Bagus mana Conditioner atau Masker Rambut?

Punya rambut yang sehat, lebat dan berkilau merupakan impian semua orang terutama wanita, karena rambut merupakan mahkota nya yang sangat berarti. Namun yang sering dilupakan dan sering terlewatkan adalah perawatan rambut yang biasa di anggap biasa saja kalau tidak digunakan yaitu Conditioner dan Masker Rambut. Pada artikel ini akan kita bahas lebih lanjut kedua produk perawatan rambut tersebut yang ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi rambut kita loh!

Conditioner
Conditioner ialah produk rambut yang dapat secara instan melembabkan folikel rambut, sehingga dalam pemakaian rutin, rambut akan terasa lebih halus dan tidak akan kusut. Sering mengalami rambut mengembang, atau flyaways yang sangat mudah dipicu oleh angin. Conditioner ini didesain untuk mengatasi masalah ini, rambut akan menjadi lebih mudah diatur dan terasa lebih lembut. Baca juga: Bagus mana Conditioner atau Vitamin Rambut?

Manfaat Conditioner pada Rambut:
Mengganti Minyak Alami
Bahan yang terkandung dalam shampo dapat membersihkan kotoran sekaligus minyak alami yang dihasilkan kulit kepala. Conditioner akan menggantikan minyak alami tersebut dengan kadar minyak yang rendah untuk melindungi setiap helai rambut. Hal ini akan mencegah rambut mengalami kekeringan karena kehilangan minyak alami setelah sesudah keramas.

Merapikan Kutikula Rambut
Saat menggunakan shampo atau memakai bahan kimia pada rambut, kutikula atau sisik rambut tersebut akan mencuat dan tidak rapi. Ini akan membuat rambut terasa sangat kasar dan kusam. Pemakaian kondisioner akan membuat kutikula rambut kembali tersusun rapi.

Rambut Mengembang dan Terlindungi
Beberapa kondisioner dirancang tidak hanya untuk membuat rambut berkilau, tetapi juga memberikan volume sehingga rambut lebih mengembang. Selain itu, beberapa produk kondisioner saat ini menambahkan formula untuk melindungi rambut dari terpaan panas dari peralatan rambut, melindungi rambut dari paparan UV A dan B, juga melindungi rambut dari pengaruh radikal bebas.

Tips Menggunakan conditioner dengan Tepat:
Pilih conditioner yang sesuai
Kenali jenis rambutmu dulu, apakah rambutmu kering dan kusam, berminyak, atau rusak karena penataan rambut yang berlebihan. Kebutuhan rambut rusak karena diwarnai tentu berbeda dengan rambut rusak akibat sering di catok. Tentu pilihan conditioner-nya pun berbeda.

Gunakan dari bagian yang paling kering
Fokus pada ujung rambut yang yang biasanya lebih rentan kering dan bercabang. Usapkan secara merata di bagian ujung rambut, kemudian remas-remas perlahan. Lalu lanjut mengaplikan conditioner pada bagian batang rambut.

Hindari area kulit kepala
Akar rambut dan area kulit kepala tidak perlu diberikan conditioner. Kesalahan yang dilakukan banyak orang inilah yang bisa menjadi penyebab rambut menjadi lepek. Hal ini terjadi karena kulit kepala, area minyak alami rambut diproduksi, mendapat kelembaban ekstra dari conditioner. Hasilnya, tingkat kelembaban di area tersebut akan tinggi, melebihi batas yang dibutuhkan oleh rambut.

Masker Rambut
Masker rambut dilakukan untuk merawat rambut yang rusak, diwarnai, kering, di keriting, rontok, atau diluruskan. Berbagai formula yang digunakan di dalamnya digabungkan untuk mengatasi berbagai keluhan dan masalah rambut yang dihadapi.

Masker rambut biasanya dilakukan selama lima menit, dan dilakukan setelah keramas. Karena memiliki fungsi yang hampir sama, setelah melakukan masker rambut Anda tidak perlu menggunakan conditioner lagi. Untuk mendapat hasil yang maksimal, hair mask bisa dilakukan seminggu sekali atau setiap kali selesai keramas.

Manfaat Masker Rambut:
Mengatasi berbagai masalah rambut
Masalah rambut yang bisa terjadi telah sedikit dibahas pada pembahasan di atas. Misalnya, kerontokkan rambut bisa berkurang atau bahkan berhenti. Selain itu, rambut kering dan lepek bisa diatasi sekaligus membuat rambut lebih mudah diatur.

Memberi nutrisi pada rambut
Dengan menggunakan Masker Rambut, maka nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut bisa terpenuhi. Karena memang krim yang digunakan pada pelayanan Masker Rambut di salon sudah mengandung segala macam nutrisi yang diperlukan. Atau bisa di gunakan secara sendiri di rumah loh!

Membuat sirkulasi darah di rambut lebih lancar
Masker Rambut di salon biasanya disertai pemijatan kepala dan leher selama 10-20 menit. Pijatan tersebut utamanya bertujuan supaya penyerapan krim melalui kulit kepala dan akar-akar rambut bisa lebih maksimal. Kalian dapat datang ke salon Jhonny Andrean untuk mendapatkan perawatan masker rambut dengan di sertai pemijatan yang membuat rileks.

Selain itu, pijatan kepala dan leher bisa membantu aliran darah di kepala sekaligus mengendurkan otot-otot leher yang selama ini lelah bekerja. Akhirnya, sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Bahu maupun punggung yang semula kaku akibat Anda yang aktif bekerja dan bergerak, pun akhirnya kembali menjadi rileks selepas aliran darah yang lebih lancar.

Tips Menggunakan Masker Rambut yang Tepat:
Pastikan rambut Anda sudah dicuci dengan shampo dan dibilas sampai bersih sebelum melakukan masker.

Peras rambut sampai air pada rambut hilang, Anda dapat menggunakan handuk untuk mengeringkannya namun jangan sampai terlalu kering, usahakan rambut dalam kondisi lembab.

Oleskan masker rambut secara merata dengan menggunakan jari. Konsentrasikan mulai dari akar rambut sambil memijat-mijat kulit kepala secara perlahan. Ini dilakukan agar peredaran darah menjadi lancar dan penyerapan nutrisi pada masker rambut menjadi sempurna.

Setelah selesai di bagian akar rambut, lanjutkan prosesnya dengan mengoleskan masker secara merata pada bagian batang rambut hingga ke ujungnya. Pastikan seluruh helai rambut terbalut dengan merata.

Agar proses penyerapan nutrisi berjalan lebih cepat, bungkus rambut dengan menggunakan handuk yang telah direndam air hangat. Panas yang dikeluarkan oleh handuk akan mempercepat proses penyerapan nutrisi ke dalam sel kulit kepala dan batang rambut.

Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit, jika selesai bilas rambut. Tidak perlu menggunakan shampo, cukup bilas menggunakan air dingin. Hindari menggunakan air panas karena akan memicu kerontokan pada rambut.

Bagus mana Conditioner atau Masker Rambut?

Bagus ManaConditionerMasker Rambut
Kelebihan- Membuat rambut halus - Menjaga kelembaban rambut - Membuat rambut mengembang dan melindungi rambut- Meresap sampai ke dalam rambut - Menutrisi rambut - Melancarkan sirkulasi pada rambut
Kekurangan- Tidak meresap ke dalam rambut - Beberapa produk conditioner membuat rambut cepat berminyak- Memakan waktu dalam penggunaan - Menggunakan nya cukup ribet, jika ke salon butuh mengeluarkan biaya lebih

Kesimpulan
Dari artikel diatas mengenai Conditioner dan Masker Rambut sama-sama menghasilkan rambut yang lembut setelah digunakan, Tetapi Bedanya Conditioner hanya melembutkan dan tidak meresap sampai ke dalam rambut. Masker Rambut dapat meresap sampai ke dalam rambut dan memberi nutrisi lebih pada rambut. Dengan demikian saat masker dibilas. Conditioner dapat di gunakan setiap hari, sedangkan Masker dianjurkan digunakan seminggu sekali. Jadi kedua produk sama-sama penting loh!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *