Bagus mana Micellar Water atau Toner?

Memiliki manfaat yang sama yaitu sama-sama memiliki keampuhan dalam mengangkat kotoran pada wajah, membuat sebagaian orang merasa kebingungan dalam membedakan antara micellar water dan toner. Terlebih lagi dengan banyaknya brand yang mengeluarkan berbagai jenis produk yang serupa.

Jangan khawatir! Dalam postingan kali ini Bagusmana.id telah membandingkan antara micellar water dan toner, agar kalian menggunakannya dengan tepat agar mendapatkan manfaat yang baik untuk kulit wajah, Selain itu, Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk Micellar Water atau Toner terbaik untuk kalian lho! Yuk langsung saja simak artikel di bawah ini.

Micellar Water atau Toner

Micellar Water

Micellar water merupakan campuran dari micelles atau molekul minyak pembersih wajah yang berbentuk butiran mikro dicampur dengan air sehingga teksturmya cukup cair.

Micellar water terbuat dari micelles, yaitu molekul kecil cleansing oil. yang dicampur dalam air. Bentuknya nampak seperti air biasa, namun saat kamu menyentuhnya dengan jari, kamu akan merasakan tekstur yang berbeda. Micellar water ini mampu digunakan kotoran dan sebum berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering. Micellar water dipercaya dapat digunakan sebagai pembersih wajah, make up remover dan moisturizer sekaligus. Baca juga Bagus mana Micellar Water atau Make Up Remover?

Kegunaan Produk Micellar Water

1. Sebagai Langkah Cleansing Terakhir
Jika kalian ingin melakukan double cleansing menggunakan micellar water, kalian dapat memakainya setelah makeup remover. Kalian tidak membilasnya lagi dengan air, karena micellar water sudah mengandung toner.

Kalian dapat menambahkan produk moisturizer setelah menggunakan micellar water, jika merasa kulit wajahmu sangat kering dan membutuhkan kelembapan ekstra.

2. Membersihkan Wajah di Siang Hari
Membersihkan wajah dengan sabun memang disarankan dua kali dalam sehari saja. Tetapi, jika kalian benar-benar butuh membersihkan wajah di siang hari, kalian dapat menggunakan micellar water ini, ladies. Tidak hanya praktis, micellar water juga tidak akan membuat kulit wajah kalian kering seperti sabun pembersih.

3. Dapat digunakan jika kalian kehabisan air bersih kehabisan air bersih
Air bersih merupakan salah satu hal yang esensial dalam membersihkan wajah. Namun, jika mendadak air keran di rumahmu mati atau kamu berada di pesawat dalam waktu yang lama, kamu bisa langsung menggunakan micellar water untuk membersihkan wajah kalian.

4. Dapat menggantikan tisu basah
Seperti pada step ke-2 dan ke-3, micellar water memang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi tisu basah. Tidak hanya kandungan utamanya air yang lebih lembut untuk wajah, micellar water juga tidak mengandung banyak bahan aktif. Sehingga, jauh lebih aman untuk digunakan pada kulit sensitif.

Micellar WaterHarga Per November 2019
Nivea Micellair XpertRp. 40.000
arnier Micellar Oil-Infused Cleansing WaterRp. 34.000
Bioderma Sensibio H2ORp. 250.000
Maybelline Micellar WaterRp. 100.000
Innisfree City Pollution Defender Micellar Water Rp. 220.000

Micellar Water atau Toner

Kelebihan Micellar Water

  • Menyegarkan dan melembabkan kulit wajah
    Micellar water memang terbuat dari bahan yang dapat menyegarkan wajah. Jika wajah sudah segar, Mama jadi lebih semangat lagi deh untuk melakukan hal lainnya. Bukan hanya menyegarkan, air yang terkandung pada micellar water juga dapat melembabkan wajah lho!
  • Mencegah kulit jadi keriput
    Make up remover bisa mencegah kulit menjadi keriput. Bila terpapar kosmetik dalam jangka waktu lama, pori-pori kulit wajah dapat tersumbat bahkan tertutup. Kulit yang mempunyai pori-pori tersumbat akan gampang mengalami kerutan.
  • Mengurangi resiko timbulnya jerawat
    Make up remover bisa mengurangi risiko munculnya komedo dan jerawat, yang dapat diakibatkan oleh sumbatan pori-pori akibat pemakaian kosmetik. Tentunya inilah yang menjadi kelebihan utama make up remover sehingga disukai oleh para wanita.

Kekurangan Micellar Water

  • Resiko alergi
    Beberapa make up remover yang memiliki kandungan cukup sensitif seperti kekurangan sebelumnya, dapat menimbulkan resiko alergi seperti menimbulkan bintik-bintik merah, kulit memerah dan lain sebagainya.
  • Mengeringkan kulit
    Makeup remover berbahan alkohol cukup menghawatirkan karena mengeringkan kulit. Pemakaian make up remover berbahan alkohol dapat membuat pori-pori tertutup dan menimbulkan jerawat terutama pada kulit yang rawan berjerawat.
  • Memperburuk kondisi kulit
    Sebenarnya make up remover aman untuk kulit, namun beberapa kandungannya lah yang harus lebih diperhatikan. Jika kandungan yang ada dalam make up remover tidak sesuai dengan kulit, tentunya akan membuat kondisi kulit akan semakin buruk. Untuk itu senantiasa bilas dengan air bila sudah menggunakan make up remover ini.

Toner

Toner sebagai salah satu produk perawatan kulit wajah yang digunakan setelah pembersihan dan sebelum melembapkan kulit karena toner mudah diserap kulit. Umumnya, toner merupakan cairan berwujud air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit wajah. Selain itu, toner juga berguna untuk memaksimalkan kandungannya terserap ke kulit.

Toner merupakan langkah kedua dari proses pembersihan. Bermanfaat dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin tersisa di wajah setelah mencuci wajah.

Cara Menggunakan Toner yang Baik

1. Menggunakan spray
Untuk cara ini, kalian harus memastikan botol toner kalian adalah botol spray atau kalian bisa pindahkan toner dari botol biasa ke botol spray. Cara ini sebenarnya dua kali kerja, kita harus menyemprotkan toner lalu harus menepuk-nepuk dengan tangan dan memastikan toner itu menyerap. Kalian juga dapat membeli produk toner spray di berbagai e-commerce seperti di Tokopedia.

Micellar Water atau Toner

Meskipun ada juga yang memakai nya dengan cara disemprotkan lalu ditunggu kering yang sedikit memakan waktu dan juga cara menyemprotkan toner ini harus tepat jarak nya dengan muka.

Keunggulan cara mengaplikasi toner menggunakan botol spray ini juga dapat menghemat pemakaian toner

2. Gunakan kapas
Cara memakai toner selanjutnya adalah dengan menuangkannya satu hingga tiga tetes ke kapas. Pastikan produk yang ada di kapas cukup untuk seluruh wajah Anda, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah. Usapkan kapas yang telah diberi toner ke seluruh wajah dan leher. Usap kapas yang telah diberi toner ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah menjadi segar.

3. Menggunakan tangan
Cukup tuang beberapa tetes toner dari botol lalu tepuk-tepuk lembut di kulit hingga toner meresap maka kalian juga bisa menghemat pemakaiannya. Cara ini cukup singkat di banding dengan menggunakan cara spray dan kapas.

TonerHarga Per November 2019
Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free TonerRp. 400.000
Benton Aloe BHA Skin TonerRp. 150.000
COSRX Centella Water Alcohol-Free TonerRp. 150.000
The Body Shop Aloe TonerRp. 180.000
Wardah Hydrating TonerRp. 20.000

Kelebihan Toner

  • Dapat menstabilkan keseimbangan pH kulit wajah
    Toner wajah akan memastikan bahwa tingkat pH optimal tetap terjaga pada kulit kita. Tingkat pH merupakan indikasi dari keasaman kulit Anda yang diukur dari skala 0 hingga 14, dengan skala 7 di tingkat yang netral. Memiliki tingkat pH yang seimbang, maka kulit kalian dapat menjadi lebih cerah dan halus.
  • Menghidrasi dan menutrisi kulit
    Toner dapat memberikan ketercukupan asupan air pada kulit Anda yang sangat penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembapan dan penampilan yang lebih muda. Hidrasi kulit yang tepat dapat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan dapat menjadikan dasar make-up yang efektif sebelum pemakaian kosmetik wajah lainnya. 
  • Mengunci kelembaban kulit
    Dengan menggunakan toner secara teratur dapat memastikan kulit kalian tetap lembab setiap saat. Toner berfungsi sebagai humectant, artinya membantu mengikat kelembapan yang ada pada lapisan atas kulit.

Kekurangan Toner

  • Ada beberapa bahan yang bisa menimbulkan masalah pada kulit kita
    Meskipun kandungannya tanpa alkohol, kalian harus tahu juga kalau mungkin ada beberapa kandungan di dalam toner yang kita beli yang ternyata bisa menyebabkan masalah pada kulit.Untuk itu, perhatikan betul sebelum membeli toner, karena bisa saja ada beberapa kandungan tidak cocok untuk kulit kalian.
  • Kurang bisa untuk mengecilkan pori-pori
    Toner memang dapat membersihkan kulit wajah, tapi bukan berarti bisa menutup pori-pori kita. Dibutuhkan perawatan yang lebih intensif, dan berkualitas untuk mengembalikan bentuk pori-pori kecil kalian.
  • Dapat membuat kulit menjadi kering
    Meskipun memang bisa digunakan untuk menghilangkan residu makeup dan kotoran yang masih tersisa di wajah, tapi memakai toner ternyata dapat membuat kulit sangat kering, karena bahan-bahannya yang dapat mengeringkan wajah.

Bagus mana Micellar Water atau Toner?

 Micellar WaterToner
Kelebihan - Menyegarkan dan melembabkan kulit wajah
- Mencegah kulit jadi keriput
- Mengurangi resiko timbulnya jerawat
- Dapat menstabilkan keseimbangan pH kulit wajah
- Menghidrasi dan menutrisi kulit
- Mengunci kelembaban kulit

Kekurangan- Resiko alergi
- Mengeringkan kulit
- Memperburuk kondisi kulit

- Ada beberapa bahan yang bisa menimbulkan masalah pada kulit kita
- Kurang bisa untuk mengecilkan pori-pori
- Dapat membuat kulit menjadi kering

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa tekstur dan fungsi Micellar Water dan Toner cukup mirip, Tetapi keduanya merupakan produk yang sangat berbeda dan urutan pemakaiannya yang berbeda. Oleh sebab itu, untuk kedua produk juga dapat kalian gunakan dalam satu step skincare namun dalam tahap yang berbeda ya guys! Dapat di sesuaikan saja dengan kebutuhan kulit kalian ya guys!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *