Bagus mana Retinol atau Retinoid?

Munculnya garis halus dan kerutan merupakan salah satu tanda-tanda penuaan pada wajah yang secara alamiah akan dialami oleh semua orang seiring bertambahnya usia. Walaupun begitu, tak menutup kemungkinan juga orang-orang dengan usia muda memiliki kerutan dan garis halus di wajah. Oleh karena itu, diperlukan suatu perawatan wajah untuk mencegah serta mengatasi gejala penuaan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan yang berguna sebagai anti-aging yaitu retinol atau retinoid. Lantas diantara keduanya, kira-kira bagus mana antara retinol dan retinoid?

 

Retinol
Retinol adalah derivate atau turunan dari vitamin A. Istilah vitamin A seringkali merujuk pada retinol dikarenakan retinol merupakan senyawa yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh. Senyawa retinol ini banyak terdapat di wortel, susu, dan telur. Ketika retinol diserap oleh tubuh, enzim akan mengubah retinol menjadi asam retinoat yang merangsang produksi kolagen dan sel-sel kulit baru. Retinol ini sendiri sering ditemukan dalam produk-produk kecantikan yang berguna sebagai anti-aging. Baca juga: Bagus mana Retinol atau Tretinoin?

Kelebihan dari retinol yang dapat Anda ketahui:

1. Punya banyak manfaat
Tidak hanya efektif dalam mencegah gejala penuaan seperti kerutan dan garis halus, retinol juga dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Pemakaian produk kecantikan yang mengandung retinol dipercaya dapat mengecilkan pori-pori, membuat kulit nampak bercahaya, mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan sebagainya.

2. Mudah didapatkan
Retinol biasanya dijual bebas di konter-konter dalam bentuk ester seperti retinil palmitat, retinil linoleat, retinaldehid, asam propionate atau retinil asetat. Anda juga dapat membeli produk-produk skincare yang di dalam komposisi bahannya telah mengandung retinol di berbagai konter kecantikan yang mudah dijumpai.

Kekurangan dari retinol yang dapat Anda ketahui:

1. Sensitivitas matahari yang tinggi
Saat menggunakan retinol atau produk yang mengandung vitamin A lainnya, ada baiknya memakai SPF sebagai bagian dari rezim perawatan kulit Anda. Penggunaan SPF itu sendiri berguna sebagai proteksi kulit terhadap sinar UVA ataupun UVB agar tidak terbakar matahari dan menyebabkan wajah menjadi lebih kusam dan gelap. Pemakaian produk yang mengandung retinol dianjurkan digunakan pada malam hari.

2. Menyebabkan iritasi ringan
Efek samping dari pemakaian retinol saat pertama kali adalah kulit terasa lebih kering, mengalami eksfoliasi ringan atau mengelupas, dan kemerahan. Efek samping yang dirasakan ini merupakan tanda jika kulit sedang beradaptasi dengan senyawa retinol dan akan berkurang setelah kurang lebih 2-3 minggu pemakaian.

Retinoid
Sama halnya dengan retinol, retinoid juga merupakan salah satu turunan dari vitamin A. Retinoid juga memiliki fungsi yang identik dengan retinol yaitu salah satu senyawa yang efektif dalam melawan gejala penuaan seperti keriput dan garis halus. Anda dapat membaca perbedaan antara retinol dan retinoid disini.

Kelebihan dari retinoid yang dapat Anda ketahui:

1. Punya segudang manfaat
Selain mencegah gejala penuaan, manfaat penggunaan retinoid ini begitu banyak diantaranya adalah melembutkan tekstur kulit wajah, mempercepat produksi sel-sel baru, menyamarkan pigmentasi, membuat kulit bercahaya, mengecilkan pori-pori dan sebagainya.

2. Progress pemakaian yang relatif cepat
Retinoid bekerja lebih cepat jika dibandingkan dengan retinol karena perbedaan stuktur molekul dari keduanya sehingga berdampak pada proses penyerapannya pada kulit. Selain itu, retinoid juga memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibanding retinol sehingga hasil pemakaian dari produk yang mengandung retinoid akan terlihat relatif lebih cepat. Karena konsentrasi dari retinoid ini jauh lebih kuat, beberapa produk yang mengandung retinoid hanya dapat dibeli jika diresepkan oleh dokter.

Kekurangan dari retinoid yang dapat Anda ketahui:

1. Mudah teroksidasi
Layaknya vitamin C, turunan vitamin A ini juga mudah teroksidasi apabila diletakkan di daerah yang panas, terpapar udara dan terkena sinar matahari langsung. Penyimpanan produk yang mengandung retinoid sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak terkena panas atau disimpan di dalam kulkas. Selain itu, sebaiknya Anda memilih produk yang mengandung retinoid yang dikemas dalam botol pump kedap udara buram sehingga produk akan lebih tahan lama.

2. Efek samping pemakaian
Efek samping pemakaian produk kecantikan yang mengandung retinoid adalah kulit wajah menjadi kemerahan, kulit wajah menjadi kering serta eksfoliasi. Hal ini mungkin disebabkan karena kadar retinoid yang dikandung terlalu kuat sehingga ada baiknya mengurangi frekuensi dan konsentrasi dari retinoid yang dipakai.

Bagus Mana Retinol atau Retinoid?

Bagus ManaRetinolRetinoid
Ketersediaan- Dijual bebas di konter-konter- Dapat dibeli jika diresepkan dokter
Konsentrasi senyawa- Lebih rendah dari retinoid- Lebih tinggi dari retinol
Efisiensi kerja- Lebih lambat dari retinoid- Lebih cepat dari retinol

Kesimpulan
Berdasarkan yang telah dijelaskan di atas, bahwa retinol dan retinoid mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemakaian produk yang mengandung senyawa retinol dan retinoid sama-sama berfungsi sebagai bahan aktif yang dapat mencegah gejala penuaan seperti keriput, kerutan dan garis halus. Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil dalam waktu relatif singkat maka disarankan menggunakan produk yang mengandung retinoid walaupun hanya dapat dibeli jika diresepkan oleh dokter.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *