Bagus mana Moisturizer atau Sunscreen?

Urusan melembabkan kulit, kita biasa mengandalkan beberapa pelembab seperti Moisturizer dan Sunscreen untuk aktivitas sehari-hari. Moisturizer biasa digunakan untuk kamu pelajar, mahasiswi, pekerja kantoran dan lain sebagainya, sedangkan Sunscreen biasa dipakai untuk kamu berkunjung ke pantai atau aktivitas yang sering terkena sinar matahari.

Moisturizer dan Sunscreen memiliki kandungan yang baik untuk melembabkan kulit kamu sehari-hari. Yang membedakan diantara keduanya adalah Moisturizer tidak memiliki kandungan SPF sedangkan Sunscreen memiliki kandungan SPF.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai Moisturizer dan Sunscreen sehingga bisa kamu jadikan perbandingan dalam memilih salah satu dari keduanya. Stay tune guys!

Moisturizer atau Sunscreen

Moisturizer

Moisturizer atau yang biasa disebut juga dengan pelembab, manfaat moisturizer untuk mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Protein ini diperlukan supaya kulit tetap lembab, halus, dan sehat.

Penyebab kulit wajah kering merupakan karena kelembaban alami kulit berkurang dan kadar pH rendah karena kekurangan protein keratin. Nah, memakai moisturizer bisa membantu meningkatkan kadar pH dan produksi keratin, sehingga kulit menjadi lembab.

Saat ini, banyak sekali Moisturizer atau pelembab wajah yang beredar di berbagai toko-toko kosmetik dan juga pasar swalayan yang ada di sekitar kamu.

Merk dari pelembab wajah ini juga bervariasi, ada yang berasal dari merek serta brand populer yang menawarkan banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya.

Moisturizer bisa mencegah kulit wajah jadi kering. Umumnya kulit wajah yang kering bisa mengakibatkan tekstur kulit terasa kasar dan juga perih ketika tergaruk.

Oleh sebab itu, dengan memakai pelembab atau Moisturizer wajah, kulit kamu jadi terasa lembab dan juga tidak kering, sehingga tidak akan mengalami luka ketika menggaruk kulit. Baca juga: Bagus mana Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15 PA ++ atau Inez All Day Facial Moisturizer?

Moisturizer atau Sunscreen

Kelebihan Moisturizer

  • Menutrisi kulit
    Selain melembabkan, moisturizer juga umumnya mengandung berbagai macam vitamin yang diperlukan supaya kulit wajah tetap cantik dan sehat. Misalnya seperti, vitamin A dan B5 yang bisa meningkatkan kekencangan dan kelembapan kulit. Antioksidan, vitamin C, serta vitamin E bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan. Ditambah SPF yang bisa melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.
  • Mencegah tampaknya berbagai masalah kulit
    Memakai moisturizer setiap hari bisa mencegah dua kondisi ekstrem terjadi pada kulit wajah, yakni kekeringan atau terlalu berminyak. Kedua ekstrem tersebut tidak baik untuk kulit wajah serta dapat menimbulkan timbulnya masalah kulit seperti jerawat.
  • Membantu kulit untuk berfungsi dengan baik
    Menjaga kulit wajah terhidrasi dengan baik maka lapisan perlindungan kulit bisa berfungsi secara optimal. Lapisan perlindungan kulit ini amat penting karena berfungsi untuk menjaga lapisan kulit yang lebih dalam dari polutan luar, seperti polusi, bahan kimia, dan faktor lingkungan lainnya.

Kekurangan Moisturizer

  • Membuat wajah jadi lebih berminyak
    Beberapa merk skincare terkenal yang merilis Moisturizer sendiri cenderung membuat wajah dari pemakainya jadi berminyak. Hal ini tentu menjadi kekurangan tersendiri mengingat wajah berminyak bisa membuat kita jadi tidak percaya diri.
  • Resiko alergi
    Beberapa kandungan dari Moisturizer yang beredar di pasaran tentunya tidak semerta-merta sesuai dengan seluruh kondisi kulit pemakainya. Jika tidak sesuai maka bisa menyebabkan alergi seperti wajah jadi memerah, panas, gatal-gatal dan lain sebagainya.
  • Resiko peradangan
    Menggunakan moisturizer di wajah yang benar yaitu dengan memijatnya lembut di kulit wajah. Perihal ini dapat membantu penyerapan produk di kulit. Sedangkan jika kamu mengusapkannya dengan kasar maka dapat melemahkan fungsi penghalang kulit dan menyebabkan peradangan.

Sunscreen

Sunscreen, atau tabir surya, merupakan lotion cair kimiawi yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Lotion sunscreen masuk ke dalam kulit dan akan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit kamu dan merusaknya.

Tetapi, senantiasa akan ada beberapa sinar matahari yang terserap oleh tubuh. Tekstur sunscreen lebih tipis serta akan terlihat tidak kasat mata saat digunakan.

Sunscreen sendiri memiliki beberapa bahan kimia aktif yang berguna sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit, kandungan tersebut antara lain Octyl Crylene, Avobenzone (filter UVA yang paling tidak stabil dan terurai di bawah matahari), Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T150, dan Uvinul A Plus.

Sunscreen harus dipakai 30 menit sebelum kamu keluar rumah atau terpapar sinar matahari. Dibutuhkan waktu untuk bahan-bahan yang terkandung di dalam sunscreen menyerap dengan baik ke dalam kulit. Kamu juga mesti menerapkan ulang baik sunscreen setiap 2-3 jam supaya mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Moisturizer atau Sunscreen

Beberapa rekomendasi Sunscreen yang bisa kamu pakai adalah dari Innisfree, Biore, Wardah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan Sunscreen

  • Mencegah penuaan dini
    Sinar matahari dan polusi bisa menyebabkan penuaan dini. Selain mempercepat timbulnya kerutan, flek hitam dan wajah kusam juga sangat mungkin timbul bila kamu malas memakai sunscreen.
  • Mencegah kulit terbakar
    Aktivitas di bawah sinar matahari bisa menimbulkan wajah memerah serta terbakar. Perihal ini karena sunscreen berfungsi sebagai pelindung utama untuk kulit. Jadi, pastikanlah supaya rajin memakai sunscreen sebelum mulai beraktivitas.
  • Mencegah timbulnya komedo
    Sinar matahari juga menjadi penyebab utama timbulnya komedo. Jadi, meski wajahmu berjerawat, pastikanlah untuk senantiasa menerapkan sunscreen setiap hari.

Kekurangan Sunscreen

  • Penghambat kulit dari vitamin D matahari
    Banyak orang yang ragu memakai sunscreen sebab dianggap menghambat vitamin D dari sinar matahari pada kulit. Anggapan ini memang benar, namun perlu kamu ketahui kalau sumber vitamin D tidak cuma didapatkan dari sinar matahari saja.
  • Sunscreen memperparah kulit kemerahan
    Kamu mungkin ragu menggunakan sunscreen setelah melihat kulit sejumlah orang terlihat kemerahan mengerikan. Tetapi, setelah ditelusuri, beberapa dari mereka ternyata ada yang sedang menjalani pengobatan medis yang mengandung derivasi vitamin A seperti tretinoin serta benzoyl peroxide. Kedua senyawa inilah yang menjadikan kulit jadi lebih sensitif dan bisa bereaksi ketika terbakar.
  • Mengiritasi kulit
    Beberapa bahan aktif sunscreen seperti avobenzone dan oxybenzone memiliki kecenderungan untuk mengiritasi kulit. Jadi pastikan untuk membaca label ingredients-nya terlebih dahulu sebelum membeli.
 Moisturizer Sunscreen
Kandungan Salicylic acid, tea tree oil, AHA, hypoallergenic dan fragrance-freeSPF, octylcrylene, avobenzone, octinoxate, octisalate, oxybenzone, homosalate.
Rekomendasi Clinique, Innisfree, Olay, Sulwhasoo dan lain seabgainya Innisfree, Biore, Wardah, Skin Aqua dan lain sebagainya.
Harga per November 2019Mulai dari Rp 25.000,-Mulai dari Rp 26.400,-

Tips memilih pelembab untuk kulit

1. Kenali tipe kulit kamu
Sebelum memakai pelembab, kamu mesti mengenal jenis kulit kamu terlebih dulu untuk memastikan kalau pelembab yang kamu gunakan memang cocok dengan kebutuhan. Jenis kulit Kamu ditentukan oleh berbagai faktor seperti genetik dan makanan.

2. Cermati kandungan dalam pelembab kamu
Saat ini, setelah kamu mengetahui jenis kulit kamu, dan sudah berhadapan dengan produk pelembab berbahan dasar sesuai dengan kulit kamu, tahap berikutnya yaitu membaca baik-baik label pada kemasan produk kamu. Pelembab yang bagus adalah pelembab yang bisa melindungi kulit dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

3. Gunakan pelembab kamu dengan benar
Setelah menemukan pelembab yang sesuai, pastikan kamu menggunakan produk tersebut dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selalu gunakan pelembab kamu setelah wajah dalam kondisi bersih. Menggunakan pelembab setelah mencuci wajah yaitu waktu yang paling baik, karena wajah yang lembab akan membantu memerangkap cairan yang terkandung dalam pelembab kamu.

Bagus mana Moisturizer atau Sunscreen?

 Moisturizer Sunscreen
Kelebihan - Menutrisi kulit
- Mencegah tampaknya berbagai masalah kulit
- Membantu kulit untuk berfungsi dengan baik
- Mencegah penuaan dini
- Mencegah kulit terbakar
- Mencegah timbulnya komedo
Kekurangan- Membuat wajah jadi lebih berminyak
- Resiko alergi
- Resiko peradangan
- Penghambat kulit dari vitamin D matahari
- Sunscreen memperparah kulit kemerahan
- Mengiritasi kulit

Kesimpulan

Moisturizer dan Sunscreen memiliki kandungan yang baik untuk melindungi kulit kamu senantiasa lembab dan terlindungi dari paparan sinar matahari. Senantiasa gunakan salah satu dari produk ini dengan memperhatikan kandungan yang sesuai dengan kulit kamu masing-masing. Tapi untuk kamu yang alergi dengan kandungan SPF, maka Moisturizer adalah pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *