fbpx

Bagusmana Clay Mask atau Masker Bubuk ?

Kalian pasti sudah tau clay mask dan masker bubuk merupakan masker yang memiliki fungsi berbeda, Bahkan keduanya juga memiliki tekstur dan cara pemakaian yang berbeda, kedua masker ini juga diperuntukan untuk kondisi kulit yang berbeda lho! jangan sampai salah pilih ya..

Pada zaman ini dunia skincare sangat berkembang pesat, banyak perusahaan kosmetik yang terus berinovasi untuk membuat suatu inovasi yang memiliki manfaat yang besar. Jika dahulu masker hanya dikenal dalam bentuk bubuk sederhana maka saat ini telah banyak jenis masker baru bermunculan seperti ada jenis masker clay mask ini.

Namun apasih perbedaan keduanya, dan apa saja manfaat keduanya. Yuk kita bahas langsung pada artikel di bawah ini!

Clay Mask

Clay mask ini merupakan masker wajah yang biasanya komposisinya seperti tanah liat dan biasanya diformulasikan untuk wajah yang cenderung berminyak serta berjerawat. Clay mask ini memiliki fungsi untuk membersihkan kulit hingga pori-pori terdalam dari debu polutan. Selain itu clay mask juga berfungsi dalam mengurangi sebum atau minyak di wajah.

Manfaat unggul pada clay mask ini yaitu mendetox kulit, mengurangi minyak dan menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menyumbat di pori-pori. Clay mask juga diandalkan dapat meminimalisir minyak wajah akibat kelenjar minyak berlebih dan membuat kulit tampak lebih halus. Baca juga: Merk Masker Peel Off yang Bagus.

Clay mask kebanyakan produknya sangat cocok digunakan untuk kalian yang memiliki masalah kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Tips dalam menggunakan Clay Mask

  1. Bersihkan dengan air hangat
    Membersihkan clay mask memang sedikit susah, karena masker ini benar-benar menempel erat pada kulit wajahmu sehingga memerlukan waktu untuk membersihkannya. Untuk membersihkannya dengan cepat kalian perlu menyiapkan air hangat atau suam-suam kuku dan handuk kecil yang lembut. Hal ini juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.
  2. Penggunaan hanya di anjurkan 1-2 kali dalam seminggu
    Clay mask ini disebit dengan skincer tambahan, bukan utama dan memiliki sifat yang dapat menyeimbangkan kadar minyak di kulit, mengeksfoliasi, dan membantu membuat pori-pori tampak lebih kecil. Jadi cukup pakai 1-2 kali saja seminggu. Jika terlalu sering kulit kalian bisa kering, kaku, dan memicu iritasi lho!
  3. Menggunakan pelembab setelah menggunakan clay mask
    Setelah pakai clay mask, kulit akan terasa lebih halus tapi juga sekaligus terasa lebih kencang dan agak kering. oleh karenanya dianjurkan untuk kalian menggunakan skincare yang dapat melembabkan seperti moisturizer.

Kelebihan Clay Mask

  • Dapat mengecilkan pori-pori
    Masalah jerawat serta pori-pori besar menjadi masalah umum yang sering dihadapi setiap perempuan. Penggunaan clay mask dapat meminimalkan ukuran pori-pori dan menghaluskan kulit wajah Anda. Kulit Anda juga akan terasa lebih lembut dan tekstur wajah akan tampak lebih segar. Masker ini mampu mengurangi tampilan pori-pori besar penyebab minyak berlebih.
  • Sangat cocok untuk Kulit berminyak
    Merk masker ini memiliki kelebihan yaitu sangat cocok untuk kulit berminyak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan bentonite clay yang punya kemampuan untuk menyerap seluruh kotoran dari pori-pori kulit. Termasuk zat-zat polutan dan minyak berlebih pada wajah. Karena sifat inilah, clay mask lebih cocok dipakai untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.
  • Mampu mengencangkan kulit wajah
    Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan ketika mengaplikasikan masker jenis ini yakni ampuh mengencangkan kulit wajah. Sehingga untuk Anda yang menginginkan kulit wajah awet mudah dan kencang maka masker satu ini adalah pilihan yang tepat.

Kekurangan Clay Mask

  • Harus menggunakan kuas saat penggunaan
    Kekurangan yang pertama pada clay mask ini yaitu penggunaanya harus menggunakan kuas jika ingin rapi, Karena bentuk masker yang cair dan kental sehingga membutuhkan alat bantu seperti kuas untuk mengaplikasikannya ke wajah.
  • Membutuhkan waktu bilas yang cukup lama 
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada clay mask ini yaitu masker ini harus dibilas, Hal inilah yang membuat para wanita berpikir ulang untuk menggunakannya, karena penggunaan yang cukup rumit dan memakan waktu dalam membilasnya.
  • Tidak cocok untuk jenis kulit kering
    Jika Anda pemilik kulit kering maka masker clay ini tidak akan cocok untuk Anda. Karena formulanya yang membuat kulit kering sehingga jika Anda masih memaksakan untuk mengaplikasikannya. Maka kulit Anda justru akan bertambah kering dan rapuh.

Masker Bubuk

Masker bubuk ini biasanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti dari sayur, buah-buahan, daun dan bunga yang telah dihaluskan. Tetapi untuk penggunaanya, masker bubuk ini harus mencairkannya terlebih dahulu menggunakan air biasa atau air mawar, kemudian diaduk hingga merata barulah kalian bisa menggunakannya untuk masker.

Kelebihan dari masker bubuk ini yaitu mampu membuat kulit menjadi lebih kencang, menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori serta lebih aman dari bakteri dan jamur karena teksturnya yang masih kering atau bubuk dan masker ini juga banyak dibuat dengan bahan-bahan alami sehingga dapat digunakan remaja dan dewasa.

Masker bubuk ini mudah dikombinasikan dengan bahan natural lainnya seperti aloe vera, telur, madu dan lain sebagainya. Ditambah lagi, masker ini memili harga yang ramah di kantong.

Tips dalam menggunakan Masker Bubuk

  1. Pastikan wajah sudah bersih
    Pastikan dulu bahwa kulit wajahmu sudah bersih secara menyeluruh sebelum masker di aplikasikan di wajah. Selain dengan mencuci muka dengan pembersih wajah kalian juga dapat menggunakan scrub agar sel-sel kulit mati terangkat. Ini agar kulit wajah semakin bersih, sehingga masker bubuk pun bisa menyerap secara maksimal.
  2. Gunakan Uap Steam untuk Membuka Pori-pori

    Jika pori-pori kalian terbuka memungkinkan untuk penyerapan nutrisi dari masker bisa lebih maksimal. Penguapan juga membantu untuk mengeluarkan kotoran dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori.  Jika kamu tidak memiliki alat steamer, kalian dapat menyiapkan air panas di dalam baskom dan arahkan wajah kamu ke dalam mangkuk dan tutup kepala dengan kain (digunakan selama 5 menit).

  3. Menghapus residu dengan toner setelah maskerannya selesai
    Menggunakan toner yang tepat setelah selesai maskeran juga bisa membantu mengunci semua manfaat masker tersebut. Toner juga akan membuat kulit wajah kamu lebih halus dan lebih bersih dan dapat menghapus residu akibat masker.

Kelebihan Masker Bubuk

  • Harga terjangkau
    Berikutnya, yaitu biayanya yang terjangkau. Masker bubuk yang baik sekalipun masih dapat dikatakan memiliki harga yang relatif terjangkau. Jelas saja ini dapat menghemat budget bulanan dari segi pengeluaran di bidang kecantikan kamu.
  • Dapat diaplikasikan dengan bahan lain
    Kelebihan pertama dari masker bubuk yaitu bisa diaplikasikan dengan bahan lain. Jelas saja sebab dalam rangkaian penggunaannya, harus terlebih dahulu ditambahkan air ke dalam bubuk masker. Di saat yang bersamaan pula lah, dapat ditambahkan bahan lain. Misalnya saja, kamu ingin menambahkan perasan lemon untuk menambah kandungan vitamin C atau ingin menyamarkan noda hitam yang ada di wajah.
  • Pemakain bisa disesuaikan pada bagian tertentu saja
    Bukan tidak mungkin, dalam keadaan tertentu, kamu akan menghadapi masalah kulit pada area wajah. Misalnya saja terdapat jerawat yang sedang mengalami peradangan. Jika kamu memakai masker wajah berupa sheet mask yang sudah berbentuk wajah langsung, maka seluruh area pada permukaan wajah akan hampir tertutup kecuali mata, hidung dan mulut.

Kekurangan Masker Bubuk

  • Memakan waktu yang cukup lama
    Memerlukan waktu yang cukup lama untuk menunjukkan hasil yang maksimal. Sebab pada dasarnya, masker bubuk merupakan masker alami yang tidak cukup 1-2 kali konsumsi saja bila mau mendapatkan hasil maksimum.
  • Tidak praktis digunakan
    Tidak praktis digunakan, alias ribet. Kamu wajib membuat masker bubuk tersebut menjadi seperti pasta, baru dapat diterapkan ke wajah. Kamu dapat mencampurkannya dengan air biasa atau air mawar.
  • Mesti memakai aplikator
    Kekurangan selanjutnya dari Masker Bubuk yaitu mesti memakai aplikator atau kuas untuk menerapkannya ke wajah. Perihal ini juga menjadi tidak efisien sebab cukup menyita waktu kamu ketimbang memakai Clay Mask.

Clay Mask atau Masker Bubuk

 Clay MaskMasker Bubuk
Kelebihan - Dapat mengecilkan pori-pori
- Sangat cocok untuk Kulit berminyak
- Mampu mengencangkan kulit wajah

- Harga terjangkau
- Dapat diaplikasikan dengan bahan lain
- Pemakain bisa disesuaikan pada bagian tertentu saja

Kekurangan- Harus menggunakan kuas saat penggunaan
- Membutuhkan waktu bilas yang cukup lama 
- Tidak cocok untuk jenis kulit kering
- Memakan waktu yang cukup lama
- Tidak praktis digunakan
- Mesti memakai aplikator

Kesimpulan

Dari perbandingan antara Clay Mask dan Masker bubuk pada artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya sangat bermanfaat dalam merawat kulit wajah. Namun, jika kalian ingin mendapatkan hasil yang optimal kalian harus sesuaikan jenis masker dengan jenis kulit kalian masing-masing. Karena menggunakan  jenis masker yang salah dapat membuat kulit wajah menjadi iritasi lho! Jadi jangan salah pilih masker ya ladies!