Bagus mana Rambut Pendek atau Rambut Panjang?

Salah satu bagian penting bagi wanita adalah rambutnya, Sampai ada istilah “Rambut adalah Mahkota Wanita”. Rambut tidak hanya membuat penampilan wanita terlihat indah, rambut juga mempunyai banyak fungsi lainnya.

Saat ini banyak model rambut yang sudah ada, Tetapi yang paling umum adalah dua model rambut pendek dan panjang, yang membuat beberapa wanita galau setiap kali menghadapi kedua pilihan tersebut. Oleh sebab itu, pada artikel ini kita khusus membahas kedua model rambut tersebut, dari segi manfaat sampai perawatannya. Jadi tetap stay tune ya!

Rambut Pendek
Banyak juga beberapa para wanita yang lebih memilih rambut pendek karena merasa lebih mudah diatur. Hal ini karena rambut pendek tidak memerlukan styling untuk keseharian yang cukup memakan waktu dibandingkan rambut panjang.

Punya model rambut pendek, meskipun lebih mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak waktu bukan berarti kamu tampil dengan rambut yang tidak keurus dan kalian males-malesan merawat rambut loh!, Kamu harus tetap menjaga rambutmu agar tetap sehat dan mudah diatur. Baca juga Bagus mana Makarizo atau Matrix?

Manfaat Mempunyai Rambut Pendek
Perlu kalian ketahui beberapa manfaat bagi kalian para wanita memilih untuk menggunakan model rambut pendek diantaranya:

1. Mudah dirawat
Rambut pendek sangat praktis dalam soal perawatan. Kalian tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk merapikan rambut yang berantakan. Dengan waktu yang cepat kalian siap tampil menawan.
Nyaman selama musim panas

Rambut pendek memungkinkan angin berhembus sampai leher dan kulit kepala. Sementara rambut panjang, harus diikat dulu jika Anda kepanasan. Rambut pendek membuat kalian merasa ringan dan nyaman berada di iklim tropis.

2. Terlihat cerdas
Rambut pendek saat ini kebanyakan diperuntukkan bagi wanita yang aktif, easy going dan energik. Sehingga dapat membuat kalian terlihat cerdas dan seksi.

3. Rambut Lebih sehat
Rambut pendek lebih mudah melindunginya karena risiko kerusakan rambut lebih rendah dibandingkan perlindungan rambut panjang yang perlu perlindungan ekstra.

4. Hemat waktu
Kalian tidak perlu repot mengikat, menyisir, mengeringkan rambut dalam waktu lama. Karena rambut pendek, Kalian tidak perlu lagi membuang banyak waktu untuk menata rambut kalian jadi kalian bisa menggunakan waktu tersisa menggunakan pekerjaan lain dan lebih bersantai-santai.

5. Hemat biaya
Kalian tidak perlu menghabiskan biaya untuk membeli shampo, kondisioner atau perawatan rambut lainnya. Sebab rambut pendek tentu tidak membutuhkan jumlah shampo atau kondisioner yang tidak terlalu banyak, Ini akan menghemat pengeluaran Kalian..

6. Terlihat lebih segar
Jika kalian bosan dengan rambut panjang selama bertahun-tahun. Cobalah untuk potong pendek rambut kalian. Perubahan akan sangat terlihat dan kalian biasanya akan terlihat lebih segar sesudah memotong rambut.

7. Terlihat awet muda
Salah satu manfaat paling menyenangkan yang bisa dirasakan oleh wanita rambut pendek adalah kalian dapat terlihat awet muda. Kesan imut dan lebih fresh akan membuat kamu tampak lebih muda dari usia kalian yang sebenarnya.

Perawatan Rambut Pendek
Mempunyai rambut pendek bukan berarti kalian dapat melewatkan perawatan rambut ya! Di bawah ini beberapa perawatan rambut pendek yang dapat kalian lakukan diantaranya:

  • Tidak perlu keramas setiap hari

Semakin pendek rambut kalian, maka semakin sedikit kotoran yang melekat pada batang rambut. Oleh karenanya, kalian tidak perlu keramas tiap hari karena keramas setiap hari bisa membuat rambut jadi kering dan kusam. Kalian hanya perlu keramas setiap dua sampai tiga hari sekali untuk menjaga kebersihan dan kelembaban rambut serta kulit kepala.

  • Jangan sembarangan memilih shampo

Rambut yang pendek bukan berarti bisa membuat kalian sembarangan memilih shampo. Kalian harus memilih shampo yang sesuai dengan karakteristik rambut kalian. Rambut normal, kering, berminyak, atau sensitif butuh shampo khusus. agar kondisinya membaik.

Begitu pula halnya dengan rambut pendek yang diwarnai. Jangan sampai salah memilih sampo bikin warna rambut kalian jadi cepat memudar, kusam, atau merusak tekstur rambut pendek kalian.

Jangan menggosok-gosokkan rambut dengan handuk ketika mengeringkannya. Hal ini bisa membuat rambut basah jadi mudah rontok. Sebaiknya kalian cukup mengangin-anginkan rambut agar kering secara alami. Maka bentuk rambutmu pun akan lebih rapi. Agar kelembaban rambut terjaga, kalian juga dapat mengeringkan rambut dengan kaos katun dibandingkan dengan handuk agar kelembaban rambutmu tetap terjaga.
  • Menggunakan produk perawatan rambut penting lainnya

Selain shampo yang tepat, ternyata kalian juga membutuh produk perawatan rambut lain seperti conditioner dan serum. Produk pendukung perawatan rambut lainnya akan membuat rambut kalian akan lebih sehat dan dapat menjaga kelembabannya. Rambut yang sehat nutrisinya tercukupi pasti tampak lebih indah dan mudah diatur.

  • Menata gaya rambut tanpa merusaknya

Mungkin seringkali kalian bosan dengan bentuk rambut. Rasanya ingin menata rambut dengan gaya yang berbeda. Gunakan saja catokan atau hair dryer untuk memperbaiki bentuk rambut kalian. Dapat menggunakannya sesekali ketika akan menghadiri acara penting, sehingga penampilan kalian kelihatan luar biasa dan rambut kalain tidak rusak karena penataan berlebihan.

Berikut beberapa model rambut pendek yang dapat menjadi referensi kalian dapat dilihat pada tabel berikut:

Model rambut pendek keterangan
Model bob lurusIni model paling simple dan bisa masuk di setiap gaya dan kepribadian.
Model bob berponiModel rambut wanita yang ini sama aja kok seperti model bob, cuma ditambahkan poni untuk memberi kesan 'tajam', ataupun manis.
Sci-fi bobModel yang satu ini merupakan penggabungan antara bob dan undercut, dinamakan sci-fi bob karena bentuknya yang terkesan futuristik dan tajam.
Graduated bobModel yang satu ini memiliki bagian belakang yang lebih pendek dibandingkan bagian depannya. Sering juga dikenal dengan nama inverted bob.
Model pendek bergelombangPotongan model ini juga cocok untuk kamu yang masih ingin 'coba-coba' rasanya punya rambut pendek. Bagian bawah yang dipotong dengan model chop untuk memberikan kesan bergelombang sehingga terkesan manis.

Rambut Panjang
Kebanyakan para wanita selalu beranggapan memiliki rambut yang panjang adalah gaya rambut yang ideal dan banyak di senangi kaum laku-laki. Karena menandakan feminitas dan memungkinkan untuk melakukan variasi pilihan styling harian yang lebih beragam

Manfaat Mempunyai Rambut Panjang

1. Terlindung dari rasa dingin
Barangkali kita akan tertawa saat membaca kalau rambut panjang bisa melindungi dari kedinginan. Tapi faktanya rambut panjang bisa memberikan rasa hangat pada seluruh bagian kulit kepala pemiliknya. Bahkan bisa juga menghangatkan seluruh tubuh dari rasa dingin di saat malam ataupun pagi hari.

2. Bisa tampil beda setiap hari
Perempuan dengan model rambut panjang dijamin tidak akan takut kehabisan ide gaya rambut. Dengan rambut yang panjang terurai, pilihan tata rambut menjadi banyak sekali. Sehingga bisa membuat pemiliknya tampil lebih gaya.

3. Tidak mesti dicuci sering-sering
Pasti orang akan bertanya, bukannya rambut panjang harusnya lebih sering dicuci? Jangan salah. Rambut panjang ternyata malah tidak perlu dicuci terlalu sering. Sebab minyak pada kulit kepala akan membuat rambut lebih lepek lebih lama. Tapi tentu kasusnya akan berbeda kalau si rambut panjang itu adalah perempuan yang habis lari seharian, atau habis mengeluarkan keringat banyak setelah berolah raga misalnya.

4. Menutupi kekurangan
Bagi perempuan yang mengeluhkan kening jenong pasti tahu betapa tidak enaknya jika ada orang berkomentar tentang kening yang mirip lapangan terbang, kan? Nah keberadaan rambut panjang akan bisa menutupi penampakan kening seperti itu. Satu lagi manfaat rambut panjang yang tidak boleh dilupakan yaitu kemampuannya untuk menutupi pipi tembem lho!

Cara merawat Rambut Panjang

  • Kurangi penggunaan hair dryer atau alat styling rambut

Sebelum menggunakan alat pemanas entah itu hair dryer atau alat styling lainnya, kamu perlu menggunakan lotion pelindung rambut agar tidak terjadi kerusakan. Kamu bisa mengurangi pengguananya dengan cara cukup mengeringkan rambut secara alami dengan membiarkan sendiri sampai kering tanpa menggunakan hair dryer.

  • Rutin mencuci rambut dengan memakai shampo, kondisioner, dan vitamin rambut yang tepat

Mencuci rambut juga gak boleh terlalu sering, kamu bisa mencuci rambut setidaknya dua hari sekali. Produk shampo yang tepat dengan jenis rambut juga perlu diperhatikan, salah pakai produk malah menjadikan rambut tidak sehat. Salah satu merk shampo yang dapat menjaga kesehatan rambut yaitu Tresemme.

Perhatikan juga penggunaan kondisioner yang difungsikan untuk melembabkan rambut. Jika rambut kamu tampaknya sudah cukup ternutrisi, penggunaan vitamin sepertinya perlu diperhitungkan karena bagaimanapun semua produk rambut yang mengandung bahan kimia kurang baik bagi rambut.
  • Coba masker alami tiap akhir pekan

Kamu bisa menggunakan masker alami seminggu sekali untuk menambah nutrisi rambut dari luar. Masker alami ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah lho, kamu bisa meracik sendiri dan memijatkannya ke seluruh rambut panjang kamu secara merata.

Bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah putih telur, alpukat, lidah buaya, madu, pepaya, madu, pisang, ampas kopi, atau bahan alami lainnya. Masker alami ini befungsi untuk melembabkan rambut, mengatasi rambut bercabang, rontok, ketombe, dan masalah rambut lainnya.
  • Rutin memotong ujung rambut untuk mencegah rambut rusak atau bercabang

Rutinlah memotong ujung rambut panjang kamu agar tidak mudah bercabang. Pemotongan ini juga berguna untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Kamu bisa memotong minimal 2 cm setiap 3 bulan sekali.

  • Menjaga kelembapan rambut

Jika kamu seringkali beraktivitas di luar ruangan, menjaga kelembapan rambut adalah hal yang perlu diperhatikan. Kamu bisa menggunakan lotion rambut atau kondisioner untuk melindungi dari paparan sinar matahari. Bahan alami lain seperti minyak zaitun juga bisa kamu coba agar rambut senantiasa mudah dirapikan dan tidak mudah kusut.

Berikut beberapa rekomendasi model rambut panjang untuk menjadi pilihanmu:

Model rambut panjang keterangan
Finger WaveModel finger wave ini membuat rambut lebih bergelombang secara rapi dan beraturan.
LayerMemberikan sentuhan bijaksana dan dewasa untuk perempuan yang mengaplikasikannya.
Keriting GantungJika bosan dengan rambut yang lurus terurai, keriting gantung ini akan menjadi salah satu referensi dalam menata rambut.
Shaggy dengan Poni Tipis di TengahDengan potongan rambut yang terlihat berantakan karena cara pemotongannya menggunakan alat seperti pisau potong, model shaggy ini dapat menjadi pilihan Anda.
WaveModel rambut yang satu ini ialah dengan membuat rambut sedikit bergelombang.

Bagus mana Rambut Pendek atau Rambut Panjang?

Bagus ManaRambut PendekRambut Panjang
Kelebihan- Lebih hemat waktu - Perawatan yang sedikit lebih murah - Terlihat lebih segar- Lebih feminim - Lebih banyak model rambut - Dapat menutupi kekurangan
Kekurangan- Model rambut yang tidak banyak - Tidak dapat menutupi kekurangan- Memakan waktu yang lama untuk menata - Banyak menghabiskan biaya untuk melakukan perawatan rambut

Kesimpulan
Berdasarkan artikel diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa rambut pendek maupun rambut panjang mempunyai kelebihan masing-masing, Oleh sebab itu dapat kalian pilih sesuai dengan karakter kalian dan model rambut yang diingingkan. Namun, tetap saja mau rambut pendek ataupun rambut panjang yang akan kalian pilih tetap di jaga ya kesehatan rambutnya. karena jika tidak akan merusak rambut maupun akan mempengaruhi penampilan kalian lho!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *