fbpx

Bagus mana Peeling vs Laser ?

Memiliki kulit wajah yang cantik, glowing, dan terawat menjadi kebanggan semua remaja di Indonesia. Dengan berbagai treatment kecantikan yang ada dan wajib kamu coba untuk tetap mendapatkan kulit wajah yang cantik.

Peeling dan laser wajar yang wajib kamu coba untuk memiliki kulit wajah yang tetap terawat. Di artikel kali ini akan membantu kamu yang sedang kebingungan untuk memilih melakukan treatment yang mana dulu antara peeling dan laser wajah.

Chemical peeling yang dilakukan dengan mengoleskan cairan ke permukaan wajah, sehingga memungkinkan terjadinya pengelupasan kulit. Sedangkan laser wajah yang langsung ditujukan ke dermis, yang merupakan lapisan kulit kedua tanpa harus merusak permukaan kulit atas.

Peeling wajah

Peeling wajah merupakan jenis perawatan kulit yang sangat umum dilakukan para perempuan, yang memiliki tujuan untuk mempercantik kulit wajah dengan cara mengangkat lapisan kulit terluar. Peeling wajah atau chemical peeling merupakan salah satu metode kecantikan yang cukup digemari oleh banyak orang. Baca juga: Bagus mana Waxing vs Cabut ?

Jenis-jenis Peeling wajah

  • Peeling wajah ringan (superficial chemical peeling)

Peeling wajah ringan adalah jenis peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan kulit terluar (epidermis). Peeling wajah ringan menggunakan kombinasi larutan kimia asam hidroksi alfa dan asam hidroksi beta, seperti asam glikolat, asam laktat, asam salisilat, dan asam malat. Peeling wajah ringan biasanya digunakan untuk mengatasi warna kulit tidak merata, kulit kering, jerawat, dan garis-garis halus di wajah.

  •  Peeling wajah sedang (medium chemical peeling)

Peeling wajah sedang adalah jenis peeling yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan epidermis dan bagian atas dermis, yakni lapisan di bawah epidermis. Chemical peeling sedang menggunakan larutan kimia asam trikloroasetat atau asam glikolat.

Peeling wajah sedang biasanya digunakan untuk mengatasi bekas jerawat, kerutan wajah, dan warna kulit tidak merata.

  • Peeling wajah dalam (deep chemical peeling)

Peeling wajah dalam adalah jenis peeling yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan epidermis serta bagian tengah hingga bawah lapisan dermis. Jenis peeling wajah ini bertujuan untuk mengatasi kerutan wajah yang lebih dalam, kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, bekas luka, atau pertumbuhan kelainan kulit prakanker. Dengan  menggunakan larutan kimia asam karbolat (fenol) atau asam trikloroasetat yang bisa menyerap hingga lapisan dermis kulit.

Kelebihan peeling wajah 

  • Halal dan aman

Kamu nggak perlu khawatir lagi atas keamanan dan kehalalannya. Karena peeling wajah yang sudah dipastikan sangat aman dan halal untuk digunakan.

  • Merawat kulit wajah

Dengan melakukan peeling wajah kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang cantik. Diman kulit wajah akan terawat dan terlebih muda, menghilangkan bekas kerutan, menghilangkan jerawat beserta bekasnya, dan masih banyak manfaat lainnya.

  • Proses

Perawatan ini tidak Ini adalah prosedur one day care dimana setelah melakukan perawatan ini, kamu bisa langsung pulang ke rumah.

Kekurangan peeling wajah

  • Kurang cocok untuk kulit sensitif

Sebaiknya untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang sensitif, disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Apakah kamu boleh melakukan treatment ini atau mungkin tidak. Karena tidak semua jenis kulit cocok menggunakan peeling chemical wajah ini.

  • Kulit terasa pedih

Peeling wajah yang membuat kulit wajah kamu akan terasa perih karena treatment yang diaplikasikan ke wajah, sehingga kamu harus bisa menahan rasa perih itu.

  • Membuat kulit wajah merah

Selama kamu dalam proses peeling wajah, kamu harus terbiasa dengan wajah yang menjadi berwarna kemerahan seolah-olah meradang.

Manfaat Peeling wajah

  • Mengatasi beberapa jenis jerawat dan bekas jerawat
  • Mengurangi flek hitam, mencerahkan kulit wajah gelap dan kusam
  • Mengatasi bekas luka ringan
  • Meremajakan kulit wajah
  • Mengurangi garis-garis halus yang biasanya ada di sekitar bawah mata dan mulut
  • Mengatasi kerutan akibat penuaan atau paparan sinar matahari

Laser wajah

Laser wajah merupakan salah satu jenis perawatan kulit yang cukup populer, karena terdapat berbagai manfaat laser wajah yang bisa didapat sehingga banyak orang yang tak ragu untuk mencoba prosedur ini. Namun untuk melakukan treatment ini, pastikan kamu dalam pengawasan dokter dan sudah konsultasi terlebih dahulu.

Manfaat laser wajah

  • Mencerahkan kulit wajah dengan cara mengelupas sel-sel kulit mati sehingga sel-sel kulit mati hancur dan kulit baru dapat beregenerasi.
  • Memudarkan bekas luka, noda hitam bekas jerawat, dan menghilangkan kutil di wajah.
  • Mengencangkan kulit dan meratakan warna kulit.
  • Mengencangkan sudut-sudut mata agar tampak lebih muda dan menghilangkan garis halus yang menyebabkan kulit wajah dapat keriput.

Untuk mendapatkan manfaat laser wajah secara maksimal, kamu harus memilih metode yang paling cocok dengan kondisi kulit. Dengan melakukan perawatan laser wajah pada skala kecil hanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit. Sementara, bila ingin melakukan perawatan penuh di seluruh area wajah, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam.

Secara umum, jenis laser wajah terbagi menjadi dua kelompok, yaitu ablatif dan non ablatif. Berikut adalah perbedaan di antara keduanya:

  • Laser ablatif

Salah satu jenis laser wajah adalah laser ablatif atau yang sering disebut juga sebagai wounding laser. Langkah ini dilakukan untuk menstimulasi pertumbuhan serat-serat kolagen di kulit wajah yang nantinya saat lapisan epidermis kembali terbentuk, area kulit baru akan terlihat lebih halus dan kencang.

  • Laser non ablatif

Laser non ablatif adalah tindakan laser wajah yang juga akan memicu pertumbuhan kolagen di kulit, tetapi tanpa disertai perlukaan. Maka dari itu, prosedur ini disebut sebagai tindakan laser non ablatif. Dengan tujuan untuk memperbaiki tekstur serta meratakan warna kulit wajah.

Laser non ablatif cenderung lebih ringan dibandingkan laser ablatif. Selain itu, lama waktu penyembuhannya pun lebih singkat. Namun, prosedur ini membutuhkan waktu yang lebih lama hingga hasilnya bisa benar-benar terlihat.

Oleh sebab itu, perawatan laser wajah biasanya dilakukan lebih dari 1 kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kelebihan laser wajah

  • Mengatasi permasalah kulit berjerawat

Laser wajah yang memiliki keunggulan dimana dapat mengatasi semua permasalah kulit wajah yang berjerawat. Degan waktu yang singkat dan tidak perlu berlama-lama.

  • Merawat kulit wajah

Keunggulan yang kedua dari treatment laser wajah yaitu dapat merawat kulit wajah kamu. Dengan melakukan treatment yang satu ini dimana dapat bertujuan untuk memperbaiki tekstur, meratakan warna kulit wajah, menyamarkan kerutan halus yang disebabkan penuan dini.

  • Proses

Jika kamu melakukan Treatment ini, kamu tidak perlu khawatir dengan prosesnya. Kalau proses peeling yang cukup memakan waktu lama berbeda dengan proses saat kamu melakukan laser dengan waktu yang instan, asalkan kamu rutin melakukannya maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Kekurangan laser wajah

  •  Kulit kemerahan dan terasa gatal

Usai melakukan prosedur laser, hal normal jika kulit wajah menjadi kemerahan dan terasa gatal. Walau begitu, bagi sebagian orang, hal tersebut tetaplah menjadi salah satu bahaya melakukan laser wajah karena dirasa sangat tak nyaman. Namun, kemerahan dan rasa gatal akan hilang dalam waktu beberapa jam dengan menggunakan produk perawatan kulit yang disediakan oleh dokter.

  • Warna kulit menjadi lebih gelap

Tak dapat dipungkiri jika salah satu bahaya melakukan laser wajah ialah warna kulit menjadi lebih gelap. Hal tersebut dikarenakan sinar laser yang menyinari kulit wajah dapat memberikan efek kulit gelap seperti sehabis berjemur dibawah sinar matahari. Namun, tak usah khawatir, karena kasus yang satu ini jarang terjadi.

Bagus mana Peeling vs Laser ?

KeteranganPeelingLaser
Kelebihan- Halal dan aman
- Merawat kulit wajah
- Proses
- Mengatasi permasalah kulit berjerawat
- Merawat kulit wajah
- Proses
Kekurangan - Kurang cocok untuk kulit sensitif
- Kulit terasa pedih
- Membuat kulit wajah merah
- Kulit kemerahan dan terasa gatal
- Warna kulit menjadi lebih gelap
- dapat menimbulkan luka kecil setelahnya

Kesimpulan

Jika saya ditanya mana yang lebih penting untuk perawatan kulit wajah, apakah peeling atau laser wajah ?. saya akan memilih laser wajah yang dimana dengan proses yang instan dan tidak membuat kulit wajah terlihat parah seperti peeling. Namun, jawabannya balik lagi ke kamu dan tergantung pada jenis kulit yang kamu miliki, budget serta kebutuhan kulit kamu.

Semoga artikel kali ini yang membahas mengenai perawatan kulit wajah yaitu peeling vs laser wajah dapat membantu kamu menentukan pilihan kamu ya, semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *