Bagus mana Sabun Batang atau Sabun Cair?

Sabun merupakan sebuah bahan yang digunakan untuk membersihkan sesuatu bahkan badan kita. Sabun sendiri umumnya dibedakan menjadi dua yakni Sabun Batang dan Sabun Cair yang biasa kita lihat di kehidupan kita sehari-hari.

Sabun Batang dan Sabun Cair adalah dua sabun yang sangat bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari. Kedua sabun ini tentunya memiliki beragam kelebihan yang baik untuk kita, namun juga memiliki kekurangan yang cukup merugikan.

Nah untuk itu kami akan mengulas lebih dalam mengenai kedua sabun ini agar bisa kamu jadikan info dan acuan saat memilih sabun andalan kamu sehari-hari. Disini aja ya guys!

Sabun Batang atau Sabun Cair

Sabun Batang

Sabun batang merupakan jenis sabun yang ditemukan pertama kali sebelum sabun berbentuk cair dan bubuk ditemukan. Seperti dilansir dari website resmi American Cleaning Institute, sabun batang pertama kali dibuat melalui pencampuran lemak dan abu pada zaman Babylon kuno (2800 SM).

Kebiasaan memakai sabun ini semakin menyebar luas, terutama pada abad ke-17 di Eropa setelah semakin banyaknya produsen sabun yang berdiri. Sampai saat ini, sabun tetap menjadi andalan untuk menjaga kebersihan tubuh dan sudah tersedia dalam berbagai jenis varian.

Berbeda dengan sabun cair atau bubuk, sabun batang pada umumnya dibungkus dengan bahan kertas dan bukan plastik. Perihal ini akan amat membantu mengurangi limbah plastik di lingkungan.

Selain itu, umumnya sabun batang pula menghasilkan limbah deterjen yang lebih ramah lingkungan sebab mengandung lebih sedikit bahan kimia

Banyak sabun batang yang dibuat dari bahan alami memasukkan langsung bahannya dalam bentuk padatan. Jadi, tidak mengherankan jika kamu menemukan buah atau kacang-kacangan di dalam sabun batang.

Bila kamu mau membersihkan kulit secara lebih alami dan manfaat yang lebih, pemakaian sabun batang tentu amat direkomendasikan. Berbeda dengan sabun cair yang bahannya telah diproses terlebih dulu sehingga efektivitasnya berkurang. Baca juga: Bagus mana Sabun Golden Viera atau Sabun Cetaphil?

Sabun Batang atau Sabun Cair

Kelebihan Sabun Batang

  • Ramah lingkungan
    Sabun batang lebih ramah lingkungan dari sabun cair sebab umumnya memakai kardus sebagai kemasan bungkusnya. Kemasan ini tentunya lebih gampang didaur ulang serta lebih mudah terurai daripada kemasan plastik.
  • Cocok untuk orang yang alergi wangi-wangian
    Untuk orang yang punya alergi dengan wangi-wangian, sabun batang mungkin dapat jadi alternatif yang lebih nyaman dipakai sebab umumnya sabun cair selalu mempunyai tambahan pewangi.
  • Harga lebih murah
    Dibandingkan dengan sabun cair, sabun batang memiliki harga yang lebih ekonomis. Hal inilah yang menjadi kelebihan utama dari sabun batang sehingga tak heran bila banyak orang lebih menggunakan sabun batang ketimbang sabun cair.

Kekurangan Sabun Batang

  • Resiko munculnya bakteri
    Banyak orang yang tidak memilih untuk memakai sabun batang mempertimbangkan faktor kebersihannya. Terlebih bila sabun batang tersebut dipakai oleh beberapa orang, banyak yang khawatir bakteri pada sabun akan berpindah pada tubuh. Sebaiknya tidak memakai sabun batang untuk bersama-sama supaya tidak mendapatkan berbagai macam efek buruk pada kulit nantinya.
  • Kulit jadi lebih kering
    Sabun batang disebut bisa membuat kulit jadi kering sebab mempunyai tingkat pH atau derajat keasaman yang lebih tinggi daripada sabun cair. Saat kulit kamu kering, maka luka yang kamu alami akan sembuh lebih lama dari seharusnya dan terasa tidak nyaman.
  • Rentan jatuh
    Saat menggunakan sabun batang, umumnya tangan kita licin sehingga sabun rentan jatuh dan terkena lantai yang membuat sabun dapat sedikit berubah bentuk dan terkena beberapa bakteri dari lantai tersebut.

Rekomendasi Sabun Batang

1. Unilever Lifebuoy Sabun Batang Total 10
Bila kamu mau keluarga kamu senantiasa terlindung dari kuman, produk inilah jawabannya. Dengan timol aktif alami dan Activ Silver Formula, sabun ini dapat melindungi kulit kamu dari 10 kuman penyebab masalah. Jadi, kamu beserta keluarga tidak perlu khawatir lagi untuk beraktivitas di luar rumah.

2. Unilever Lux Velvet Jasmine
Sabun batang Lux terkenal dengan keharumannya yang tahan lama dan bervariasi. Produk Lux Velvet Jasmine ini mempunyai kombinasi aroma dari bunga melati serta almond yang tercampur dalam floral fusion oil. Pada saat kamu memakainya, aroma bergamot dan peach yang harum akan kamu rasakan.

3. Unilever Dove White Beauty Bar
Untuk kamu yang mempunyai kulit sangat kering, produk ini cocok untuk kamu. Produk ini juga menjadi rekomendasi para ahli dermatologi sebab kandungan moisturizing cream dan mild cleansers bisa menjaga kelembapan kulit kering dan menutrisinya. Setelah memakai produk ini, kulit kamu pula akan jadi lebih cerah.

Sabun Cair

Sabun cair merupakan jenis sabun yang dihasilkan reaksi saponifikasi antara minyak dan KOH. Sabun cair lebih banyak dijumpai di area publik seperti rumah sakit, rumah makan atau restoran, kafe, dan perkantoran.

Beberapa perusahaan sabun memproduksi sabun cair dengan varian khusus, misalnya sabun untuk cuci piring, cuci tangan dan sabun khusus untuk anak-anak.

Sabun Batang atau Sabun Cair

Sabun cair cenderung lebih disukai oleh orang karena lebih mudah digunakan dan praktis. Selain itu umumnya isi dari sabun cair sendiri lebih banyak, namun juga pemakaiannya sedikit lebih boros ketimbang sabun batang. Untuk itu gunakan sabun cair sebaik dan seperlunya saja ya guys.

Kelebihan Sabun Cair

  • Kulit jadi lebih lembab
    Berbeda dengan sabun batang, sabun cair mempunyai kandungan pelembab yang lebih tinggi sehingga tidak mengakibatkan kulit kamu jadi kering. Terlebih dengan bentuknya yang memang cair, pastinya lebih mudah memakainya.
  • Tidak mudah terkontaminasi
    Sabun cair mempunyai kemasan yang bisa tertutup rapat dan tidak gampang terkontaminasi bakteri. Umumnya sabun cair dikemas dalam kemasan berupa botol yang praktis, sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam hal penyimpanannya.
  • Aroma yang lebih sedap
    Untuk kamu yang tidak mempunyai alergi terhadap wangi-wangian, sabun cair bisa menjadi opsi pas. Terlebih sabun cair juga menghasilkan busa lebih banyak dari sabun batang.

Kekurangan Sabun Cair

  • Boros
    Kekurangan sabun cair yaitu penggunaanya yang terkadang boros. Umumnya karena gampang dikeluarkan, sabun cair banyak dipakai dalam volume yang terlalu banyak. dalam perihal ini, kamu perlu untuk mengatur berapa kebutuhan sabun cair yang dibutuhkan untuk membersihkan seluruh badanmu.
  • Tidak ramah lingkungan
    Kemasan sabun cair juga tidak begitu mudah terurai dibanding dengan sabun batang. Perihal ini karena botol yang biasa dipakai untuk kemasan sabun cair umumnya memakai bahan plastik, jadi lebih susah terurai dan tidak baik untuk lingkungan.
  • Lebih mahal
    Jika dibandingkan dengan sabun batang, harga dari sabun cair umumnya lebih mahal. Hal inilah yang menjadi pertimbangan tersendiri untuk orang lebih memilih sabun batang ketimbang sabun cair.

Rekomendasi Sabun Cair

1. Biore Body Foam Pure Mild
Body foam dari Biore merupakan sabun mandi cair dengan tekstur yang creamy, dan aroma yang menyegarkan. Selain membersihkan kotoran di kulit, sabun ini pula merawat kelembaban kulit kamu. Dengan busanya yang melimpah dan halus, kamu akan merasa begitu rileks setelah mandi.

2. Shinzu’i Skin Lightening Body Cleanser Matsu
Untuk kamu yang mempunyai segudang aktivitas di luar ruangan setiap harinya, pasti kamu menginginkan produk kecantikan yang dapat membersihkan tubuh Anda dari keringat dan polusi secara menyeluruh. Body wash Shinzu’i ini mungkin dapat kamu coba. Selain membersihkan tubuh, sabun ini juga membantu menjaga kelembaban kulit kamu.

3. Dettol Profresh-Fresh
Dettol hadir di tengah masyarakat dalam berbagai produk berupa sabun, pencuci tangan, cairan Dettol, cairan antiseptik Dettol, dan pembersih tangan Dettol. Semua produk Dettol mengandung senyawa kimia aromatik yang dikenal sebagai chloroxylenol (C8H9ClO) yang bersifat antiseptik.

SpesifikasiSabun BatangSabun Cair
TeksturPadatCair
Kandungan pelembabRendahTinggi
Rata-rata harga per Januari 2020Rp 3.200,- Rp 40.800,-

Bagus mana Sabun Batang atau Sabun Cair?

 Sabun BatangSabun Cair
Kelebihan- Ramah lingkungan
- Cocok untuk orang yang alergi wangi-wangian
- Harga lebih murah
- Kulit jadi lebih lembab
- Tidak mudah terkontaminasi
- Aroma yang lebih sedap
Kekurangan - Resiko munculnya bakteri
- Kulit jadi lebih kering
- Rentan jatuh
- Boros
- Tidak ramah lingkungan
- Lebih mahal

Kesimpulan

Setelah membahas Sabun Batang dan Sabun Cair tadi diatas maka dapat disimpulkan bahwa kedua sabun ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan sabun batang karena lebih ramah lingkungan dan lebih ekonomis, kalau kamu pilih yang mana? Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *