Bagus mana Conditioner atau Vitamin Rambut?

Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga kesehatannya dan keindahannya. Kriteria rambut sehat setiap orang tentunya berbeda-beda, tetapi umumnya rambut sehat adalah rambut yang memiliki kilau alami, terlihat lembut, tidak mudah rontok, tidak bercabang, tidak berketombe, dan bebas dari berbagai masalah rambut lainya. Saat ini sangat menjamur beberapa produk untuk merawat rambut. Pada artikel kali ini akan kita bahas kedua produk untuk merawat rambut yaitu Conditioner dan Vitamin Rambut. Selamat membaca!

Conditioner
Conditioner merupakan cairan yg digunakan untuk meluruskan, memperindah, dan memudahkan pengaturan rambut setelah keramas. Conditioner memiliki fungsi untuk melembabkan rambut dengan menggantikan lemak alami yang ikut tercuci saat kita keramas menggunakan shampo. Lemak dengan kadar rendah dari conditioner dapat menjaga rambut dari kekeringan sesudah keramas..

Selain untuk melembabkan rambut, conditioner juga dapat bermanfaat untuk merapikan kutikula rambut. Jika rambut kita dilihat dengan cara diperbesar menggunakan mikroskop, maka kutikula rambut kita akan terlihat berantakan karena itu rambut dapat terasa kasar dan kusam. Itulah mengapa rambut terasa lembut setelah kita menggunakan conditioner. Baca juga: Bagus mana Matrix Hair Mask atau Loreal Hair Mask?

Cara Menggunakan Conditioner
Sebelum pakai conditioner, sebaiknya baca aturan pakai. Banyak produk menyarankan agar menggunakan conditioner setelah pakai shampo. Hal ini karena shampo biasanya membuat rambut menjadi lebih kering. Sehingga, dengan menggunakan conditioner setelah shampo, maka kelembaban rambut Anda akan kembali lagi.

Hindari menggunakan conditioner sampai akar rambut. Cukup oleskan conditioner dari batang sampai ujung rambut. Ini merupakan cara terbaik untuk melembabkan rambut Anda di tempat yang paling membutuhkan. Juga, jangan terlalu banyak saat pakai conditioner, ini justru dapat membuat rambut terlihat tidak bervolume dan rata begitu saja. Sebaiknya pakai conditioner secukupnya saja.

Jenis – Jenis Conditioner
Leave-in conditioner
Leave-in conditioner merupakan jenis kondisioner yang digunakan setelah keramas saat rambut masih setengah basah. conditioner jenis ini dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat hair dryer dan peralatan rambut yang bersifat panas. Namun kalian harus menggunakannya dalam jumlah yang tepat karena jika terlalu banyak maka rambut kalian akan terlalu berminyak jadi gunakan secukupnya saja.

Acidic rinses
conditioner jenis berikutnya ialah acidic rinses. Conditioner ini terbuat dari bahan-bahan yang mengandung keasaman yang cukup tinggi dengan pH yang rendah, seperti jeruk-jerukan dan cuka. Acidic rinses dapat membuat rambut kalian terlihat lebih bersinar, lembut, dan mudah diatur.

Color added conditioner
Color added conditioner ialah jenis conditioner untuk rambut yang diwarnai. Dengan menggunakan conditioner jenis ini, warna rambut Ladies akan tetap terjaga dan tidak mudah luntur.

In-between shampoo conditioners
In-between shampoo conditioners digunakan setelah keramas. Setelah conditioners dibilas, bersihkan rambut kalian dengan shampo lagi. In-between shampo conditioner terbuat dari bahan-bahan minyak, mentega, dan moisturizer. Manfaat kondisioner ini adalah untuk melindungi rambut dari kerusakan dari lingkungan dan populasi saat berkegiatan di luar ruangan.

Vitamin Rambut
Para wanita selalu berusaha untuk mengatur keindahan rambut agar penampilan lebih menarik akan tetapi ada beberapa dampak yang malah menyebabkan masalah terhadap rambut. Oleh karena itu di hadirkanlah inovasi untuk rambut dalam bentuk produk vitamin rambut.

Vitamin rambut memiliki berbagai fungsi tergantung dari kebutuhan kamu. Ada vitamin rambut yang mampu untuk mengatasi ketombe dan terdapat vitamin rambut yang berfungsi mengatasi rambut rontok dan sebagainya untuk mengatasi permasalahan rambut yang lainnya.

Cara Menggunakan Vitamin Rambut
Menggunakan vitamin dianjurkan pada waktu-waktu tertentu saja. Waktu-waktu tersebut adalah ketika sehabis keramas, saat rambut kering, atau pada waktu-waktu tertentu yang ingin menambah kelembaban rambut. Kebanyakan, vitamin digunakan setiap saat setelah keramas. Hal ini dikarenakan pada saat inilah waktu yang cocok rambut menerima nutrisinya.

Keramas terlebih dahulu. Jangan lupa gunakan shampoo dan conditioner yang sesuai dengan rambut Anda juga. Olesi masker rambut pada saat keramas juga akan meningkatkan hasil kerja vitamin nantinya. Masker rambut meningkatkan kelembutan dan kelembaban rambut.

Keringkan rambut terlebih dahulu, Diamkan rambut yang basah dalam beberapa saat. Atau gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda. Tunggu hingga menjadi setengah – setengah kering.

Jika sudah seperti 90% kering, oleskan vitamin pada telapak tangan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada daerah rambut secara merata dari atas kepala sampai ujung rambut. Jangan sampai terkena kulit atau akar rambut.

Tunggu beberapa saat sekitar kurang lebih sepuluh menit. Lalu sisir rambut Anda. Setelah memakai vitamin, penyisiran rambut akan terasa lebih mudah. Rambut pun juga terasa lebih halus dan lembut.

Setelah menggunakan vitamin, Anda boleh menggunakan alat-alat seperti catok, hair blower, hair curlier tanpa takut rambut menjadi kering ataupun kusam. Rambut Anda akan terlindungi dari panas dan mencegah kerusakan rambut.

Jenis-Jenis Vitamin Rambut
Vitamin E
Vitamin E merupakan nutrisi yang baik untuk menyehatkan rambut dan dapat mencegah rambut kering dan rontok. Vitamin ini bekerja dengan cara menciptakan lapisan pelindung pada kulit, termasuk kulit kepala. Lapisan pelindung inilah yang menjaga kelembaban di kulit kepala dan mengembalikan kilau rambut Anda.

Vitamin A
Selain vitamin E, vitamin A juga bisa menjadi pilihan nutrisi untuk mengatasi rambut kering. Vitamin A membantu kelenjar minyak di kulit memproduksi minyak yang disebut sebum. Sebum berguna melembabkan kulit kepala dan membantu menjaga kesehatan rambut. Kalian juga dapat mencoba Vitamin dari Makarizo Nutriv Serum Honey yang dapat membuat rambut menjadi halus.

Biotin (vitamin B7)
Biotin adalah salah satu jenis vitamin B yang baik untuk memelihara kesuburan rambut. Biotin bekerja dengan cara meningkatkan asupan oksigen dan nutrisi ke kulit kepala serta folikel rambut, sehingga rambut akan sehat, tebal, dan tampak berkilau.

Vitamin rambut kering yang satu ini bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis makanan, seperti gandum, susu, keju, telur, kacang tanah, kacang kedelai, daging ayam, bayam, dan jamur.

Vitamin C
Selain berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kerusakan sel rambut dari radikal bebas, vitamin C juga membantu memperkuat akar rambut. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan kolagen, yaitu protein pembentuk sel kulit dan rambut.

Bagus mana Conditioner atau Vitamin Rambut?

Bagus ManaConditioner Vitamin Rambut
Kelebihan- Melembabkan rambut - Mempertahankan warna cat rambut yang kalian gunakan - Menghaluskan rambut - Mencegah rambut rontok - Melindungi rambut dari kekeringan - Membuat rambut berkilau
Kekurangan-Membuat rambut terasa lebih berat dan berminyak lebih cepat, mudah menyerap kotoran dan debu ketika memakai conditioner yang tanpa bilas - Formula yang ada di dalam kondisioner ini terkadang terlalu ringan untuk mereka yang memiliki masalah rambut kusut dan sulit diatur. - Sangat berminyak jadi perlu hati-hati mengambil produk - Bau yang sangat menyengat

Kesimpulan
Dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua produk Conditioner dan Vitamin pada Rambut memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan rambut. Oleh sebab itu keduanya juga dapat digunakan dengan bersamaan. Misalnya saat kalian Mandi gunakan Conditioner dan setelah kalian mandi dan ingin menata rambut kalian gunakan Vitamin rambut niscaya rambut kalian akan tampak berkilau dengan sehat dan terhalang dari masalah rambut yang lainnya. Selamat mencoba!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *