Bagus mana Facial Foam atau Facial Scrub?

Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, mencuci muka jadi rutinitas yang wajib untuk dilakukan setiap hari.Tidak hanya dapat membersihkan wajah dari segala kotoran, mencuci wajah juga dapat membuat wajah terasa lebih segar. Berbagai macam produk untuk mencuci wajah seperti Facial Foam atau Facial Scrub.

Pastinya produk Facial Foam dan Facial Scrub sudah tidak asing lagi bagi para perempuan bukan? Keduanya produk tersebut sama-sama berfungsi untuk membersihkan wajah. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup sepsifik lho. Yuk kita cari tahu lebih jelas perbedaan kedua produk kecantikan ini.

Facial Foam atau Facial Scrub

Facial Foam

Facial foam merupakan sejenis krim lembut dan berbusa. Facial foam bisa digunakan setiap hari karena memiliki fungsi utama sebagai sabun pembersih segala kotoran atau sisa make up yang menempel di wajah (namun tidak bersih sepenuhnya). Bagi Anda yang menggunakan make up tebal, pembersihan bisa dibantu dengan make up remover atau menggunakan cleanser. Baca juga Bagus mana Cetaphil Cleanser atau Senka Cleanser?

Pada beberapa produk, facial foam memiliki fungsi tambahan yaitu mengontrol minyak berlebih dan mencerahkan kulit. Selain itu, busa dari facial foam juga efektif dalam mengangkat minyak berlebih pada wajah. Beberapa pakar menyarankan penggunaan facial foam cocok bagi Anda dengan kondisi kulit berminyak berlebih dan acne prone.

Facial foam dapat menyerap kelebihan minyak serta sebum secara menyeluruh. Tidak hanya itu, facial foam ternyata juga ampuh dalam menarik keluar kotoran atau pun sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori kulit.

Kelebihan Facial Foam

  • Memiliki tekstur busa yang lembut
    Kelebihan facial foam pertama yaitu memiliki tekstur krim lembut dan berbusa (foam). Foam ini dapat berfungsi untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dari sisa kotoran, debu, hingga sisa makeup. Sehingga dapat membuat wajah kembali bersih setelah beraktivitas seharian.
  • Facial foam cocok digunakan setiap hari
    Facial foam ini sangat nyaman digunakan sebagai produk sabun muka setiap hari. Produk gentle skin cleanser ini adalah sabun pembersih sisa makeup dan kotoran yang terasa ringan dikulit wajah karena teksturnya yang lembut.
  • Dapat mencerahkan wajah
    Selain berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran secara menyeluruh di wajah, Facial foam juga memiliki fungsi tambahan, yakni mampu membuat wajah lebih glowing. Jika menggunakan rutin facial foam dapat membantu wajahmu jadi tampak lebih bersinar.

Kekurangan Facial Foam

  • Tidak dapat mengangkat sel kulit mati
    Kekurangan yang ada pada facial foam ini yaitu jika dibandingkan dengan facial scrub, produk ini tidak dapat mengangkat sel kulit mati. Oleh sebab itu, jika kalian ingin fokus untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, produk ini kurang cocok untuk Anda.
  • Kurang cocok untuk kulit yang berminyak
    Kekurangan yang lain pada facial foam ini yaitu tidak cocok untuk kulit berminyak, Karena sebagian besar produk facial foam tidak bisa mengangkat minyak berlebih pada kulit wajah. Sehingga masih meninggalkan sedikit kesan berminyak setelah digunakan.
Rekomendasi Facial FoamHarga Per November 2019
Cetaphil Gentle Skin CleanserRp 161.000
Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Face WashRp 335.000
The Body Shop Aloe Foaming Facial WashRp 169.000
Senka Perfect WhipRp 55.900
Garnier Light Complete White Speed Super FoamRp 22.000

Facial Foam atau Facial Scrub

Facial Scrub

Facial scrub ini sebenarnya juga tergolong ke dalam facial wash, hanya saja kandungan di dalamnya yang berbeda. Kalau facial wash hanya sekedar sabun, facial scrub memiliki butiran-butiran yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan lebih mengoptimalkan proses pembersihan wajah.

Facial scrub ini biasanya ditujukan untuk pemilik kulit yang berminyak. Sedangkan Anda yang memiliki kulit sensitif sangat tidak disarankan untuk memakai facial scrub karena dikhawatirkan akan mengalami iritasi. Berbagai produk facial scrub dapat kalian beli secara online seperti di Shopee.

Selain itu, ada juga beberapa produk kecantikan berupa scrub yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah namun tidak mengeluarkan busa seperti layaknya sabun. Cara penggunaan produk semacam ini adalah dengan dioleskan secara merata pada wajah kemudian digosok hingga mengelupas.

Butiran scrub yang ada di dalam produk berfungsi untuk membantu mengangkat kotoran membandel.

Kelebihan Facial Scrub

  • Dapat mengangkat sel kulit mati
    Penggunaan facial scrub wajah akan membantu proses eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. kenapa perlu melakukan eksfoliasi? Tentu karena sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah terlihat kusam. Tidak perlu melakukan scrubbing terlalu kuat karena dapat menyebabkan iritasi. Cukup lakukan secara lembut dengan cara memutar agar sel kulit yang mati terkikis sempurna.
  • Dapat menghilangkan komedo
    Debu, polusi, atau bahkan makeup yang menempel setiap hari pada wajah sangat mungkin menjadi pemicu munculnya komedo pada wajah. Produk facial scrub memiliki butiran-butiran halus yang tak hanya berfungsi untuk mengkikis kulit mati, Tetapi juga mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah sehingga komedo hilang teratasi.
  • Mampu mencerahkan kulit
    Sel kulit mati dan komedo yang terangkat setelah menggunakan facial scrub akan membuat wajah nampak lebih cerah dan segar. Salah satu produk face scrub dari Martha Tilaar yaitu Solusi Organic Renewage Face Scrub mengandung scrubbing agent yang tidak hanya mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada wajah, namun juga menstumulasi sirkulasi darah yang membuat kulit nampak lebih lembut, bersih, dan segar.

Kekurangan Facial Scrub

  • Dapat membuat kulit wajah tergores
    Kkekurangan pertama yang ada pada facial scrub ini yaitu butiran yang ada di dalam produk dapat membuat kulit wajah menjadi tergores jika terlalu kencang mencuci wajah. Oleh karenanya, penggungaan facial scrub ini dibutuhkan kelembutan dan perlu hati-hati.
  • Dapat membuat kulit wajah menjadi tipis
    Selain dapat membuat kulit wajah tergores, Menggunakan facial scrub setiap hari dapat membuat kulit menjadi tipis dan merusak kulit. Oleh sebab itu di anjurkan untuk penggunaan minimal 2 hari sekali atau satu minggu 2 kali ya guys!

Facial Foam atau Facial Scrub

Rekomendasi Facial ScrubHarga Per November 2019
Himalaya Purifying Neem Scrub
Rp 33.100
Emina Apricot Jam Face ScrubRp 19.000
The Face Shop Smart Peeling Honey Black Sugar Scrub
Rp 139.000
The Body Shop Seaweed Pore Cleansing ExfoliatorRp 200.000
Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla ScrubRp 100.000

Tips membersihkan wajah

1. Bersihkan makeup
Tidak semua sabun cuci muka dapat mengangkat makeup. yang pertama, Pastikan untuk membersihkan makeup dahulu sebelum mencuci muka.

2. Cuci tangan
Selanjutnya, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Meskipun akan terkena air dan sabun saat mencuci muka, namun kotoran yang menempel di tangan pun juga akan tercampur dengan sabun yang diusapkan ke wajah.

3. Gunakan air hangat
Usahakan untuk menggunakan air hangat, karena air dingin tidak bisa membuka pori-pori. Jika pori-pori masih tertutup, maka sabun tidak bisa membersihkan hingga ke bagian dalam.

Hindari penggunaan air terlalu panas agar tidak merusak kulit. Gunakan air hangat kuku yang bisa juga digunakan untuk merileksasikan kulit wajah.

4. Sabun muka sesuai jenis kulit
Sebelum membeli sabun cuci muka, pastikan untuk membaca seluruh tulisan yang tertera di kemasannya, Untuk mengetahui seluruh manfaat, sehingga dapat mengetahui apakah sabun tersebut sesuai dengan kondisi kulit. Selain itu, kalian juga akan terhindar dari salah membeli sabun yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Usapkan sabun ke seluruh wajah dan hindari daerah sekitar mata, selama setidaknya 30 detik. Gunakan gerakan memutar dengan ujung jari agar tidak melukai kulit. Jangan biarkan sabun cuci muka terlalu lama di wajah agar tidak mengurangi kemanjurannya dan membuat kulit menjadi kering.

5. Bilas dan keringkan dengan handuk bersih
Pastikan sabun dibilas hingga bersih dengan air dingin, agar pori-pori tertutup kembali. Selanjutnya, Keringkan wajah yang basah dengan handuk bersih. Hindari menggunakan handuk berkali-kali karena kotoran dan bakteri dapat tertumpuk di handuk yang sudah dipakai.

Bagus mana Facial Foam atau Facial Scrub?

 Facial FoamFacial Scrub
Kelebihan - Memiliki tekstur busa yang lembut.
- Facial foam cocok digunakan setiap hari.
- Dapat mencerahkan wajah.

- Dapat mengangkat sel kulit mati.
- Dapat menghilangkan komedo.
- Mampu mencerahkan kulit.


Kekurangan- Tidak dapat mengangkat sel kulit mati.
- Kurang cocok untuk kulit yang berminyak.

- Dapat membuat kulit wajah tergores.
- Dapat membuat kulit wajah menjadi tipis.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua produk cuci muka antara Facial Foam dan Facial Scrub mememiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebeb itu kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kalian, Jika kalian cenderung memiliki kulit berminyak dan ingin fokus untuk mengangkat sel kulit mati, kalian dapat memilih produk facial scrub. Namun jika kalian memiliki kulit normal dan fokus untuk membersihkan wajah dari kegiatan sehari-hari facial foam lah yang dapat menjadi pilihan yang tepat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *