch mark
  • Menyamarkan bopeng bekas jerawat
  • Membantu mengatasi kasus hiperpigmentasi seperti flek
  • Menyamarkan garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan
  • Meningkatkan penyerapan bahan-bahan yang dioleskan pada wajah

Kelebihan dermapen 

  • Menghilangkan bekas bopeng

Tidak hanya bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya, tapi juga bisa menghilangkan bekas bopeng yang sangat membandel dan bisa menghaluskan lapisan kulit wajah.

  • Menstimulasi perbaikan kulit

Dermapen dipakai untuk membuat ribuan tusukan mikro pada lapisan epidermis (kulit terluar) dan dermis. Tujuan dari penusukan itu adalah untuk merangsang pembentukan kolagen baru sehingga dapat memperbaiki struktur kulit yang tidak rata, rusak atau bopeng karena jerawat.

  • Menghaluskan tekstur kulit

Penggunaan dermapen untuk microneedling terbukti memiliki banyak manfaat. Meskipun tiap individu berbeda, teknik microneedling dapat memperbaiki tekstur, memudarkan garis halus, luka, bekas jerawat, hiperpigmentasi, pori-pori besar dan jerawat.

Hal tersebut disebabkan karena dermapen menstimulasi kemampuan alami kulit untuk menyembuhkan diri sendiri dan meningkatkan produksi serat kuat dan tidak larut yang merupakan jaringan penghubung antar sel.

Kekurangan dermapen 

  • Keamanan 

Ternyata tidak semua orang aman untuk mencoba treatment ini, karena bagi pasien yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes mellitus atau hipertensi yang tidak terkendali, pasien dengan gangguan pembekuan darah atau konsumsi obat-obat pengencer darah serta pasien dengan faktor resiko tinggi terjadi keloid, tidak disarankan melakukan dermapen.

  • Harga 

Untuk kamu yang memiliki kasus kulit wajah yang bopeng dan mengerikan, dengan treatment ini bisa membuat kulit wajah kamu menjadi halus lagi. Namun treatment ini dibandrol dengan harga yang mahal.

  • Terasa sakit

Saat kamu melakukan treatment ini, kamu akan merasakan sakit karena pada proses treatment ini dimana menggunakan jarum yang dimasukkan ke dalam kulit wajah.

Prp ( Platelet Rich Plasma )

Platelet Rich Plasma (PRP) adalah plasma darah yang kaya akan platelet dan mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) serta sitokin.

Pada umumnya, kulit yang segar, halus, dan lembut sangat dipengaruhi oleh adanya serat kolagen yang cukup. Seiring pertambahan usia, elastisitas dan jumlah kolagen di kulit menurun. Kulit pun akan tampak kendur, muncul garis kerutan, dan  keriput.

Nah, penambahan growth factor pada permukaan kulit yang mengalami penuaan atau rentan terhadap radikal bebas, dapat meningkatkan peremajaan kulit, elastisitas jaringan , dan memacu proses regenerasi sel.

Selain peremajaan kulit, trombosit dalam PRP juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bekas luka, menghilangkan bekas jerawat, garis-garis stretch mark, hingga mengurangi kebotakan. Trombosit dalam darah berperan penting untuk mengobati dan memperbaiki kondisi beberapa jaringan dalam tubuh.

Kandungan trombosit dalam PRP bisa mencapai 5-10 kali lipat dari konsentrasi normal. Dengan menambahkan konsentrasi trombosit lewat proses PRP, diharapkan proses perbaikan jaringan menjadi lebih cepat.

Untuk kamu yang memiliki masalah kerontokan dan kebotakan, perawatan PRP juga berguna untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Manfaat dari PRP 

  • Menyembuhkan luka
  • Meratakan warna kulit
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mengurangi bekas jerawat

Kelebihan PRP

  • Mengurangi kerutan wajah

Terapi suntik PRP telah diterapkan sebagai pengobatan untuk menghilangkan keriput, bekas jerawat, stretch marks, dan kulit bergelambir di mata, tangan, leher, dan wajah. Berbeda dari prosedur penyuntikan filler yang menggunakan bahan sintetik, PRP memperbaiki kecacatan kulit dengan cara memicu pertumbuhan sel-sel baru dan pembentukan kolagen. 

Sebagai anti aging, terapi ini relatif aman karena menggunakan darah pasien sendiri (autologous donor). Karena itu, tidak ada risiko reaksi alergi karena zat yang digunakan berasal dari tubuh pasien sendiri. Hanya saja, jika prosedur tidak dilakukan dengan baik, akan beresiko terjadi infeksi.

  • Mengurangi serta mencegah kebotakan akibat rambut rontok

Pemakaian PRP sangat efektif dalam mengobati kebotakan yang diakibatkan oleh alopesia androgenik akibat gangguan hormonal. Kondisi ini dapat terjadi pada pria dan wanita. Gangguan tersebut muncul karena adanya kelemahan folikel rambut sehingga terjadi penipisan secara bertahap. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan kemampuan suntik PRP dalam mengobati kebotakan.

  • Osteoartritis

PRP juga sedang diujikan untuk penderita osteoarthritis. Pada penderita osteoartritis, PRP menjadi alternatif jika pasien belum menunjukkan perbaikan meski sudah menggunakan obat-obatan. Namun begitu, terapi PRP pada penderita osteoartritis belum diketahui efektivitasnya.

Kekurangan PRP

  • Kulit mengelupas

Untuk kamu yang sedang mencoba treatment ini kulit wajah kamu akan mengalami pengelupasan yang dimana lapisan kulit lama akan berganti menjadi lapisan kulit baru.

  • Tidak diperbolehkan dalam islam

Perawatan dengan menggunakan darah manusia, dengan begitu telah diketahui bahwa menggunakan darah sebagai obat merupakan sesuatu yang tidak diperbolehkan dalam Islam, kecuali memang ada keadaan darurat berdasarkan pertimbangan ahli kedokteran muslim mengenai kondisi pasiennya, serta belum ada obat-obatan yang mampu untuk menjadi alternatif.

  • Harganya yang mahal

Untuk kamu yang memiliki kasus acne scars (bekas jerawat), biasanya dokter akan kombinasi pakai injector, dia akan pakai yang di kasih jarum kecil-kecil banyak sekali yang dia akan bikin perlukaan mikro, baru ditembakkan dengan PRP dan kuantitasnya PRP yang digunakan lebih tinggi. Dimana harga tersebut dibanderol sekitar Rp.1,2 juta.

Dermapen vs PRP

 DermapenPRP
Kelebihan- Menghilangkan bekas bopeng
- Menstimulasi perbaikan kulit
- Menghaluskan tekstur kulit
- Mengurangi kerutan wajah
- Mengurangi serta mencegah kebotakan akibat rambut rontok
- Osteoartritis
Kekurangan- Keamanan 
- Harga 
- Terasa sakit
- Kulit mengelupas
- Tidak diperbolehkan dalam islam
- Harganya yang mahal

Kesimpulan 

Kedua treatment di atas bisa kamu coba sesuai kebutuhan kulit wajah kamu. Dan sangat dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit agar tidak terjadi iritasi yang bisa menyebabkan kulit wajah bertambah parah bukan membaik. Dengan semua jenis treatment tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika hanya dilakukan satu kali saja, maka dari itu kamu harus rutin dalam menjalankan treatment kecantikan demi mendapatkan kulit wajah yang cantik. Semoga artikel kali ini bisa membantu dan tentunya bermanfaat ya untuk kamu, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *