Bagus mana Micellar Water atau Make Up Remover?

Make up merupakan sesuatu yang pastinya dipakai wanita untuk tampil lebih percaya saat beraktivitas diluar rumah. Untuk membersihkannya, tentu diperlukan cairan dengan kandungan tertentu agar wajah jadi bersih dari sisa-sisa make up, seperti Micellar Water dan Make Up Remover.

Micellar Water dan Make Up Remover merupakan komponen yang tidak bisa lepas dari adanya penggunaan make up. Namun kamu juga harus memperhatikan kandungan dan takaran yang dianjurkan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Pada pembahasan kali ini, Bagusmana.id akan mengulas lebih dalam mengenai Micellar Water dan Make Up Remover ini sehingga bisa kamu jadikan perbandingan untuk membersihkan make up kamu. Disini aja ya guys!

Micellar Water atau Make Up Remover

Micellar Water

Micellar water merupakan pembersih wajah cair yang berbahan dasar air. Pembersih ini dapat Kamu gunakan buat menghapus makeup, menyegarkan wajah, dan cuci wajah. Selain untuk wajah, micellar water juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan atau noda di atas permukaan kain.

Tidak heran bila produk ini langsung jadi opsi banyak orang walaupun biayanya relatif jauh lebih mahal dari produk-produk pembersih wajah lainnya.

Pembersih micellar sendiri nyatanya sudah mulai dipakai sebagai pembersih sejak tahun 1990-an di Prancis. Kala itu, para wanita mencari solusi untuk membersihkan wajah dan kulit karena kualitas air di kota Paris yang amat buruk.

Maka, para ahli pun meracik formula yang ampuh untuk mengusir kotoran, debu, dan minyak berlebih pada wajah. Dari situ, lahirlah micellar water yang kini marak ditemukan di gerai-gerai kecantikan. Baca juga: Bagus mana Facial Foam atau Facial Scrub?

Micellar Water atau Make Up Remover

Kelebihan Micellar Water

  • Menyegarkan serta melembabkan kulit wajah
    Air yang ada di dalam micellar water sanggup memberikan efek segar, menghidrasi kulit, juga bisa melembabkan kulit yang kering. Sementara manfaat micellar water untuk pemilik kulit berminyak yaitu bisa membantu membersihkan minyak berlebih dan membantu menyamarkan tampilan pori-pori.
  • Mengangkat sel kulit mati
    Adanya penumpukan produk make-up di kulit wajah bisa menyumbat pori-pori wajah. Tak jarang perihal itu menimbulkan penumpukan sel-sel kulit mati sehingga kulit nampak kusam. Untuk mengatasi hal tersebut, selain melakukan scrubbing pada wajah setiap 3 kali dalam seminggu, kamu perlu juga rutin mengusapkan micellar water ke semua permukaan wajah setiap kali selesai membersihkan wajah.
  • Perawatan wajah sebelum tidur
    Manfaat micellar water lainnya yaitu bisa diandalkan sebagai salah satu produk perawatan wajah sebelum tidur. Nah, pemakaian micellar water sebelum bisa dipakai sebagai emergency cleanser, terutama apabila kamu sudah sangat lelah untuk membersihkan wajah.

Kekurangan Micellar Water

  • Beresiko menimbulkan komedo
    Kekurangan dari micellar water yang pertama yaitu bisa beresiko menimbulkan komedo, bila sisa micellar water tidak dibersihkan dengan baik. Untuk itu setelah menggunakan Micellar Water, ada baiknya dibilas sampai bersih.
  • Reaksi alergi
    Kekurangan lainnya saat menggunakan Micellar Water yakni bisa mengakibatkan reaksi alergi pada orang-orang yang mengalami hipersensitif. Maka dari itu senantiasa teliti dan cermati kandungan yang ada pada Micellar Water yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kamu.
  • Resiko penyumbatan pada kulit
    Kekurangan terakhir penggunaan Micellar Water yaitu resiko penyumbatan pada kulit. Beberapa ahli kulit menyarankan sebaiknya tidak perlu memakai micellar water, karena ada resiko mengakibatkan penyumbatan sehingga justru malah menimbulkan jerawat bertambah.
Rekomendasi Micellar Water Harga per November 2019
Nivea Micellair Pearl WhiteRp 71.600
Make Over Micellar WaterRp 71.600,-
Maybelline Micellar WaterRp 99.000,-

Make Up Remover

Make up remover merupakan salah satu opsi praktis untuk kamu yang mau membersihkan wajah dengan cepat, tanpa mesti mengaplikasikan berbagai produk pembersih wajah.

Fungsi makeup remover yaitu untuk membersihkan wajah dari kosmetik yang berbahan dasar minyak atau waterproof yang susah dihilangkan (misalnya, eyeliner, eyeshadow, mascara). Make up remover dinilai lebih bisa membersihkan riasan yang sudah tercampur dengan minyak di wajah, dan partikel debu.

Micellar Water atau Make Up Remover

Produk pembersih wajah lainnya seperti sabun pembersih, susu pembersih, atau toner kerap kali tidak bisa mengangkat kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Untuk membuat wajah jadi bersih dan senantiasa sehat, produk- produk itu sebaiknya digunakan sebagai tahap kedua setelah wajah sudah dibersihkan dengan make up remover.

Kelebihan Make Up Remover

  • Mencegah kulit iritasi
    Riasan yang tidak dibersihkan terutama saat tidur bisa mengakibatkan kulit menjadi iritasi. Hal ini dapat terjadi karena kulit terpapar bahan kimia yang terdapat di dalam riasan dalam jangka waktu lama.
  • Mencegah kulit jadi keriput
    Make up remover bisa mencegah kulit menjadi keriput. Bila terpapar kosmetik dalam jangka waktu lama, pori-pori kulit wajah dapat tersumbat bahkan tertutup. Kulit yang mempunyai pori-pori tersumbat akan gampang mengalami kerutan.
  • Mengurangi resiko timbulnya jerawat
    Make up remover bisa mengurangi risiko munculnya komedo dan jerawat, yang dapat diakibatkan oleh sumbatan pori-pori akibat pemakaian kosmetik. Tentunya inilah yang menjadi kelebihan utama make up remover sehingga disukai oleh para wanita.

Kekurangan Make Up Remover

  • Mengeringkan kulit
    Make up remover berbahan alkohol sangat menjengkelkan karena mengeringkan kulit. Pemakaian make up remover berbahan alkohol dapat membuat pori-pori tertutup dan menimbulkan jerawat terutama pada kulit yang rawan berjerawat.
  • Resiko alergi
    Beberapa make up remover yang memiliki kandungan cukup sensitif seperti kekurangan sebelumnya, dapat menimbulkan resiko alergi seperti menimbulkan bintik-bintik merah, kulit memerah dan lain sebagainya.
  • Memperburuk kondisi kulit
    Sebenarnya make up remover aman untuk kulit, namun beberapa kandungannya lah yang harus lebih diperhatikan. Jika kandungan yang ada dalam make up remover tidak sesuai dengan kulit, tentunya akan membuat kondisi kulit akan semakin buruk. Untuk itu senantiasa bilas dengan air bila sudah menggunakan make up remover ini.
Rekomendasi Make Up RemoverHarga per November 2019
Kao Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Water Oil ClearRp 54.000,-
Wet n Wild Makeup Remover Micellar Cleansing Water
Rp 98.000,-
Cetaphil Gentle Waterproof Makeup Remover diformulasikan dengan bahan aktifRp 139.000,-

Micellar Water atau Make Up Remover

Tips membersihkan make up:

1. Gunakan pembersih berbahan dasar air
Langkah awal, pilih pembersih yang tepat seperti berbahan dasar air, karena selain bisa mengangkat sisa kotoran yang membandel pada wajah, juga biasanya mengandung vitamin yang sanggup menyejukan wajah dan tidak menimbulkan iritasi. Kamu bisa gunakan Micellar Water dari Emina, Make Over atau semacamnya. Kamu juga bisa menggunakan Make Up Remover sebagai opsi lain.

2. Usap wajah dengan gerakan yang benar
Umumnya riasan bagian bibir dan mata mesti lebih berhati-hati. Cara membersihkan wajah nyatanya juga berpengaruh, loh, pada struktur kulit. Coba beri pembersih wajah pada cotton pads yang dilipat menjadi dua bagian kemudian tekan pada bagian bibir atau mata terlebih dahulu selama beberapa detik dan perlahan bersihkan ke arah samping bukan ke bawah.

3. Lebih berhati-hati saat membersihkan riasan waterproof
Untuk membersihkan riasan membandel seperti riasan waterproof, bukan berarti Kamu mesti berulang kali menggosoknya sampai terangkat. Perihal ini bisa mengakibatkan kerutan halus disekitar area mata. Sebaiknya kamu dapat memakai bantuan seperti cotton buds untuk membersihkan sisa makeup mata yang menempel.

4. Gunakan alat bantu supaya lebih sempurna
Tuang pembersih wajah pada kapas kamu kemudian mulai bersihkan pada bagian tengah wajah dengan gerakan memutar keatas sampai melewati bagian kuping kamu. Setelah itu, jangan lupa basuh dengan air atau bersihkan dengan sedikit sabun cuci wajah. Gunakan alat bantu seperti Cleanpop supaya wajah bersih menyeluruh sekaligus membantu proses eksfoliasi kulit.

Bagus mana Micellar Water atau Make Up Remover?

 Micellar WaterMake Up Remover
Kelebihan - Menyegarkan serta melembabkan kulit wajah
- Mengangkat sel kulit mati
- Perawatan wajah sebelum tidur
- Mencegah kulit iritasi
- Mencegah kulit jadi keriput
- Mengurangi resiko timbulnya jerawat
Kekurangan- Beresiko menimbulkan komedo
- Reaksi alergi
- Resiko penyumbatan pada kulit
- Mengeringkan kulit
- Resiko alergi
- Memperburuk kondisi kulit

Kesimpulan

Micellar Water dan Make Up Remover tentunya bermanfaat untuk membersihkan wajah jadi lebih bersih akibat debu, kotoran dan yang paling utama adalah membersihkan bekas make up. Selalu gunakan salah satu dari kedua pembersih ini dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *