Bagus mana Sheet Mask atau Masker Bubuk?

Masker merupakan perawatan diri yang sangat populer dari dulu sampai sekarang. Dengan memakai masker, kulit wajah jadi lebih cerah, bersih, lembut dan lain sebagainya. Jenis-jenis dari masker sendiri tentunya sangat banyak, namun yang akan kita bahas kali ini mengenai Sheet Mask dan Masker Bubuk.

Sheet Mask dan Masker Bubuk merupakan masker yang cukup digemari oleh wanita khususnya remaja yang menginginkan wajah bersih secara maksimal. Harga yang ditawarkan dari kedua masker ini juga cukup ekonomis kok guys.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua masker ini? Untuk itu yuk simak lebih lanjut artikel ini agar bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan saat memilih masker andalan kamu dirumah. Stay tune guys!

Sheet Mask atau Masker Bubuk

Sheet Mask

Sheet mask merupakan masker wajah yang berbentuk lembaran dan umumnya dibuat dari serat alami seperti kertas, katun, selulosa, atau pulp kelapa. Lembaran ini umumnya sudah melalui proses kimiawi yang diperkaya dengan serum dan air sebagai bahan utamanya. Biasanya, masker ini dibuat dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan protein tertentu sesuai dengan jenis serta manfaat yang ditawarkan.

Dibanding dengan masker biasa, sheet mask cuma dapat dipakai satu kali. Setelah ditempel ke wajah, lembarannya dapat langsung dibuang. Sisa serum yang menempel di wajah didiamkan meresap tanpa perlu mencuci wajah. Sedangkan masker oles biasa dapat dipakai berulang kali dan perlu dibilas dengan air sampai bersih setelah digunakan.

Masker ini juga dapat dipakai oleh siapapun dari muda sampai tua, baik wanita maupun pria, asal disesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu. Untuk pemakaian terbaiknya, sebaiknya pakai masker ini di malam hari karena sifatnya yang padat mampu membuat wajah terkesan mengkilap dan berminyak bila dipakai di pagi hari sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan.

Beberapa rekomendasi Sheet Mask yang bisa kamu jadikan masker andalan adalah seperti Bioaqua, Garnier, Nature Republic, Innisfree dan beberapa merk terkenal lainnya. Baca juga: Bagus mana Masker Spirulina atau Masker Kefir?

Sheet Mask atau Masker Bubuk

Kelebihan Sheet Mask

  • Melembabkan kulit
    Nyatanya pemakaian mask sheet amat ampuh untuk melembabkan kulit dalam waktu yang cukup singkat. Serum pada mask sheet nyatanya mengandung vitamin dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit kamu. Tidak cuma untuk melembabkan kulit wajah saja, dengan pemakaian rutin dan pemilihan mask sheet yang sesuai dengan kebutuhan kamu nyatanya dapat membantu untuk menyingkirkan jerawat.
  • Membuat kulit wajah menjadi segar
    Selain serum, umumnya mask sheet mengandung beberapa kandungan lain seperti kolagen. Tentu dengan banyak kandungan baik yang ada pada mask sheet akan membuat kulit kamu jadi lebih fresh dan cerah.
  • Menutrisi kulit dengan baik
    Kandungan serum dan vitamin yang cukup banyak terkandung pada mask sheet, nyatanya akan membantu kulit wajah kamu mendapatkan nutrisi yang baik dan dibutuhkan.

Kekurangan Sheet Mask

  • Dapat membuat kulit beruntusan
    Mengenakan masker lebih lama tidak membuat kandungannya lebih meresap ke dalam kulit, justru sheet mask yang kering dapat menyerap kelembapan yang sudah diterima kulit dari masker tersebut. Perihal ini lah yang akan mengakibatkan jerawat maupun komedo yang merupakan masalah untuk kulit.
  • Ukuran yang belum tentu cocok pada semua orang
    Ukuran yang biasa diusung oleh Sheet Mask nyatanya tidak semerta-merta cocok dan pas untuk semua orang. Ada yang terlalu kecil dan ada yang terlalu besar. Hal inilah yang menjadi kekurangan tersendiri dari Sheet Mask sehingga orang jadi ragu untuk membelinya.
  • Resiko alergi
    Tidak semua kandungan yang ada pada Sheet Mask akan cocok dengan kondisi kulit semua wanita. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan tidak cocok dengan kandungan dengan Sheet Mask maka tentu akan menyebabkan resiko alergi yang cukup merugikan seperti kulit memerah, jerawatan dan lain sebagainya.

Masker Bubuk

Masker bubuk adalah yang paling mudah ditemukan di pasar lokal karena merupakan masker tradisional dan telah banyak dipasarkan oleh beberapa merek lokal ternama.

Pemakaiannya lebih repot dibandingkan jenis lain karena harus dicampur air dan digunakan memakai kuas. Bahan-bahannya banyak memakai bahan alami seperti sayur, buah, daun, dan bunga.

Sheet Mask atau Masker Bubuk

Masker bubuk ini bisa kamu temukan di mall-mall terdekat di kota kamu, supermarket, Guardian dan toko online saat ini pun sudah banyak yang menjualnya.

Beberapa rekomendasi masker bubuk yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu seperti Serambi Botani, Shylas Factory, Bali Alus dan lain sebagainya.

Kelebihan Masker Bubuk

  • Dapat diaplikasikan dengan bahan lain
    Kelebihan pertama dari masker bubuk yaitu bisa diaplikasikan dengan bahan lain. Jelas saja sebab dalam rangkaian penggunaannya, harus terlebih dahulu ditambahkan air ke dalam bubuk masker. Di saat yang bersamaan pula lah, dapat ditambahkan bahan lain. Misalnya saja, kamu ingin menambahkan perasan lemon untuk menambah kandungan vitamin C atau ingin menyamarkan noda hitam yang ada di wajah.
  • Pemakain bisa disesuaikan pada bagian tertentu saja
    Bukan tidak mungkin, dalam keadaan tertentu, kamu akan menghadapi masalah kulit pada area wajah. Misalnya saja terdapat jerawat yang sedang mengalami peradangan. Jika kamu memakai masker wajah berupa sheet mask yang sudah berbentuk wajah langsung, maka seluruh area pada permukaan wajah akan hampir tertutup kecuali mata, hidung dan mulut.
  • Harga terjangkau
    Berikutnya, yaitu biayanya yang terjangkau. Masker bubuk yang baik sekalipun masih dapat dikatakan memiliki harga yang relatif terjangkau. Jelas saja ini dapat menghemat budget bulanan dari segi pengeluaran di bidang kecantikan kamu.

Kekurangan Masker Bubuk

  • Tidak praktis digunakan
    Tidak praktis digunakan, alias ribet. Kamu wajib membuat masker bubuk tersebut menjadi seperti pasta, baru dapat diterapkan ke wajah. Kamu dapat mencampurkannya dengan air biasa atau air mawar. Ini menjadi kekurangan yang cukup menjadi pertimbangan tersendiri bagi para calon pembelinya.
  • Mesti memakai aplikator
    Kekurangan selanjutnya dari Masker Bubuk yaitu mesti memakai aplikator atau kuas untuk menerapkannya ke wajah. Perihal ini juga menjadi tidak efisien sebab cukup menyita waktu kamu ketimbang memakai Sheet Mask.
  • Memakan waktu yang cukup lama
    Memerlukan waktu yang cukup lama untuk menunjukkan hasil yang maksimal. Sebab pada dasarnya, masker bubuk merupakan masker alami yang tidak cukup 1-2 kali konsumsi saja bila mau mendapatkan hasil maksimum.
 Sheet MaskMasker Bubuk
Kandungan- Vitamin
- Mineral
- Asam amino
- Vitamin
- Buah-buahan
- Mineral
Cara penggunaanTinggal pakaiPerlu ditambahkan air lalu di aplikasikan ke wajah
Harga per November 2019Rp 8.500,-Rp 7.500,-

Sheet Mask atau Masker Bubuk

Tips memilih masker sesuai dengan kondisi kulit wajah:

  1. Kulit kering
    Untuk kamu yang mempunyai kulit kering sebaiknya pilih masker wajah yang dapat melembabkan. Masker yang cocok untuk kulit kering umumnya berupa masker hydrogel, krim, maupun oil-based mask yang mempunyai banyak kandungan pelembab.
  2. Kulit sensitif
    Apabila kulit wajah kamu termasuk jenis kombinasi, direkomendasikan untuk melakukan multi masking, yakni memakai masker wajah sesuai dengan permasalahan kulit. Misalnya memakai masker wajah berbahan dasar clay yang dapat menyerap kelebihan minyak di daerah T dan hydrating mask dengan kandungan madu di area kulit yang kering.
  3. Kulit berminyak dan berjerawat
    Khusus untuk kamu yang mempunyai kulit berminyak dan berjerawat disarankan untuk memakai masker wajah untuk kulit berminyak yang dibuat dari clay.
  4. Kulit bernoda
    Masker wajah dengan kandungan exfoliate bekerja seperti seperti pembersih wajah. Manfaat yang dapat dirasakan yaitu membantu membuang sel kulit mati.
  5. Kulit yang mulai menua
    Wanita yang sudah menginjak umur 40 tahun, pasti akan mengalami masalah kulit seperti menurunnya elastisitas kulit, munculnya garis-garis halus, dan masalah lainnya.
  6. Kulit kusam
    Kamu yang mempunyai kulit kusam sebaiknya memakai masker yang mengandung exfoliator berupa scrub atau butiran halus yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan ini sanggup mengangkat sel-sel kulit mati serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Bagus mana Sheet Mask atau Masker Bubuk?

 Sheet MaskMasker Bubuk
Kelebihan - Melembabkan kulit
- Membuat kulit wajah menjadi segar
- Menutrisi kulit dengan baik
- Dapat diaplikasikan dengan bahan lain
- Pemakain bisa disesuaikan pada bagian tertentu saja
- Harga terjangkau
Kekurangan- Dapat membuat kulit beruntusan
- Ukuran yang belum tentu cocok pada semua orang
- Resiko alergi
- Tidak praktis digunakan
- Mesti memakai aplikator
- Memakan waktu yang cukup lama

Kesimpulan

Setelah membahas Sheet Mask dan Masker Bubuk tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua masker ini memiliki manfaat yang sama-sama baik untuk kulit wajah selama pemakaian dalam batas wajar dan sesuai dengan ketentuan masing-masing produk. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan masker andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *