Bagus mana Hidroquinon atau Tretinoin?

Masalah pada kulit wajah sering kita jumpai adalah jerawat. Salah satu penyebab timbulnya jerawat dan komedo adalah karena sebum yang mengendap dan mengeras. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda membutuhkan sebuah produk perawatan kecantikan yang tepat dan efektif salah satunya adalah produk dengan kandungan Hidroquinon atau tretinoin.

Pada artikel ini Anda akan mengetahui :
– Definisi singkat Hidroquinon dan tretinoin
– Kelebihan & kekurangan Hidroquinon dan tretinoin
– Perbandingan Hidroquinon dan tretinoin

Hidroquinon
Hidroquinon adalah bahan aktif yang biasanya digunakan untuk menangani hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit wajah. Hiperpigmentasi adalah penggelapan bagian-bagian kulit yang umumnya terjadi setelah peradangan, misalnya bekas jerawat, bekas luka, atau bintik-bintik cokelat karena pajanan sinar matahari.

Kelebihan Hidroquinon yang dapat Anda ketahui :

1. Menyamarkan Flek Hitam
Hidroquinon diklaim dapat mengatasi flek hitam bekas jerawat ataupun flek hitam bekas luka. Hidroquinon bekerja dengan cara menghambat enzim tyrosinase yang merupakan enzim penghasil pigmen di kulit. Dengan dihambatnya enzim tersebut, penumpukan pigmen (melanosom) di dalam sel, yang membuat kulit menjadi lebih gelap dapat dicegah.

2. Progress Pemakaian Cepat
Krim wajah yang mengandung Hidroquinon dapat menyamarkan flek hitam pada kulit wajah dalam kurun waktu yang relatif singkat yaitu sekitar 7 hari. Namun hal ini juga masih bergantung pada jenis kulit wajah masing-masing.

Kekurangan Hidroquinon yang dapat Anda ketahui :

1. Menyebabkan Kerusakan Kulit
Hidroquinon yang digunakan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan kulit yang disebut dengan ochronosis. Ochronosis akan menyebabkan terjadi bentukan warna gelap kebiruan, bentukan garis-garis seperti pisang dan bentukan bulat seperti telur ikan (caviar like) pada kulit wajah. Penggunaan Hidroquinon tidak boleh digunakan dalam jangka waktu lama untuk menghindari resiko terjadinya ochronosis. Selain itu, penggunaan awal Hidroquinon akan menyebabkan timbulnya kemerahan, bengkak, rasa gatal, perih atau terbakar terutama pada kulit wajah yang sensitif.

2. Photosensitive
Hidroquinon bersifat photosensitive yang artinya pada saat menggunakan Hidroquinon wajah Anda akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Hal inilah yang menjelaskan mengapa krim wajah dengan kandungan Hidroquinon tidak digunakan saat pagi hari karena dapat membuat wajah menjadi kemerahan atau terasa terbakar. Seperti yang dikutip dari Alodokter, saat Anda menggunakan krim wajah dengan kandungan Hidroquinon sebaiknya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.Untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, disarankan untuk Anda memakai baju yang agak tebal dan tabir surya yang mengandung sun protection factor (SPF) 30 atau lebih tinggi, sewaktu berada di luar ruangan.

Tretinoin
Tretinoin adalah asam retinoat yang merupakan bentuk aktif dari vitamin A (retinol). Tretinoin sendiri sering digunakan sebagai obat yang berfungsi mengatasi jerawat. Tretinoin termasuk dalam kelas obat yang disebut retinoid Tretinoin yang sering digunakan sebagai obat jerawat cukup populer di Indonesia dan sampai saat ini masih jadi pilihan utama dokter kulit untuk menangani masalah jerawat, bekas jerawat, sampai kerutan. Baca Juga: Bagus mana retinol dan retinoid.

Kelebihan tretinoin yang dapat Anda ketahui :

1. Mengurangi Penampakan Keriput Halus
Tretinoin memiliki kelebihan yaitu dapat mengurangi penampakan keriput halus pada kulit wajah. Tretinoin bekerja dengan cara merangsang regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen sehingga mempercepat pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat
Tretinoin sering dimasukkan sebagai kandungan dalam krim wajah karena dapat berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat. Tretinoin bekerja dengan cara membuka pori kulit wajah akibat sumbatan pada pori yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Kekurangan tretinoin yang dapat Anda ketahui :

1. Sensitif Terhadap Sinar Matahari
Tretinoin harus digunakan pada malam hari karena apabila digunakan pada siang hari dapat menyebabkan iritasi pada kulit apabila kontak dengan sinar matahari langsung. Efek sampingya dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah dan lebih sensitif terutama bila kontak dengan sinar matahari.

2. Menyebabkan Kulit Terkelupas
Salah satu kekurangan dari pemakaian produk yang mengandung tretinoin adalah dapat menyebabkan kulit terkelupas (purging). Penggunaan tretinoin yang berlebih dan kontinu dapat menyebabkan kulit terkelupas. Selain itu efek samping yang ditimbulkan yaitu kulit kering (dry out), kadang kemerahan atau bahkan penambahan jumlah komedo. Hal ini dikarenakan tretinoin bekerja dengan cara mempercepat regenerasi sel dan kulit mati sehingga komedo dan jerawat yang berada di bawah permukaan kulit lebih cepat naik.

Bagus Mana Hidroquinon atau Tretinoin?

Bagus ManaHidroquinonTretinoin
Manfaat- Menangani hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit wajah, mengatasi flek hitam bekas jerawat ataupun flek hitam bekas luka- Mengurangi penampakan keriput halus, menghilangkan bekas jerawat
Efek Samping- Ochronosis, timbulnya kemerahan, bengkak, rasa gatal, perih atau terbakar- Kulit kering dan terkelupas, penambahan jumlah komedo
Cara Kerja- Menghambat enzim tyrosinase- Merangsang regenerasi sel kulit sehingga mempercepat pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat

Kesimpulan
Dari penjelasan yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa kedua produk yang mengandung Hidroquinon dan tretinoinmemiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua kandungan memiliki fungsi dan manfaat masing-masing, namun perlu diingat penggunaan Hidroquinon dan tretinoin perlu diawasi oleh dokter karena penggunaan dosis yang salah dapat berakibat fatal pada kulit wajah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *