Bagus mana Lip Tint atau Lip Balm?

Bibir merupakan komponen wajah yang mesti diperhatikan tampilannya agar wanita bisa tampil percaya diri didepan umum. Untuk itu kamu bisa menggunakan Lip Tint atau Lip Balm agar bibir senantiasa terlihat menawan dan indah dipandang sehari-hari.

Lip Tint dan Lip Balm sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang sedikit berbeda, namun sama-sama membuat bibir jadi lebih fresh dan sedap dipandang. Saat ini juga sudah banyak beredar merk Lip Tint dan Lip Balm yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan masing-masing.

Untuk itu pantengin terus artikel kali ini sehingga bisa dijadikan informasi untuk pelembab dan pewarna bibir kamu agar bisa jadi lebih tampil percaya diri didepan umum. Disini aja ya!

Lip Tint atau Lip Balm

Lip Tint

Lip tint yaitu pewarna bibir yang teksturnya cukup cair serta transparan. Hasil akhirnya yaitu warna bibir yang alami. Bila diartikan secara harfiah, lip tint bermakna tinta bibir. Disebut begitu sebab teksturnya cair menyerupai tinta.

Selain itu, ia memiliki warna transparan bak lipgloss, tetapi dengan warna yang lebih pekat. Hasil yang didapat oleh penggunanya yaitu warna-warna alami nan cerah seperti merah, pink, orange yang segar.

Lip tint sendiri bisa dipakai untuk seluruh permukaan bibir atau sekadar aksen ombre di tengah bibir. Jika tidak dipakai untuk seluruh permukaan, ya cuma di bagian tengahnya saja untuk ombre.

Ketika digunakan, bibir akan terasa glossy tetapi tidak berlebihan. Bahkan, beliau dapat membuat bibir terasa lebih penuh/ plump.

Lip tint ini amat awet serta hemat penggunaannya. Tetapi buat kamu yang berbibir gelap, lebih bagus memakai lip tint untuk ombre. Sebab, kosmetik ini tercipta untuk cewek-cewek Korea yang berbibir pucat.

Sedangkan di Indonesia, pada umumnya memiliki bagian bibir yang sedikit gelap. Solusi jitunya, pakailah lip tint sebagai ombre setelah membubuhkan lipstik sebelumnya. Baca juga: Bagus mana Lip Tint Peripera atau Tony Moly?

Kelebihan Lip Tint

  • Warnanya awet dan tahan lama
    Salah satu kelebihan dari lip tint yang sangat tidak dapat diabaikan begitu saja yaitu warnanya yang awet serta tahan lama dibandingkan lipstik biasa. Perihal ini sebab ia mempunyai formula seperti tinta yang menyerap ke dalam kulit bibir. Umumnya, pemakai lip tint juga tak perlu terlalu sering touch up sebab bibir mereka masih terlihat merah merona sampai seharian.
  • Terlihat natural sehingga cocok untuk remaja
    Lip tint sendiri tak hanya tersedia dalam warna merah saja. Sama seperti lip color lainnya, lip tint juga mempunyai opsi warna yang dapat dicocokkan dengan kebutuhan. Nah, untuk wanita remaja yang tak ingin terlihat terlalu dandan, lip tint berwarna pink cocok banget nih buat kamu.
  • Mempunyai tampilan glossy yang bikin wajah tampak segar
    Tak seperti lipstik matte, kebanyakan lip tint mempunyai hasil akhir glossy. Efek glossy ini membuat wajah terlihat fresh dan bersemangat menyambut hari. Untuk yang sudah tak remaja lagi, memakai lip tint bisa membuat kamu dikira masih 17an loh.

Kekurangan Lip Tint

  • Cenderung kurang coverage
    Kekurangan pertama dari lip tint yaitu dia memang didesain untuk orang Korea yang mempunyai bibir pucat. Sehingga, sedikit tidak cocok untuk wanita Indonesia yang mayoritas mempunyai pinggiran bibir sedikit hitam. Solusinya, kamu tetap dapat memakai lip tint sebagai ombre, dengan menggunakan lipstik pink dulu sebagai dasarnya.
  • Sulit dibersihkan
    Kekurangan lain dari lip tint yaitu formulanya yang meresap ke dalam kulit bibir, membuatnya sedikit sulit dibersihkan. Walaupun memakai makeup remover yang berbahan dasar minyak sekalipun, umumnya lip tint tidak bisa benar-benar hilang. Jadinya, kamu mesti rela membiarkan sisa lip tint bertengger di bibirmu bahkan saat tidur.
  • Beberapa lip tint bahkan terasa kering dan bikin bibir terasa ditarik
    Jika salah memilih brand, atau kebetulan bibirmu lagi kering banget, bisa- bisa memakai lip tint menyebabkan bibirmu kering banget dan berasa ketarik. Tak semua lip tint mempunyai efek samping seperti ini sih. Tetapi alangkah baiknya kamu memakai lipbalm dahulu sebelum memakai jenis lip color apapun, supaya bibir indahmu tetap terawat.

Rekomendasi Lip Tint

1. Peripera Ink Velvet
Merek Korea yang satu ini menjadi produk best seller sebab sangat didambakan wanita milenial. Dengan kemasan yang unik serta opsi shades warna yang cukup banyak. Peripera Ink Velvet mempunyai tekstur yang gampang dibaurkan, produk ini sanggup menciptakan hasil akhir velvet yang lembut.

2. Etude House Gel Darling Tint
Untuk kamu yang senang dengan tampilan natural, lip tint Korea terbaik dari merk Etude House ini layak untuk dicoba. Mempunyai tekstur gel yang ringan, lip tint yang satu ini bisa memberikan efek segar pada bibirmu dengan warna yang merona.

3. Clio Mad Matte Tint
Siapa bilang lip tint cuma mempunyai hasil akhir yang mengkilau? Nyatanya, Clio menghadirkan produk lip tint dengan hasil akhir matte. Layak disebut sebagai salah satu lip tint Korea terbaik, produk ini tidak membuat bibir jadi kering dan opsi warna yang dihadirkan juga sangatlah unik serta menarik.

Rekomendasi Lip TintHarga per Desember 2019
Peripera Ink VelvetRp 73.900,-
Etude House Gel Darling TintRp 52.500,-
Clio Mad Matte TintRp 165.500,-

Lip Balm

Lip balm yaitu pelembab yang dioleskan pada bibir. Berbeda dengan kulit tubuh dan wajah, kulit bibir sangat tipis sehingga rentan terhadap rangsangan dari luar. Lip balm juga sering digunakan untuk mengobati bibir kering terkelupas sebab paparan sinar ultraviolet.

Lip balm dikemas dalam bermacam-macam wadah, umumnya berbentuk jar. Biasanya lip balm berwadah jar mempunyai tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan lip balm berbentuk stik (di Jepang dikenal juga dengan sebutan lip cream). Untuk lip balm berwadah jar, kamu dapat mengambilnya dengan jari, kuas, dan cotton buds, kemudian sapukan secara menyeluruh ke bibir.

Untuk lip balm yang memakai wadah jar, ketika dibuka akan menyebabkan udara luar bercampur dengan lip balm. Selain itu, bakteri gampang menyebar ketika kamu mencolek pelembab dengan jari. Maka, dianjurkan untuk memilih lip balm dalam bentuk tube atau lipstik.

Lip Tint atau Lip Balm

Karena lip balm berfungsi melindungi area mulut kamu, pertimbangkanlah kualitas dan kebersihannya sebelum membeli. Pilih juga lip balm dengan kapasitas yang cukup untuk bertahan sekitar enam bulan.

Berdasarkan fungsinya, lip balm dibagi menjadi 3 jenis, yakni lip balm yang membantu melembabkan, lip balm yang mencegah bibir kering dan pecah-pecah, serta lip balm yang mengobati bibir kering. Untuk itu gunakan lip balm sesuai dengan selera dan kebutuhan bibir kamu masing-masing ya guys.

Kelebihan Lip Balm

  • Melembabkan bibir
    Fungsi lip balm yang melembabkan akan sanggup untuk mengurangi masalah bibir pecah-pecah. Tidak hanya itu, pastinya lip balm juga akan menjaga kelembaban bibir supaya masalah bibir pecah-pecah tidak datang kembali. Bibir yang lembab juga akan terlihat lebih sehat, cerah, dan penampilan kamu jadi tampak fresh.
  • Melembabkan bagian tubuh lain
    Fungsi lip balm yang melembabkan tidak cuma bisa kamu rasakan untuk bibir saja, tapi juga di berbagai spot tubuh lainnya. Bagian tubuh seperti lutut dan siku cenderung lebih kering dan kasar dibanding dengan bagian tubuh lainnya. Kamu dapat menggunakan lip balm pada bagian tubuh tersebut untuk melembabkan serta menghaluskan kulit.
  • Membersihkan sisa maskara
    Pengaplikasian maskara tidak selalu berjalan mulus dan hasilnya selalu rapi. Terkadang ada butir-butir maskara yang jatuh ke bagian bawah mata dan tentunya bisa merusak make up kamu. Cobalah untuk membersihkannya dengan cotton bud yang sudah dilapisi dengan lip balm.

Kekurangan Lip Balm

  • Kemampuan kulit bibir mempertahankan kelembaban jadi melemah
    Jika lip balm dipakai secara berlebihan, justru membuat kulit bibir mengurangi kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban. Sehingga, saat sudah terbiasa memakai lip balm, bibirmu akan seketika jadi kering saat tidak lagi memakai lip balm. Akibatnya, kamu akan menambahkan beberapa lapis produk lip balm tersebut.
  • Resiko alergi
    Bibirmu yang terus menerus memakai lip balm bisa menyebabkan siklus ganas yang membahayakan bibirmu. Maka dari itu, sebelum membeli lip balm, cek daftar kandungan bahannya dan hindari produk lip balm yang mengandung fragrance, camphor, menthol atau salicylic acid yang bisa membuat kulit sekitar bibir menjadi rentan.
  • Membuat bibir jadi berminyak
    Dan kekurangan yang menjadi pertimbangan banyak orang yaitu bibir yang menjadi lebih berminyak ketika menggunakan lip balm ini. Hal ini tentu menjadi para penggunanya jadi tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari.

Rekomendasi Lip Balm

1. Wardah Lip Balm
Merk kosmetik asal Indonesia ini sudah tidak diragukan bahan bakunya. Pelembab bibirnya mengandung Triple Moisture Care System yang menghidrasi, melindungi dari sinar ultraviolet, dan menutrisi bibir dengan kandungan vitamin E. Wardah Lip Balm cocok dipakai oleh wanita perkotaan di Indonesia.

2. Palmer’s Cocoa Butter Formula Ultra Moisturizing Lip Balm
Produk ini dikemas dalam tube berbentuk oval yang memudahkan pengaplikasian. Produk ini mengandung cocoa butter dan vitamin E untuk melembutkan dan menghidrasi bibir kamu secara maksimal. Terdapat pula SPF 15 yang melindungi bibir kamu dari kerusakan akibat kerasnya sinar ultraviolet.

3. EOS Organic Lip Balm
Evolution of Smooth atau EOS cocok untuk pecinta kosmetik berbahan organik. Bebas gluten, paraben, serta petrolatum, lip balm organik ini kaya antioksidan dari minyak jojoba, vitamin E, dan shea butter. Lip balm ini juga menjadi favorit selebriti dunia, seperti Kim Kardashian, Kylie Jenner, serta Miley Cyrus.

Rekomendasi Lip BalmHarga per Desember 2019
Wardah Lip BalmRp 20.400,-
Palmer’s Cocoa Butter Formula Ultra Moisturizing Lip BalmRp 55.000,-
EOS Organic Lip BalmRp 90.000,-

Bagus mana Lip Tint atau Lip Balm?

 Lip TintLip Balm
Kelebihan- Warnanya awet dan tahan lama
- Terlihat natural sehingga cocok untuk remaja
- Mempunyai tampilan glossy yang bikin wajah tampak segar
- Melembabkan bibir
- Melembabkan bagian tubuh lain
- Membersihkan sisa maskara
Keterangan- Cenderung kurang coverage
- Sulit dibersihkan
- Beberapa lip tint bahkan terasa kering dan bikin bibir terasa ditarik
- Kemampuan kulit bibir mempertahankan kelembaban jadi melemah
- Resiko alergi
- Membuat bibir jadi berminyak

Kesimpulan

Setelah membahas Lip Tint dan Lip Balm tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua produk ini memiliki manfaat yang baik untuk bibir jika digunakan sesuai dengan prosedur yang ada pada setiap kemasan masing-masing. Tentukan pilihan pelembab pewarna bibir kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermnafaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *