Bagus mana Masker Tomat vs Jeruk Nipis

Masker merupakan salah satu cara merawat kulit yang menjadi favorit kebanyakan orang. Ada banyak jenis masker yang bisa digunakan, mulai dari masker yang langsung dipakai atau clay mask dan masker yang perlu ‘diracik’ terlebih dulu untuk digunakan.

Masker yang berasal dari bahan alami tetap memiliki banyak penggemar meski keberadaan masker lain buatan produsen produk kecantikan semakin menjamur. Hal ini tentunya dikarenakan bahan alami dinilai lebih aman untuk digunakan, selain itu biaya yang dikeluarkan pun akan jauh lebih murah. Masker tomat dan masker jeruk nipis merupaan dua jenis masker alami yang paling banyak disenangi.

Kamu yang ingin mengetahui perbedaan dari kedua masker alami ini, yuk simak ulasan yang ada di bawah!

Bagus mana Masker Tomat vs Jeruk Nipis

Masker Tomat

Sejak dahulu, buah tomat dikenal dengan manfaatnya dalam mengatasi kulit yang bermasalah. Buah tomat dapat digunakan sebagai perawatan kulit wajah dari dalam dan juga dari luar. Tak hanya dapat dikonsumsi, buah yang satu ini pun sering dijadikan sebagai kandungan utama pada suatu rangkaian perawatan wajah yang dapat kamu gunakan untuk menjaga keindahan kulit wajahmu.

Masker tomat memang sangat digandrungi oleh kebanyakan wanita. Sebab, selain sederhana, bahan ini juga terbilang ekonomis dan mudah didapatkan. Banyak yang beranggapan bahwa masker tomat tak hanya memberikan kesehatan bagi wajah, tapi juga pada mata, salah satunya adalah menghilangkan mata panda.

Tomat pada dasarnya aman digunakan sebagai masker wajah dan diaplikasikan langsung ke kulit. Masker tomat juga aman digunakan 1-2 kali dalam seminggu sesuai dengan kebutuhan. Lihat Rekomendasi: 9 Masker Lokal Terbaik 2020

Kelebihan Masker Tomat

  • Mengatasi jerawat dan bekasnya 
    Manfaat masker tomat yang sangat dikenal banyak orang ialah keampuhannya dalam mengatasi berbagai jenis jerawat pada wajah. Kandungan astringen dan antioksidan yang terdapat pada tomat dapat bekerja untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

    Selain mengatasi jerawat, manfaat masker tomat lainnya ialah dapat menyamarkan noda bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Setara dengan kandungan air lemon untuk mengatasi noda bekas jerawat, masker tomat dapat kamu gunakan setiap hari hanya diaplikasikan pada bagian noda bekas jerawatnya saja.

  • Ampuh mengangkat komedo membandel 
    Untuk masalah komedo, kamu perlu menyiapkan 1-2 sendok makan tomat yang sudah dihancurkan, 1 sendok makan oat dan 1 sendok makan yoghurt plain. Campur yoghurt dan tomat, kemudian perlahan masukkan juga oat ke dalam campuran tersebut. Hangatkan sedikit campuran ini dan aduk hingga rata. Setelah dingin, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

    Untuk hasil maksmimal, gunakan masker tomat dua kali seminggu. Oatmeal dalam masker ini bekerja sebagai deep cleanser dan membersihkan semua kotoran yang menumpuk di pori-pori. Sedangkan yoghurt mengandung asam laktat yang akan membersihkn sel-sel kulit mati.

  • Mencerahkan kulit secara alami
    Jika kamu ingin kulit wajahmu terlihat cerah dan putih secara alami, maka sebaiknya gunakan masker dari tomat. Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat dapat mencerahkan kulit wajah. Cara membuat masker dari tomat untuk mencerahkan wajah secara alami ini sangat muda, yaitu potong tomat menjadi beberapa bulatan yang agak tebal, kemudian gosokkan secara perlahan dan merata pada area wajahmu.

    Diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas wajahmu dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan perawatan dari masker tomat ini secara rutin, minimal seminggu 2 kali.

Bagus mana Masker Tomat vs Jeruk Nipis

Kekurangan Masker Tomat

  • Dapat menyebabkan alergi jika tidak cocok
    Iritasi, ruam kemerahan pada kulit dan gatal-gatal merupakan efek samping Tomat untuk wajah yang paling sering terjadi. Namun hal ini umumnya terjadi karena pengguna memiliki alergi khusus terhadap Tomat.

    Kandungan zat Lycopen pada Tomat sudah diteliti dapat menyebabkan iritasi, ruam dan gatal pada kulit dan wajah untuk kamu yang memiliki alergi khusus terhadap Tomat. Selain itu, Lycopen juga dapat menyebabkan masalah dermatik ringan bagi kamu yang tidak memiliki alergi terhadap Tomat jika terlalu sering digunakan.

  • Kulit jadi sensitif terhadap cahaya matahari
    Buah Tomat juga memiliki kandungan Asam Sitrus. Asam Sitrus merupakan salah satu agen ‘photosensitizing’ yang akan menjadikan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar Matahari. Biasanya, efek yang ditimbulkannya adalah munculnya bercak-bercak hitam kecil pada kulit jika terpapar sinar Matahari langsung.

Bagus mana Masker Tomat vs Jeruk Nipis

 Masker TomatMasker Jeruk Nipis
Cara Pembuatan dan Pemakaian- Cuci bersih tomat dan potong agar menjadi dua bagian.
- Oleskan irisan tomat tersebut secara merata pada wajah dan tunggu selama sekitar 15 menit.
- Bilas dengan air bersih. Agar mendapatkan hasil maksimal, masker ini bisa kamu gunakan rutin setiap malam sebelum tidur
- Peras sari jeruk nipis secukupnya. -
- Gunakan sari tersebut sebagai masker pada wajah secara merata.
- Kemudian kamu perlu mendiamkannya selama 15 menit sebelum membilasnya.

Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung Vitamin C , Zat Besi, Kalsium, Fosfor, Mineral, Asam Sitrun, Asam Sitrat, Asam Amino, Minyak Atsiri serta AHA (alpha hydroxy acids) yang berguna untuk keindahan dan kecantikan kulit wajah.

Umumnya, jeruk nipis hanya digunakan sebagai bahan pelengkap makanan atau masakan. Tapi ternyata masih ada manfaat lain yang bisa dilakukan si buah masam ini. Satu di antaranya untuk kecantikan kulit wajah.

Di antara 1300 jenis jeruk, jeruk nipis atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Citrus Aurantium, memiliki manfaat yang paling banyak. Di Indonesia, sudah sejak lama jeruk nipis menjadi bahan dasar ramuan obat kecantikan tradisional. Ya, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sebagai cara mencerahkan wajah yang ampuh.

Kelebihan Masker Jeruk Nipis

  • Mengobati Jerawat
    Jerawat merupakan masalah umum yang dimiliki oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Orang yang memiliki kulit wajah berminyak cenderung mendapatkan masalah sumbatan pada pori-pori wajah dan adanya bakteri sehingga menyebabkan jerawat. Sebuah kabar bahagia bagi kamu yang memiliki jerawat karena jeruk nipis bermanfaat untuk mengobati jerawat.

    Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini sangat penting untuk orang yang berjerawat. Melalui kandungan air jeruk nipis membuat jeruk nipis memiliki sifat antibiotik sehingga bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat.

  • Dapat Mengecilkan Pori-Pori
    Pori-pori yang lebar dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah. Karena pori-pori yang terbuka akan menimbun kotoran serta minyak berlebih, yang bisa memicu timbulnya jerawat dan mengakibatkan penuaan dini. Hal ini harus dihindari agar wajah tak mudah berjerawat. Dengan rutin menggunakan masker jeruk nipis dua hari sekali, mampu membantu mengecilkan pori-pori.
  • Menjaga kelembapan kulit

    Terdapat studi yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah kulit kehilangan banyak air sehingga kelembapannya tetap terjaga. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk membuat kulit wajah tetap lembap.

Bagus mana Masker Tomat vs Jeruk Nipis

Kekurangan Masker Jeruk Nipis

  • Iritasi Ringan
    Efek samping yang pertama bisa dirasakan oleh kamu yang menggunakan masker jeruk nipis sebagai cara memutihkan wajah adalah timbulnya kemerahan pada wajah serta gatal dan muncul reaksi iritasi. Sebenarnya, reaksi ini termasuk ringan yang disebut dermatitis kontak iritan.

    Selain tanda kemerahan, gatal dan iritasi, kulit yang perlahan jadi kering juga termasuk dalam reaksi ini. Tapi bukan berarti reaksi pemutih wajah ini wajar dan bisa kamu abaikan. Jika sudah timbul efek samping dari cara mencerahkan wajah dengan jeruk nipis seperti ini, segera hentikan pemakaian.

  • Kulit wajah mengelupas
    Efek samping berikutnya dari penggunaan masker jeruk nipis secara berlebihan adalah menjadikan kulit wajah mengelupas. Pertama mungkin kulit wajah akan terasa mengering, setelah itu baru dilanjutkan dengan kulit wajah mengelupas.

    Jika sudah seperti ini ada baiknya pemakaian masker jeruk nipis dihentikan saja. Karena takutnya kulit wajah yang mengalami pengelupasan semakin parah dan dapat mengakibatkan penampilan kamu menjadi tidak cantik lagi.

Bagus mana Masker Tomat vs Jeruk Nipis

 Masker TomatMasker Jeruk Nipis
Kelebihan- Mengatasi jerawat dan bekasnya 
- Ampuh mengangkat komedo membandel 
- Mencerahkan kulit secara alami
- Mengobati Jerawat
- Dapat Mengecilkan Pori-Pori
- Menjaga kelembapan kulit
Kekurangan- Dapat menyebabkan alergi jika tidak cocok
- Kulit jadi sensitif terhadap cahaya matahari
- Iritasi Ringan
- Kulit wajah mengelupas

Kesimpulan

Kedua masker yang berasal dari bahan alami yang ada di atas memiliki kelebihannya masing-masing, kamu dapat menggunakan keduanya selagi tidak memiliki alergi secara khusus. Sebelum menggunakannya di seluruh bagian wajah, kamu bisa menggunakan terlebih dulu di belakang daun telinga, jika kamu mendapati reaksi alergi, maka jangan gunakan di wajah.

Namun jika tidak ada tanda-tanda reaksi alergi, maka mungkin akan aman saat kamu gunakan ke bagian wajah secara keseluruhan. Dengan catatan, penggunaannya tentu harus dalam kadar wajar, karena apapun yang berlebihan tidak akan menghasilkan sesuatu yang menumbuh kebaikan. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *