Bagus mana Jacuzzi vs Hot Tub

Ingin berendam air panas atau air hangat dengan kualitas yang baik? Jacuzzi dan Hot Tub bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Keduanya juga bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika ingin memasang dirumah juga bisa, tetapi kalau mengingat biaya yang mahal kamu bisa langsung pergi ke tempat yang menyediakan Jacuzzi dan Hot Tub.

Dengan berendam Jacuzzi dan Hot Tub juga memiliki segudang kelebihan untuk tubuh lho! Apa saja kelebihan dari Jacuzzi dan Hot Tub? Dan adakah kekurangannya?

Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini! Kamu bisa langsung scroll down saja! Selamat membaca!

 Jacuzzi vs Hot Tub

Jacuzzi

Berendam dalam Jacuzzi memang sangatlah menyenangkan bukan? Ya, kolam Jacuzzi adalah sebuah kolam berukuran kecil dengan aliran air hangat dan air radiator pada dasar kolam Jacuzzi memberikan sensasi pijatan telapak kaki. Baca juga: Bagus mana Deodorant Spray atau Roll On?

Air panas yang berputar-putar di dalam kolam spa modern itu membuat tubuh kamu jadi lebih ringan dan tentunya selain itu membuat kamu merasa lebih tenang. Bahkan kolam mini tersebut juga membuat semua rasa pegal dan lelah pada diri kamu akan hilang.

Untuk kamu yang menginginkan sebuah kolam Jacuzzi untuk ditempatkan halaman belakang rumah kamu adalah ide yang sangat baik. Mengapa? Karena ukuranya yang minimalis. Bentuk kolam dapat dibuat bulat, kotak, maupun bentuk lainnya, sehingga dapat menyesuaikan ruangan yang ada di rumah kamu.

Namun bagi kamu yang tidak ingin membuat kolam Jacuzzi karena biaya yang mahal, kamu bisa merasakan sensasi dari kolam Jacuzzi di berbagai tempat mewah, seperti hotel, tempat gym, dan penginapan berbintang lima.

Kelebihan Jacuzzi

Berikut kelebihan dari Jacuzzi:

  • Dapat merilekskan otot
    Jika kamu adalah seorang pekerja seharian dan memang memiliki aktivitas yang padat sehingga otot kamu akan terasa keras. Nah, untuk mandi di kolam Jacuzzi adalah solusi yang sangat bagus lho! Karena berendam didalam kolam Jacuzzi dapat membuat otot kamu menjadi rileks dan terasa lemas kembali.
  • Meningkatkan aliran darah
    Selain membuat otot kamu menjadi lebih rileks, berendam di kolam Jacuzzi juga bisa membuat aliran darah kamu menjadi lebih stabil dan meningkat. Saat kamu berendam dalam aliran air hangat jacuzzi, sirkulasi darah kamu akan menjadi lebih lancar karena pembuluh darah jadi sedikit melebar.
  • Mencegah penuaan dini
    Berbagai kesibukan yang kamu hadapi, menjadikan beban pikiran yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Pikiran yang stress mampu menjadi penyebab dari penuaan dini. Namun, dengan adanya kolam jacuzzi, kamu bisa berendam dan menikmati sensasi relaksasi, sehingga stress bisa terkurang.

Kekurangan Jacuzzi

Berikut kekurangan dari Jacuzzi:

  • Harga yang mahal
    Kekurangan yang pertama yang bisa kamu ketahui dari Jacuzzi adalah bahwa ketika kamu ingin berendam di air Jacuzzi jangan heran harganya yang mahal ya. Apalagi jika kamu ingin membuat di rumah, wah… menguras banyak uang kamu!
  • Meningkatkan suhu tubuh
    Khususnya untuk ibu hamil dan penderita tekanan darah tinggi atau rendah, mereka dilarang untuk berenang di kolam air hangat. Bila terlalu lama berendam atau berenang di air hangat akan meningkatkan suhu tubuh.
  • Dapat menimbulkan rasa mual
    Dan juga ketika kamu sering berendam di kolam Jacuzzi dapat membuat rasa mual dan ingin muntah akan timbul lho! Hal ini mungkin karena kelamaan berendamnya. Jadi, pastikan waktu lamanya kamu berendam ya.

Jacuzzi vs Hot Tub

Hot Tub

Istilah Hot Tub sebenarnya mengarah pada bak mandi kayu berbentuk tong yang populer pada akhir 1960-an. Bak itu kemudian diisi dengan air hangat yang temperaturnya dipertahankan oleh material kayunya. Kehangatannya menimbulkan efek relaksasi yang menenangkan.

Hot Tub kemudian menjadi salah satu tren bersosialisasi, karena digunakan untuk berendam santai sambil mengobrol bersama teman. Satu Hot Tub biasanya dapat diisi dengan sekitar 4-11 orang dewasa, tergantung ukurannya.

Seiring berkembangnya teknologi, produsen Hot Tub mulai membuat bak mandi dengan bahan kaca fiber atau termoplastik karena lebih murah. Hot Tub atau bak mandi air panas bisa menjadi fasilitas relaksasi tambahan di halaman belakang kamu.

Untuk kamu yang ingin mencoba Hot Tub di luar, maka kamu bisa mendatangi tempat spa atau juga tempat kecantikannya  seperti Spa Mustika Ratu lainnya atau di hotel-hotel tertentu. Untuk harganya memang memiliki harga yang cukup kompetitif sesuai dengan pilihan tempat yang kamu tuju.

Kelebihan Hot Tub

Berikut kelebihan Hot Tub:

  • Meningkatkan kualitas tidur
    Kelebihan yang paling diketahui banyak orang ketika sudah berendam dan mencoba berendam di Hot Tub dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur kamu lho! Apalagi bagi kamu yang sudah melakukan aktivitas seharian, berendam Hot Tub solusi terbaik.
  • Meredakan nyeri sendi
    Selain meningkatkan kualitas tidur, ketika kamu berendam di Hot Tub dapat membuat nyeri sendi kamu menjadi berkurang. Jadi, bagi kamu yang bermasalh dengan sendi atau merasakan nyeri sendi coba deh berendam di Hot Tub!
  • Tubuh menjadi lebih segar
    Selain meningkatkan kualitas tidur dan dapat meredakan nyeri sendi berendam Hot Tub juga dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih segar dan juga lebih rileks. Kamu bisa mencoba Hot Tub ini untuk meningkatkan kesegaran tubuh kamu.

Kekurangan Hot Tub

Berikut kekurangan Hot Tub:

  • Sistem pemasangan sulit
    Kekurangan yang pertama dari Hot Tub ini adalah ketika kamu ingin memasang Hot Tub dirumah kamu, biaya pemasangan hingga akhir akan memakan banyak waktu dan juga cukup sedikit menguras kantong kamu.
  • Meningkatkan suhu tubuh
    Berendam air panas memang memiliki fungsi yang baik, namun jika kelamaan kamu berenang maka tidak begitu baik pula untuk kesehatan kamu. Mengapa? Karena terlalu lama berendam air panas atau di Hot Tub dapat meningkatkan suhu tubuh.
  • Kulit bisa menjadi kering
    Memang berendam di Hot Tub memiliki segudang kelebihan lho! Namun, jika keseringan juga tidak baik untuk kondisi kulit tubuh kamu. Banyak yang berkata juga jika kamu keseringan berendam di Hot Tub dapat membuat kulit kamu menjadi kering.

Jacuzzi vs Hot Tub

Tips Berendam dengan Air Panas

1. Luangkan Waktu Sebentar
Waktu yang dibutuhkan untuk berendam di bak mandi dengan sekadar mandi seperti biasa tentu akan berbeda. Meditasi di bak mandi membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mandi saja.

Jadi, sisihkan sedikit waktu tergantung selama apa kamu berencana untuk bermeditasi. Pastikan kamu tidak mendapat gangguan dari pekerjaan, telepon masuk, atau panggilan dari orang di rumah untuk sementara waktu.

2. Pakai Aromaterapi
Supaya sensasi dari berendam terasa lebih optimal, teteskan minyak aromaterapi ke dalam bak mandi yang telah diisi penuh dengan air hangat. Kamu bisa pakai minyak aromaterapi lavender, peppermint, atau yang lainnya sesuai selera.

Pasalnya, aromaterapi bisa membantu menenangkan tubuh, menghilangkan stres, membuat tidur lebih nyenyak, dan segudang manfaat aromaterapi lainnya.

3. Gunakan Sabun Mengandung Pelembab
Detergen yang banyak terkandung di dalam sabun dapat mengikis habis minyak alami di permukaan kulit kamu. Terlebih ketika kamu membilasnya menggunakan air hangat. Hal ini merupakan kebiasaan buruk ketika mandi yang harus dihindari.

Gantilah sabun kamu dengan sabun yang kaya akan pelembab. Jika bisa, pilihlah sabun herbal sehingga tidak hanya bekerja membersihkan kotoran yang menempel di kulit, tapi juga membantu memperbaiki dan menjaga kelembaban kulit.

4. Nikmati Sensasinya
Setelah berendam dalam air hangat, fokus pada sensasi yang kamu rasakan. Biarkan pernapasan menjadi lebih lambat dan lebih dalam dari biasanya, dengan sembari melepaskan seluruh stres dan rasa tidak nyaman.

Usahakan agar pikiran kamu tetap tenang, dan perhatian kamu terfokus dengan meditasi yang sedang dijalani.

Bagus mana Jacuzzi vs Hot Tub

 Jacuzzi Hot Tub
Kelebihan- Dapat merilekskan otot
- Meningkatkan aliran darah
- Mencegah penuaan dini
- Meningkatkan kualitas tidur
- Meredakan nyeri sendi
- Tubuh menjadi lebih segar
Kekurangan- Harga yang mahal
- Meningkatkan suhu tubuh
- Dapat menimbulkan rasa mual
- Sistem pemasangan sulit
- Meningkatkan suhu tubuh
- Kulit bisa menjadi kering

Kesimpulan

Jacuzzi dan Hot Tub adalah kedua hal yang memiliki hampir kesamaan namun tetap berbeda. Jacuzzi dan Hot Tub memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang bisa kamu ketahui dari penjelasan di atas. Kamu bisa memiliki keduanya atau salah satunya sesuai dengan kebutuhan kamu saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *