Bagus mana Contouring vs Strobing

Merias wajah tentu menjadi hal yang sering dilakukan seorang perempuan, baik untuk pergi menuju kampus, kantor atau sekadar hangout bersama teman. Dalam dunia make up di bumi yang semakin berkembang ini, semakin banyak dan berkembang pula teknik make up dengan tujuannya masing-masing, salah satu teknik make up yang populer adalah contouring dan strobing.

Kedua teknik ini memiliki persamaan dan perbedaannya sendiri. Selain itu, hasil akhir yang dihasilkan saat kamu menggunakan kedua teknik ini tentu sangat berbeda, nah, untuk kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kedua teknik make up ini, yuk simak ulasan yang sudah ada pada artikel di bawah ini!

Bagus mana Contouring vs Strobing

Contouring

Contouring adalah teknik make up dengan penggunaan bronzer tipe matte yang beberapa tingkat lebih gelap dari warna kulit asli untuk menciptakan bayangan di area tertentu pada wajah (bawah tulang pipi, bawah rahang, sisi hidung). Tujuannya, untuk membuat ketegasan dan menciptakan kesan wajah tirus serta simetris.

Ketika kamu melakukan teknik countouring kamu biasanya harus menggunakan shading berwarna gelap 2 atau 3 tone lebih gelap dari tone kulit kamu untuk menyembunyikan bagian-bagian yang tidak diinginkan. Selain itu, kamu juga memerlukan highlight untuk menonjolkan bagian wajah yang diinginkan.

Tidak semua orang cocok dengan teknik contouring ini, karena teknik ini bisa membuat penampilanmu menjadi lebih tua, apalagi jika kamu memilih warna bronzer yang salah atau kurang tepat.

Kelebihan Contouring

Berikut ini beberapa kelebihan dari teknik make up contouring:

  • Membuat pipi jadi lebih tirus 
    Yap! Teknik ini sangat terkenal karena mampu membuat kesan pipi menjadi lebih tirus. Sudah jadi rahasia umum bahwa banyak wanita yang memiliki pipi chubby. Meski terkesan lucu dan imut, beberapa merasa terganggu dengan pipi yang terlalu berisi ini. Nah, penggunaan bronzer dan highlighter dalam teknik contouring ini mampu membuat pipi terlihat lebih tirus asal kamu benar mengaplikasikannya.
  • Mempertegas lekuk wajah
    Meskipun kedua teknik yang dibahas kali ini merupakan teknik yang bertujuan mempertegas lekuk wajah, namun, contouring terbukti lebih menghasilkan lekuk wajah yang sempurna tentunya karena teknik ini memang memiliki fokus hasil akhir yang seperti itu.
  • Wajah terlihat lebih berdimensi 
    Teknik ini memang berfokus dalam menciptakan bayangan pada wajah sehingga wajahmu jadi terlihat lebih berdimensi, teknik ini juga biasanya digunakan untuk kamu yang ingin terlihat memiliki hidung yang terkesan lebih mancung.

Bagus mana Contouring vs Strobing

Kekurangan Contouring

Berikut ini beberapa kekurangan dari teknik make up contouring:

  • Sedikit lebih sulit dilakukan 
    Jika kamu bandingkan dengan teknik strobing, maka contouring ini akan sedikit lebih sulit untuk dilakukan mengingat kamu harus menyesuaikan dengan benar warna dari produk bronzer atau conclear dan highlighter yang kamu gunakan supaya mendaptkan hasil yang memuaskan. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui dengan benar cara dalam melakukan teknik contouring ini.
  • Dapat membuat wajah terlihat lebih tua
    Nah, hal inilah yang akan terjadi jika kamu salah memilih warna produk yang akan kamu gunakan untuk melakukan teknik ini, wajahmu justru akan terlihat tua karena kesan tegas yang berlebihan. Teknik contouring memang tidak selamanya cocok untuk semua jenis dan bentuk kulit. Jadi, jika kamu ingin menggunakan teknik ini, pastikan kamu memilih produk yang cocok dan cara pengaplikasian yang benar, ya!

Cara Melakukan Contouring

1. Pilih Tipe Contour Yang Tepat

Contour memiliki berbagai macam tekstur, mulai dari yang powder atau dalam bentuk krim. Buat kamu para pemula, sebaiknya kamu memilih contour dalam bentuk powder. Tekstur powder akan lebih mudah untuk kamu aplikasikan pada wajah, terutama jika kamu belum terlalu terbiasa dalam melakukan contouring.

Selain itu, tekstur powder juga bisa terlihat lebih alami pada wajah dan lebih mudah untuk disamarkan apabila kamu melakukan kesalahan ketika mengaplikasikan contour tersebut.

2. Gerakan Mengaplikasikan Contour

Cara paling mudah untuk mengaplikasikan contour adalah dengan membubuhkannya mulai dari bawah tulang pipi hingga mendekati ujung bibir. Agar lebih mudah dalam mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan brush dengan ukuran yang agak besar agar bisa menyatu pada wajah dengan sempurna. Jika kamu tidak memiliki poni, kamu juga bisa menambahkannya pada samping dahi kanan dan kiri, kemudian pada bagian kanan dan kiri hidung secara memanjang kebawah.

3. Gunakan Highlighter

Highlighter bisa membuat wajah kamu lebih bersinar dan jika dipadukan dengan contour, wajah kamu akan mendapatkan efek glowing yang sempurna. Bisa dibilang contouring dan highlighter merupakan dua make up yang tidak bisa dipisahkan karena jika tidak digunakan secara bersamaan maka hasil yang kamu dapatkan tidak maksimal. Kamu bisa mengaplikasikan highlighter pada area-area yang biasa terkena cahaya terlebih dulu.

4. Gunakan Contouring Kit

Agar kamu tidak kesulitan, sebaiknya kamu langsung membeli contouring kita yang memiliki warna lengkap. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan berbagai warna contour dalam satu produk. Hal tersebut dikarenakan dalam melakukan contouring, seringkali kamu harus menggunakan berbagai layer warna mulai dari yang gelap hingga yang cukup terang.

Maka dari itu akan lebih mudah jika kamu menggunakan contouring kit yang sudah lengkap. Jangan lupa untuk mengaplikasikan bedak tabur untuk mengunci riasanmu.

Bagus mana Contouring vs Strobing

 ContouringStrobing
Hasil akhirLekuk wjah terlihat tegas, dan terlihat tirus.Glowing, dewy.
Produk yang digunakanBronzer atau Conclear, highlighter.Highlighter.

Strobing

Strobing ini adalah teknik makeup yang menggunakan highlighter secara maksimal. Jadi, jika selama ini kamu sudah mengenal dan memakai teknik countouring untuk mengkoreksi wajah atau menyembunyikan bagian-bagian yang tidak diinginkan, dalam strobing justru kebalikannya.
Ketika menggunakan teknik strobing kamu akan memaksimalkan highlighter di bagian-bagian wajah yang akan kamu tonjolkan. Bagian-bagian wajah ini yang biasanya banyak terkena oleh cahaya sehingga efek yang ditumbulkan lebih glowy pada wajah kamu.
Dengan teknik strobing, kamu cukup berbekal highlighter saja karena kamu cukup memberi kesan lebih glowy pada riasan kamu dengan memaksimalkan penggunaan highlighter di daerah-daerah tertentu yang biasanya terkena cahaya seperti pelipis, tulang pipi, dahi, tulang alis, dagu, dan hidung.

Kelebihan Strobing

Berikut ini beberapa kelebihan dari teknik make up strobing:

  • Hasil akhir yang glowing 
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penggunaan teknik strobing ini merupakan teknik yang dilakukan dengan menggunakan highlighter secara maksimal. Oleh karena itulah, hasil yang akan kamu dapatkan saat menggunakan teknik yang satu ini adalah dewy glowing. Cocok untuk kamu yang senang dengan make up yang membuat wajah bercahaya.
  • Dinilai lebih mudah untuk dilakukan
    Yap, banyak yang menganggap teknik ini jauh lebih mudah dilakukan karena hanya memerlukan highlighter. Namun, jangan salah, teknik ini juga sebenarnya tidak semudah itu karena kamu perlu memastikan highlighter yang kamu aplikasikan tidak terlalu berlebihan terutama untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak.
  • Memberi kesan segar dan terlihat awet muda 
    Nah, berbeda dengan teknik contouring yang biasanya membuat wajah jadi terkesan lebih tegas dan dapat menyebabkan wajah terlihat jadi lebih tua jika salah menggunakan, teknik strobing ini justru sebaliknya, penggunaan highlighter yang membuat wajah jadi bercahaya dan pastinya dapat membuat wajah jadi terlihat segar serta awet muda.

Bagus mana Contouring vs Strobing

Kekurangan Strobing

Berikut ini beberapa kekurangan dari teknik make up strobing:

  • Kurang cocok untuk kulit berminyak 
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu yang memiliki kulit berminyak perlu berhati-hati dalam menggunakan teknik ini karena dapat membuat wajahmu justru terlihat sangat berminyak. Pastikan kamu tidak mengaplikasikan highlighter terlalu banyak agar hasil yang kamu dapatkan tidak mengecewakan dirimu sendiri.
  • Tidak dapat menyembunyikan pipi yang chubby 
    Jika kamu memiliki masalah berupa pipi yang chubby dan ingin sekali menyembunyikannya, maka teknik strobing bukan solusi. Yap, teknik ini memang hanya berfokus pada bagian yang dapat ditonjolkan, namun tidak untuk menyembunyikan.

Bagus mana Contouring vs Strobing

 ContouringStrobing
Kelebihan- Membuat pipi jadi lebih tirus 
- Mempertegas lekuk wajah
- Wajah terlihat lebih berdimensi 
- Hasil akhir yang glowing 
- Dinilai lebih mudah untuk dilakukan
- Memberi kesan segar dan terlihat awet muda 
Kekurangan- Sedikit lebih sulit dilakukan 
- Dapat membuat wajah terlihat lebih tua
- Kurang cocok untuk kulit berminyak 
- Tidak dapat menyembunyikan pipi yang chubby 

Kesimpulan

Kedua teknik make up ini dapat kamu gunakan sesuai dengan tampilan riasan yang kamu inginkan, kamu dapat menggunakan teknik strobing jika ingin lebih praktis dan ingin menghasilkan riasan yang memiliki kesan akhir dewy dan glowing.

Jika kamu ingin make up yang lebih tegas, atau kamu ingin membuat pipi terlihat lebih tirus maka kamu perlu memahami dengan benar teknik make up contouring, karena jika salah mengaplikasikan, alih-alih terlihat cantik, kamu justru akan terlihat lebih tua. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *