fbpx

Bagus mana Waxing vs IPL ?

Kamu termasuk seseorang yang kurang percaya diri dengan bulu ketiak ? 

Close-up Of Young Woman Having Laser Treatment On Thigh At Beauty Clinic

Bingung untuk melakukan treatment waxing atau IPL?, jangan khawatir dan risau karena di artikel kali ini kami akan membantu kamu memilih diantara keduanya dengan memaparkan kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua treatment yang ingin kamu pilih.Simak penjelasannya sampai selesai ya.

Waxing 

Waxing adalah pola penghilangan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya. Rambut yang telah di-wax tidak akan tumbuh kembali hingga 2-9 minggu. 

Pada umumnya waxing dipraktikkan hanya dengan mengoleskan campuran lilin di atas kulit. Kemudian menempelkan handuk atau kain kasa di atasnya, ditekan-tekan, lalu ditarik dengan seketika sesuai arah tumbuhnya rambut. Namun, ada juga waxing yang tidak menggunakan teknik seperti di atas.

Diantaranya beberapa bagian tubuh yang memerlukan wax yaitu alis, wajah, bikini, ketiak, lengan, punggung, perut dan kaki. Jika kamu rajin dalam melakukan waxing secara rutin, akan ada kemungkinan rambut menghilang secara permanen. Baca juga: Bagus mana Waxing vs Cabut ?

Dalam kasus tertentu, khususnya bagi yang memiliki warna kulit sensitif, waxing dilakukan tanpa menggunakan alat bantu seperti handuk atau kain, namun hal ini membutuhkan perizinan ahli kecantikan terlebih dahulu. Berikut adalah jenis-jenis waxing yang dibagi dalam 3 kelompok.

Jenis waxing berdasarkan teksturnya

  • Hard wax

Ini merupakan jenis waxing yang membiarkan lilin mengering dan mengeras setelah diterapkan. Setelah itu, ahli kecantikan mulai mencabut lilin agar terlepas dari kulit kamu dengan menggunakan jari tangan. Lilin yang berkualitas baik seharusnya tidak menempel pada kulit kecuali pada rambut kamu. Oleh karena itu, hard wax dapat digunakan pada kulit sensitif.

  • Soft wax

Soft wax juga biasa disebut sebagai strip wax. Tekstur lilin ini mirip seperti madu ketika dipanaskan. Setelah dilakukan pemanasan, lilin tersebut disebar pada kulit dengan hati-hati, bisa juga untuk membentuk gambar atau simbol yang disukai. Lalu setelah itu, lilin ditutup dengan kain kasa. Kain tersebut lalu dicabut bersamaan dengan rambut yang menempel.

Kelemahan soft wax adalah ia tidak dapat mencabut rambut yang tumbuh ke dalam. Namun, hal ini praktis digunakan di wilayah yang luas seperti kaki, punggung, atau lengan. Perlu diingat bahwa sebelum menyebarkan lilin ke kulit, ada baiknya untuk memberi bedak untuk mengurangi risiko kulit tertarik.

  • Sugar wax

Jenis wax ini sangat ideal untuk orang-orang dengan jenis kulit yang sensitif, karena sugar wax menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan rambut. Gabungan bahan-bahan seperti gula, jus lemon, madu dan air yang dipanaskan akan menghasilkan tekstur lengket. Selain mudah untuk dipersiapkan, wax jenis ini aman untuk seluruh jenis kulit karena seluruh bahan yang digunakan alami.

Kelebihan waxing 

  •  Tidak memerlukan banyak waktu

Waxing yang dipercaya tidak memerlukan waktu yang lama. Apalagi jika bagian tubuh yang ingin dihilangkan bulunya tidak terlalu banyak seperti ketiak, lengan, ataupun facial hair pada wanita.

  • Bulu di tubuh lebih lama untuk tumbuh kembali

Waxing cenderung mengangkat bulu-bulu di tubuh hingga akarnya, hasil waxing akan jauh lebih lama untuk tumbuh kembali. Bahkan, kamu hanya perlu melakukan waxing sebanyak satu bulan satu kali saja.

  • Membuat kulit menjadi lebih cerah

Saat kulit mengalami proses waxing, sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit akan terangkat bersama dengan bulu-bulu di kulit. Hasilnya pun, kulit akan terasa lebih lembut, bercahaya, dan makin cerah seiring waktu.

Kekurangan waxing 

  • Iritasi pada kulit

Meskipun waxing hanya perlu dilakukan satu bulan sekali dan itu artinya mengurangi kemungkinan iritasi pada kulit, hal tersebut tidak menjamin bahwa iritasi ringan yang terjadi di awal prosedur waxing hanya terjadi sesaat.

  • Beresiko jika tidak hati-hati

Jika proses waxing dilakukan secara ceroboh dan kurang hati-hati, gejala seperti inflamasi, iritasi, hingga tumbuhnya ingrown hair dalam jumlah banyak akan lebih tinggi kemungkinannya. 

Beli Waxing online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

IPL treatment (intense pulsed light)

Intense pulse light hair removal atau yang bisa disingkat IPL hair removal merupakan teknik penghilang bulu yang memanfaatkan spektrum cahaya dengan intensitas tinggi. Meski teknik IPL hair removal mirip dengan terapi laser, kedua perawatan ini sangatlah berbeda.

Perbedaan utama dari IPL dan laser adalah jenis cahaya yang dipancarkan. Pada terapi dengan laser, digunakan satu jenis gelombang cahaya untuk menghilangkan bulu pada area kulit tertentu.

Sedangkan pada terapi IPL hair removal, digunakan bermacam-macam gelombang cahaya, sehingga areanya lebih luas. Selain dapat mencakup area yang lebih luas, IPL juga lebih minim resiko efek samping dibandingkan terapi laser.

Setelah melakukan prosedur IPL, sebaiknya Anda menghindari paparan cahaya matahari selama beberapa hari. Prosedur ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Setelah melakukan prosedur ini, Anda juga langsung dapat beraktivitas kembali.

Cara kerja Intense pulse light (IPL)

Pada awalnya, area kulit yang bulunya ingin dihilangkan akan diolesi dengan gel khusus. Gel ini berfungsi sebagai perantara panas antara alat laser dengan kulit. Saat disinari, kulit akan terasa hangat dan sesekali sakit seperti dicubit-cubit kecil. Namun, rasa sakitnya tidak sesakit apabila Anda melakukan waxing. Pastikan kamu mengikuti petunjuk dari operator selama proses, misalnya menggunakan kacamata khusus untuk menghindari mata dari paparan sinar laser.

Teknik ini dapat menjadi cara menghilangkan bulu pada area ketiak, tangan, kaki, dan bikini line. Berbeda tempat, berbeda pula proses pengerjaannya. Misalnya, ada yang mengawali prosesnya dengan pencukuran, terutama jika bulu dirasa terlalu panjang.

Kelebihan Intense pulse light (IPL)

  • Menghilangkan bulu secara permanen

Selain memperlambat dan mengurangi pertumbuhan rambut, dalam beberapa kasus atau pasien, IPL dapat menghilangkan bulu secara permanen. Namun, jumlah berapa kali treatment yang dibutuhkan untuk menghilangkan bulu seseorang secara permanen bergantung pada kondisi pertumbuhan rambut tiap orang.

  •  Meremajakan kulit

IPL hair removal dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bulu yang relatif aman. Selain itu, teknik IPL juga dapat kamu manfaatkan untuk berbagai terapi kecantikan lain. Jika kamu tertarik untuk menjalani terapi IPL, konsultasikan dulu dengan dokter agar hasilnya sesuai yang kamu harapkan dan efek sampingnya minimal.

  • Tidak sakit

Melakukan treatment ini kamu tidak perlu khawatir, karena IPL tergolong tidak sakit. Kamu hanya akan merasakan sedikit panas pada area yang dikerjakan. Apabila IPL terasa terlalu panas, therapist pun dapat mengatur agar intensitas cahaya dikurangi. Pada area dengan pertumbuhan rambut lebih banyak, suhu panas akan lebih terasa.

  • Aman 

Treatment ini juga sangat aman untuk digunakan untuk semua orang, karena prosesnya dikerjakan oleh profesional pada klinik berlisensi yang terpercaya.

Kekurangan Intense pulse light (IPL)

  • Harganya yang mahal

Karena treatment ini bisa menghilangkan bulu secara permanen, maka harga treatment ini cukup mahal dibandingkan menghilangkan bulu secara manual atau yang sering kita lakukan dirumah. Treatment ini dibandrol dengan harga sekitar Rp.215.000.

  • Infeksi

Ada kemungkinan juga, dimana treatment ini dapat menimbulkan infeksi jika kamu terus menerus melakukannya tanpa konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

  • Timbul luka

Tidak hanya infeksi, treatment ini juga dapat menyebabkan kulit terluka jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan tidak dilakukan oleh seseorang yang profesional.

Beli IPL online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Bagus mana Waxing vs IPL ?

 Waxing IPL
Kelebihan- Tidak memerlukan banyak waktu
- Bulu di tubuh lebih lama untuk tumbuh kembali
- Membuat kulit menjadi lebih cerah
- Menghilangkan bulu secara permanen
-  Meremajakan kulit
- Tidak sakit
Kekurangan - Iritasi pada kulit
- Beresiko jika tidak hati-hati
- Cukup sakit
- Harganya yang mahal
- Infeksi
- Timbul luka
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan 

Dengan berbagai treatment yang ada untuk merawat kulit agar penampilan di daerah ketiak tetap terlihat halus,cerah, dan indah. Kamu bisa melakukan treatment untuk menghilangkan bulu ketiak dengan bantuan tenaga profesional jika kamu takut untuk melakukan nya sendiri.

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya untuk kamu, terima kasih.