Bagus mana Eyeliner Pensil atau Cair?

Eyeliner merupakan salah satu barang yang berperan penting saat kamu sedang make up. Eyeliner dapat membuat matamu terlihat lebih indah. Ada beberapa jenis eyeliner yang banyak dijualkan di pasaran, seperti eyeliner yang berbentuk pensil dan eyeliner yang berbentuk cair.

Jenis eyeliner ini memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Untuk kamu yang masih bingung memilih eyeliner jenis apa yang akan kamu gunakan, yuk simak ulasan yang ada di bawah ini untuk jadi referensi!

Bagus mana Eyeliner Pensil atau Cair

Eyeliner Pensil

Eyeliner pensil merupakan eyeliner yang memiliki bentuk sangat sederhana seperti halnya pensil untuk menulis. Eyeliner model pensil ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah sangat cocok bagi mereka yang baru belajar cara menggunakan eyeliner.

Bentuk eyeliner ini yang sama seperti pensil untuk menulis akan membuat kamu tidak canggung memegangnya. Selain itu, jika terjadi kesalahan saat menggunakan, eyeliner ini sangat mudah dikoreksi dengan tisu atau kapas. Baca Juga: 10 Merk Eyeliner Terbaik 2019

Kelebihan Eyeliner Pensil

Berikut ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh eyeliner pensil:

  • Jauh lebih mudah dipakai
    Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa eyeliner yang berbentuk pensil ini merupakan eyeliner yang disarankan untuk pemula karena cara mengaplikasikannya sangat mudah dan sangat mudah untuk dihapus.
  • Penggunaannya jauh lebih hemat
    Nah, kelebihan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin cantik namun dengan budget yang cukup terjangkau, eyeliner pensil ini tentu akan sangat hemat jika dipakai dibandingkan dengan eyeliner yang bentuknya cair.
  • Tidak perlu ditunggu hingga kering
    Untuk kamu yang sering terburu-buru menuju kampus atau kantor, waktu beberapa menit menjadi sangat berharga. Maka dari itu kamu sangat cocok jika menggunakan eyeliner yang berbentuk pensil karena eyeliner yang satu ini tidak akan membuatmu lama mengaplikasikannya serta tidak perlu membuatmu menunggu produk ini kering.
  • Cocok untuk riasan mata yang sederhana 
    Eyeliner yang berjenis pensil ini sangat cocok untuk kamu yang ingin merias mata secara sederhana dan lembut. Eyeliner yang satu ini memiliki hasil yang lembut sehingga cocok untuk kamu yang ingin make up mata yang simple saja.

Bagus mana Eyeliner Pensil atau Cair

Kekurangan Eyeliner Pensil

Berikut ini merupakan kekurangan yang ada jika kamu menggunakan eyeliner yang berbentuk seperti pensil:

  • Tidak menghasilkan tampilan yang tegas 
    Untuk kamu yang ingin menggunakan make up mata tegas, eyeliner ini tidak cocok karena hasil yang kamu dapatkan dari eyeliner ini terlalu lembut dan sangat sederhana seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Harus sering diraut jika ingin membuat garis mata yang tajam 
    Eyeliner pensil ini membuatmu harus menjadi orang yang rajin, kamu harus rajin meraut eyeliner yang satu ini jika kamu ingin tetap menggunakannya dan mendapat hasil yang tajam dan bagus.
  • Mudah patah 
    Eyeliner berbentuk pensil ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga sangat mudah patah terutama jika kamu tidak berhati-hati dalam menggunakannya, namun hal ini dapat segera kamu atasi dengan cara merautnya.
Eyeliner pensilEyeliner cair
Cocok untuk pemulaCocok untuk yang sudah terlatih menggunakan eyeliner
Harganya relatif lebih murahMemiliki harga yang biasanya lebih mahal
Penggunaannya sederhanaMemerlukan sedikit keterampilan saat akan digunakan

Eyeliner Cair

Eyeliner cair disebut juga dengan nama Eyeliner Liquid. Eyeliner cair ini biasanya dikemas dalam botol kecil dengan aplikator berbentuk kuas.  Eyeliner ini sangat terkenal sebagai eyeliner yang bagus.

Eyeliner jenis ini memiliki banyak peminat karena hasil lebih tahan lama saat digunakan jika dibanding dengan eyeliner pensil. Eyeliner yang satu ini dinilai cocok digunakan oleh perempuan yang memiliki mata sipit.

Kelebihan Eyeliner Cair

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh eyeliner cair:

  • Menciptakan tampilan yang lebih dramatis 
    Hasil yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan jenis eyeliner yang satu ini akan terlihat lebih dramatis alias elegan dibandingkan jika kamu menggunakan eyeliner yang berbentuk pensil.
  • Menghasilkan garis yang tajam dalam satu sapuan 
    Selain menghasilkan tampilan yang lebih dramatis, penggunaan eyeliner yang berbentuk cair ini akan lebih cepat terlihat tebal karena tekstur dan warna dari eyeliner cair ini memang lebih pekat dibandingkan dengan eyeliner yang berbentuk pensil.
  • Cocok untuk membuat tampilan winged dan cat eyes 
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, eyeliner jenis cair ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki mata sipit. Eyeliner ini cocok untuk kamu yang ingin membuat tampilan mata terlihat seperti mata kucing atau tampilan yang terlihat winged.
  • Lebih tahan lama penggunaannya 
    Eyeliner jenis ini biasanya cukup sulit terhapus jika dibandingkan dengan eyeliner yang memiliki bentuk seperti pensil karena eyeliner jenis cair ini seperti yang sudah dijelaskan di atas–memiliki tekstur dan warna yang jelas lebih pekat, sangat berbeda dengan eyeliner berbentuk pensil.

Bagus mana Eyeliner Pensil atau Cair

Kekurangan Eyeliner Cair

Selain memiliki banyak kelebihan, eyeliner jenis cair juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya adalah:

  • Memerlukan waktu yang cukup lama untuk diaplikasikan
    Eyeliner cair ini membuat kamu harus sedikit sabar saat menggunakannya karena kamu perlu menunggu eyeliner jenis cair ini kering terlebih dahulu agar riasan mata yang sudah kamu buat tidak justru menjadi rusak.
  • Harus terlatih menggunakannya 
    Hal ini juga merupakan permasalahan yang cukup krusial jika kamu ingin menggunakan eyeliner cair. Kamu harus banyak belajar menggunakan eyeliner jenis ini karena jika kamu salah menggunakan, cairan akan sulit dihapus dan akan membuat matamu justru terlihat tidak bagus.
  • Pemakaiannya yang jauh lebih boros 
    Yap, jika kamu ingin menggunakan eyeliner cair, kamu mungkin akan sedikit lebih sering membeli eyeliner karena eyeliner cair tidak dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama karena teksturnya yang mudah kering. Selain itu, kamu mungkin akan lebih banyak menggunakannya dikarenakan teksturnya yang cair.

Bagus mana Eyeliner Pensil atau Cair?

 Eyeliner PensilEyeliner Cair
Kelebihan - Jauh lebih mudah dipakai.
- Penggunaannya jauh lebih hemat.
- Tidak perlu ditunggu hingga kering.
- Cocok untuk riasan mata yang sederhana.
- Menciptakan tampilan yang lebih dramatis.
- Menghasilkan garis yang tajam dalam satu sapuan.
- Cocok untuk membuat tampilan winged dan cat eyes.
- Lebih tahan lama penggunaannya.
Kekurangan - Tidak menghasilkan tampilan yang tegas.
- Harus sering diraut jika ingin membuat garis mata yang tajam.
- Mudah patah.
- Memerlukan waktu yang cukup lama untuk diaplikasikan.
- Harus terlatih menggunakannya.
- Pemakaiannya yang jauh lebih boros.

Tips Memilih Eyeliner Untuk pemula

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam memilih eyeliner terutama jika kamu baru belajar menggunakan eyeliner:

  • Pilih Eyeliner Pensil 
    Untuk kamu yang baru saja belajar menggunakan eyeliner, ada baiknya kamu memilih eyeliner pensil saja demi menghindari uang yang terbuang sia-sia karena membeli eyeliner cair yang cukup sulit diaplikasikan jika kamu belum terbiasa.
  • Pilih Warna Yang Sesuai Dengan Warna Rambut 
    Saat memilih eyeliner mana yang akan dibeli, ada baiknya kamu memilih eyeliner yang sesuai dengan warna rambut supaya terkesan lebih natural. Warna yang disarankan adalah warna cokelat tua–karena warna hitam akan membuat kesan yang sangat tegas, terutama jika kamu belum terbiasa menggunakan eyeliner.
  • Pilih yang lembut
    Untuk hasil lebih alami dan aplikasi yang mudah pada mata, pilih pensil eyeliner yang lembut. Kamu bisa mencoba membuat garis di punggung tangan saat akan membelinya. Jika garis itu tampak tegas walaupun tidak ditekan, maka bisa dikatakan pensil eyeliner itu cukup bagus.
  • Latihan
    Pada awalnya, penggunaan eyeliner memang akan terasa sedikit sulit. Namun, jika kamu terus berlatih menggunakannya, maka kamu akan terbiasa. Ingat kalimat satu ini bukan, “Practice make perfect!” maka dari itu kamu hanya perlu terus mencoba menggunakan eyeliner walaupun awalnya hasil yang kamu dapat mungkin sedikit mengecewakan.

Kesimpulan

Dari ulasan yang sudah ada di atas dapat disimpulkan bahwa kedua eyeliner ini sama-sama bagus. Kamu dapat menggunakan eyeliner yang berbentuk pensil untuk make up sehari-hari supaya terlihat lebih sederhana dan lembut.

Untuk kamu yang baru belajar menggunakan eyeliner, maka eyeliner dengan bentuk pensil lebih disarankan. Di sisi lain, kamu bisa menggunakan eyeliner yang berbentuk cair saat kamu ingin membuat riasan mata yang lebih dramatis dan tegas

Pada akhirnya, pilihan tergantung pada dirimu sendiri. Pilihlah jenis eyeliner yang paling sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan kemampuanmu. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *