Bagus mana Retinol atau Tretinoin?

Secara alami, setiap orang pasti akan memiliki kerutan dan garis halus seiring dengan bertambahnya usia. Walaupun demikian, kebanyakan orang dengan usia muda pun memiliki keriput dan garis halus yang dapat menganggu penampilan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan produk yang mengandung bahan yang berfungsi sebagai anti-aging, salah satunya adalah retinol dan tretinoin. Namun, jika Anda masih bingung untuk memilih diantara keduanya, maka mari simak artikel berikut mengenai bagus mana retinol atau tretinoin?

Retinol
Retinol adalah turunan dari vitamin A yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh. Retinol ini sendiri sudah sangat terkenal sebagai senyawa yang paling efektif dalam melawan gejala penuaan karena kemampuannya dalam mempercepat produksi sel-sel kulit baru dan mendorong terbentuknya kolagen. Jadi, tidak salah jika kebanyakan produk skincare anti-aging mengusung senyawa retinol ini sebagai kandungan bahan utamanya.

Kelebihan dari retinol yang dapat Anda ketahui:

1. Mudah didapatkan
Salah satu kelebihan dari retinol ini adalah mudah dijumpai di produk-produk over the counter (OTC). Retinol ini dijual bebas di pasaran dalam bentuk esternya seperti retinil asetat, retinaldehid, asam propionate, dan sebagainya. Anda juga dapat menemukan produk-produk skincare drugstore yang mana dalam komposisi bahannya telah mengandung senyawa retinol.

2. Punya banyak sekali manfaat
Retinol mendulang kesuksesan di kalangan beauty enthusiast dikarenakan kemampuannya yang tidak diragukan lagi dalam mencegah gejala penuaan seperti keriput, kerutan dan garis halus. Selain itu, retinol juga punya manfaat lain seperti mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih, dan membuat kulit lebih glowing. Dalam forum Popbela juga telah dibahas mengenai manfaat yang didapatkan dari rutin menggunakan retinol.

Kekurangan dari retinol yang dapat Anda ketahui:

1. Efek samping pemakaian
Dengan segala manfaat yang dimiliki oleh retinol, senyawa ini juga mempunyai kekurangan yaitu dari segi efek samping pemakaiannya. Pemakaian pertama kali produk yang mengandung retinol ini dapat menyebabkan iritasi ringan seperti kemerahan atau bahkan purging. Selain itu, pemakaian retinol ini dapat menyebabkan kulit menjadi dry out atau sangat kering.

2. Mudah teroksidasi
Sama halnya dengan vitamin C, turunan vitamin A retinol ini mudah teroksidasi apabila terpapar udara, panas dan sinar matahari langsung. Penyimpanan produk yang mengandung retinol membutuhkan perlakuan khusus seperti diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau sebaiknya disimpan di dalam lemari es. Baca juga

Tretinoin
Tretinoin juga merupakan derivate dari vitamin A yang digunakan secara topical di kulit. Tretinoin ini sendiri pada awalnya ditujukan untuk pemulihaan jerawat namun kemudian tretinoin diketahui dapat memperlambat tanda-tanda penuaan di wajah. Tretinoin ini bekerja dengan cara merangsang regenerasi sel kulit dan mempercepat pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat.

Kelebihan dari tretinoin yang dapat Anda ketahui:

1. Multi-manfaat
Selain mencegah gejala-gejala penuaan, penggunaan produk yang mengandung tretinoin juga akan memberikan manfaat seperti memulihkan hiperpigmentasi dengan cara mengurangi produksi melanin. Manfaat lainnya yang dapat diperoleh yaitu dapat memulihkan kulit yang terpapar sinar matahari berkepanjangan dengan cara meningkat produksi hyaluronic acid dan hidrat di kulit yang terserang sinar UV.

2. Progress pemakaian yang relatif cepat
Tretinoin memiliki beberapa tingkatan kadar atau konsentrasi yaitu 0,01%, 0,025%, 0,05% dan 0,1%. Semakin besar kadar tretinoin yang terkandung dalam suatu produk skincare maka semakin besar pula pengaruh yang akan ditimbulkan pada kulit. Hal ini akan berdampak pada hasil progress pemakaian produk yang lebih cepat. Tretinoin ini hanya dapat dibeli jika diresepkan oleh dokter di klinik kecantikan.

Kekurangan dari tretinoin yang dapat Anda ketahui:

1. Efek samping pemakaian
Salah satu kekurangan dari pemakaian produk yang mengandung tretinoin adalah purging yang biasanya memakan waktu selama 12 bulan. Selain itu, efek samping yang ditimbulkan yaitu kulit kering (dry out), kadang eksfoliasi atau mengelupas, flushing, kemerahan atau bahkan penambahan jumlah komedo. Hal ini dikarenakan tretinoin bekerja mempercepat regenerasi sel dan kulit mati sehingga komedo dan jerawat yang berada di bawah permukaan kulit lebih cepat naik.

2. Sensitivitas matahari yang tinggi
Pemakaian produk yang mengandung tretinoin pada siang hari dan terkena sinar matahari dapat menonaktifkan kinerja dari senyawa tretinoin, bahkan dapat menyebabkan wajah terbakar. Tretinoin memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap matahari, oleh karena itu ada baiknya digunakan dengan dibarengi SPF atau digunakan pada malam hari.

Bagus Mana Retinol atau Tretinoin?

Bagus ManaRetinolTretinoin
Ketersediaan- Dijual bebas di pasaran- Dapat dibeli jika diresepkan dokter
Manfaat- Anti-aging, mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak berlebih, membuat kulit glowing, dsb- Anti-aging, memulihkan hiperpigmentasi, memulihkan kulit yang terpapar sinar matahari berkepanjangan
Efek samping- Purging, kulit kering, iritasi ringan seperti kemerahan- Purging, kulit kering, mengelupas, kulit kemerahan, komedo bertambah

Kesimpulan
Berdasarkan yang telah dijelaskan di atas, produk yang mengandung retinol ataupun tretinoin memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pemakaian kedua senyawa tersebut sama-sama menimbulkan efek samping yaitu seperti purging, kulit kering dan sebagainya yang terjadi secara personal karena tipe kulit masing-masing orang juga berbeda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *