fbpx

Bagus mana Rosehip Oil vs Jojoba Oil?

Bahan-bahan alami sering dijadikan pilihan utama untuk kandungan dalam berbagai produk kecantikan. Selain karena memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kulit. Bahan-bahan alami ini juga mampu mengatasi beragam masalah kulit yang timbul.

Nah, salah satu bahan-bahan alami yang sedang populer digunakan untuk menjadi bahan utama pembuatan produk kecantikan yaitu Rosehip Oil vs Jojoba Oil. Terbukti kedua bahan ini memiliki kualitas yang sangat baik serta menawarkan banyak solusi yang berkaitan dengan masalah kecantikan.

Masih banyak lagi manfaat dan keunggulan dari kedua oil tersebut. Namun, Rosehip Oil dan Jojoba Oil juga memiliki kekurangan loh. Ingin tahu lebih detail mengenai keduanya? Yuk langsung saja simak artikel di Bagusmana.id di bawah ini!

Rosehip Oil

Rosehip oil merupakan minyak nabati yang berasal dari biji buah rosehip dari tanaman sejenis mawar dengan nama latin Rosa moschata atau Rosa Rubiginosa. Biji buah berwarna merah dari tanaman mawar yang sangat langka ini berasal dari Cina dan Amerika Serikat.

Biji dari buah ini diproses secara cold press untuk diambil minyaknya dan dijadikan sebagai bahan produk skincare. Rosehip oil adalah minyak yang diekstrak dari biji bunga mawar liar jenis tertentu. Rosehip oil mengandung 95% bahan yang baik untuk kecantikan kulit.

Rosehip oil juga menjadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam produk anti aging karena kaya akan vitamin, antioksidan, dan asam lemak esensial Omega-3 dan Omega-6. Rosehip oil menawarkan berbagai manfaat perawatan kecantikan untuk rambut, kulit, dan kuku. Baca juga: Bagus mana Tamanu Oil atau Rosehip Oil?

Kelebihan Rosehip Oil

Berikut ini Kelebihan Rosehip Oil:

  • Mencegah tanda-tanda penuaan dini
    Rosehip oil memiliki kelebihan yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini. Karena adanya kandungan anti aging. Rosehip oil juga mengandung asam linoleat yang dapat meminimalisir noda hitam akibat paparan sinar matahari, membantu peremajaan kulit, menjaga kekencangan kulit, dan mengurangi keriput serta kulit kusam.
  • Melindungi kerusakan kulit akibat matahari
    Kulit wajah yang terpapar sinar UV secara berkepanjangan dapat merusak kulit sehingga mengakibatkan munculnya bintik-bintik usia dan perubahan warna pada kulit wajah. Nah, Rosehip oil diketahui mengandung vitamin A dan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.
  • Mencerahkan kulit
    Kelebihan lainnya dari Rosehip oil sendiri yaitu kaya dengan kandungan asam lemak esensial Omega 3 dan Omega 6, vitamin A, serta vitamin C yang 20 kali lebih banyak dari buah lemon sehingga dapat memberikan efek mencerahkan kulit dan perawatan bagi kulit yang berjerawat. Bagi Anda yang menginginkan manfaat satu ini maka rosehip bisa jadi solusinya.

Rosehip Oil vs Jojoba Oil

Kekurangan Rosehip Oil

Berikut ini Kekurangan Rosehip Oil:

  • Sering dipalsukan
    Rosehip merupakan facial oil yang dibanderol dengan harga cukup mahal sehingga banyak produsen nakal yang membuat barang tiruan dari oil tersebut. Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti saat hendak membeli, jangan tergiur dengan harga murah karena bisa jadi itu termasuk Rosehip Oil palsu.
  • Beresiko bagi Ibu hamil dan menyusui
    Kekurangan satu ini khusus diperuntukkan untuk ibu hamil dan menyusui. Rosehip oil tidak dianjurkan digunakan pada ibu hamil dan menyusui karena selain mengandung asam lemak esensial, minyak ini juga mengandung asam trans retinoic, tanin, flavonoid yang telah terbukti memiliki efek negatif pada anak-anak dan bayi.
  • Tidak cocok untuk kulit sensitif
    Seperti halnya beberapa produk yang diaplikasikan secara langsung pada kulit, rosehip oil dapat memicu timbulnya reaksi alergi serta iritasi kulit. Reaksi alergi ini berlaku pada sebagian orang yang memiliki alergi tanaman atau atopi yang mana dalam kondisi ini bagian tubuh tertentu yang bersentuhan langsung dengan allergen menunjukkan reaksi alergi, kemungkinan disebabkan karena kulit yang sangat sensitif.

Jojoba Oil

Jojoba Oil merupakan cairan yang diekstrak dari biji tanaman jojoba yang disebut Simmondsia chinensis. Salah satu manfaat jojoba oil yang paling populer adalah untuk bahan dasar kosmetik. Hal ini karena jojoba oil tahan lama dan memiliki umur simpan yang panjang.

Hingga saat ini jojoba oil tetap menjadi bahan populer dalam produk perawatan kulit dan rambut. Menggunakan jojoba oil secara spesifik tanpa campuran bahan-bahan lain dapat meningkatkan kondisi kesehatan kulit.

Jojoba oil juga sangat kaya akan bahan penambah kecantikan seperti vitamin E, vitamin B kompleks, tembaga, dan zinc. Penasaran bukan? Apa saja kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada bahan alami satu ini? Berikut penjelasan lengkapnya. Baca juga: Bagusmana Serum atau Face Oil?

Rosehip Oil vs Jojoba Oil

Kelebihan Jojoba Oil

Berikut ini Kelebihan Jojoba Oil:

  • Meminimalisir minyak berlebih di wajah
    Kelebihan pertama yang dihadirkan oleh Jojoba Oil ini yaitu Jojoba oil secara struktural mirip dengan sebum, zat berminyak yang dikeluarkan kelenjar sebaceous sebagai cara alami untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Jojoba oil juga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah dengan memodulasi produksi sebum alami kulit. Kandungan tingkat yodium yang tinggi pada oil ini pun dapat menyeimbangkan pertumbuhan berlebih bakteri penyebab jerawat loh.
  • Mampu meredakan iritasi
    Kelebihan lainnya yaitu Jojoba oil memiliki sifat anti inflamasi. Jojoba oil dapat membantu mencegah dan menenangkan kondisi kulit seperti eksim dan rosacea serta mampu menenangkan area yang kemerahan dan menenangkan kulit yang meradang seperti iritasi. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga bisa menyembuhkan peradangan dengan menetralkan radikal bebas dan mengatasi stres oksidati. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah ini bisa mencobanya ya!
  • Mampu membersihkan sisa makeup
    Nah, kelebihan satu ini sangat cocok untuk Anda yang sering mengaplikasikan makeup pada wajah Anda. Jojoba oil adalah minyak hypoallergenic yang dapat membantu menghilangkan kotoran, makeup, dan bakteri dengan mudah. Anda bisa mengoleskan tiga hingga lima tetes jojoba oil pada kapas untuk menghapus makeup dan kotoran setelah bepergian.

Kekurangan Jojoba Oil

Berikut ini Kekurangan Jojoba Oil:

  • Rentan alergi
    Kekurangan satu ini sangat sensitif untuk Anda yang memiliki kulit yang cenderung sensitif juga. Setelah penggunaan sebagian kecil orang mungkin akan mengalami reaksi tidak menyenangkan yaitu muncul beberapa ruam dan reaksi alergi. Oleh karena ini ada baiknya perhatikan jenis kulit Anda terlebih dahulu.
  • Sulit ditemukan
    Kekurangan lainnya yaitu sulit ditemukan. Bagi Anda yang sering berbelanja produk kecantikan mungkin sangat jarang menemukan oil satu ini. Karena memang terbatas dalam pengedarannya. Namun jika Anda ingin mencoba menggunakan oil ini, Anda bisa menemukan di beberapa situs belanja online dan website resminya.
  • Harganya cukup mahal
    Jojoba oil sendiri menawarkan harga yang cukup mahal di kantong. Jadi, ada baiknya jika sebelum membeli untuk mempertimbangkan budget yang Anda miliki. Agar sesuai dengan kebutuhan Anda ketika menggunakan. Sia-sia bukan jika tidak cocok pada kulit Anda.
KeteranganRosehip OilJojoba Oil
Bahan berasalChili,Cina dan Amerika SerikatArizona selatan, California selatan, dan barat laut Meksiko
Kandungan Mengandung banyak vitamin (terutama vitamin C), anti oksidan, dan asam lemak esensial.Mengandung vitamin E, vitamin B kompleks serta ada kandungan yodium sekitar 82% dan kandungan asam lemak.

Bagus mana Rosehip Oil vs Jojoba Oil?

KeteranganRosehip OilJojoba Oil
Kelebihan -Mencegah tanda-tanda penuaan dini
-Melindungi kerusakan kulit akibat matahari
-Mencerahkan kulit
-Meminimalisir minyak berlebih di wajah
-Mampu meredakan iritasi
-Mampu membersihkan sisa makeup
Kekurangan -Sering dipalsukan
-Beresiko bagi Ibu hamil dan menyusui
-Tidak cocok untuk kulit sensitif
-Rentan alergi
-Sulit ditemukan
-Harganya cukup mahal

Kesimpulan

Itulah perbandingan mengenai Rosehip Oil dan Jojoba Oil yang memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kulit serta ada beberapa hal yang perlu Anda hindari agar tidak menimbulkan masalah kulit lainnya. Nah, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu ada baiknya pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *