Bagus mana Sunscreen vs Sunblock

Aktivitas luar rumah tentunya menyenangkan, ditambah jika bermain di daerah pantai bersama teman-teman menghabiskan waktu bersama saat liburan. Namun jangan kelewat senang ya guys, kamu mesti menggunakan tabir surya seperti Sunscreen atau Sunblock agar kulit senantiasa terjaga dari sinar UV matahari.

Sunscreen dan Sunblock sendiri nyatanya tidak cuma digunakan untuk kamu yang sedang berlibur ke pantai, namun bisa juga kamu gunakan untuk aktivitas luar rumah sehari-hari.

Nah kali ini Bagusmana.id akan mengulas lebih dalam mengenai Sunscreen dan Sunblock yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih tabir surya andalan kamu sehari-hari. Disini aja ya!

Sunscreen vs Sunblock

Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya, yaitu lotion cair kimiawi yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Lotion sunscreen masuk ke dalam kulit dan akan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit kamu dan merusaknya.

Namun, tetap akan ada sebagian sinar matahari yang terserap oleh tubuh. Tekstur sunscreen lebih tipis dan akan terlihat tidak kasat mata saat digunakan.

Memakai sunscreen sering kali dianggap merepotkan, karena kamu merasa menggunakan kosmetik yang mengandung SPF sudah cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Padahal, kosmetik yang mengandung SPF belum cukup melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang dapat menimbulkan kanker kulit. Kulit juga akan mengalami kerusakan bertahap seperti penuaan dini.

Sunscreen vs Sunblock

Tidak ada sunscreen yang melindungi kulit dari sinar matahari sampai 100 %, walaupun kamu memakai SPF yang tinggi. Sunscreen akan luntur atau lenyap saat kamu berkeringat dan bila terkena air. Karena itu, sebaiknya oleskan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali.

Cara memakai sunscreen yang baik yaitu rata ke seluruh bagian tubuh, walaupun bagian tersebut ditutupi oleh pakaian. Bila sunscreen tidak dipakai ke seluruh tubuh, hasilnya tidak akan optimal. Sehingga kulit kamu masih mungkin terpapar sinar matahari. Baca juga: Sunscreen Untuk Kulit Berminyak Terbaik 

Kelebihan Sunscreen

  • Mencegah penuaan dini
    Kulit manusia memiliki tingkat perlindungan yang sedikit lemah ketika berada di bawah terik paparan sinar matahari langsung dan perihal ini bisa menyebabkan penuaan dini bila tidak dilindungi secara baik dan benar. Untuk itu penggunaan sunscreen dinilai mampu untuk mencegah penuaan dini secara optimal.
  • Menjaga kelembaban dan elastisitas kulit
    Pemakaian sunscreen juga dinilai mampu untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Kulit yang terkena paparan sinar matahari langsung tanpa memakai sunscreen rentan mengalami masalah pada kulit, seperti kulit kering yang pada akhirnya bisa menimbulkan penuaan dini pada kulit.
  • Menjaga tone warna kulit
    Beberapa sunscreen mempunyai kandungan yang bisa menjaga tone warna kulit supaya kamu terhindar dari kulit kusam atau noda hitam yang muncul akibat paparan sinar matahari langsung, selain itu terdapat produk sunscreen yang tidak bisa mempertahankan warna kulit akan tetapi sanggup mencerahkan warna kulit.

Kekurangan Sunscreen

  • Menimbulkan reaksi alergi
    Sunscreen berbahan kimia nyatanya sanggup menimbulkan reaksi alergi pada orang tertentu. Bila kamu mempunyai kulit yang sangat sensitif, tidak jarang kandungan yang ada pada chemical sunscreen bisa menimbulkan melasma.
  • Menimbulkan jerawat
    Formula yang ada di dalam sunscreen nyatanya membuat cairannya lebih tebal, sehingga beresiko menimbulkan jerawat untuk orang-orang tertentu. Selain itu, sunscreen ini pula cenderung meninggalkan residu berwarna putih di kulit dan harus digunakan beberapa kali.
  • Membutuhkan waktu untuk bisa meresap
    Sunscreen membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sepenuhnya bisa terserap kulit terlebih dahulu sebelum efektif melindungi kulit, dan mesti sering-sering digunakan ulang dalam jangka waktu yang lebih pendek.

Sunblock

Sunblock mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang membuat lapisan di atas permukaan kulit, berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari.

Sunscreen vs Sunblock

Tekstur lotion sunblock lebih kental, berwarna putih susu, dan bisa terlihat jelas oleh mata. Sunblock merupakan rekomendasi perlindungan terbaik bila kamu mempunyai aktivitas berjam-jam di bawah sengatan matahari, seperti berenang atau bermain di pantai.

Sunblock sendiri terdiri dari banyak macam dan cara pemakaian. Ada variasi sunblock yang dipakai dalam bentuk lotion, krim untuk jenis kulit normal dan kering, bentuk gel untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, dan variasi sunblock berbentuk spray.

Kelebihan Sunblock

  • Memberi kesehatan pada kulit
    Kulit yang terpapar sinar matahari bisa memberikan dampak buruk. Selain kulit menjadi lebih gelap, kulit bisa menjadi kemerahan, gatal, bengkak sampai muncul bintik-bintik. Senyawa dalam sunblock berupa kolagen, keratin dan elastin merupakan protein yang baik untuk kesehatan kulit. Protein tersebut membantu kulit tetap sehat dan lembut.
  • Mencegah penuaan dini
    Jika kamu sering terkena sinar matahari, jaringan elastis kulit kamu dapat menjadi rusak dan gampang keriput sebelum waktunya. Oleh sebab itu, kamu dapat memakai tabir surya sunblock untuk menghindari bahaya penuaan dini dengan kadar SPF minimal 15. Kamu dapat gunakan sunblock sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan.
  • Terhindar dari resiko kanker
    Selain penuaan dini, kulit yang terpapar sinar matahari bisa membuat kulit menjadi hitam dan meningkatkan resiko kanker kulit. Orang yang sering terkena sinar matahari lebih beresiko mengalami kanker kulit dari yang jarang terkena paparan sinar matahari. Kamu bisa memakai sunblock secara rutin setiap hari untuk melindungi kulit kamu dan mencegah terjadinya gangguan termasuk kanker kulit.

Kekurangan Sunblock

  • Membuat jerawat semakin parah
    Salah satu efek samping dari pemakaian sunblock yang tidak tepat yaitu munculnya jerawat yang semakin akut kondisinya. Efek samping itu bisa ditimbulkan jika kulit kamu mempunyai pori-pori yang besar. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk bisa memilih jenis sunblock yang kamu gunakan dan pada bagian manakah sunblock itu perlu dipakai. Hindarilah pemakaian langsung mengenai kulit kepala, khususnya.
  • Meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita
    Efek samping sunblock berikutnya mempunyai kaitan dengan resiko kanker payudara. Ternyata, sunblock merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kanker payudara. Mungkin kamu belum pernah tahu bahwa sunblock mempunyai kandungan yang memberikan pengaruh besar pada kadar estrogen dalam darah. Keadaan ini kemudian bisa menimbulkan efek estrogenik pada sel kanker payudara.
  • Terjadinya iritasi mata
    Pemakaian tabir surya bisa memberikan efek samping yang amat fatal bila dipakai dengan sembarangan, kemudian masuk ke mata. Kandungan dalam sunblock sungguh tidak bisa bereaksi dengan mata. Itulah sebabnya kamu mesti memastikan sunblock tidak mengenai bagian mata kamu.
 Sunscreen Sunblock
KandunganPhysical sunscreenChemical sunscreen
BentukUmumnya berupa krim sajaUmumnya berupa krim dan spray
Khasiat penggunaanEfektif setelah 20 menit pemakaianEfektif langsung saat pemakaian
KecocokanCocok untuk dipakai kulit sensitifBagus untuk anti-aging

Sunscreen vs Sunblock

Tips membedakan sunscreen dan sunblock:

Sunscreen biasanya dibagi menjadi 2 jenis, yakni chemical dan physical. Chemical sunscreen sanggup menyerap sinar matahari. Sedangkan physical sunscreen bekerja dengan menghalangi sinar matahari. Yang terakhir ini yang juga sering disebut sebagai sunblock.

Chemical sunscreen mempunyai kandungan seperti Aminobenzoic acid, Avobenzone, Cinoxate, Dioxybenzone dan berbagai kandungan lainnya. Beda lagi dengan physical sunscreen yang menggunakan kandungan titanium dan zinc sebagai UV Filter.

Jadi cara mudah membedakan sunblock dan sunscreen dapat dilihat dari kandungan produknya, bila tidak menyertakan titanium dan zinc maka produk tersebut merupakan chemical sunscreen.

Beberapa rekomendasi merk skincare terkenal yang memproduksi sunscreen dan sunblock yaitu seperti Loreal, Kiehl’s, Johnson & Johnson dan lain sebagainya.

Bagus mana Sunscreen vs Sunblock

 Sunscreen Sunblock
Kelebihan- Mencegah penuaan dini
- Menjaga kelembaban dan elastisitas kulit
- Menjaga tone warna kulit
- Memberi kesehatan pada kulit
- Mencegah penuaan dini
- Terhindar dari resiko kanker
Kekurangan- Menimbulkan reaksi alergi
- Menimbulkan jerawat
- Membutuhkan waktu untuk bisa meresap
- Membuat jerawat semakin parah
- Meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita
- Terjadinya iritasi mata

Kesimpulan

Sunscreen dan Sunblock adalah skincare yang memberikan manfaat baik untuk pemakainya agar selalu terlindungi dari sinar UV matahari yang memberikan efek kurang baik. Selalu perhatikan kembali kandungan tabir surya andalan kamu agar bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *