fbpx

Bagus mana Hand Cream vs Body Lotion

Kelembaban kulit tentu harus diperhatikan agar tidak kering dan lebih segar dilihat. Untuk itu saat ini sudah banyak lotion yang bisa digunakan untuk menutrisi kulit jadi lebih baik lagi, seperti halnya Hand Cream dan Body Lotion.

Hand Cream dan Body Lotion merupakan lotion yang banyak digunakan oleh kaum hawa agar kulit mereka lebih lembab dan melindungi dari beberapa efek buruk yang ada di sekitar. Namun tidak sedikit juga pria yang menggunakan lotion ini untuk kulit mereka.

Penasaran dengan detail dari Hand Cream dan Body Lotion? Untuk itu simak terus artikel kali ini agar bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih lotion kulit kamu sehari-hari. Stay tune guys!

Hand Cream vs Body Lotion

Hand Cream

Hand Cream atau biasa dikenal juga dengan sebutan krim tangan, yakni produk perawatan kulit bertekstur krim yang diformulasikan untuk melembutkan dan melembabkan kulit tangan.

Umumnya krim tangan banyak mengandung bahan-bahan yang kaya seperti shea butter, jojoba, atau aloe vera yang berguna untuk mengunci kelembaban kulit. Aplikasikan kembali sebanyak beberapa kali dalam sehari supaya tetap halus sebab kulit di area tangan mudah kehilangan kelembaban.

Hand cream biasanya memiliki tekstur yang sedikit lebih lembab dibanding body lotion, maka punya 1 buah hand cream yang kamu bawa ke mana-mana dapat jadi krim untuk berbagai keadaan darurat, misalnya untuk dioleskan pada tumit yang lecet tergesek sepatu atau untuk melembabkan kaki/bagian kulit tubuh lain yang kering/mengelupas.

Sebab teksturnya yang cukup pekat, hand cream umumnya juga dilengkapi wewangian atau parfum memiliki daya kuat yang cukup baik. Sehabis mencuci tangan dan mengoleskan hand cream beraroma, banyak penggunanya merasa refreshed, kembali segar dengan keharuman lembut yang tidak begitu tajam dari hand cream. Baca juga: Merk Body Lotion Terbaik

Kelebihan Hand Cream

  • Melembabkan area kulit tangan
    Manfaat hand cream yang utama yaitu melembabkan zona kulit tangan kamu, sebab area kulit tangan cenderung lebih tipis bila dibanding dengan kulit pada area yang lain. Terlebih, kulit tangan kamu mempunyai saluran minyak yang lebih kecil yang menyebabkan kulit tangan lebih gampang kering.
  • Melindungi kulit tangan dari sinar UV
    Manfaat hand cream yang kedua yaitu bisa melindungi kulit tangan kamu dari paparan sinar ultraviolet. Paparan sinar UV secara terus menerus tentu akan membahayakan kesehatan kulit tangan kamu. Jika kulit tangan kamu terpapar sinar UV secara terus menerus, kulit tangan kamu berpotensi jadi gelap, mengalami sunburn, ataupun penuaan dini sampai kanker kulit.
  • Regenerasi sel-sel kulit
    Salah satu manfaat menggunakan hand cream yaitu bisa memperbarui sel-sel kulit tangan. Kandungan vitamin C dan beberapa kandungan lain yang terdapat pada hand cream dapat membantu meregenerasi sel- sel kulit mati yang terdapat di tangan kamu. Selain kulit jadi sehat, kandungan vitamin C juga akan mencerahkan area pada kulit tangan kamu.

Kekurangan Hand Cream

  • Harga mahal
    Beberapa merk terkenal yang merilis hand cream nyatanya membanderol harga yang cukup tinggi ketimbang body lotion. Namun hal ini tentunya sesuai dengan manfaat dari hand cream yang diterima oleh para pemakainya.
  • Tidak multifungsi
    Hand cream nyatanya cuma bisa digunakan di tangan saja, berbeda dengan body lotion yang bisa digunakan diseluruh badan. Tentu ini menjadi kekurangan tersendiri untuk hand cream.
  • Ukuran kecil
    Dibandingkan dengan body lotion, sebagian besar hand cream memiliki ukuran yang kecil. Hal ini juga tentu membuat hand cream jadi lebih cepat habis karena isinya yang hanya sedikit.

Rekomendasi Hand Cream

1. Innisfree Jeju Perfumed Hand Cream
Dengan tekstur yang lembut seperti butter, tanganmu tidak akan kering lagi dan akan terlindungi dari keriput. Banyak varian wangi yang dapat kamu pilih dan harganya juga cukup terjangkau.

Hand Cream vs Body Lotion

2. The Body Shop Almond Milk & Honey Hand and Nail Cream
Hand cream ini mengandung minyak almond serta panthenol yang juga bisa menghaluskan tangan serta juga kuku. Tidak heran jika hand cream dari The Body Shop ini jadi rekomendasi hand cream terbaik banyak orang.

3. Etude House Missing U Hand Cream
Banyak yang membeli hand cream keluaran Etude ini sebab kemasannya yang menarik. Namun, tidak cuma kemasannya, hand cream ini pula terbukti ampuh untuk melembabkan, menutrisi, melembutkan, serta menyembuhkan kulit tangan yang kering. Kamu akan menemukan kandungan shea butter serta minyak zaitun dalam Etude House Missing U Hand Cream ini.

Body Lotion

Body lotion merupakan yang paling cair dari lainnya. Karena tingkat cairnya lebih tinggi, maka body lotion paling cepat diserap kulit. Body lotion juga tidak terlalu berminyak sehingga cocok untuk dipakai di seluruh bagian tubuh.

Untuk kamu yang mempunyai kulit kering dan normal, amat cocok memakai pelembab jenis ini. Gunakan body lotion setidaknya 2 kali satu hari, yakni pagi hari setelah mandi dan malam hari menjelang tidur.

Body lotion bisa untuk mencegah dehidrasi. Untuk beberapa orang yang kerap menghabiskan waktu di ruangan ber AC mempunyai resiko lebih tinggi untuk kehilangan kelembaban pada kulitnya.

Untuk tetap menjaga kadar air dalam kulit, dianjurkan untuk memakai body lotion sehabis mandi. Hal tersebut disebabkan sesaat setelah mandi, pori-pori kulit dalam keadaan terbuka. Dengan begitu kadar air dari body lotion bisa terkunci di dalam tubuh.

Selain itu, body lotion juga berfungsi sebagai proteksi dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA dan UVB yang berinteraksi langsung dengan kulit tubuh begitu keluar dari ruangan akan membawa akibat buruk untuk kulit.

Hand Cream vs Body Lotion

Body Lotion yang mengandung SPF15 atau lebih akan menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari serta membantu menyelamatkan tubuh dari bahaya kanker kulit. Sesuaikan kandungan SPF dengan jenis aktivitas yang kamu lakukan.

Kelebihan Body Lotion

  • Meratakan warna kulit
    Warna kulit yang tidak rata merupakan hal yang tidak di idamkan untuk setiap wanita. Sebagian orang sering- kali cuma memakai body lotion di bagian yang sering terpapar sinar matahari dan bagian lain yang terlindungi pakaian terlupakan. Supaya rona kulit tetap merata, dianjurkan untuk memakai body lotion yang mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid)
  • Proteksi untuk kulit
    Tipe kulit seperti apakah yang kamu miliki? Bila kulit yang kamu punya yaitu mudah kering, maka amat dianjurkan untuk memakai body lotion. Kulit yang kering mudah mengalami iritasi, dengan menggunakan body lotion secara rutin itu sama dengan memasok kadar air untuk kulit dan tetap menjaganya dalam kondisi yang lembab
  • Mencerahkan kulit
    Kulit putih jadi obsesi untuk wanita Asia, namun iklim tropis menyebabkan kulit wanita Asia jadi kerap terpapar sinar matahari. Untuk mencegah akibat buruk sinar matahari yang menyebabkan pigmentasi pada kulit, maka disarankan untuk memakai body lotion yang mengandung vitamin B3 untuk memperlambat proses pigmentasi sehingga kulit menjadi cerah.

Kekurangan Body Lotion

  • Terdapat kandungan berbahaya
    Kamu mungkin menggemari body lotion kamu mempunyai wangi tertentu, seperti misalnya stroberi atau vanila. Sayangnya, tidak mungkin wangi itu bersifat alami. Ketika kamu melihat label “fragrance” atau “parfum” itu artinya ada kombinasi beracun. Pewangi buatan yang kerap dipakai dalam body lotion juga mengeluarkan zat VOC yang berbahaya, sebab dapat mencemari udara di dalam ruangan, dan dapat menimbulkan asma dan alergi.
  • Kurang efektif untuk perlindungan kulit bagian dalam
    kekurangan selanjutnya dari body lotion yaitu kurang efektif bila dipakai untuk perawatan kulit bagian dalam. Body lotion mempunyai tekstur yang lebih kental sehingga lebih sulit buat menyerap dan menutrisi kulit pada bagian yang lebih dalam. Dengan begitu, body lotion lebih efektif untuk melindungi kulit pada bagian luar saja.
  • Terasa lebih lengket
    Karena mempunyai tekstur yang lebih kental serta pekat, pemakaian body lotion akan terasa lebih lengket. Lotion ini tidak cuma bisa lengket pada kulit dan membuat kulit jadi tidak nyaman. Namun juga bisa membuat lotion tersebut lengket serta menempel pada pakaian yang digunakan.

Rekomendasi Body Lotion

1. Mustika Ratu Hand & Body Lotion Zaitun
Produk lokal dari merek ternama ini cocok dipakai oleh kamu yang mempunyai kulit kering sampai sangat kering sekalipun karena kandungan ekstrak zaitunnya sanggup memberikan kelembaban lebih untuk kulit.

2. Wardah Body Lotion Sparks
Dengan paduan aroma buah apel, citrus, melon, dan berry-nya, body lotion dari Wardah ini sanggup membuat kulit kamu jadi halus serta lebih fresh setiap kali dipakai. Produk ini cocok untuk kamu yang mempunyai segudang aktivitas sebab aroma fruity-nya akan membuat kamu segar kembali.

3. Citra Whitening Gel
Body lotion merakyat dengan harga terjangkau ini mempunyai tekstur gel yang amat ringan serta lebih gampang menyerap di kulit. Begitu digunakan pada kulit, sejuk serta segarnya langsung terasa, disusul dengan aroma lembut beraksen aqua yang membuat rileks.

 Hand CreamBody Lotion
TeksturBertekstur creamBertekstus cair
PemakaianBeberapa kali dalam sehariSetidaknya 2 kali satu hari, yakni pagi hari setelah mandi dan malam hari menjelang tidur
Rata-rata harga per Desember 2019Rp 50.000,- keatasRp 20.000,- keatas

Bagus mana Hand Cream vs Body Lotion

 Hand CreamBody Lotion
Kelebihan- Melembabkan area kulit tangan
- Melindungi kulit tangan dari sinar UV
- Regenerasi sel-sel kulit
- Meratakan warna kulit
- Proteksi untuk kulit
- Mencerahkan kulit
Keterangan- Harga mahal
- Tidak multifungsi
- Ukuran kecil
- Terdapat kandungan berbahaya
- Kurang efektif untuk perlindungan kulit bagian dalam
- Terasa lebih lengket

Kesimpulan

Hand Cream dan Body Lotion tentunya merupakan lotion yang bermanfaat baik untuk kulit penggunanya. Kamu juga bisa dapatkan kedua lotion ini di toko-toko terdekat dan toko online pun saat ini sudah banyak yang menjualnya. Tentukan lotion kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *