Bagus mana Rosehip Oil atau Argan Oil?

Punya kulit wajah yang sehat, bersih dan cerah merupakan impian semua wanita agar bisa tampil percaya diri. Sudah banyak jenis skincare yang beredar di pasaran mulai dari yang berwujud cream, serum, essence, toner, dan minyak. Skincare yang memiliki wujud minyak biasanya berasal dari bahan natural yang berasal dari alam. Salah satu contoh skincare yang memiliki bahan dasar minyak adalah rosehip oil dan argan oil. Jika Anda masih bingung untuk memilih diantara keduanya maka mari simak artikel berikut mengenai bagus mana rosehip oil atau argan oil?

Pada artikel ini Anda akan mengetahui:
– Definisi singkat Rosehip oil dan Argan Oil
– Kelebihan dan kekurangan Rosehip oil atau Argan Oil
– Perbedaan antara Rosehip oil dan Argan Oil
– Harga terbaik Rosehip Oil dan Argan Oil

Rosehip Oil
Rosehip oil merupakan minyak nabati yang berasal dari biji buah rosehip dari tanaman sejenis mawar dengan nama latin Rosa moschata atau Rosa Rubiginosa. Biji buah berwarna merah dari tanaman mawar yang sangat langka ini berasal dari Cina dan Amerika Serikat. Biji dari buah ini diproses secara cold press untuk diambil minyaknya dan dijadikan sebagai bahan produk skincare. Baca juga: Bagus mana Bio-Oil atau Maderma?

Kelebihan dari Rosehip Oil yang dapat Anda ketahui:

1. Sifat Anti-aging
Rosehip oil merupakan salah satu produk perawatan kulit yang menawarkan banyak manfaat saat diaplikasikan secara topical. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari pemakaian produk ini adalah mampu mleawan gejala penuaan pada kulit wajah. Rosehip oil ini kaya akan asam lemak essensial seperti contohnya oleat, palmitat, linoleat dan asam gamma linoleat serta mengandung asam lemak tak jenuh ganda (vitamin F). Asam lemak ini memiliki manfaat untuk meregenerasi jaringan kulit dan merangsang produksi kolagen.

2. Melindungi kerusakan kulit akibat matahari
Kulit wajah yang terpapar sinar UV secara berkepanjangan dapat merusak kulit sehingga mengakibatkan munculnya bintik-bintik usia (age spots) dan perubahan warna pada kulit wajah. Rosehip oil diketahui mengandung vitamin A dan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Kekurangan dari Rosehip Oil yang dapat Anda ketahui:

1. Beresiko bagi Ibu hamil dan menyusui
Rosehip oil tidak boleh digunakan pada ibu hamil dan menyusui karena selain mengandung asam lemak essensial, minyak ini juga mengandung asam trans-retinoic, tanin, flavonoid yang telah terbukti memiliki efek negatif pada anak-anak dan bayi.

2. Iritasi topical
Seperti halnya beberapa produk yang diaplikasikan secara langsung pada kulit, rosehip oil dapat memicu timbulnya reaksi alergi serta iritasi kulit. Reaksi alergi ini berlaku pada sebagian orang yang memiliki alergi tanaman atau atopi yang mana dalam kondisi ini bagian tubuh tertentu yang bersentuhan langsung dengan allergen menunjukkan reaski alergi, kemungkinan disebabkan karena kulit yang sangat sensitif.

Argan Oil
Argan oil adalah minyak yang berasal dari ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di daratan Maroko. Argan oil banyak digunakan oleh gadis-gadis Timur Tengah sebagai salah satu rahasia kecantikan mereka. Argan oil sendiri sering disebut-sebut sebagai ‘emas cair’ karena khasiat dan manfaatnya sebagai produk kecantikan yang telah dikenal sejak zaman sebelum masehi.

Kelebihan dari Argan Oil yang dapat Anda ketahui:

1. Merawat kulit berjerawat
Argan oil telah terbukti mampu mengurangi kadar sebum pada jenis kulit berminyak. Vitamin E yang terkandung di dalam argan oil tidak hanya bekerja sebagai anti-inflamasi tapi juga pengontrol produksi sebum. Selain itu, kandungan asam linoleat tinggi yang terkandung dalam argan oil membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan memampu membantu memulihkan sel kulit yang rusak.

2. Melembabkan kulit
Argan oil memiliki tekstur yang tidak terlalu berat namun tidak terlalu ringan pula sehingga cocok dipakai untuk semua jenis kulit. Argan oil mengandung asam lemak, vitamin E dan linoleic yang berguna untuk melembabkan kulit. Argan oil dapat juga dijadikan sebagai alternative pengganti moisturizer karena minyak ini sangat cepat menyerap di kulit. Manfaat argan oil untuk melembabkan kulit juga pernah dibahas dalam forum Kompas.

Kekurangan dari Argan Oil yang dapat Anda ketahui:

1. Sering dipalsukan
Harga argan oil yang relatif mahal membuat minyak ini sering dipalsukan dan didistribusikan ulang dengan harga yang murah, ataupun minyak argan asli sering dicampur dengan campuran minyak yang lain. Hal ini berdampak pada reaksi alergi pada sebagian orang akibat argan oil palsu yang beredar.

2. Tidak mengatasi gejala penuaan
Sifat antioksidan yang dimiliki argan oil mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit sehingga mampu mencegah gejala penuaan seperti garis halus dan kerutan. Manfaat antioksidan ini mampu ‘mencegah’ tanda-tanda penuaan namun tidak untuk menghilangkan gejala penuaan yang sudah ada sebelumnya. Dalam hal ini, sebelum membeli ada baiknya Anda melihat klaim apa yang diberikan oleh produk argan oil tersebut.

Bagus Mana Rosehip Oil atau Argan Oil

Bagus ManaRosehip OilArgan Oil
Asal Minyak- Biji buah rosehip dari jenis mawar Rosa moschata atau Rosa Rubiginosa- Ekstrak biji pohon argan
Asal Negara- Cina dan Amerika Serikat- Maroko
Kandungan- Vit A, vit C, vit F, oleat, palmitat, linoleat dan asam gamma linoleat- Vit E, vit C, asam linoleat dan asam lemak lainnya

Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan di atas, rosehip oil dan argan oil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun keduanya sama-sama mempunyai manfaat sebagai anti-aging yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan serta sama-sama memiliki sifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *