Bagus mana Masker Putih Telur vs Tomat

Penggunaan masker dari bahan alami tetap menjadi hal yang banyak dipilih oleh berbagai kalangan meskipun masker dari produsen produk kecantikan sudah sangat menjamur di luar sana. Hal ini dikarenakan masker alami dinilai lebih aman dan tentunya memiliki biaya yang lebih rendah.

Masker putih telur dan masker tomat merupakan dua jenis masker alami yang memiliki banyak peminat sebab dinilai memiliki sangat banyak khasiat. Untuk kamu yang masih saja bingung memilih satu di antara kedua masker ini, yuk simak ulasan yang sudah kami buat di bawah!

Bagus mana Masker Putih Telur vs Tomat

Masker Putih Telur

Telur merupakan bahan yang mudah dijumpai di mana saja, mungkin di dapur rumah, telur menjadi bahan wajib yang harus disimpan mengingat cara mengolahnya yang sangat praktis. Selain dapat dimasak dan membuat perut kenyang dengan kandungan protein yang ada, telur dinilai juga berguna untuk kecantikan wajah. Baca Juga: Bagus mana Masker Tomat vs Jeruk Nipis

Berbeda dengan saat diolah dengan cara dimasak, umumnya wanita lebih memilih putih telur saja yang digunakan dalam merawat wajah. Putih telur dinilai memiliki banyak manfaat pada kulit wajah seperti untuk mengencangkan wajah dan sebagainya.

Kelebihan Masker Putih Telur

  • Mengecilkan pori-pori

    Kamu yang memiliki pori-pori besar di wajah wajib mencoba manfaatkan masker putih telur. Caranya, campurkan 1 sendok teh putih telur dan 1 perasan lemon.

    Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau cukup di daerah yang berpori-pori besar. Tunggu hingga 15 menit, dan setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu, dan pori-pori di wajah akan menyusut.

  • Mengencangkan kulit
    Manfaat yang satu ini bahkan bisa terasa secara “instan” setelah kamu mengaplikasikan masker putih telur. Setelah mengaplikasikan masker putih telur, biasanya kulit akan terasa mengencang hingga satu jam kemudian.  Tak hanya kencang, kulit juga akan tampak glowing dan keriput pun tersamarkan. Banyak juga yang menyebut dampak dari masker putih telur yang satu ini serupa seperti prosedur facelift.
  • Mengatasi komedo hingga jerawat membandel
    Putih telur sangat ampuh dalam membantu membersihkan sebum dan kotoran yang menempel pada pori-pori kulit. Sebum dan kotoran ini bisa menjadi komedo bahkan jerawat bila tidak dibersihkan. Nah, rutin menggunakan masker putih telur ternyata bisa membantu mengeluarkan komedo membandel secara alami.

    Untuk perawatan jerawat kamu memang disarankan untuk lebih hati-hati. Pastikan untuk mengaplikasikan masker dengan alat yang bersih. Supaya hasilnya maksimal, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam masker putih telur sebelum diaplikasikan pada wajah.

Bagus mana Masker Putih Telur vs Tomat

Kekurangan Masker Putih Telur

  • Membuat kulit menjadi iritasi
    Jika kamu memang mempunyai alergi terhadap telur saat memakannya, sebaiknya tidak dianjurkan pula untuk mengoles putih telur di wajah. Hal ini bisa menyebabkan gatal-gatal yang parah, adanya ruam dan sesak napas tergantung tingkat keparahan alergi.

    Sebagai tambahan, sebelum mengoleskan putih telur ke wajah terlebih dahulu dioleskan sedikit ke bagian belakang tangan, di bawah dagu atau di belakang telinga. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian periksa di area tersebut untuk memastikan tidak adanya kemerahan, gatal, bengkak atau tanda lain dari reaksi alergi.

  • Infeksi salmonella
    Ahli dermatologi menyatakan bahwa memang putih telur dapat memberikan efek pengencangan dan lebih bagus lagi untuk wajah dengan tipe berminyak tetapi itu hanya sementara saja. Namun putih telur terkadang mengandung Salmonella. Jika tidak hati-hati dalam mengoles ke wajah bisa tertelan dan masuk ke dalam perut. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Bagus mana Masker Putih Telur vs Tomat

 Masker Putih TelurMasker Tomat
Cara Pembuatan dan Pemakaian - Pecahkan telur di atas sebuah mangkuk.
- Pastikan kamu mengambil putih telurnya saja.
- Usahakan jangan sampai ada kuning telur yang ikut terjatuh.
- Cuci tangan dulu sebelum mengoleskan masker ke wajah
- Oleskan putih telur sedikit demi sedikit pada wajah.
- Biarkan selama 10 menit.
- Bilas wajah dengan air hangat.
- Cuci bersih tomat dan potong agar menjadi dua bagian.
- Oleskan irisan tomat tersebut secara merata pada wajah dan tunggu selama sekitar 15 menit.
- Bilas dengan air bersih.
- Agar mendapatkan hasil maksimal, masker ini bisa kamu gunakan rutin setiap malam sebelum tidur

Masker Tomat

Sejak dahulu, buah tomat dikenal dengan manfaatnya dalam mengatasi kulit yang bermasalah. Buah tomat dapat digunakan sebagai perawatan kulit wajah dari dalam dan juga dari luar. Tak hanya dapat dikonsumsi, buah yang satu ini pun sering dijadikan sebagai kandungan utama pada suatu rangkaian perawatan wajah yang dapat kamu gunakan untuk menjaga keindahan kulit wajahmu.

Masker tomat memang sangat digandrungi oleh kebanyakan wanita. Sebab, selain sederhana, bahan ini juga terbilang ekonomis dan mudah didapatkan. Banyak yang beranggapan bahwa masker tomat tak hanya memberikan kesehatan bagi wajah, tapi juga pada mata, salah satunya adalah menghilangkan mata panda.

Tomat pada dasarnya aman digunakan sebagai masker wajah dan diaplikasikan langsung ke kulit. Masker tomat juga aman digunakan 1-2 kali dalam seminggu sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan Masker Tomat

  • Mengatasi jerawat dan bekasnya 
    Manfaat masker tomat yang sangat dikenal banyak orang ialah keampuhannya dalam mengatasi berbagai jenis jerawat pada wajah. Kandungan astringen dan antioksidan yang terdapat pada tomat dapat bekerja untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

    Selain mengatasi jerawat, manfaat masker tomat lainnya ialah dapat menyamarkan noda bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Setara dengan kandungan air lemon untuk mengatasi noda bekas jerawat, masker tomat dapat kamu gunakan setiap hari hanya diaplikasikan pada bagian noda bekas jerawatnya saja.

  • Ampuh mengangkat komedo membandel 
    Untuk masalah komedo, kamu perlu menyiapkan 1-2 sendok makan tomat yang sudah dihancurkan, 1 sendok makan oat dan 1 sendok makan yoghurt plain. Campur yoghurt dan tomat, kemudian perlahan masukkan juga oat ke dalam campuran tersebut. Hangatkan sedikit campuran ini dan aduk hingga rata.

    Setelah dingin, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.Untuk hasil maksmimal, gunakan masker tomat dua kali seminggu. Oatmeal dalam masker ini bekerja sebagai deep cleanser dan membersihkan semua kotoran yang menumpuk di pori-pori. Sedangkan yoghurt mengandung asam laktat yang akan membersihkn sel-sel kulit mati.

  • Mencerahkan kulit secara alami
    Jika kamu ingin kulit wajahmu terlihat cerah dan putih secara alami, maka sebaiknya gunakan masker dari tomat. Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat dapat mencerahkan kulit wajah.

    Cara membuat masker dari tomat untuk mencerahkan wajah secara alami ini sangat muda, yaitu potong tomat menjadi beberapa bulatan yang agak tebal, kemudian gosokkan secara perlahan dan merata pada area wajahmu. Diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas wajahmu dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan perawatan dari masker tomat ini secara rutin, minimal seminggu 2 kali.

Bagus mana Masker Putih Telur vs Tomat

Kekurangan Masker Tomat

  • Dapat menyebabkan alergi jika tidak cocok
    Iritasi, ruam kemerahan pada kulit dan gatal-gatal merupakan efek samping Tomat untuk wajah yang paling sering terjadi. Namun hal ini umumnya terjadi karena pengguna memiliki alergi khusus terhadap Tomat.

    Kandungan zat Lycopen pada Tomat sudah diteliti dapat menyebabkan iritasi, ruam dan gatal pada kulit dan wajah untuk kamu yang memiliki alergi khusus terhadap Tomat. Selain itu, Lycopen juga dapat menyebabkan masalah dermatik ringan bagi kamu yang tidak memiliki alergi terhadap Tomat jika terlalu sering digunakan.

  • Kulit jadi sensitif terhadap cahaya matahari
    Buah Tomat juga memiliki kandungan Asam Sitrus. Asam Sitrus merupakan salah satu agen ‘photosensitizing’ yang akan menjadikan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar Matahari. Biasanya, efek yang ditimbulkannya adalah munculnya bercak-bercak hitam kecil pada kulit jika terpapar sinar Matahari langsung.

Bagus mana Masker Putih Telur vs Tomat

 Masker Putih TelurMasker Tomat
Kelebihan- Mengecilkan pori-pori
- Mengencangkan kulit
- Mengatasi komedo hingga jerawat membandel
- Mengatasi jerawat dan bekasnya 
- Ampuh mengangkat komedo membandel 
- Mencerahkan kulit secara alami
Kekurangan- membuat kulit menjadi iritasi
- Infeksi salmonella
- Dapat menyebabkan alergi jika tidak cocok
- Kulit jadi sensitif terhadap cahaya matahari

Kesimpulan

Kedua masker yang berasal dari bahan alami ini memiliki kegunaannya tersendiri, namun kedua masker ini juga memiliki kekurangan yang hampir sama yaitu dalam segi dapat menyebabkan alergi. Kamu dapat menggunakan kedua masker ini, namun yang harus kamu perhatikan adalah gunakan sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan. Karena bahan alami pun memiliki efek samping jika kamu gunakan secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *