Bagus mana Jacuzzi vs Whirlpool

Berendam di kolam air panas adalah aktivitas yang pastinya menyenangkan dan membuat badan jadi lebih rileks. Kegiatan ini cocok banget buat kamu yang stress karena berbagai keseharian yang monoton.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa merendam diri di kolam air panas dengan Jacuzzi dan Whirlpool yang memiliki manfaat dan kelebihan serupa. Tidak perlu pergi ke suatu tempat, karena kedua tempat ini bisa kamu pasang sendiri di rumah jika memiliki budget lebih.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari Jacuzzi dan Whirlpool? Tenang saja, karena kali ini Bagusmana.id akan membahasnya melalui artikel kali ini sehingga bisa kamu jadikan acuan dan referensi saat mencobanya. Stay tune ya!

Jacuzzi vs Whirlpool

Jacuzzi

Kolam jacuzzi merupakan salah satu jenis kolam yang berukuran kecil dan mempunyai fungsi yang berbeda dengan kolam renang pada umumnya. Bila kolam renang dipakai untuk berolahraga, aktivitas renang jarak jauh, dan sebagainya, berbeda halnya dengan kolam jacuzzi.

Kolam ini cuma mempunyai ukuran yang kecil dan kedalaman yang sedang. Fungsi utama dari kolam ini adalah untuk berendam dan berelaksasi. Air yang dipakai dalam kolam ini pun berupa air hangat, sehingga akan amat nyaman dan sanggup merelaksasi siapapun yang berendam di dalamnya.

Pada kolam jacuzzi, terkadang juga ditambahkan air yang menyembur dan menghasilkan gelembung-gelembung, sehingga suasana menjadi lebih merelaksasi pikiran. Penerapan kolam ini juga kerap dipakai untuk menghilangkan stress.

Aerator yang menciptakan gelembung-gelembung juga seolah memberikan pijatan pada telapak kaki, alhasil terasa sangat nyaman. Tidak tidak sering orang mengatakan kolam ini bagaikan kolam spa. Karena, memanglah gunanya nyaris serupa dengan spa.

Dengan ukuranya yang minimalis, kolam ini dapat diterapkan di area halaman dalam rumah. Bentuk kolam dapat dibuat bulat, kotak, maupun bentuk lainnya, sehingga dapat menyesuaikan ruangan yang ada di rumah kamu. Baca juga: Bagus mana Masker Bengkoang Ovale vs Masker Bengkoang Mustika Ratu

Jacuzzi vs Whirlpool

Kelebihan Jacuzzi

  • Melemaskan otot
    Setelah beraktivitas seharian, pastinya badanmu terasa tegang sudah terkuras tenaganya. Nah, dengan solusi berendam di kolam jacuzzi bisa melemaskan otot-otot dan merelaksasi tubuh, fungsi dari air panasnya bisa menembus jauh ke dalam otot-ototmu. Selain itu kecepatan air dengan tekanan hidrostatik di kolam spa modern memberikan semacam pelatihan resistensi, sehingga memperkuat otot-ototmu.
  • Mengurangi radang sendi
    Sesi yang diberikan dari berendam di kolam spa modern ini akan memberikan kehangatan, pijatan, serta daya apung alami air mempunyai sebanyak 90 persen dari berat tubuhmu yang dapat mengurangi tekanan pada sendi. Beberapa orang yang mengidap arthritis karena usia, maka berendam dalam jacuzzi bisa mengurangi rasa sakit radang sendi.
  • Meningkatkan aliran darah
    Ketika tubuh kamu menyerap panas, itu artinya mengalami beberapa perubahan fisiologis seperti mulai pemanasan dan peningkatan aliran darah. Saat kamu berendam dalam aliran air hangat jacuzzi, sirkulasi darahmu akan menjadi lebih lancar sebab pembuluh darah jadi sedikit melebar.

Kekurangan Jacuzzi

  • Harga mahal
    Kamu akan membutuhkan biaya tambahan untuk memasang heater dan merawatnya. Selain itu, heater yang dipasang juga tentu akan berimbas pada naiknya tagihan listrik kamu. Umumnya, heater membutuhkan daya listrik yang besar. Bila heater dipakai secara terus menerus, maka biaya tagihan listrik kamu tentu akan membengkak juga.
  • Meningkatkan suhu tubuh
    Khususnya untuk ibu hamil dan penderita tekanan darah tinggi atau rendah, mereka dilarang untuk berenang di kolam air hangat. Bila terlalu lama berendam atau berenang di air hangat akan meningkatkan suhu tubuh.
  • Mual dan muntah
    Memiliki kebiasaan mandi air hangat setelah selesai makan? Hati-hati, kamu bisa mual dan muntah. Perihal ini karena aliran darah yang seharusnya mengalir ke saluran pencernaan, jadi langsung mengalir ke pembuluh darah di kulit karena air hangat. Nah, supaya hal ini tidak terjadi, kamu sebaiknya mandi dulu baru menyantap makanan.

Whirlpool

Whirlpool merupakan kolam yang umumnya dipakai untuk spa. Hampir sama seperti jacuzzi, whirlpool berukuran lebih kecil dari kolam renang dan mempunyai air yang mengalir. Walaupun terbilang cukup mewah, tetapi whirlpool lebih mempunyai banyak manfaat dibandingkan kolam renang.

Kolam whirlpool ini menghadirkan sensasi unik seperti pijatan dan kabarnya bermanfaat untuk kesehatan seperti melancarkan peredaran darah, membersihkan pori-pori kulit, melawan penuaan, dan juga diklaim lebih higienis dibanding kolam renang biasa karena sistem sirkulasi airnya lebih baik.

Whirlpool juga masih dibedakan lagi menjadi 2 macam, ada yang nozzlenya dapat diatur (dibesar-kecilkan) di tiap titik nozzle, ada pula whirlpool standar yang cuma dapat dibesar-kecilkan secara sentral dari air control.

Jacuzzi vs Whirlpool

Whirlpool yang dapat diatur di tiap titik ini lebih nyaman karena memungkinkan kamu untuk mengatur sendiri seberapa kuat intensitas semburan di punggung, kaki, atau area tubuh lainnya yang terendam air.

Sedangkan whirlpool biasa tidak mempunyai fitur tersebut, sehingga bila airnya dikecilkan maka setiap titik nozzle akan ikut mengecil intensitas semprotannya, begitu pula sebaliknya, bila dibesarkan maka semua titik nozzle akan menyembur dengan kencang.

Kelebihan Whirlpool

  • Melancarkan peredaran darah
    Suhu hangat yang diberikan whirlpool sanggup meningkatkan temperatur tubuh dan memperbesar pembuluh darah. Hasilnya, sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi semakin lancar dan aktif. Sirkulasi darah yang aktif ini bagus untuk kesehatan kulit supaya terhindar dari bisul, jerawat, atau penyakit lainnya.
  • Melawan penuaan
    Whirlpool sanggup memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Dengan merasa santai, stres kamu akan menghilang. Secara tidak langsung ini dapat membuat kamu tetap awet muda, karena stres merupakan penyebab utama penuaan kulit.
  • Membersihkan pori-pori kulit
    Seperti sauna, air hangat whirlpool juga sanggup membuka pori-pori. Dengan begitu, berendam dalam whirlpool dapat membersihkan kotoran-kotoran yang ada dalam pori-pori kulit kamu.

Kekurangan Whirlpool

  • Kulit jadi rusak
    Selain membuat kulit jadi kering, menurut dokter kulit dr Ranella Hirsch, mandi air hangat terlalu sering juga bisa merusak kulit sebagai pertahanan tubuh alami. Kulit yang sering terkena uap atau air bersuhu tinggi terlalu sering, akan mudah terkena iritasi dan infeksi, sebab populasi bakteri baik di kulit jadi berkurang.
  • Suhu tubuh jadi tidak seimbang
    Manusia mempunyai panas dalam tubuh yang umumnya dikeluarkan melalui kulit yang membuat tubuh manusia tetap hangat. Tetapi, saat mandi air hangat, kulit tidak dapat mengeluarkan panas tubuh dengan benar, sehingga tubuh jadi kelebihan panas.
  • Menurunkan tekanan darah
    Membasuh tubuh dengan air bersuhu tinggi akan membuat pembuluh darah dalam kulit melebar, sehingga resistensi pembuluh darah perifer (resistensi oleh dinding pembuluh darah terhadap aliran darah) menurun. Kondisi ini dapat mengakibatkan tekanan darah juga ikut turun.
 Jacuzzi Whirlpool
FungsiMengalirkan air panasMengalirkan air panas
BentukBathtubKolam atau bathtub

Bagus mana Jacuzzi vs Whirlpool

 Jacuzzi Whirlpool
Kelebihan- Melemaskan otot
- Mengurangi radang sendi
- Meningkatkan aliran darah
- Melancarkan peredaran darah
- Melawan penuaan
- Membersihkan pori-pori kulit
Kekurangan- Harga mahal
- Meningkatkan suhu tubuh
- Mual dan muntah
- Kulit jadi rusak
- Suhu tubuh jadi tidak seimbang
- Menurunkan tekanan darah

Kesimpulan

Setelah membahas mengenai Jacuzzi dan Whirlpool tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas berendam dalam air panas memiliki manfaat yang sangat baik. Namun jangan berlebihan, karena memiliki efek samping yang dapat merugikan kesehatan kamu. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *