Bagus mana Hair Dryer atau Catokan?

Hair dryer dan catokan sering menjadi kebutuhan primer para wanita dalam hal menata rambutnya. Kedua alat ini dapat menjadi solusi cepat untuk membuat rambut lebih rapi, halus dan mempermudah para wanita untuk mengatur penataan rambut yang diinginkan.

Namun, Apakah kalian tahu perbandingan antara Hair dryer dan catokan? Dalam postingan kali ini kami akan membandingkan kedua alat tersebut, agar kalian tidak salah memilih alat yang kalian butuhkan.

Hair Dryer atau Catokan

Hair dryer

Hair dryer atau pengering rambut merupakan alat wajib yang hampir setiap rumah tangga membutuhkan untuk menata rambut, terutama perempuan. Sebelumnya, laki-laki dan perempuan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Baca juga: Bagus mana Conditioner atau Masker Rambut?

Pengering rambut pertama dipatenkan oleh Gabriel Kanzajian di Amerika pada 1911. Pengering rambut portabel mampu dijual ke publik sekira 1915 dengan berat rata-rata dua kilogram dan sedikit sulit dioperasikan.

Cara yang Tepat Menggunakan Hair Dryer
1. Rambut dengan kondisi setengah kering
Cara yang salah menggunakan hairdryer yang sering dilakukan yaitu menggunakannya ketika kondisi rambut masih menetes. Sebelum kamu menggunakan hairdryer setelah selesai keramas, perhatikan kelembaban pada rambut. Usahakanlah mengeringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu, selanjutnya gunakan alat tersebut saat rambut sudah dalam keadaan lembap atau setengah kering.

Apabila mengeringkan rambut dengan hairdryer saat rambut masih super basah malah membuat rambut menjadi kering dan rapuh.

2. Atur suhu panas pada hair dryer
Hairdryer adalah alat pengering rambut, akan lebih baik jika kalian memakainya secara benar. Untuk mengeringkan rambut dengan alat tersebut, sebaiknya kamu memakai suhu yang tingkat terendah dan tidak menggunakan suhu terlalu panas.

Sebab udara yang terlalu panas dapat menyebabkan rambut jadi mudah rontok. Agar rambut dapat kering dengan cepat tanpa merusaknya, pemakaian yang ideal untuk sebuah hairdryer adalah 1000-1200 watt atau sekitar 50-60℃. Dengan menerapkan suhu dan volume udara yang pas, proses pengeringan rambut dapat terhindar dari kerusakan.

3. Jaga jarak antara rambut dan hair dryer
Agar tidak merusak rambut, sebaiknya gunakan hairdryer dengan jarak yang tidak terlalu dekat dari rambut maupun mengeringkan rambut di bagian kulit kepala. Hal tersebut akan mencegah hilangnya kelembaban dari rambut.

Mulailah mengeringkan rambut dengan cara mendekatkan ujung hairdryer ke rambut dengan jarak minimal 15-20 cm. Cara ini diklaim dapat menata rambut jadi tetap indah. Sebab jika kalian melakukannya dengan jarak yang terlalu dekat, maka akan membuat rambut cepat rusak seperti mudah patah, bercabang dan kering.

4. Menggerakkan hair dryer
Pengeringan rambut menggunakan hairdryer harus dilakukan dengan teknik yang benar. Selain bertujuan agar rambut tetap lembab, selaain itu juga tetap akan menambahkan keindahannya. Ketika menggunakan alat pengering rambut, jangan dilakukan hanya pada satu bagian saja.

Hair Dryer atau Catokan

Karena panas yang hanya mengenai satu area bisa membuat rambut mudah rontok dan menjadi kering.

Kalian dapat menggunakan dua teknik mengeringkan rambut yang berbeda, yaitu mengarahkan alat tersebit ke arah yang berlawanan dengan jatuhnya rambut. Kemudian gerakkan hairdryer ke semua bagian rambut hingga benar-benar kering.

5. Gunakan hair serum
Penggunaan hairdryer tidak sekedar membuat rambut cepat kering. Tapi juga harus memerhatikan kesehatan dan keindahan rambutmu. Sebagaimana udara yang dihasilkan hairdryer yang bersifat panas, jadi ada baiknya kalian dapat mengaplikasikan hair serum sebagai pelindung rambut.

Kalian dapat menyemprotkan hairserum atau conditioner setelah keramas atau sebelum memakai alat pengering rambut. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam serum mampu menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

Rekomendasi Hair DryerHarga Per November 2019
Wigo Mini Hair Dryer Rp. 93.000


Dyson Supersonic Hair Dryer Rp. 6,400.000

Tuft Hair Dryer 8602 Rp.`350.000
Philips Essential Care Dryer HP8126 Rp. 200.000

Kelebihan Hair dryer

  • Kering lebih cepat
    Hair dryer ini memiliki tekanan angin 70% lebih kuat dibandingkan dengan pengering rambut lainnya. Sehingga rambut kamu akan kering lebih cepat dengan menggunakan alat ini.
  • Dapat digunakan untuk menata rambut
    Kelebihan lainnya yang ada pada hair dryer ini yaitu selian untuk mengeringkan rambut, hair dryer ini bisa membuat rambut lebih bergelombang dan alat ini sering digunakan untuk kebutuhan menata rambut.
  • Panas yang tidak langsung mengenai rambut
    Kelebihan yang terakhir yang ada pada hair dryer ini dibandingkan dengan catokan yang alatnya mengenai rambut langsung, berbeda dengan hair dryer yang panasnya tidak langsung yang membuat rambut tidak cepat rusak.

Kekurangan Hair dryer

  • Daya listrik besar
    Daya listrik yang dibutuhkan pengering rambut ini cukup besar. Yaitu sekitar 2200 watt. Memang cukup besar, tapi dengan segala kecanggihannya, hair dryer ini wajib kalian miliki.
  • Suara yang berisik
    Kekurangan yang lainnya yang ada pada produk hair dryer ini yaitu kebanyakaan produk ini mengeluarkan suara yang berisik, Sehingga sedikit mengganggu.

Catokan

Catok rambut biasa dilakukan wanita untuk meluruskan rambut atau merapikan rambut. Bagi sebagian wanita, cantok rambut sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dilakukan setiap hari. Meluruskan rambut dengan catokan setiap hari biasanya dipilih oleh mereka yang tidak ingin meluruskan rambut dengan jalan smoothing atau rebonding rambut.

Sesuaikan suhu catok dengan ketebalan rambut. Jika rambutmu termasuk tipis dan rapuh, sebaiknya pilih suhu medium saja.

Cara Menggunakan Catokan Dengan Benar

1. Atur Suhu Ideal Catokan
Langkah pertama untuk menghindari bahaya catokan adalah mengatur suhu catokan tidak terlalu tinggi. Suhu catokan umumnya dapat diatur pada skala 180 hingga 230 derajat. Suhu ideal yang tidak akan merusak rambut adalah pada titik 180 derajat.

Selain pengaturam suhu, energi yang Anda keluarkan ketika mencatok rambut juga berpengaruh pada hasil catokan yang lebih maksimal.

Hair Dryer atau Catokan

2. Gunakan Hair Protection
Menggunakan produk hair protection. Kandungan minyak alami dan silicon dalam hair protection akan diserap oleh rambut dan menjaga kelembaban rambut. Hair protection juga bisa membantu Anda mendapatkan hasil catok rambut yang bagus dan lebih halus serta bersinar. Kalian dapat mendapatkan berbagai produk hair protection di banyak e-commerce seperti di Shopee, Jadi tidak ada alasam jika kalian tidak menggunakannya ya, karena produk ini sangat penting.

Pilihlah hair protection dengan kandungan alami untuk menghindari terlalu banyak bahan kimia yang terserap di rambut Anda.

3. Lakukan Perawatan Rambut Secara Rutin
Bahaya catok rambut juga bisa kalian hindari dengan melakukan perawatan rambut secara rutin.Perawatan rambut yang dimaksud adalah seperti rutin menggunakan sampo dan conditioner sesuai dengan kebutuhan rambut kalian. Selain itu jangan lupa juga untuk menggunakan vitamin dan masker rambut secara rutin.

Jika rambut tidak dirawat secara rutin, tentunya akan sulit untuk Anda mendapatkan hasil penataan rambut yang bagus.

4. Jangan Catok Rambut dalam Keadaan Basah
Beberapa pelurus rambut memiliki klaim dapat meluruskan sekaligus mengeringkan rambut. Namun sebaiknya Anda menghindari hal yang satu ini. Sebelum catok rambut, pastikan rambut Anda dalam keadaan kering.

Catok rambut dalam keadaan basah akan membuat proses catok rambut lebih lama sehingga rambut juga lebih lama terkena suhu tinggi yang akan membuat rambut cepat rusak.
Rekomendasi CatokanHarga Per November 2019
BaByliss iProRp. 135.000

Panasonic Straight & Curl Straightener EH-HV10Rp. 290.000
Revlon Perfect Heat PerfectRp. 550.000
Elona Eclairre Rp. 780.000

Kelebihan Catokan

  • Ukuran ramping dan cukup ringan
    Ukuran catokan ini tidak terlalu besar dan cukup ringan, sehingga mudah dibawa untuk traveling karena tidak memakan tempat yang banyak. Jadi, kamu bisa membawa catokan ini dengan mudah kemana saja.
  • Multifungsi
    Pasti kamu suka merubah-rubah model rambut setiap harinya. Hal ini mungkin  terjadi karena menyesuaikan dengan acara yang akan di hadiri Catokan ini bukan hanya untuk meluruskan rambut saja, namun karena bentuknya yang ramping bisa digunakan untuk mengeritingkan rambut.
  • Meluruskan dengan cepat
    Catokan rambut ini hanya membutuhkan waktu selama 60 detik untuk meluruskan atau mengeritingkan rambut kamu, karena suhu panas yang dihasilkan bisa mencapai 210 derajat Celsius. Sehingga proses pelurusan rambut bisa lebih cepat.

Kekurangan Catokan

  • Bisa membuat rambut menjadi rusak
    Kekurangan menggunakan catok rambut setiap hari yang pertama yaitu dapat menimbulkan kerusakan pada rambut. Rambut yang terbakar suhu tinggi dari catokan akan kehilangan kelembabannya dan menjadi kering. Rambut yang terlalu kering akan memberikan efek rambut yang kasar dan juga menimbulkan rambut bercabang. Rambut juga jadi kehilangan kilaunya dan terlihat kusam.
  • Dapat membuat rambut rontok 
    Bahaya catok rambut selanjutnya adalah rambut akan mudah rontok atau patah. Sebelum mencatok rambut, kalian mungkin akan menggunakan berbagai produk dengan tujuan untuk mendapatkan hasil catokan yang lebih rapi dan halus.

Bagus mana Hair Dryer atau Catokan?

 Hair DryerCatokan
Kelebihan - Kering lebih cepat
- Dapat digunakan untuk menata rambut
- Panas yang tidak langsung mengenai rambut


- Ukuran ramping dan cukup ringan
- Multifungsi
- Meluruskan dengan cepat

Kekurangan- Daya listrik besar
- Suara yang berisik

- Bisa membuat rambut menjadi rusak
- Dapat membuat rambut rontok 


Kesimpulan

Dari artikel diatas yang sudah kita bahas mengenai Hair Dryer dan Catokan dapat kita simpulkan bahwa kedua produk tersebut dapat digunakan untuk mengeringkan rambut dan bisa digunakan untuk menata rambut. Bedanya, Hair dryer digunakan bagi kalian yang ingin hasil rambut yang lebuh bergelombang, Sedangkan untuk catokan lebih dikhususkan bagi kalian yang ingin hasil yang lebih lurus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *