Bagus mana Tamanu Oil atau Rosehip Oil?

Baru-baru ini skincare jenis facial oil sedang digandrungi para kaula muda. Facial oil sendiri adalah minyak yang dihasilkan dari tumbuhan seperti buah, bunga, daun akar, dll. Facial oil terbagi menjadi 2 kategori yaitu carrier oil (minyak pembawa) dan essential oil (minyak atsiri). Essential oil merupakan minyak yang dihasilkan dalam jumlah sedikit contohnya seperti tea tree oil, rose oil, jasmine oil, juniper oil, cedarwood oil. Carrier oil merupakan minyak yang bisa digunakan dalam jumlah banyak tanpa harus dicampur dengan minyak lain contohnya grapeseed oil, rosehip oil, seabuckthorn oil, tamanu oil, neem oil. Anda dapat mengetahui bagus mana Tamanu Oil atau Rosehip Oil pada artikel ini.

Pada artikel ini Anda akan mengetahui :
– Definisi singkat Tamanu Oil dan Rosehip Oil
– Kelebihan & kekurangan Tamanu Oil dan Rosehip Oil
– Perbandingan Tamanu Oil dan Rosehip Oil
– Harga terbaik Tamanu Oil dan Rosehip Oil

Tamanu Oil
Tamanu oil merupakan minyak yang berasal dari buah yang tumbuh di pohon tamanu. Tamanu oil memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit bahkan bisa juga digunakan untuk mengatasai masalah kulit. Beberapa manfaat tamanu oil dibahas lebih lengkap di Tempo.co.

Kelebihan tamanu oil yang dapat Anda ketahui :

1. Meregenerasi Kulit
Tamanu oil dapat digunakan sebagai serum mata alami. Tamanu oil cocok digunakan bagi Anda yang memiliki masalah dengan dark circles dan puffy eyes. Kandungan fatty acid dari tamanu oil dapat menjaga kelembaban kulit tipis di sekitar mata dan mampu meregenerasi kulit dengan baik. Selain itu kandungan fatty acid dalam tamanu oil mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tampilan stretch mark.

2. Mengatasi Masalah Jerawat
Tamanu oil memiliki kandungan antimicrobial, anti-bakteri, dan anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi beragam masalah akibat jerawat. Tamanu oil dapat membantu menyamarkan bekas jerawat, serta mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit wajah. Selain itu, tamanu oil juga kaya dengan fatty acid sepertilinoleic acid, palmitic acid, stearic acid, sertalinolenic yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Kekurangan tamanu oil yang dapat Anda ketahui :

1. Sering Dipalsukan
Tamanu oil merupakan facial oil yang dibanderol dengan harga cukup mahal sehingga banyak produsen nakal yang membuat barang tiruan dari tamanu oil tersebut. Anda harus lebih teliti saat hendak membeli tamanu oil, jangan tergiur dengan harga murah karena bisa jadi tamanu oil tersebut palsu.

2. Dapat Memicu Alergi
Tamanu oil memiliki kekurangan yaitu dapat memicu alergi terutama pada Anda yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan. Sebelum menggunakan tamanu oil sebaiknya Anda cek ke dokter kulit untuk mengurangi dampak resiko alergi.

Rosehip Oil
Rosehip oil adalah minyak yang diekstrak dari biji bunga mawar liar jenis tertentu. Rosehip oil mengandung 95% bahan yang baik untuk kecantikan kulit. Rosehip oil merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam produk anti-aging karena kaya akan vitamin, antioksidan, dan asam lemak esensial Omega-3 dan Omega-6. Rosehip oil menawarkan berbagai manfaat perawatan kecantikan untuk rambut, kulit, dan kuku. Baca juga: Bagus mana Rosehip Oil dan Argan Oil.

Kelebihan rosehip oil yang dapat Anda ketahui :

1. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini
Rosehip oil memiliki kelebihan yaitu dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini. Rosehip oil mengandung asam linoleat yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti noda hitam akibat paparan sinar matahari, membantu peremajaan kulit, menjaga kekencangan kulit, dan mengurangi kerut serta kulit kusam.

2. Mencerahkan Kulit
Rosehip oil diperkaya dengan kandungan asam lemak esensial Omega-3 dan Omega-6, vitamin A, serta vitamin C 20 kali lebih banyak dari buah lemon sehingga dapat memberikan efek mencerahkan kulit dan perawatan bagi kulit yang berjerawat.

Kekurangan rosehip oil yang dapat Anda ketahui :

1. Beresiko Untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Rosehip oil memiliki kekurangan yaitu tidak boleh digunakan pada ibu hamil dan menyusui. Hal ini disebabkan karena selain mengandung asam lemak essensial, minyak ini juga mengandung asam trans-retinoic, tanin, flavonoid yang telah terbukti memiliki efek negatif pada anak-anak dan bayi.

2. Potensi Menimbulkan Iritasi
Seperti halnya beberapa produk yang diaplikasikan langsung pada kulit, rosehip oil ternyata juga dapat memicu timbulnya reaksi alergi serta iritasi kulit. Reaksi alergi ini terjadi pada sebagian orang yang kemungkinan memiliki alergi tanaman atau atopi yang mana dalam kondisi ini bagian tubuh tertentu yang bersentuhan langsung dengan allergen menunjukkan reaksi alergi, kemungkinan disebabkan karena kulit yang sangat sensitif.

Bagus Mana Tamanu Oil atau Rosehip Oil?

Bagus ManaTamanu OilRosehip Oil
Asal Minyak- Pohon tamanu- Mawar liar jenis tertentu
Kandungan- Fatty acid (linoleic acid, palmiticacid, stearic acid, serta linolenic)- Vitamin, antioksidan, dan asam lemak esensial Omega-3 dan Omega-6
Manfaat- Menjaga kelembapan kulit, meregenerasi kulit dengan baik, meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tampilan stretchmark- Mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu peremajaan kulit, mengurangi kerut serta kulit kusam, mencerahkan kulit

Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa tamanu oil dan rosehip oil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat memilih diantara kedua facial oil tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dan tentunya yang cocok untuk tipe kulit wajah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *