Bagus mana Lip Balm vs Lip Gloss?

Sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah? Kalau iya, berarti Anda wajib merawat bibir Anda dengan baik agar bibir Anda tidak kering, mengelupas bahkan menghitam. Nah, tentunya Anda perlu menggunakan suatu produk perawatan bibir yang mampu merawat bibir Anda dengan baik.

Ada banyak produk perawatan bibir yang dihadirkan oleh brand-brand kecantikan. Salah satunya kedua produk bibir ini lip balm dan lip gloss. Lip balm dikenal ampuh merawat bibir dan menjaganya tetap lembab dan sehat.

Namun, produk lip gloss juga tidak kalah hebatnya. Produk ini juga mampu membuat bibir Anda tetap segar dan lembab. Meskipun memiliki keunggulan dan manfaat yang hampir sama. Tetapi keduanya juga memiliki kekurangan, loh?

Ingin tahu? Yuk langsung sama baca artikelnya di Bagusmana.id!

Lip Balm vs Lip Gloss

Lip Balm

Lip balm adalah produk perawatan yang bisa menjaga kelembaban bibir. Lip balm biasanya berbentuk seperti ‘salep’ dan tidak meninggalkan warna di bibir kita.

Pelembab ini sangat mudah diaplikasikan. Anda hanya perlu mengoleskannya ke bibir Anda. Berbeda dengan kulit tubuh dan wajah, kulit bibir sangat tipis sehingga rentan terhadap rangsangan dari luar.

Lip balm dikemas dalam bermacam-macam wadah, umumnya berbentuk jar, stik, dan tube. Teksturnya pun bermacam-macam. Umumnya lip balm berwadah jar memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding dengan lip balm berbentuk stik (di Jepang dikenal juga dengan sebutan lip cream).

Baca juga: Bagus mana Lip Tint atau Lip Balm?

Kelebihan Lip Balm

Berikut ini Kelebihan dari Lip Balm:

  • Melembabkan bibir
    Fungsi lip balm yang melembabkan akan sanggup untuk mengurangi masalah bibir pecah-pecah. Tidak hanya itu, pastinya lip balm juga akan menjaga kelembaban bibir supaya masalah bibir pecah-pecah tidak datang kembali. Bibir yang lembab juga akan terlihat lebih sehat, cerah, dan penampilan Anda jadi tampak fresh.
  • Melembabkan bagian tubuh lain
    Fungsi lip balm tidak hanya melembabkan bibir saja, tapi juga di berbagai spot tubuh lainnya. Bagian tubuh seperti lutut dan siku cenderung lebih kering dan kasar dibanding dengan bagian tubuh lainnya. Anda bisa mengaplikasikan lip balm pada bagian tubuh tersebut untuk melembabkan serta menghaluskan kulit.
  • Membersihkan sisa maskara
    Pengaplikasian maskara tidak selalu berjalan mulus dan hasilnya selalu rapi. Terkadang ada butir-butir maskara yang jatuh ke bagian bawah mata dan tentunya bisa merusak makeup. Cobalah untuk membersihkannya dengan cotton bud yang sudah dilapisi dengan lip balm.

Bagus mana Lip Balm vs Lip Gloss?

Kekurangan Lip Balm

Berikut ini Kekurangan dari Lip Balm:

  • Membuat bibir jadi berminyak
    Kekurangan yang menjadi pertimbangan banyak orang yaitu bibir yang menjadi lebih berminyak ketika menggunakan lip balm ini. Hal ini tentu menjadi para penggunanya jadi tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari.
  • Kemampuan kelembabannya tidak tahan lama
    Lip balm bila dipakai secara berlebihan, justru mengurangi kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban. Sehingga, saat sudah terbiasa memakai lip balm, bibir Anda akan seketika jadi kering saat tidak lagi memakai lip balm.
  • Resiko alergi
    Ada beberapa merk lip balm yang tidak cocok pada jenis kulit tertentu. Maka dari itu, sebelum membeli lip balm, cek daftar kandungan bahannya dan hindari produk lip balm yang mengandung fragrance, camphor, menthol atau salicylic acid yang bisa membuat kulit sekitar bibir menjadi rentan.

Tips Memilih Lip Balm yang tepat

  1. Pilihlah lip balm berdasarkan manfaatnya
    Berdasarkan fungsinya, lip balm dibagi menjadi tiga jenis, yaitu lip balm yang membantu melembabkan, lip balm yang mencegah bibir kering dan pecah-pecah, dan lip balm yang mengobati bibir kering. Oleh karena itu, belilah sesuai kebutuhan.
  2. Pilihlah lip balm yang bisa melindungi dari Sinar Ultraviolet
    Bibir tidak memiliki sel melanosit yang memproduksi melanin untuk melindunginya dari sinar ultraviolet. Hal ini dapat menyebabkan retak dan pengelupasan. Sinar UV memang tidak dapat dihindari oleh mereka yang berada di luar rumah pada siang hari. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda memilih lip balm yang mengandung SPF. Akan tetapi, kandungan SPF juga berisiko mengiritasi kulit bibir jika digunakan terlalu berlebihan. Maka hindari untuk penggunaan yang berlebihan, ya!
  3. Pilihlah lip balm dalam wadah yang bisa menjaga kualitasnya
    Lip balm dalam bentuk jar lebih mudah terpapar udara luar dan kuman saat anda mencoleknya. Oleh Karena itu kami lebih menyarakan anda membeli lip balm dalam bentuk tube atau lipstick.

Lip Gloss

Lip gloss adalah produk makeup pewarna bibir yang kandungan minyaknya tinggi. Selain mewarnai bibir dan memberikan kesan berkilau alias glossy, lip gloss juga menjaga kelembaban kulit.

Produk kosmetik ini juga berfungsi untuk membuat bibir Anda tampak lebih penuh, lebih cerah dan segar.
Tapi efeknya tidak seampuh lip balm atau lip butter. Banyak juga yang mengaplikasikan lip gloss setelah lipstik supaya menambahkan kesan berkilau. Baca juga: Bagus mana Lip Balm Nivea vs Lip Ice

Lip Balm vs Lip Gloss

Kelebihan Lip Gloss

Berikut ini Kelebihan Lip Gloss:

  • Mengandung vitamin dan moisturizer
    Produk lip gloss dilengkapi dengan kandungan vitamin E dan SPF yang bisa merawat bibir Anda. Sehingga, bibir tidak pecah-pecah dan tidak mudah kering.
  • Bahannya yang ringan
    Selain mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit bibir Anda. Produk lip gloss juga memiliki tekstur yang ringan.Oleh karena itu, lip gloss tidak menimbulkan efek kering pada bibir.
  • Membuat bibir segar
    Produk ini selain melembabkan bibir Anda juga ampuh membuat bibir Anda terlihat segar seharian. Karena produk dari lip ini memiliki efek shimmer dan glowing yang bikin tampilan wajah lebih segar. Menggunakan lip gloss sebenarnya agak tricky karena jika terlalu berlebihan bukannya wajah segar yang didapat, tapi seakan kita habis makan gorengan dan belepotan minyak. Jadi, Anda harus menggunakan lip gloss secukupnya saja.

Kekurangan Lip Gloss

Berikut ini Kekurangan Lip Gloss:

  • Tidak tahan lama
    Kekurangan dari lip gloss yaitu formulanya yang cair dan cenderung mudah hilang jika terkena usapan. Meskipun gak tahan lama seperti lip balm, tapi lip gloss gak akan bikin bibir Anda terlihat aneh meskipun diaplikasikan ulang.
  • Sulit diaplikasikan
    Kekurangan lainnya ada pada pengaplikasiannya. Teksturnya yang cair jadi agak sulit untuk dioleskan di bibir. Hal ini kadang membuatnya berantakan jika sedang diaplikasikan.
  • Harganya cenderung mahal
    Beberapa varian lip gloss yang ada, kadang memiliki harga yang cenderung mahal. Tergantung dengan kualitas, varian serta formulanya yang lebih unggul.

Tips Memilih Lip Gloss yang tepat

    1. Perhatikan merk dan komposisinya
    2. Hindari membeli lipgloss dengan iming-iming harga murah, tanpa Anda tahu keamanan dan kenyamanan saat dikenakan. Umumnya lipgloss dengan harga murah mengandung kimia berbahaya yang dapat memberikan efek samping saat tertelan.
    3. Sesuaikan lipgloss dengan warna lipstick yang Anda punya serta sesuaikan dengan jenis kulit bibir Anda. Agar terhindar dari masalah bibir kering dan pecah-pecah.
    4. Apabila usianya sudah lebih dari 2 tahun, sebaiknya lipgloss tidak lagi dipakai, ya!

Bagus mana Lip Balm vs Lip Gloss?

KeteranganLip BalmLip Gloss
Kelebihan-Melembabkan bibir
-Melembabkan bagian tubuh lain
-Membersihkan sisa maskara
-Mengandung vitamin dan moisturizer
-Bahannya yang ringan
-Membuat bibir segar
Kekurangan -Membuat bibir jadi berminyak
-Kemampuan kelembabannya tidak tahan lama
-Resiko alergi
-Tidak tahan lama
-Sulit diaplikasikan
-Harganya cenderung mahal

Kesimpulan

Setelah membahas Lip Balm dan Lip  Gloss tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua produk ini memiliki manfaat yang baik untuk bibir jika digunakan sesuai dengan prosedur yang ada pada setiap kemasan masing-masing dan jangan lupa pilih sesuai dengan jenis kulit Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *