Bagus mana Cleansing Balm atau Cleansing Oil?

Cleansing Oil dan Cleansing Balm merupakan 2 jenis pembersih yang umum dipakai sebagai first cleanser dalam tahapan double cleansing. Pada dasarnya, kedua jenis pembersih wajah ini mempunyai fungsi yang serupa, ialah untuk mengangkat makeup, sebum, debu, dan sisa skin care yang menempel pada kulit.

Tentunya kamu bisa dapatkan Cleansing Oil dan Cleansing Balm ini di toko-toko kecantikan terdekat dengan merek yang berkualitas juga. Harga yang disematkan pun cukup ramah di kantong kok, jadi sesuai buat kamu yang masih pelajar sampai yang sudah kerja sekalipun.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai Cleansing Balm dan Cleansing Oil sehingga bisa kamu jadikan acuan dalam memilih pembersih andalan kamu sehari-hari. Stay tune!

Cleansing Balm atau Cleansing Oil

Cleansing Balm

Cleansing balm merupakan pembersih wajah oil-based yang mempunyai tekstur semi padat seperti ointment. Produk ini umumnya dikemas dalam tube atau jar yang dilengkapi oleh spatula untuk mengambil produk. Cleansing balm tergolong lebih aman buat dibawa bepergian sebab gampang dipindahkan ke wadah lain, dan tidak rentan tumpah maupun bocor.

Berkat teksturnya yang lebih padat, cleansing balm tergolong lebih nyaman dipakai sebab sebanyak apapun produk yang dipakai, tidak akan menetes maupun mengalir ke tangan. Serupa dengan cleansing oil, cleansing balm juga akan teremulsi oleh air saat dibilas. Tetapi, ada merk cleansing balm tertentu yang teksturnya thick dan membutuhkan bantuan waslap untuk membersihkannya.

Rekomendasi cleansing balm yang bisa kamu coba yakni dari merek Clinique, Pixi, Eve Lom, The Body Shop dan lain sebagainya. Baca juga: Cleansing Oil Terbaik

Kelebihan Cleansing Balm

  • Dapat meluruhkan makeup dengan baik
    Mempunyai tekstur seperti balm, cleansing balm sangat ampuh membersihkan makeup di wajah bahkan area mata yang cenderung sensitif. Cukup lakukan pijatan secara lembut pada seluruh area wajah sampai teksturnya menjadi minyak. Di tahap ini makeup akan luruh dengan mudah, lalu setelahnya tinggal bilas dengan air hangat, atau gunakan handuk yang sudah direndam air hangat untuk membersihkan wajah Kamu.
  • Tidak membuat kulit kering
    Cleansing balm pada dasarnya merupakan pembersih wajah yang mempunyai tekstur balm serta kaya kandungan pelembab dibanding jenis pembersih wajah lainnya. Walaupun teksturnya lebih padat, saat diterapkan pada wajah bentuknya akan mencair seperti cleansing oil. Kamu yang mempunyai jenis kulit berminyak juga dapat memakai cleansing balm loh, karena kandungan produk ini tidak akan mengganggu produksi minyak alami di wajah.
  • Multifungsi
    Meskipun pada dasarnya cleansing balm memang memiliki 2 fungsi sekaligus yakni membersihkan dan melembabkan wajah, namun beberapa produk cleansing balm juga dijejali kemampuan untuk digunakan sebagai masker wajah.

Cleansing Balm atau Cleansing Oil

Kekurangan Cleansing Balm

  • Ribet
    Cleansing Balm sendiri dinilai cukup ribet untuk memakainya. Mulai usaha dari mulai buka wadah, menyendok produk serta memijatnya di kulit sampai emulsi kayaknya bikin produk ini kesannya lebih ribet dibanding cleansing oil ya. Itulah sebabnya produk ini masih kurang populer digunakan dan kebanyakan masih terbiasa memilih cleansing oil.
  • Susah untuk dibersihkan
    Setelah menggunakan Cleansing Balm tentunya kita harus membersihkannya. Namun hal ini cukup membutuhkan sedikit tenaga karena cleansing balm tidak bisa hilang sempurna kalau hanya membilasnya dengan air. Untuk menghilangkannya, kita butuh membersihkan wajah kita dengan handuk hangat yang sudah dibasahi, diamkan sebentar di wajah kita, dan lap dengan lembut.
  • Memberikan kesan lengket
    Menggunakan cleansing balm memberikan kesan lengket yang cukup tinggi. Untuk kamu yang kurang suka dengan kesan lengket dari cleansing balm ini, maka disarankan untuk menggunakan cleansing oil untuk pembersih sehari-hari.

Cleansing Oil

Cleansing oil merupakan pembersih wajah oil-based yang mempunyai tekstur cair seperti minyak. Jenis produk ini umumnya dikemas dalam botol pump, sehingga gampang untuk ditakar dan cenderung lebih higienis dalam pemakaiannya.

Tetapi, karena teksturnya yang cair ini, cleansing oil memberikan kesan berantakan saat digunakan. Terlebih lagi bila kamu berusaha membersihkan heavy makeup dan membutuhkan cleansing oil dalam jumlah yang banyak.

Cleansing oil hadir dalam konsistensi yang cukup beragam, mulai dari yang sangat cair sampai yang kental. Saat dibilas, cleansing oil akan teremulsi oleh air dan berubah tekstur menjadi milky, sehingga bisa terangkat tanpa meninggalkan residu.

Cleansing Balm atau Cleansing Oil

Walaupun begitu, terdapat beberapa merk cleansing oil yang membutuhkan bantuan air hangat untuk membilasnya. Selain bisa dipakai sebagai pembersih wajah, cleansing oil juga bisa dipakai sebagai pembersih kuas makeup.

Rekomendasi cleansing oil yang bisa kamu coba di rumah yaitu dari merek Emina, Sensatia Botanicals, Peek Me, Skin Dewi dan lain sebagainya.

Kelebihan Cleansing Oil

  • Kurangi kebutuhan pelembab
    Cleansing oil mempunyai sifat melembabkan, sehingga saat kamu memakainya untuk membersihkan wajah, kelembaban juga akan senantiasa terjaga. Ketika kamu memakai cleansing oil, kamu akan mengurangi kebutuhan pelembab. Meski kamu sebaiknya tetap memakainya, tetapi kini kamu tidak perlu memakainya dalam jumlah yang terlalu banyak, terlebih jika kulitmu kering.
  • Dapat menjadi makeup remover
    Kebanyakan pembersih wajah memang tidak dapat membersihkan sisa- sisa makeup secara menyeluruh. Namun, beda dengan cleansing oil yang bisa juga digunakan sebagai makeup remover. Baik foundation, eyeshadow, lipstik, maupun eyeliner yang tahan lama, bisa dibersihkan dengan cleansing oil.
  • Wajah terasa lebih lembut
    Cleansing oil umumnya mempunyai kandungan antioksidan, anti- inflamasi, dan juga vitamin yang bisa menjaga kelembaban wajah. Dengan begitu, wajah juga akan tampak lebih dewy, tetapi bukan berlebihan minyak serta teksturnya akan jadi lebih lembut.

Kekurangan Cleansing Oil

  • Mudah tumpah
    Tergantung dari bagaimana rapinya kamu dalam menata meja dandan ya guys. Tetapi, tidak sedikit orang yang mengeluhkan jika cleansing oil mereka mudah tumpah bila tidak sengaja ditutup rapat. Alhasil, makeup shelf jadi basah dengan minyak.
  • Terlalu berminyak
    Nyatanya cleansing oil memiliki sifat berminyak yang tidak semua orang bisa cocok dengan hal ini. Bila kamu tidak terbiasa menggunakan minyak langsung kulit, pastinya cleansing oil bukan opsi yang tepat untuk kamu. Oleh karena itu, cleansing balm merupakan opsi pembersih yang menarik.
  • Meninggalkan jerawat
    Setelah menggunakan cleansing oil tentunya harus dibersihkan dengan bersih hingga tidak tersisa apa-apa lagi. Jika masih tersisa cleansing oil yang ada di wajah, maka jangan heran bila banyak jerawat yang timbul. Untuk itu senantiasa bersihkan wajah dengan bersih setelah menggunakan cleansing oil ya guys!
 Cleansing BalmCleansing Oil
TeksturTekstur semi padat seperti ointmentTekstur cair seperti minyak
KemasanUmumnya dikemas dalam tube atau jarUmumnya dikemas dalam botol pump
PemakaianMudah, namun gampang tumpahRibet, namun nyaman dipakai

Cleansing Balm atau Cleansing Oil

Cleansing Balm atau Cleansing Oil

Perbedaan yang paling mendasar antara keduanya yaitu tekstur dan kemasan. Cleansing oil mempunyai tekstur cair dan umumnya dikemas dalam botol pump. Kalau cleansing balm, memiliki tekstur krim padat serta dikemas di botol wadah bundar.

Oleh karena itu, cleansing oil lebih higienis dari cleansing balm. Isi produk tidak terekspos udara sebanyak cleansing balm. Kita juga tidak mesti mengambil produk dengan jari yang belum tentu bersih.

Beberapa orang mungkin akan sedikit malas memakai cleansing balm karena tutup kemasan mesti diputar setiap sebelum dan setelah digunakan. Pemakaian spatula juga sesungguhnya dapat dianggap “ribet”. Berbeda dengan cleansing oil yang dapat langsung digunakan dengan cuma menekan botol.

Bagus mana Cleansing Balm atau Cleansing Oil?

 Cleansing BalmCleansing Oil
Kelebihan- Dapat meluruhkan makeup dengan baik
- Tidak membuat kulit kering
- Multifungsi
- Kurangi kebutuhan pelembab
- Dapat menjadi makeup remover
- Wajah terasa lebih lembut
Kekurangan- Ribet
- Susah untuk dibersihkan
- Memberikan kesan lengket
- Mudah tumpah
- Terlalu berminyak
- Meninggalkan jerawat

Kesimpulan

Setelah membahas Cleansing Oil dan Cleansing Balm tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua pembersih ini tentunya bisa dipakai untuk semua jenis kulit. Beberapa merek bisa kamu andalkan untuk kedua produk ini sesuai selera dan kebutuhan masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *