Bagusmana Serum atau Face Oil?

Saat ini sudah banyak sekali skincare yang bisa membuat kulit wajah penggunanya jadi lebih cerah, lembut dan lembab dengan baik. Salah duanya kamu bisa menggunakan Serum dan Face Oil untuk aktivitas kamu sehari-hari.

Serum dan Face Oil sendiri umumnya memiliki bentuk dan tekstur yang sama, namun terdapat beberapa kandungan yang membedakannya. Dan saat ini sudah banyak sekali merk dari kedua produk ini yang beredar di pasaran yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua produk ini? Kalau gitu stay tune terus di Bagusmana.id ya guys agar bisa kamu jadikan acuan dan referensi saat memilihnya nanti.

Serum atau Face Oil

Serum

Serum wajah merupakan sebotol kecil gel eliksir berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Sebotol serum memiliki beberapa bahan aktif, dari mulai vitamin sampai antioksidan, yang bertujuan untuk menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat, gampang, dan merata daripada pelembab wajah biasa.

Buat kamu yang mempunyai kulit berminyak, serum wajah bisa menyediakan segala kebaikannya untuk kulit sehat tanpa campur tangan minyak, yang biasa ditemukan pada pelembab wajah.

Artinya, saat ini kamu memfokuskan perawatan spesifik untuk area yang bermasalah akibat kapiler pecah, noda hitam, dan isu-isu kulit umum lain tanpa mesti mencemaskan kelebihan minyak. Baca juga: Serum Penghilang Flek Hitam Terbaik

Kelebihan Serum

  • Mengontrol produksi minyak di wajah
    Manfaat serum wajah yang pertama yaitu bisa mengontrol produksi minyak di wajah. Formulanya yang oil-free memang membuat serum wajah menjadi perawatan yang amat cocok untuk kulit berminyak. Walaupun begitu, masih ada juga serum wajah yang dapat dipakai untuk jenis kulit lainnya.
  • Mencegah gejala penuaan
    Manfaat serum wajah yang kedua yakni bisa mencegah gejala penuaan. Manfaat serum wajah yang satu ini dapat dibilang sebagai manfaat serum wajah yang paling populer. Paparan sinar UV dan radikal bebas sangat berpotensi untuk menimbulkan gejala penuaan lebih cepat.
  • Mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam
    Masalah kecerahan kulit dan juga noda hitam di wajah juga termasuk ke dalam masalah kulit wajah yang meresahkan para wanita. Kandungan antioksidan dan vitamin dalam serum akan membantu memperbaiki kulit dari kedua masalah tersebut.

Kekurangan Serum

  • Resiko iritasi
    Kekurangan atau efek samping serum wajah yang pertama yaitu bisa menimbulkan iritasi. Efek samping ini umumnya muncul pada pemilik kulit sensitif dan kulit berjerawat. Perihal ini terjadi akibat bahan aktif serum yang lebih kuat dibanding dengan pelembab wajah atau krim wajah lainnya.
  • Berubah menjadi prooksidan
    Efek samping yang kedua serum wajah yang seharusnya menjadi antioksidan, bisa menjadi prooksidan yang merupakan kebalikan dari antioksidan. Bila antioksidan berguna untuk merawat kulit, bisa dipastikan kalau prooksidan mempunyai efek sebaliknya yakni merusak kulit.
  • Mengakibatkan takifilaksis
    Takifilaksis adalah keadaan dimana respon kita menurun terhadap pemberian obat yang sudah berulang dengan dosis yang sama. Perihal ini dapat terjadi pada kamu yang memakai serum anti penuaan di usia muda. Umumnya serum wajah, seperti serum vitamin C, bermanfaat untuk mengakibatkan pertumbuhan kolagen. Padahal pada usia 20-30 tahun, kulit kita masih dapat memproduksi kolagen sendiri.

Serum atau Face Oil

Rekomendasi Serum

1. The Ordinary Hyaluronic Acid 2%+ B5
Serum ini cukup cepat menyerap di permukaan kulit sehingga tidak meninggalkan rasa lengket. Kandungan utamanya yakni Hyaluronic Acid 2% ternyata sanggup mengikat air pada kulit 1000 kali lebih baik sehingga bisa menjaga kelembaban kulit.

2. The Body Shop Vitamin E Moisture Serum
Salah satu vitamin yang diperlukan oleh kulit supaya tampak sehat dan lembab adalah pada vitamin E. Serum dari The Body Shop ini tidak cuma fokus untuk melembabkan kulit namun juga bisa menghilangkan tekstur pada kulit yang kurang baik saat dilihat dari dekat.

3. Sensatia Botanicals Cleopatra’s Rose Facial Hydrate
Mengandung rosehip oil yang bisa membantu meratakan warna kulit dan kandungan olive squalane yang bisa menghidrasi kulit sampai ke bagian dalam, serum dari Sensatia Botanicals ini amat cocok dipakai buat kamu yang mempunyai kulit yang kering.

Face Oil

Di dunia kecantikan, facial oil atau face oil jadi salah satu skin care yang cukup digandrungi. Facial oil berguna untuk melembabkan wajah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya garis halus pada wajah. Selain itu, facial oil juga bermanfaat dalam membuat wajah lebih halus dan kenyal.

Memakai facial oil juga akan membantu kamu menambah minyak alami yang dibuat dari dalam kulit dan berfungsi sebagai penjaga kulit supaya selalu lembap. Facial oil dibuat dari beragam jenis, mulai dari jojoba oil, maracuja oil, coconut oil, argan oil, tea tree oil, dan lain-lain.

Tergantung dari jenisnya, facial oil secara alami mempunyai manfaat anti-inflamasi serta antioksidan. Tetapi fungsi utama facial oil sebenarnya cuma satu, yaitu melembabkan kulit sehingga dapat dipakai sebagai pengganti pelembab.

Serum atau Face Oil

Kelebihan Face Oil

  • Mampu atasi permasalahan penuaan dini
    Masing-masing produk face oil mempunyai berbagai materi dasar yang berlainan. Bila kamu mau coba melindungi kulit wajah dari kerutan, obati dengan produk face oil yang mempunyai grape seed, argan, dan yang lain yang bertabiat anti-aging.
  • Ambil kotoran dan minyak di kulit
    Pori besar pada kulit wajah sering membuat penampilanmu jadi kurang apik meski sudah berias. Agar bisa leluasa dari pori-pori wajah yang besar, kamu bisa menggunakan face oil yang mempunyai camellia, jojoba, atau macadamia. Materi itu dapat tolong ambil kotoran dan minyak yang membuat pori- pori tersendat.
  • Kontra kering
    Face oil bisa digunakan buat melembabkan kulit, terlebih membuat kamu yang mempunyai tipe kulit kering ataupun dry skin. Menggunakan face oil sesudah aplikasi moisturizer akan tolong memesatkan energi serap pelembab.

Kekurangan Face Oil

  • Harga yang sangat tinggi
    Face oil cenderung memiliki harga yang sangat tinggi. Sebagian orang tentu mempermasalahkan hal ini, namun sebagian lagi mewajarkan karena memang manfaat dan kelebihan yang diberikan sesuai dengan harganya.
  • Menyebabkan beberapa jerawat kecil
    Untuk kamu yang kurang cocok dengan kandungan sebagian besar face oil yang beredar di pasaran Indonesia tentu akan menyebabkan beberapa efek samping, salah satunya seperti resiko munculnya jerawat kecil di wajah.
  • Menyebabkan iritasi
    Selain menyebabkan beberapa jerawat kecil yang muncul diwajah, kamu juga bisa beresiko mengalami iritasi jika kandungan yang ada pada face oil tidak cocok dengan kondisi kulit kamu.

Rekomendasi Face Oil

1. Clarins Lotus Face Treatment Oil
Para pemilik kombinasi tidak perlu membeli 2 jenis face oil untuk skin care. Formula face oil dari Clarins bisa dengan mudah diserap tanpa membuat kesan berminyak pada kulit kamu. Tanpa membuat T-zone semakin berminyak atau area pipi semakin kering, face oil ini aman dipakai oleh pemilik kulit kombinasi.

2. Sunday Riley Luna Sleeping Night Oil
Face oil dari Sunday Riley ini mengandung next generation retinol oil yang lebih efektif membuat kulit lebih kenyal dan bebas kerutan. Retinol oil juga membantu mengecilkan ukuran pori-pori kamu.

3. Caudalie Vine[Activ] Overnight Detox Oil
Kulit yang lelah atau stres bisa menimbulkan kusam dan timbulnya kerutan. Remajakan kembali kulit wajah kamu dengan face oil yang satu ini. Grapeseed oil kaya akan antioksidan yang bisa melindungi kulit kamu dari radikal bebas.

 Serum Face Oil
Tekstur Umumnya serum memiliki tekstur yang lebih ringan dan cairUmumnya teksturnya pekal dan oily
Manfaat utamaSerum punya formula untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan
Face Oil punya formula untuk meningkatkan hidrasi kulit dan membantu meningkatkan kelembapan

Bagusmana Serum atau Face Oil?

 Serum Face Oil
Kelebihan- Mengontrol produksi minyak di wajah
- Mencegah gejala penuaan
- Mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam
- Mampu atasi permasalahan penuaan dini
- Ambil kotoran dan minyak di kulit
- Kontra kering
Kekurangan- Resiko iritasi
- Berubah menjadi prooksidan
- Mengakibatkan takifilaksis
- Harga yang sangat tinggi
- Menyebabkan beberapa jerawat kecil
- Menyebabkan iritasi

Kesimpulan

Setelah membahas Serum dan Face Oil tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua produk ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu pastikan kandungan yang ada sesuai dengan kondisi kulit kamu agar meminimalisir efek samping yang ada. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *