fbpx

Bagus mana Cleansing Balm vs Cleansing Milk?

Banyak produk pembersih wajah yang hadir di pasaran, supermarket dan toko online. Tentu Anda sangat familiar dengan produk Cleansing Balm dan Cleansing Milk.

Pada umumnya kedua produk ini memiliki manfaat yang sama yaitu mengangkat makeup, sebum, debu, dan sisa skincare yang menempel pada kulit wajah Anda. Namun, kira-kira apalagi ya kelebihan yang ditawarkan oleh keduanya?

Penasaran? Nah, kami akan merangkumnya sekarang di Bagusmana.id

Cleansing Balm vs Cleansing Milk

Cleansing Balm

Cleansing balm merupakan pembersih wajah oil-based yang mempunyai tekstur semi padat seperti ointment. Produk ini umumnya dikemas dalam tube atau jar yang dilengkapi oleh spatula untuk mengambil produk. Cleansing balm tergolong lebih aman buat dibawa bepergian sebab gampang dipindahkan ke wadah lain, dan tidak rentan tumpah maupun bocor.

Berkat teksturnya yang lebih padat, cleansing balm tergolong lebih nyaman dipakai sebab sebanyak apapun produk yang dipakai, tidak akan menetes maupun mengalir ke tangan. Cleansing balm juga akan teremulsi oleh air saat dibilas. Tetapi, ada merk cleansing balm tertentu yang teksturnya thick dan membutuhkan bantuan waslap untuk membersihkannya. Baca juga: 10 Milk Cleanser Terbaik 2020

Kelebihan Cleansing Balm

  • Tidak membuat kulit kering
    Cleansing balm pada dasarnya merupakan pembersih wajah yang mempunyai tekstur balm serta kaya kandungan pelembab dibanding jenis pembersih wajah lainnya. Walaupun teksturnya lebih padat, saat diterapkan pada wajah bentuknya akan mencair seperti cleansing oil. Anda yang mempunyai jenis kulit berminyak juga dapat memakai cleansing balm loh, karena kandungan produk ini tidak akan mengganggu produksi minyak alami di wajah.
  • Dapat meluruhkan makeup dengan baik
    Mempunyai tekstur seperti balm, cleansing balm sangat ampuh membersihkan makeup di wajah bahkan area mata yang cenderung sensitif. Cukup lakukan pijatan secara lembut pada seluruh area wajah sampai teksturnya menjadi minyak. Di tahap ini makeup akan luruh dengan mudah, lalu setelahnya tinggal bilas dengan air hangat, atau gunakan handuk yang sudah direndam air hangat untuk membersihkan wajah Anda.
  • Memiliki banyak fungsi
    Meskipun pada dasarnya cleansing balm memang memiliki 2 fungsi sekaligus yakni membersihkan dan melembabkan wajah, namun beberapa produk cleansing balm juga dijejali kemampuan untuk digunakan sebagai masker wajah.

Cleansing Balm vs Cleansing Milk

Kekurangan Cleansing Balm

  • Ribet
    Cleansing Balm sendiri dinilai cukup ribet untuk memakainya. Mulai usaha dari mulai buka wadah, menyendok produk serta memijatnya di kulit sampai emulsi kayaknya bikin produk ini kesannya lebih ribet dibanding. Itulah sebabnya produk ini masih kurang populer digunakan.
  • Memberikan kesan lengket
    Menggunakan cleansing balm memberikan kesan lengket yang cukup tinggi. Untuk Anda yang kurang suka dengan kesan lengket dari cleansing balm ini, maka disarankan untuk menggunakan cleansing milk karena kandungannya yang tidak mudah lengket di wajah.
  • Susah untuk dibersihkan
    Setelah menggunakan Cleansing Balm tentunya kita harus membersihkannya. Namun hal ini cukup membutuhkan sedikit tenaga karena cleansing balm tidak bisa hilang sempurna kalau hanya membilasnya dengan air. Untuk menghilangkannya, Anda butuh membersihkan wajah Anda dengan handuk hangat yang sudah dibasahi, diamkan sebentar di wajah, kemudian lap dengan lembut.

Tips Mengaplikasikan Cleansing Balm

Cleansing balm biasanya memiliki kandungan pelembap yang lebih banyak ketimbang pembersih wajah biasa. Cara pengaplikasiannya pun cukup ringkas. Pada kulit kering (jangan membasuh wajah dengan air), gunakan cleansing balm. Baurkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar sambil dipijat lembut agar kandungan pelembapnya juga meresap.

Lakukan sekitar 30 detik agar kotoran terangkat dan makeup larut bersamaan dengan tekstur balsem yang berubah menjadi minyak. Tambah air sedikit, lalu kembali pijat wajah beberapa detik. Setelah itu, bersihkan cleansing balm dengan air sampai bersih, atau Anda bisa menyekanya dengan handuk basah.

Cleansing Milk

Cleansing Milk merupakan salah satu produk untuk membersihkan wajah. Meskipun namanya mengandung unsur susu, nyatanya nggak semua cleansing milk terbuat dari susu. Banyak yang mengonsumsikan jika cleansing milk hanya memiliki warna yang cenderung mirip susu, bukan terbuat dari susu.

Cleansing Milk ini merupakan krim serupa susu yang berfungsi untuk membersihkan wajah, terutama dari sisa makeup. Biasanya, cleansing milk digunakan untuk menjaga wajah tetap bersih, sehat, dan juga lebih cerah. Namun, pemilihan cleansing milk juga tetap perlu disesuaikan dengan jenis kulit wajah supaya tidak jerawatan.

Baca artikel lainnya Bagus mana Viva Milk Cleanser atau Viva Face Tonic?

Cleansing Balm vs Cleansing Milk

Kelebihan Cleansing Milk

  • Memiliki tekstur yang ringan dan lembut
    Kelebihan pertama dari Cleansing milk ini yaitu teksturnya yang ringan dan lembut. Sangat nyaman saat diaplikasikan ke wajah. Serta mudah untuk dibersihkan setelah penggunaannya.
  • Harga yang cukup terjangkau
    Banyak varian yang dihadirkan dari produk Cleansing milk ini. Tentu membuatnya memiliki harga yang cukup terjangkau. Cocok untuk Anda yang sedang berhemat serta tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar.
  • Membersihkan pori-pori secara maksimal
    Kelebihan lainnya yaitu kandungan yang terdapat di dalam produk ini sangat aman dan baik untuk kulit wajah. Oleh karena itu, mampu membersihkan pori-pori secara maksimal pada wajah Anda. Menjadikan wajah Anda sehat, segar dan lembut.

Kekurangan Cleansing Milk

  • Rentan iritasi
    Setelah pemakaian pada wajah, ada baiknya Anda langsung membersihkannya. Karena produk ini sangat rentan dengan iritasi jika saat pengaplikasiannya ada noda yang tertinggal di wajah Anda.
  • Mudah menimbulkan jerawat
    Bagi Anda yang memiliki kulit cenderung berjerawat. Sepertinya produk ini kurang cocok untuk Anda. karena bukannya meminimalisir jerawat Anda, bisa jadi justru bertambah banyak dan memperparah kulit wajah Anda.
  • Tidak cocok pada semua jenis kulit
    Kekurangan lainnya yang ada pada produk ini adalah tidak semua jenis kulit bisa cocok dengan produk ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis kulit Anda sendiri. Sehingga tahu produk mana yang sesuai dengan kulit Anda dan agar terhindar dari masalah kulit lainnya.

Tips Mengaplikasikan Cleansing Milk

Pengaplikasian Cleansing Milk sangat mudah. Anda bisa menggunakan 2 cara dalam pengaplikasian Cleansing Milk: Pertama tama Anda hanya perlu menuang produk ke kapas lalu baurkan ke wajah. Atau Anda bisa melakukan cara kedua yaitu dengan menggunakannya langsung pada wajah yang kering.

Jika menggunakan kapas, Anda perlu ulangi beberapa kali hingga kapas terlihat bersih. Namun, berbeda jika menggunakannya langsung pada wajah, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan face wash biasa. Atau, Anda bisa membersihkannya dengan dengan dibilas saja dan melanjutkannya dengan toner. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan bersih ya, Agar tidak ada sisa noda yang tertinggal.

Bagus mana Cleansing Balm vs Cleansing Milk?

KeteranganCleansing BalmCleansing Milk
Kelebihan-Tidak membuat kulit kering
-Dapat meluruhkan makeup dengan baik
-Memiliki banyak fungsi
-Memiliki tekstur yang ringan dan lembut
-Harga yang cukup terjangkau
-Membersihkan pori-pori secara maksimal
Kekurangan-Ribet
-Memberikan kesan lengket
-Susah untuk dibersihkan
-Rentan iritasi
-Mudah menimbulkan jerawat
-Tidak cocok pada semua jenis kulit

Kesimpulan

Setelah membahas Cleansing Balm dan Cleansing Milk tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua pembersih ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah produk perawatan wajah yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda, ya. Agar tidak mengalami masalah kulit lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *