fbpx

Bagus mana Melanox atau Vitacid?

Jerawat merupakan permasalahan wajah yang membuat orang jadi tampil tidak percaya diri, belum lagi bekas jerawat yang membandel dan susah hilang di wajah. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan obat jerawat seperti Melanox dan Vitacid.

Selain jerawat dan bekasnya, Melanox dan Vitacid juga memiliki kandungan yang baik dalam mengatasi bintik-bintik hitam dan mencerahkan wajah. Kedua obat ini bisa kamu dapatkan di toko-toko supermarket terdekat.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai Melanox dan Vitacid yang bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilihnya. Disini aja ya!

Melanox atau Vitacid

Melanox

Melanox merupakan obat untuk mencerahkan kulit yang mengalami bintik-bintik hitam atau pigmentasi, misalnya pada bekas jerawat dan melasma. Kondisi menghitamnya kulit wajah kerap terjadi pada wanita terutama efek dari pemakaian pil KB serta pengaruh hormonal.

Melanox bekerja mencerahkan kulit dengan cara menghambat aktivitas enzim tyrosinase yang berperan dalam pembentukan flek hitam di kulit. Untuk mencerahkan kulit, obat melanox bisa dipakai tunggal atau digabungkan dengan obat kulit lainnya seperti alpha hydroxy acid, kortikosteroid, retinoid dan tabir surya.

Di pasaran, obat yang dibuat oleh PT. Surya Dermato Medica ini tersedia dalam bentuk tube dengan kandungan hydroquinone 2% dan tipe forte dengan hydroquinone 4%.

Oleskan krim melanox tipis-tipis pada kulit yang mengalami flek hitam sekali sehari pada malam hari sebelum tidur. Biasanya efeknya mulai terasa setelah 3 sampai 4 minggu. Jika selama 2 bulan tidak memberikan hasil sebaiknya hentikan pemakaian obat ini. Baca juga: Bagus mana Acnol vs Benzolac

Kelebihan Melanox

  • Melawan bintik hitam
    Kamu bisa memakai Melanox Cream untuk membantu menghilangkan bintik hitam di wajah. Caranya cukup oleskan melanox cream pada area yang berbintik hitam sehari 2 kali, siang (mesti dilapisi pemakaian manfaat sunblock terlebih dahulu) dan malam hari.
  • Melawan bekas jerawat
    Melanox Cream cukup membantu untuk membuat wajah kamu kembali cerah. Bentuknya berupa cream bening dengan segudang manfaat, salah satunya menghilangkan bekas jerawat yang berwarna sedikit kemerah-merahan. Pastikan sebelum menggunakannya kamu membersihkan wajah terlebih dulu supaya Melanox Cream pada wajah kamu bisa bekerja lebih efektif.
  • Mencerahkan wajah
    Manfaat melanox cream sebagai pencerah wajah didapatkan dari kandungan hidrokuinon di dalamnya. Hidrokuinon memang sangat efektif dalam mencerahkan wajah. Cara kerja hidrokuinon dalam mencerahkan wajah tidak dengan pengelupasan, melainkan penghambatan.

Kekurangan Melanox

  • Resiko iritasi
    Pemilik kulit kering, berjerawat, ataupun sensitif sebaiknya menghindari pemakaian Melanox. Perihal ini disebabkan beberapa jenis kulit dapat menimbulkan iritasi seperti kemerahan atau gatal. Selain itu, kulit pula tidak dapat menerima perlindungan sel-sel melanin dari sinar matahari.
  • Tidak bisa digunakan oleh ibu hamil dan anak-anak
    Obat melanox sebaiknya dihindari oleh ibu hamil serta ibu menyusui. Kandungan hidrokuinon pada obat melanox mungkin dapat memberikan efek pada janin serta air susu ibu. Anak- anak yang berumur kurang dari 12 tahun pula sebaiknya tidak perlu menggunakan obat melanox.
  • Gatal-gatal
    Ada beberapa efek samping melanox yang mungkin terjadi pada beberapa kasus. Pada kasus hipersensitif, efek samping yang terjadinya umumnya yaitu reaksi alergi berupa ruam kulit serta gatal-gatal ringan. Hentikanlah pemakaian serta segeralah berkonsultasi dengan dokter bila kamu mengalami reaksi alergi tersebut.

Vitacid

Vitacid merupakan obat dengan kandungan bahan aktif Retinoic acid atau asam retinoat atau disebut juga dengan tretinoin. Obat Vitacid merupakan obat topikal yang biasa dipakai untuk mengatasi masalah jerawat. Ketahui tentang manfaat, dosis, efek samping, serta hal lainnya yang perlu diperhatikan dari pemakaian vitacid ini.

Vitacid tersedia dalam bentuk krim, gel, dan lotion. Terdapat beberapa sediaan kemasan dengan konsentrasi bahan aktif yang juga berbeda-beda. Opsi sediaan Vitacid yang dipakai bisa menyesuaikan dengan kondisi jerawat dan kondisi kulit pasien secara keseluruhan.

Melanox atau Vitacid

Pemakaian Vitacid dengan konsentrasi tretinoin yang cukup tinggi seperti pada Vitacid krim 0,1% tidak terlalu disarankan untuk pemula. Sebaiknya pilih pemakaian Vitacid mulai dari konsentrasi bahan aktif yang paling ringan lebih dahulu.

Secara umum, manfaat Vitacid adalah untuk mengatasi jerawat. Tetapi masalah jerawat pada dasarnya tidak cuma tentang jerawat saja, tetapi dapat dipicu masalah lain dan bisa juga menjadi pemicu masalah kulit lainnya.

Manfaat yang dihasilkan dari pemakaian Vitacid biasanya tidak instan, tetapi membutuhkan waktu hitungan minggu atau bahkan sampai hitungan bulan untuk majah yang mempunyai jerawat cukup marah. Pemakaian yang konsisten dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat Vitacid secara maksimal.

Kelebihan Vitacid

  • Menghilangkan bekas jerawat
    Bekas jerawat yang biasa juga disebut dengan bopeng ini juga akan sirna cuma dengan memakai cream vitacid. Sebab vitacid merupakan penghilang bekas jerawat paling jitu dan efektif sebab sifatnya yang cepat dalam hal meregenerasikan kulit. Bekas yang di sebabkan oleh jerawat di wajah kamu lambat-laun akan terkikis oleh vitacid.
  • Wajah menjadi kencang
    Asam vitamin A pada vitacid dapat memperbaiki kerusakan pada sel kulit termasuk kulit kendur juga dapat diatasi. Kolagen yang ada pada vitacid akan segera dengan cepat menuju permasalahan yang ada diwajah kita dan segera memperbaikinya.
  • Noda hitam akan memudar bahkan hilang
    Pada dasarnya noda hitam yang terdapat pada wajah itu diakibatkan oleh penyembuhan jerawat yang tidak sempurna dan terjadi kesalahan fatal pada proses pemulihannya. Tetapi vitacid dapat memberikan solusi yang tepat untuk menangani masalah ini. Noda hitam sedikit demi sedikit akan memudar dan bila rutin memakai vitacid secara teratur dan menggunakannya juga dengan benar.

Kekurangan Vitacid

  • Kulit kering
    Efek yang dapat ditimbulkan yaitu kulit yang mengering. Efek ini bisa berlangsung cukup lama. Karena dalam kondisi ini bahan aktif salep juga turut menyembuhkan jerawat. Kulit yang kering secara otomatis juga akan membuat jerawat yang mengering. Sehingga tidak perlu mengkhawatirkan perihal ini.
  • Mengalami sensasi seperti kulit terbakar
    Perasaan seperti kulit yang terbakar, rasa panas dan gatal, juga jadi efek yang dapat ditimbulkan dari pemakaian Vitacid. Karena perihal ini membuktikan bahwa salep. mulai bereaksi pada kulit. Terlebih lagi jika mengenai bagian jerawat rasanya akan cukup menyiksa.
  • Terjadi iritasi
    Efek selanjutnya yang mungkin saja dapat ditimbulkan dari pemakaian vitacid yaitu antara lain terjadinya iritasi. Perihal ini bisa terjadi bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif. Pastinya juga bisa dipicu akibat pemakaian salep yang tidak sesuai anjuran serta dosis. Jadi pastikan kamu mengikuti anjuran pemakaian yang dianjurkan.
 Melanox Vitacid
KandunganHhydroquinone 2% dan tipe forte dengan hydroquinone 4%Tretinoid atau asam retionat (retinoic acid)
BentukKrim, gel dan lotionKrim, gel, dan lotion
Harga per Desember 2019Rp 72.000,-Rp 70.400,-

Melanox atau Vitacid

Tips memilih obat jerawat:

1. Sesuaikan dengan jenis kulit
Dilansir dari laman Adult Acne, salah satu hal yang mesti diperhatikan yaitu mengetahui jenis kulit kamu. Pasalnya, tidak semua obat jerawat dibuat untuk segala jenis kulit. Terlebih banyak obat jerawat yang cuma dibuat khusus untuk tipe kulit berminyak. Jadi, jangan malas untuk membaca komposisi bahan pada obat tersebut.

2. Ketahui bahan aktif di dalamnya
Perihal berikutnya yang mesti kamu lakukan yaitu mengetahui materi-materi aktif yang tercantum di dalamnya. Umumnya, obat jerawat yang jitu hendak dilengkapi dengan materi anti jerawat seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, belerang, tea tree oil, AHA sampai retinol. Bahan-bahan itu tidak cuma meredakan jerawat yang meradang namun juga bisa memudarkan bekas jerawat yang tersisa.

3. Pilih dosis yang sesuai dengan kondisi jerawat
Obat jerawat umumnya tersedia dalam beberapa ukuran dosis. Nah, ukuran dosis ini nyatanya dibuat berdasarkan jenis jerawat yang sedang kamu alami. Misalnya saja dosis terendah yang biasa dipakai untuk mengatasi jerawat normal dengan ukuran kecil. Dosis terendah umumnya juga diperuntukkan untuk pemilik kulit sensitif yang mudah mengalami iritasi.

Kamu bisa mendapatkan obat Melanox dan Vitacid ini di toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya dengan harga yang terjangkau.

Bagus mana Melanox atau Vitacid?

 Melanox Vitacid
Kelebihan - Melawan bintik hitam
- Melawan bekas jerawat
- Mencerahkan wajah
- Menghilangkan bekas jerawat
- Wajah menjadi kencang
- Noda hitam akan memudar bahkan hilang
Kekurangan - Resiko iritasi
- Tidak bisa digunakan oleh ibu hamil dan anak-anak
- Gatal-gatal
- Kulit kering
- Mengalami sensasi seperti kulit terbakar
- Terjadi iritasi

Kesimpulan

Setelah membahas Melanox dan Vitacid tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua obat jerawat ini bermanfaat baik untuk wajah jika menggunakannya sesuai dengan takaran yang sudah ditetapkan. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan pilihan kamu sesuai selera dan kebutuhan masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *