Bagus mana Micellar Water atau Cleansing Oil?

Setelah menggunakan make up seharian tentunya tahap paling penting saat sore atau malam hari adalah membersihkan wajah dengan cara yang tepat demi menghindari masalah kulit yang tidak diinginkan. Micellar water dan cleansing oil merupakan dua produk yang biasanya menjadi pilihan untuk menghapus make up yang menempel di wajah.

Meski memiliki fungsi yang sebenarnya sama, kedua produk ini tentunya berbeda baik dari kandungan maupun kegunaannya dalam membersihkan make up. Untuk kamu yang masih bingung membedakan mana yang paling bagus di antara kedua produk ini, yuk simak ulasan pada artikel di bawah!

Bagus mana Micellar Water atau Cleansing Oil?

Micellar Water

Micellar water memiliki bahan dasar air, dan di dalamnya terdapat partikel minyak yang sangat kecil yang tersuspensi di dalam air membentuk miceller. Micellar water memiliki tekstur yang sangat cair dan mampu mengangkat makeup serta kotoran di wajah. Namun, karena teksturnya yang sangat cair ini, micellar water tidak mampu mengangkat semua kotoran hanya dalam satu kali pemakaian.

Kamu harus melakukan pengusapan berkali-kali, sehingga dirasa tidak efektif dan boros. Terlebih, jika kamu memakai makeup waterproof dan berat, seperti maskara, eyeliner, dan lipstik matte. Lihat rekomendasi: Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat

Agar hasil pemakaian jadi lebih efektif, kamu bisa menggunakan tisu atau kapas untuk menghapus semua makeup dan kotoran di wajah. Lanjutkan dengan memakai facial cleanser agar wajah bersih sempurna serta moisturizer agar kulit tidak terasa kering. Adapun kelebihan micellar water ini yaitu tidak membuat wajahmu tampak berminyak ataupun kering.

Micellar water cocok untuk kulit berjerawat, selain itu juga cocok digunakan untuk kulit kering dan sensitif. Sebab, teksturnya yang ringan tidak menyebabkan iritasi pada saat dipakai. Namun, micellar water tidak direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak dan jika kamu sering memakai heavy makeup.

Kelebihan Micellar Water

  • Membersihkan wajah secara maksimal
    Kelebihan yang pertama sudah pasti kamu tahu bahwa Micellar Water memiliki manfaat untuk membersihkan wajah secara maksimal. Apalagi, untuk kamu yang menggunakan make up dalam waktu seharian penuh. Nah, Micellar Water bisa membantu menghapus make up kamu. Meski memiliki tekstur ringan, biasanya, beberapa produk micellar water juga mampu membersihkan mascara waterprof loh!
  • Dapat digunakan sebagai pelembab
    Mungkin kebanyakan orang bahkan kamu juga belum tahu jika Micellar Water bisa menjadi pelembab wajah loh. Selain Face Mist, kamu juga bisa gunakan Micellar Water untuk pelembab muka. Micellar water sangat bermanfaat bagi kulit kering maupun kulit sensitif. Caranya, tepuk-tepuk wajah menggunakan kapas yang sudah diberikan Micellar Water.
  • Obati ruam pada kulit
    Siapa sangka kalau Micellar water ini juga mengobati ruam, iritasi bahkan luka bakar pada kulit. Kamu cukup tuangkan Micellar Water ke kapas (secukupnya) lalu oleskan atau tepuk-tepuk secara perlahan pada kulit yang luka.

Bagus mana Micellar Water atau Cleansing Oil?

Kekurangan Micellar Water

  • Tidak terlalu direkomendasikan untuk membersihkan make up berat
    Yup, dengan beberapa alasan, micellar water ini tidak terlalu direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit sangat berminyak atau pun kamu yang sering menggunakan make upyang tergolong berat dan tebal. Hal ini karena micellar water terlalu ringan untuk membersihkannya.
  • Membuat kulit berjerawat
    Kekurangan lainnya dari Micellar Water adalah dapat membuat kulit wajah menjadi jerawatan. Hal ini bisa jadi tanda bahwa kamu tidak cocok menggunakan Micellar Water dengan brand yang kamu gunakan. Sebaiknya berhentikan penggunaan jika sudah terjadi hal seperti ini karena mungkin ada kandungan yang berbahaya untuk kulitmu,
  • Dapat menimbulkan komedo
    Selain membuat kulit berjerawat juga Micellar Water dapat membuat wajah lebih banyak komedo, oleh karena itu pastikan kamu memilih micellar water dengan kandungan yang tepat untuk kulitmu agar tidak mengalami permasalahan ini pada wajahmu, ya!

Bagus mana Micellar Water atau Cleansing Oil?

 Micellar Water Cleansing Oil
TeksturSeperti airSedikit berminyak
HargaRp. 25 ribuanRp. 50 ribuan

Cleansing Oil

Cara kerja cleansing oil ini berbeda dengan micellar water, cleansing oil bekerja dengan cara melawan ‘minyak buruk’ yang diproduksi kulit, dengan ‘minyak baik’ dari pembersih. Minyak dalam cleansing oil dapat melembabkan kulit, juga berfungsi sebagai pelarut karena bersifat lipofilik.

Sifat ini berarti minyak pembersih secara alami tertarik pada minyak lain, termasuk sebum yang diproduksi oleh kulit dan bahan-bahan seperti minyak dalam make-up. Karena itulah minyak dalam cleansing oil dengan cepat melarutkan make-up dan minyak berlebih sambil melembutkan kulit pada saat yang bersamaan.

Penggunaan cleansing oil juga tidak perlu menggunakan kapas, bisa langsung diusapkan ke wajah sampai make-up luruh. Cleansing oil juga dapat digunakan segala jenis kulit kering, berjerawat, kusam dan lainnya.

Kelebihan Cleansing Oil

  • Kurangi kebutuhan pelembab
    Cleansing oil mempunyai sifat melembabkan, sehingga saat kamu memakainya untuk membersihkan wajah, kelembaban juga akan senantiasa terjaga. Ketika kamu memakai cleansing oil, kamu akan mengurangi kebutuhan pelembab. Meski kamu sebaiknya tetap memakainya, tetapi kini kamu tidak perlu memakainya dalam jumlah yang terlalu banyak, terlebih jika kulitmu kering.
  • Membersihkan secara mendalam
    Kebanyakan pembersih wajah memang tidak dapat membersihkan sisa- sisa makeup secara menyeluruh. Namun, beda dengan cleansing oil yang bisa juga digunakan untuk menghapus make up berat hingga ke pori-pori, yup, produk ini memang mampu melakukan deep cleansing pada kulitmu. Baik foundation, eyeshadow, lipstik, maupun eyeliner yang tahan lama, bisa dibersihkan dengan cleansing oil.
  • Wajah terasa lebih lembut
    Cleansing oil umumnya mempunyai kandungan antioksidan, anti- inflamasi, dan juga vitamin yang bisa menjaga kelembaban wajah. Dengan begitu, wajah juga akan tampak lebih dewy, tetapi bukan berlebihan minyak serta teksturnya akan jadi lebih lembut.

Bagus mana Micellar Water atau Cleansing Oil?

Kekurangan Cleansing Oil

  • Terlalu berminyak
    Sesuai dengan nama dan kandungan di dalamnya, cleansing oil memiliki sifat berminyak yang tidak semua orang bisa cocok dengan hal ini. Bila kamu tidak terbiasa menggunakan minyak langsung kulit, pastinya cleansing oil bukan opsi yang tepat untuk kamu. Namun, cleansing tetap dapat kamu gunakan dengan berbagai pertimbangan sebelum membeli–seperti memperhatikan kandungannya terlebih dulu.
  • Meninggalkan jerawat
    Setelah menggunakan cleansing oil tentunya harus dibersihkan dengan bersih hingga tidak tersisa apa-apa lagi. Jika masih tersisa cleansing oil yang ada di wajah, maka jangan heran bila banyak jerawat yang timbul. Untuk itu senantiasa bersihkan wajah dengan bersih setelah menggunakan cleansing oil ya!
  • Harus dibilas dengan facial wash atau foam 
    Meski penggunaan micellar water dan cleansing oil sejatinya memerlukan tahap mencuci muka lagi dengan menggunakan facial wash atau facial foam, jika kamu menggunakan cleansing oil, maka tahap ini menjadi tahap yang tidak boleh kamu lewatkan mengingat tekstur cleansing oil ini berminyak ssehingga sangat perlu kamu bersihkan. Berbeda dengan micellar water yang tidak terlalu bermasalah jika tidak kamu bersihkan.

Bagus mana Micellar Water atau Cleansing Oil?

 Micellar WaterCleansing Oil
Kelebihan- Membersihkan wajah secara maksimal
- Dapat digunakan sebagai pelembab
- Obati ruam pada kulit
- Kurangi kebutuhan pelembab
- Membersihkan secara mendalam
- Wajah terasa lebih lembut
Kekurangan- Tidak terlalu direkomendasikan untuk membersihkan make up berat
- Membuat kulit berjerawat
- Dapat menimbulkan komedo
- Terlalu berminyak
- Meninggalkan jerawat
- Harus dibilas dengan facial wash atau foam 

Kesimpulan

Kedua produk yang memiliki fungsi untuk membersihkan wajah dari make up ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu dapat menyesuaikan mana yang paling cocok untuk kulitmu dan menyesuaikan dengan riasan yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan riasan yang tebal maka akan lebih bijak jika kamu memilih menggunakan cleansing oil mengingat kemampuannya dalam membersihkan yang sangat baik.

Namun, jika kamu menginginkan pembersih dengan tekstur yang lebih ringan, dan make up yang kamu gunakan tidak terlalu berat, maka micellar water menjadi pilihan terbaik. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *