fbpx

Bagus mana Eyeliner Spidol atau Pensil?

 

Mata merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk dirias terutama untuk kamu yang memiliki mata yang terlihat sayu. Eyeliner merupakan salah satu beauty tools yang dapat membantu kamu untuk memiliki riasan mata yang bagus.

Ada banyak jenis eyeliner yang bisa kamu gunakan, seperti eyeliner cair, pensil atau eyeliner spidol. Setiap jenis eyeliner memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kali ini kami akan membahas tentang eyeliner spidol dan eyeliner pensil yang diklaim cocok untuk pemula karena lebih mudah digunakan, yuk disimak!

Bagus mana Eyeliner Spidol atau Pensil?

Eyeliner Spidol

Eyeliner spidol juga sering disebut sebagai pen eyeliner, hal ini tentu dikarenakan bentuknya yang menyerupai pena atau sipdol. Eyeliner jenis ini merupakan eyeliner jenis baru namun tidak kalah banyak peminatnya dibandingkan dengan eyeliner jenis lain.

Eyeliner yang satu ini dianggap praktis karena kamu tidak akan merasakan adanya cairan yang tumpah-tumpah seperti saat kamu menggunakan liquid eyeliner atau eyeliner cair, kamu juga tidak perlu menekannya dengan keras agar warnanya keluar seperti eyeliner pensil. Bagus mana Eyeliner Pensil atau Cair?

Kelebihan Eyeliner Spidol

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh eyeliner dengan bentuk seperti spidol:

  • Langsung meresap ke kulit 
    Hal pertama yang menjadi kelebihan dari eyeliner ini adalah penggunaannya praktis, kamu tidak perlu menunggu kering seperti saat menggunakan eyeliner cair karena eyeliner ini memiliki formula yang akan langsung meresap ke kulitmu.
  • Dilengkapi dengan aplikator yang berupa brush lembut bervolume 
    Ujung dari eyeliner yang berbentuk seperti spidol ini jauh lebih lembut dibandingkan dengan ujung brush dari eyeliner cair. Hal ini akan membuatmu menjadi lebih mudah mengatur ketebalan dari eyeliner yang akan kamu gambar untuk mempercantik matamu.
  • Mudah digunakan 
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelum-sebelumnya, eyeliner spidol ini sangat mudah digunakan bahkan untuk kamu yang masih baru belajar merias mata. Eyeliner spidol akan menghasilkan tampilan yang mirip seperti menggunakan eyeliner cair namun tidak akan membuatmu ribet dengan eyeliner yang tumpah seperti eyeliner cair. Selain itu kamu tidak perlu menekan dengan keras seperti saat menggunakan eyeliner pensil.

Bagus mana Eyeliner Spidol atau Pensil?

Kekurangan Eyeliner Spidol

Meskipun memiliki banyak kelebihan, eyeliner yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak tahan lama 
    Eyeliner spidol memang memiliki ketahanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan eyeliner pensil, namun, eyeliner yang satu ini jauh lebih tidak tahan lama jika dibandingkan dengan ketahanan yang dimiliki oleh eyeliner yang berbentuk cair. Jadi, sesuaikan pilihanmu, ya!
  • Harus diaplikasikan berulang 
    Meskipun mirip dengan eyeliner yang memiliki bentuk cair, eyeliner yang satu ini memiliki perbedaan ketebalan dengan eyeliner cair, eyeliner jenis ini sedikit lebih tipis sehingga kamu harus mengaplikasikannya secara berulang jika ingin mendapatkan hasil riasan mata yang tebal.
  • Masa simpan yang hanya sebentar 
    Eyeliner spidol memiliki tekstur yang mudah kering seperti eyeliner cair sehingga kamu tidak bisa menyimpannya terlalu lama karena tentunya eyeliner ini akan mengering sehingga tidak bisa lagi kamu gunakan. Singkatnya, eyeliner ini tidak jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan eyeliner pensil.

Rekomendasi Eyeliner Spidol

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa eyeliner spidol yang bisa kamu gunakan:

1. Fanbo Eye Pen Liner

Kualitas eyeliner dari Fanbo Eye Pen Liner ini tidak perlu kamu ragukan lagi, eyeliner ini memiliki warna yang pekat–cocok untuk kamu yang ingin merias mata dengan tampilan lebih tegas, selain itu eyeliner yang satu ini punya daya tahan yang cukup baik. Kamu bisa membeli eyeliner ini dengan kisaran harga Rp. 40.000-,

2. Purbasari Eyeliner Pen

Eyeliner spidol dari Purbasari ini cukup bagus untuk dipakai pemula. Warnanya sendiri bakal lebih pekat kalau memberikan tekanan saat mengaplikasikannya. Sayangnya, produk ini kurang waterproof. Produk yang satu ini dapat kamu beli mulai dari harga Rp 55.000-,

3. Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner

Eyeliner dari wardah ini memiliki warna yang pigmented dan cukup tahan lama. Kemasannya ringan dan mudah dibawa-bawa, cocok untuk kamu yang senang! Selain itu, kualitas waterproof dan smudgeproof-nya juga patut diacungi jempol. Produk ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 70.000-,

Rekomendasi Eyeliner PensilRekomendasi Eyeliner Spidol
Maybelline Eye Studio Crayon LinerFanbo Eye Pen Liner
YX Slim Eye PencilPurbasari Eyeliner Pen
Pixy Line and ShadowWardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner

Eyeliner Pensil

Eyeliner pensil merupakan eyeliner yang jelas memiliki bentuk pensil. Eyeliner yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin tampil natural dan sederhana, selain itu eyeliner yang satu ini juga sangat cocok untuk bagi kamu yang baru saja belajar merias mata.

Kelebihan Eyeliner Pensil

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh eyeliner dengan bentuk pensil:

  • Hasilnya sangat natural ketika digunakan untuk riasan kelopak mata atas maupun bawah 
    Eyeliner yang berbentuk seperti pensil ini memiliki hasil yang paling natural di antara jenis eyeliner lainnya. Eyeliner ini memiliki formula yang ringan sehingga hasil yang didapatkan saat digunakan sangat natural untuk bagian riasan mata.
  • Lebih mudah untuk diaplikasikan 
    Seperti yang sudah dijelaskan, baik eyeliner spidol maupun eyeliner pensil ini merupakan eyeliner yang sangat mudah diaplikasikan mengingat bentuknya yang sangat mudah digengam, sangat mudah mengering, oleh karena itu juga eyeliner jenis pensil sangat cocok untuk kamu yang baru belajar merias alis.
  • Lebih awet untuk disimpan lama karena eyeliner jenis ini tidak akan mengering
    Eyeliner yang satu ini merupakan eyeliner yang mungkin paling hemat di antara jenis eyeliner yang lain. Eyeliner yang satu ini tidak mudah mengering atau rusak, sehingga eyeliner ini memiliki masa simpan yang lebih lama dan dapat membantu kamu yang ingin berhemat.

Bagus mana Eyeliner Spidol atau Pensil?

Kekurangan Eyeliner Pensil

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari eyeliner pensil:

  • Hasilnya yang cenderung tipis dan kurang tebal atau kurang begitu terlihat
    Karena memiliki formula yang sangat ringan, hasil yang akan kamu dapatkan saat menggunakan eyeliner jenis pensil ini terkadang terlalu natural alias cenderung tipis. Kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengaplikasikannya dengan sedikit tekanan dan mengaplikasikannya secara berulang.
  • Harus sering diraut jika ingin membuat garis mata yang tajam 
    Untuk kamu yang ingin menggunakan eyeliner pensil, maka kamu harus sering meraut eyeliner ini agar dapat lebih mudah diaplikasikan dan supaya hasil yang kamu dapatkan lebih tebal dan sedikit tajam. Hal ini mungkin sedikit menyita waktu untuk kamu yang ingin make up dengan cepat dalam waktu singkat.
  • Mudah patah 
    Kekurangan yang berikutnya adalah eyeliner jenis pensil ini mudah patah karena sangat lunak, namun kamu bisa menyiasati dengan merautnya saat patah, lagi-lagi ini akan sedikit menyit waktumu untuk meraut atau bahkan membeli eyeliner pensil yang baru.

Bagus mana Eyeliner Spidol atau Pensil?

 Eyeliner SpidolEyeliner Pensil
Kelebihan - Langsung meresap ke kulit 
- Dilengkapi dengan aplikator yang berupa brush lembut bervolume 
- Mudah digunakan 
- Hasilnya sangat natural ketika digunakan untuk riasan kelopak mata atas maupun bawah 
- Lebih mudah untuk diaplikasikan 
- Lebih awet untuk disimpan lama karena eyeliner jenis ini tidak akan mengering
Kekurangan - Tidak tahan lama 
- Harus diaplikasikan berulang 
- Masa simpan yang hanya sebentar 
- Hasilnya yang cenderung tipis dan kurang tebal atau kurang begitu terlihat
- Harus sering diraut jika ingin membuat garis mata yang tajam 
- Mudah patah 

Rekomendasi Eyeliner Pensil

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa eyeliner pensil yang bisa kamu beli:

1. Maybelline Eye Studio Crayon Liner

Eeyeliner Maybelline ini akan memberikan hasil yang maksimal. Teksturnya lembut dan mudah menyatu dengan kulit. Jika kamu menggunakan eyeliner pencil ini, maka bentuk mata akan tampak lebih besar alami. Eyeliner dari Maybelline ini harganya dibanderol Rp 23.000-,

2. YX Slim Eye Pencil

Jika kamu ingin memakai teknik smudging, NYX Slim Eye Pencil ini adalah pilihan yang pas. Selain sebagai eyeliner, NYX Slim Eye Pencil bisa juga dipakai sebagai eyeshadow crayon. Cukup dengan Rp 41.500 saja kamu sudah dapat memiliki NYX Slim Eye Pencil ini.

3. Pixy Line and Shadow

Rekomendasi eyeliner pencil kali ini dari namanya sudah tampak peran gandanya. Pixy Line and Shadow adalah eyeliner sekaligus eyeshadow. Tekstur eyeliner ini creamy dan lembut saat diaplikasikan. Ada sedikit shimmer dan waterproof pastinya. Selain itu manfaat lainnya bisa dipakai juga sebagai waterline karena ada varian warna putihnya. Harga produk ini adalah sekitar Rp38.000-,

Kesimpulan

Kedua jenis eyeliner ini merupakan eyeliner yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk kamu yang menginginkan eyeliner dengan hasil akhir yang mirip dengan eyeliner cair–yang lebih tebal dan membingkai matamu dengan tampilan yang sedikit dramatis.

Sedangkan kamu yang menginginkan eyeliner dengan hasil yang natural dan bisa menghemat pengeluaranmu untuk membeli alat make up, kamu bisa memilih untuk menggunakan eyeliner yang memiliki bentuk seperti pensil, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *