Bagus mana Refaquin vs Vitaquin?

Memiliki wajah yang mulus tanpa jerawat dan komedo tentunya idaman untuk setiap orang baik pria maupun pria. Untuk itulah saat ini sudah banyak produsen cream berkhasiat baik untuk wajah beredar di pasaran, salah satunya seperti Refaquin dan Vitaquin.

Refaquin dan Vitaquin sendiri merupakan cream dengan kandungan yang sangat baik untuk kebutuhan kulit wajah kamu jadi lebih cerah dan bersih. Tak heran bila kedua cream ini cukup digandrungi oleh banyak orang, khususnya para remaja yang berada dalam masa penuh dengan jerawat.

Nah pada artikel kali ini, Bagusmana.id akan membahas lebih dalam mengenai cream Refaquin dan Vitaquin sehingga bisa kamu jadikan sebagai referensi dan perbandingan dalam memilih cream wajah andalan kamu. Disini aja ya guys!

Refaquin vs Vitaquin

Refaquin

Cream Refaquin adalah krim yang dipakai untuk mengobati melasma sedang sampai yang parah yang selalu timbul berupa bercak-bercak coklat, sawo matang, maupun biru keabu-abuan pada pipi bagian atas, bibir atas, dahi, dan dagu.

Refaquin Krim mempunyai kandungan Hydroquinone, Tretinoin, fluocinolone acetonide. Dimana Hydroquinone dipakai untuk mengatasi atau mencegah datangnya bintik-bintik hitam pada kulit atau hiperpigmentasi( kecurangan kulit).

Hiperpigmentasi umumnya diakibatkan karena bekas jerawat, paparan sinar matahari, berubahnya hormon pada wanita hamil dan bekas luka. Tretinoin dipakai untuk mencegah atau menghilangkan jerawat di kulit dan bisa memperlambat penuaan kulit dan menghilangkan keriput.

Sedangkan Fluocinolone acetonide termasuk kortikosteroid terutama dipakai dalam dermatologi (pengobatan kulit) untuk menurunkan peradangan kulit dan menurunkan rasa gatal. Baca juga: 10 Merk Pelembab Untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Kelebihan Refaquin

  • Menghilangkan bercak hitam 
    Dengan kandungan hydroquinone dan bahan pelengkap yang lain, cream ini efektif untuk memudarkan bercak hitam pada wajah karena melasma atau hiperpigmentasi. Dengan ini kamu bisa tampil percaya diri saat beraktivitas diluar rumah.
  • Memutihkan kulit wajah
    Cream ini juga sanggup memutihkan kulit wajah, sehingga kamu dapat mendapat wajah yang cerah menyeluruh. Hal inilah yang menjadi kelebihan utama dari Refaquin sehingga diminati oleh banyak orang, khususnya para wanita.
  • Menghilangkan bekas jerawat
    Manfaat Refaquin untuk bekas jerawat ini dapat kamu peroleh dengan memakai cream ini secara rutin. Manfaat Salep Refaquin Cream. Namun satu hal yang pasti yaitu Hasil yang diperoleh masing-masing orang tidak sama tergantung kondisi kulit wajahnya.

Refaquin vs Vitaquin

Kekurangan Refaquin

  • Kulit kemerahan
    Kulit menjadi kemerahan adalah tanda dimana kamu memakai cream ini dalam jumlah yang berlebih. Hal ini tentunya cukup berbahaya jika tidak ditangani oleh dokter. Untuk itu senantiasa gunakan cream ini sesuai dengan takaran yang sudah disediakan di setiap kemasan.
  • Kulit kering
    Lalu selanjutnya adalah kulit kering. Kulit kering adalah salah satu hal yang pastinya dihindari oleh setiap orang. Dengan memiliki kulit kering, tentunya kulit jadi lebih sensitif dan rentan akan kuman serta bakteri.
  • Menyebabkan ochronosis
    Ochronosis merupakan gangguan warna kulit keabuan (greyish) atau kebiruan (blueish), blue-black. Hal ini tentunya kandungan yang ada di dalamnya tidak semerta-merta akan sesuai dengan seluruh kulit pemakainya. Untuk itu senantiasa cermat dalam memakai cream manapun.

Vitaquin

Dilansir dari Aladokter.com, Vitaquin merupakan krim pemutih wajah dengan bahan aktif utama berupa hydroquinone. Hydroquinone atau benzene-1, 4-diol merupakan bahan kimia yang terbukti bisa membantu memutihkan wajah.

Hydroquinone sering diresepkan pada pasien yang mengalami hiperpigmentasi kulit yakni munculnya warna gelap yang tidak wajar pada kulit yang disebabkan banyaknya jumlah pigmen melanin di kulit.

Hydroquinone memutihkan kulit wajah dengan cara menghambat proses pembentukan pigmen melanin di dalam melanosit dengan menghambat enzim yang bertanggung jawab pada proses konversi tirosin menjadi dihidroksifenilalanin.

Dengan berkurangnya produksi melanin maka jaringan kulit yang terbentuk menjadi lebih cerah dan secara berangsur setelah jaringan kulit lama mengelupas, warna kulit keseluruhan jadi lebih cerah.

Refaquin vs Vitaquin

Selain hydroquinone, vitaquin juga dilengkapi dengan oxybenzene dan octyl dimethyl-PABA. Keduanya berfungsi sebagai tabir surya (sunscreen) yang mengurangi paparan sinar ultraviolet (UV) pada kulit.

Paparan UV pada kulit bisa mengakibatkan kenaikan penciptaan pigmen. Oxybenzone serta octyl dimethyl-PABA kurangi jumlah paparan sinar UV dengan cara menyerap sinar UV yang datang sehingga jumlah paparan UV yang mengenai sel-sel kulit dapat diminimalisir

Kelebihan Vitaquin

  • Memutihkan kulit
    Vitaquin memiliki kandungan Hydroquinone yang berfungsi memutihkan kulit wajah dengan cara menghambat proses pembentukan pigmen melanin di dalam melanosit dengan menghambat enzim yang bertanggung jawab pada proses konversi tirosin menjadi dihidroksifenilalanin.
  • Melindungi diri dari sinar UV
    Selain hydroquinone, vitaquin juga dilengkapi dengan oxybenzene serta octyl dimethyl-PABA. Keduanya berfungsi sebagai tabir surya (sunscreen) yang mengurangi paparan sinar ultraviolet (UV) pada kulit.
  • Menghilangkan bekas jerawat
    Beberapa kandungan lainnya yang ada dalam cream Vitaquin juga berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat yang ada pada wajah. Hal ini tentunya menjadi kelebihan yang cukup diidamkan oleh banyak orang mengingat bekas jerawat adalah hal yang paling menjengkelkan.

Kekurangan Vitaquin

  • Kulit terasa terbakar
    Kekurangan pertama yang didapat dari menggunakan Vitaquin adalah kulit memerah dan terasa terbakar. Hal ini sebenarnya sama seperti efek samping dari Refaquin. Untuk itu senantiasa gunakan cream ini dalam takaran yang sudah ditentukan di setiap kemasan.
  • Gatal
    Kekurangan selanjutnya adalah rasa gatal. Gatal yang didapat biasanya adalah efek karena kandungan yang tidak sesuai dengan kulit para pemakainya, karena seperti yang kita tahu bahwa tidak semua akan cocok dengan cream ini.
  • Kulit jadi kering
    Dan kekurangan yang terakhir adalah kulit jadi kering. Kulit kering tentunya hal yang dihindari oleh setiap orang karena memiliki sejumlah kekurangan yang sangat merugikan pemiliknya. Untuk itu gunakan cream ini seperlunya saja dan tidak berlebihan.
 Refaquin Vitaquin
KandunganHydroquinone, tretinoin dan fluocinolone acetonideHydroquinone, oxybenzene dan octyl dimethyl-PABA
Harga per November 2019Rp 60.000,-Rp 76.000,-

Refaquin vs Vitaquin

Macam-macam kebiasaan yang bisa menimbulkan jerawat

1. Terlalu sering mencuci muka
Wajah yang kotor sering kali dianggap sebagai penyebab jerawat. Namun, mencuci wajah terlalu sering juga tidak bagus, sebab bisa membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi.

2. Memencet jerawat
Mencoba menghilangkan jerawat dengan cara memencet jerawat, justru bisa menimbulkan masalah baru pada kulit. Karena saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit bisa masuk lebih dalam.

3. Memakai make-up berlebihan
Hindari pemakaian make-up secara berlebihan. Gunakan obat jerawat sebelum memakai make-up, setelah itu bersihkan menjelang tidur.

4. Memakai telepon seluler (ponsel) yang kotor
Ponsel yang baru selesai digunakan menelepon akan terkena minyak dan keringat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian mengakibatkan jerawat pecah. Bila kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum dipakai kembali, maka kotoran beserta bakteri yang sudah berkembang biak bisa kembali ke wajah.

5. Produk rambut yang menetes pada wajah
Jauhkan minyak rambut, gel dan berbagai produk rambut dari dahi atau bagian wajah lainnya, karena bisa mengakibatkan timbulnya jerawat. Produk-produk itu bisa menyumbat pori-pori.

Bagus mana Refaquin vs Vitaquin?

 Refaquin Vitaquin
Kelebihan- Menghilangkan bercak hitam
- Memutihkan kulit wajah
- Menghilangkan bekas jerawat
- Memutihkan kulit
- Melindungi diri dari sinar UV
- Menghilangkan bekas jerawat
Kekurangan- Kulit kemerahan
- Kulit kering
- Menyebabkan ochronosis
- Kulit terasa terbakar
- Gatal
- Kulit jadi kering

Kesimpulan

Setelah kita membahas mengenai Refaquin dan Vitaquin tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua cream ini memiliki khasiat yang baik untuk wajah. Selalu gunakan cream ini sesuai dengan takaran yang sudah ditulis di setiap kemasan untuk hasil yang optimal. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan cream andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *