fbpx

Bagus mana Oil Cleanser vs Balm ?

Menggunakan pembersih wajah sangatlah berarti saat ini, mengingat polusi dan makeup yang menempel seharian setelah beraktifitas membuat wajah sangat kotor.

Umumnya , kita menggunakan makeup remover, cleansing oil, dan pembersih wajah untuk membersihkan wajah dari makeup setelah beraktifitas seharian penuh. Tapi ada juga yang menggunakan cleansing balm untuk double cleansing, lho!

Oil cleanser dan cleansing balm ini dua jenis pembersih yang umum digunakan sebagai first cleanser dalam tahapan double cleansing. Pada dasarnya, kedua jenis pembersih wajah ini memiliki fungsi yang serupa, yaitu untuk mengangkat makeup, sebum, debu, serta sisa skin care yang ada pada kulit wajah. Namun apasih beda dari keduanya ? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Oil Cleanser

Oil Cleanser adalah pembersih wajah oil-based yang memiliki tekstur cair seperti namanya minyak. Pada umumnya pembersih ini dikemas dalam botol pump, sehingga mudah untuk ditakar dan cenderung lebih higienis dalam pemakaiannya.

Tetapi, karena teksturnya yang cair ini, cleansing oil memberikan kesan berantakan saat dipakai. Terlebih lagi jika kamu berusaha membersihkan heavy makeup dan membutuhkan cleansing oil dalam jumlah yang banyak. Baca juga : Pyunkang Yul vs Some By Mi.

Oil Cleanser ini memiliki konsistensi yang cukup beragam, mulai dari yang sangat cair hingga yang kental. Saat dibilas, cleansing oil akan teremulsi oleh air dan berubah tekstur menjadi milky, sehingga dapat terangkat tanpa meninggalkan residu.

Namun, ada beberapa merek cleansing oil yang membutuhkan bantuan air hangat untuk membilasnya. Selain dapat digunakan sebagai pembersih wajah, cleansing oil juga dapat digunakan sebagai pembersih kuas makeup.

Cara penggunaan Oil Cleanser yang benar : 

  1. Pastikan tangan dalam kondisi bersih dan kering pada saat hendak membersihkan wajah.
  2. Teteskan produk pada telapak tangan dan pijatkan ke seluruh permukaan kulit wajah. Khususnya di zona T (dahi, hidung, dan dagu) pada wajah.
  3. Basahi tangan dengan air hangat, kemudian lanjutkan kembali memijat cleansing oil pada permukaan kulit wajah.
  4. Bersihkan cleansing oil dengan menggunakan air hangat.
  5. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk yang lembut.

Kelebihan Oil Cleanser

  • Membersihkan make-up secara menyeluruh
    Oil ini dapat menghapus jenis make-up yang sangat tebal dan juga tahan air, termasuk maskara. Pembersih berbasis minyak juga dapat menutrisi kulit.
  • Dapat mencegah penuaan
    Memberikan manfaat antipenuaan alami karena kandungan antioksidan alami pada minyak tumbuhan yang digunakan. Manfaat antioksidan tersebut akan langsung meresap ke dalam kulit dan menjaga keseimbangan alami sekaligus memancarkan kecantikan kulit.
  • Dapat mengatasi masalah jerawat
    Menyingkirkan minyak berlebih dan kotoran dari pori sehingga membantu mencegah dan mengatasi jerawat. Setidaknya akan diperlukan satu minggu hingga kulit mampu menyesuaikan. Selama itu, kulit mungkin akan terlihat menghasilkan minyak dan jerawat lebih banyak dari biasanya.

Kekurangan Oil Cleanser

  • Mudah tumpah
    Tergantung dari bagaimana rapinya kamu dalam menata meja dandan ya guys. Tetapi, tidak sedikit orang yang mengeluhkan jika cleansing oil mereka mudah tumpah bila tidak sengaja ditutup rapat. Alhasil, makeup shelf jadi basah dengan minyak.
  • Terlalu berminyak
    Nyatanya cleansing oil memiliki sifat berminyak yang tidak semua orang bisa cocok dengan hal ini. Bila kamu tidak terbiasa menggunakan minyak langsung kulit, pastinya cleansing oil bukan opsi yang tepat untuk kamu. Oleh karena itu, cleansing balm merupakan opsi pembersih yang menarik.
  • Meninggalkan jerawat
    Setelah menggunakan cleansing oil tentunya harus dibersihkan dengan bersih hingga tidak tersisa apa-apa lagi. Jika masih tersisa cleansing oil yang ada di wajah, maka jangan heran bila banyak jerawat yang timbul. Untuk itu senantiasa bersihkan wajah dengan bersih setelah menggunakan cleansing oil ya guys!

Balm Cleanser

Balm Cleanser ini adalah pembersih wajah oil-based yang memiliki tekstur semi padat seperti ointment. Produk ini umumnya dikemas dalam tube atau jar yang dilengkapi oleh spatula untuk mengambil produk. Cleansing balm tergolong lebih aman untuk dibawa bepergian karena mudah dipindahkan ke wadah lain, serta tidak rentan tumpah maupun bocor.

Karena teksturnya yang lebih padat, cleansing balm tergolong lebih nyaman digunakan karena sebanyak apa pun produk yang digunakan, tidak akan menetes maupun mengalir ke tangan. Serupa dengan cleansing oil, cleansing balm juga akan teremulsi oleh air saat dibilas. Namun, ada merek cleansing balm tertentu yang teksturnya thick dan membutuhkan bantuan waslap untuk membersihkannya.

Cara penggunaan Balm Cleanser yang benar : 

  1. Pastikan Kulit dalam Kondisi Kering.
  2. Pijet Perlahan Menggunakan Jari.
  3. Gerakan Jari Memutar dan Tekan Perlahan.
  4. Lakukan dengan Durasi Sekitar 30 Detik.
  5. Menyeka dengan Kain Muslin atau Handuk Basah.

Kelebihan Balm Cleanser

  • Tidak membuat kulit kering
    Cleansing balm pada dasarnya merupakan pembersih wajah yang mempunyai tekstur balm serta kaya kandungan pelembab dibanding jenis pembersih wajah lainnya. Walaupun teksturnya lebih padat, saat diterapkan pada wajah bentuknya akan mencair seperti cleansing oil. Kamu yang mempunyai jenis kulit berminyak juga dapat memakai cleansing balm loh, karena kandungan produk ini tidak akan mengganggu produksi minyak alami di wajah.
  • Dapat meluruhkan makeup dengan baik
    Mempunyai tekstur seperti balm, cleansing balm sangat ampuh membersihkan makeup di wajah bahkan area mata yang cenderung sensitif. Cukup lakukan pijatan secara lembut pada seluruh area wajah sampai teksturnya menjadi minyak. Di tahap ini makeup akan luruh dengan mudah, lalu setelahnya tinggal bilas dengan air hangat, atau gunakan handuk yang sudah direndam air hangat untuk membersihkan wajah Kamu.
  • Multifungsi
    Meskipun pada dasarnya cleansing balm memang memiliki 2 fungsi sekaligus yakni membersihkan dan melembabkan wajah, namun beberapa produk cleansing balm juga dijejali kemampuan untuk digunakan sebagai masker wajah.

Kekurangan Balm Cleanser

  • Susah untuk dibersihkan
    Setelah menggunakan Balm Cleanser tentunya kita harus membersihkannya. Namun hal ini cukup membutuhkan sedikit tenaga karena cleansing balm tidak bisa hilang sempurna kalau hanya membilasnya dengan air. Untuk menghilangkannya, kita butuh membersihkan wajah kita dengan handuk hangat yang sudah dibasahi, diamkan sebentar di wajah kita, dan lap dengan lembut.
  • Lama dalam penggunaan
    Balm Cleanser sendiri dinilai cukup ribet untuk memakainya. Mulai usaha dari mulai buka wadah, menyendok produk serta memijatnya di kulit sampai emulsi kayaknya bikin produk ini kesannya lebih ribet dibanding cleansing oil ya. Itulah sebabnya produk ini masih kurang populer digunakan dan kebanyakan masih terbiasa memilih cleansing oil.
  • Tidak Higienis
    Biasanya banyak dari kamu yang pasti sering menghilangkan spatula dari Cleansing Balm ya? Produk first cleanser yang berbentuk balm ini sering dikatakan kurang higienis karena cara penggunaannya yang tidak dengan spatula melainkan dengan tangan.

Oil Cleanser atau Balm

 Oil CleanserBalm Cleanser
Kelebihan- Membersihkan make-up secara menyeluruh
- Dapat mencegah penuaan
- Dapat mengatasi masalah jerawat


- Tidak membuat kulit kering
- Dapat meluruhkan makeup dengan baik
- Multifungsi



Kekurangan- Mudah tumpah
- Terlalu berminyak
- Meninggalkan jerawat

- Susah untuk dibersihkan
- Lama dalam penggunaan
- Tidak Higienis


Kesimpulan 

Nah, itulah tadi tentang pembahasan antara Oil Cleanser vs balm. Dari keduanya memiliki keunggulan masing-masing kalian juga bisa menggunakannya untuk double cleansing. semua tergantung dari jenis kondisi kulit kamu dan kebutuhan. Buat kamu yang suka simple, cleansing oil bisa jadi pilihannya. Buat kamu yang lebih suka untuk pampering lebih lama, bisa gunakan cleansing balm.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *