fbpx

Bagus mana Body Mist atau Parfum?

Agar bisa tampil lebih percaya diri di depan umum, tentu kamu memerlukan penampilan yang bagus dan wewangian yang segar. Wewangian tubuh sendiri sangat penting mengingat orang akan cenderung menjauh apabila tubuh kita sedikit tidak sedap. Maka dari itu kamu bisa memakai Body Mist atau Parfum.

Body Mist dan Parfum sendiri bisa membuat tubuh kamu menjadi harum sampai 2 jam lebih. Varian merek yang menyediakan kedua wewangian tubuh ini juga sangat banyak sehingga bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan masing-masing.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua wewangian tubuh ini? Untuk itu yuk simak terus Bagusmana.id kali ini agar bisa kamu jadikan acuan dalam memilih wewangian tubuh andalan kamu sehari-hari.

Body Mist atau Parfum

Body Mist

Body mist yang mempunyai aroma wangi lembut dan ringan dapat dipakai sebagai pengganti parfum yang bisa dipakai sehari-hari. Kamu juga dapat memakainya saat ingin mengubah mood maupun saat beristirahat sebelum tidur. Sebab aromanya yang ringan, body mist dapat dipakai oleh kamu yang kurang aman dengan aroma menusuk parfum.

Body mist umumnya juga mempunyai bahan kandungan pelembab seperti hyaluronic acid, kolagen, squalane, dan lain-lain. Bahan-bahan itu mempunyai efek positif untuk perawatan tubuh serta rambut.

Bila kamu juga mau memakai body mist sekaligus sebagai toner atau hair mist, pilihlah produk dengan kandungan pelembab. Baca juga: Bagus mana Parfum Zara atau Victoria Secret?

Kelebihan Body Mist

  • Mengharumkan tubuh
    Fungsi body mist yang pertama ini bisa kamu nikmati sebab body mist mengandung essential oil serta ekstrak bunga ataupun buah-buahan yang mempunyai keharuman yang khas. Wangi essential oil sendiri amat kuat, alhasil kapanpun kamu merasa tubuh lepek, berkeringat, atau terlalu lama terpapar debu dan polusi, semprotan body mist akan dengan segera mengusir bau-bauan yang tidak diinginkan itu.
  • Menyegarkan kulit
    Fungsi body mist yang kedua ini bisa kamu nikmati karena selain essential oil, ekstrak bunga serta buah, dan alkohol, body mist juga mengandung air. Air amat diperlukan oleh kulit tubuh supaya tetap fresh dan terhidrasi, terutama kalau kamu seharian sibuk beraktivitas di ruangan atau area outdoor yang panas. Jadi, bila saja merasa kulit kering atau berkurang kelembapannya, semprotkan saja body mist, ya.
  • Mengandung bahan alami yang bisa menutrisi kulit
    Seperti sudah disebutkan dalam penjelasan di atas, body mist mengandung ekstrak bunga dan buah-buahan. Nah, selain harum, umumnya kandungan dari bunga, buah, atau bahan-bahan alami lainnya itu juga mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Kekurangan Body Mist

  • Tidak bertahan lama
    Di dalam setiap body mist, terkandung dua persen essential oil, dan sisanya merupakan air dan alkohol. Tidak heran, wangi dari body mist yang kamu gunakan mungkin besar cuma bertahan sampai satu jam. Sehingga mesti digunakan ulang dengan cara disemprotkan ke bagian tubuh. Umumnya, body mist juga dijual dengan botol yang lebih besar.
  • Pemakaian cenderung boros
    Karena body mist tidak bertahan lama, maka para pemakainya cenderung menggunakannya secara terus menerus sehingga menyebabkan body mist jadi cepat habis. Hal ini tentu pemborosan yang menjadi kekurangan cukup berarti.
  • Resiko alergi
    Semua kandungan yang ada pada body mist tidak semerta-merta akan sesuai dan cocok dengan kulit para pemakainya. Untuk itu kamu mesti lebih cermat dalam melihat kandungan yang ada pada body mist, jika tidak maka tentu kamu akan mengalami resiko alergi yang merugikan kulit.

Body Mist atau Parfum

Parfum

Parfum atau minyak wangi merupakan wewangian yang dihasilkan dari proses ekstraksi bahan-bahan aromatik yang dipakai untuk memberikan aroma wangi untuk tubuh, obyek benda atau ruangan. Proses ekstraksi tersebut menghasilkan minyak esensial yang mempunyai aroma wangi yang amat pekat.

Kebanyakan parfum dihasilkan dari ekstrak tumbuh-tumbuhan seperti bunga, akar, daun atau kayu tapi ada juga yang berasal dari hewan seperti musk (kasturi) yang dihasilkan dari kelenjar rusa.

Tetapi pada konteks nya di jaman sekarang musk pada parfum telah diganti dengan senyawa sintetik, sebab adanya pelarangan keras atas perburuan rusa yang merupakan hewan yang dilindungi.

Parfum yang biasa dijual tidak terdiri dari sepenuhnya minyak esensial murni, melainkan sudah melewati proses pencampuran dan pengenceran, campuran tersebut terdiri dari minyak esensial itu sendiri, air destilasi dan alkohol.

Kelebihan Parfum

  • Tahan lama
    Berbeda dengan body mist, parfum cenderung memiliki daya tahan yang lama. Maka dari itulah banyak orang yang lebih memilih parfum ketimbang body mist untuk pewangi tubuh mereka masing-masing.
  • Menunjang kepercayaan diri
    Karena penggunaan parfum yang mampu bertahan sampai 3 jam lebih, tentu akan membuat para pemakainya jadi lebih percaya diri. Aktivitas kamu bersama teman, keluarga dan pacar pun akan lancar tanpa pusing memikirkan wewangian tubuh.
  • Mudah didapat
    Parfum sendiri cenderung lebih mudah didapat ketimbang body mist. Hal inilah yang membuat orang jadi lebih suka menggunakan parfum ketimbang body mist untuk wewangian tubuh mereka sehari-hari.

Body Mist atau Parfum

Kekurangan Parfum

  • Resiko alergi
    Dokter Heather Patisaul, seorang pakar biologi di North Carolina State University, mengungkapkan, parfum tidak cuma dapat membuat seseorang alergi, seperti bersin, sakit kepala, sampai pilek.
  • Menyebabkan beberapa sindrom yang berbahaya
    Pada wanita, paparan phthalate dari parfum bisa menimbulkan masalah sindrom ovarium polikistik. Sindrom gangguan hormonal itu bisa mengakibatkan menstruasi yang tidak teratur, timbul jerawat, pertumbuhan rambut yang tidak teratur, sampai susah untuk hamil. Paparan DEP ini juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.
  • Membekas ke pakaian
    Bila cara pemakaian parfum yang kamu gunakan salah, umumnya akan membekas di pakaian. Untuk itu kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai cara pemakaian parfum yang benar dengan membaca lebih lanjut cara pemakaian pada setiap kemasan parfum.
 Body Mist Parfum
Bahan utamaHyaluronic acid, kolagen, squalane dan sebagainyaTumbuh-tumbuhan seperti bunga, akar, daun kayu
Ketahanan2-3 jam3-8 jam
Harga per Desember 2019Rp 300.000,- keatasRp 450.000,- keatas

Tips memilih minyak wangi:

1. Mengetahui aroma utama dari minyak wangi
Perihal pertama yang perlu dipahami yaitu jika setiap minyak wangi mempunyai aroma inti dan dapat berubah seiring waktu. Pada dasarnya, minyak wangi terdiri dari 3 aroma, yakni top, middle dan bottom.

Top note merupakan aroma yang akan bertahan selama 15 menit pertama setelah minyak wangi disemprot. Setelahnya, kamu akan menghirup middle note selama beberapa jam selanjutnya.

Dan setelahnya, bottom note akan bertahan selama seharian. Jadi, saat memilih minyak wangi, yakinkan kalian juga menyukai middle dan bottom note-nya.

2. Cobalah untuk mencari tahu aroma yang kamu sukai
Mungkin ada beberapa minyak wangi yang kamu sukai. Coba cari minyak wangi yang aromanya mirip. Ketika pergi ke gerai, kamu dapat memberitahu pelayannya mengenai aroma itu dan mencari yang mirip.

3. Coba aroma lebih ringan terlebih dulu
Saat mencoba beberapa aroma berbeda, mulailah dengan yang ringan. Aroma musk merupakan yang paling ringan serta kayu diklaim paling berat. Jadi, cobalah aroma musky, ke aroma jeruk, ke aroma bunga, kemudian ke aroma kayu.

Body Mist atau Parfum

4. Jangan mencoba semua aroma sekaligus
Semakin banyak mencium aroma minyak wangi, kamu akan semakin bimbang dan tidak akurat dalam memilih aroma. Jadi, sebaiknya cobalah maksimal 3 aroma dalam satu waktu.

5. Cobalah aroma di dekat denyut nadi
Cara terbaik untuk menguji bagaimana aroma akan bertahan yaitu dengan menggunakannya pada titik-titik nadi tubuh. Denyut nadi tubuh merupakan di belakang telinga, pangkal tenggorokan di pergelangan tangan, siku bagian dalam dan di belakang lutut. Poin-poin ini membantu meningkatkan aroma.

6. Kasih jeda antara satu dengan lainnya
Perihal lain yang perlu diingat ketika menguji suatu aroma yaitu memberi jeda. Jangan mencobanya sekaligus. Cium aroma kopi setelah mencoba salah satu aroma atau beri sela waktu beberapa lama sebelum mencobanya kembali.

7. Biarkan aromanya menguap
Aroma yang dicium saat permulaan tidak akan kamu hirup sepanjang hari. Bau tubuhmu juga akan mempengaruhi aroma minyak wangi. Minyak wangi yang sama mempunyai aroma berbeda pada setiap orang.

8. Memiliki rekomendasi minyak wangi terkenal
Dan yang terakhir kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi minyak wangi terkenal seperti Zara, BOSS, The Body Shop, Bvlgari dan lain sebagainya.

Bagus mana Body Mist atau Parfum?

 Body Mist Parfum
Kelebihan- Mengharumkan tubuh
- Menyegarkan kulit
- Mengandung bahan alami yang bisa menutrisi kulit
- Tahan lama
- Menunjang kepercayaan diri
- Mudah didapat
Keterangan- Tidak bertahan lama
- Pemakaian cenderung boros
- Resiko alergi
- Resiko alergi
- Menyebabkan beberapa sindrom yang berbahaya
- Membekas ke pakaian

Kesimpulan

Body Mist dan Parfum bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Namun jika kamu menginginkan ketahanan wangi yang lama, maka Parfum adalah jawaban yang tepat untuk kamu. Dan Body Mist cocok untuk kamu yang menginginkan kesan aroma yang lebih lembut dan manis. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *