Bagus mana Argan Oil vs Minyak Zaitun

Siapa yang tidak menginginkan kulit yang yang sehat dan lembut. Tentu semua orang sangat mengidamkannya bukan? Ada berbagai cara untuk memperoleh kulit yang lembut, cerah dan juga sehat yaitu dengan melakukan perawatan kecantikan serta memilih produk kecantikan yang tepat.

Kini sedang maraknya berbagai jenis skincare yang dijual dipasaran memiliki kandungan minyak yang berasal dari bahan-bahan alami. Seperti skincare yang berbahan utama Argan Oil dan Minyak Zaitun.

Apa saja ya kira-kira manfaat dari kedua minyak ini bagi kesehatan tubuh dan kecantikan? Penasaran ingin tahu lebih lengkap? Tenang, kami telah memberikan perbandingannya untuk Anda. Stay tune terus di Bagusmana.id ya! Baca juga: Bagus mana Minyak Zaitun Wardah vs Minyak Zaitun Mustika Ratu

Argan Oil vs Minyak Zaitun

Argan Oil

Argan oil adalah salah satu minyak yang berasal dari ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di dataran Maroko. Argan oil banyak digunakan oleh gadis-gadis Timur Tengah sebagai salah satu rahasia kecantikan mereka.

Argan oil sendiri sering disebut-sebut sebagai ‘emas cair’ karena khasiat dan manfaatnya sebagai produk kecantikan yang telah dikenal sejak zaman sebelum masehi. Argan oil juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kulit,loh.

Argan oil juga memiliki formula yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. Namun, minyak argan oil memiliki tekstur yang pas sehingga sangat baik digunakan oleh ragam jenis kulit. Argan oil sendiri memiliki kandungan formula yang terdiri dari asam lemak omega tiga, vitamin E, dan linoleic acid.

Formula-formula tersebut mampu bekerja optimal untuk melembabkan, melembutkan. serta meminimalisasi dan memperbaiki kulit yang berjerawat. Seperti yang dilansir dari allure.com, argan oil memiliki formula yang tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak akan menimbulkan pembentukan komedo di wajah.

Faktanya,argan oil tak pernah tercatat menyebabkan komedo pada kulit. Jadi jika Anda memiliki kulit yang berjerawat, maka tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan argan oil untuk membantu menyehatkan kulit secara optimal.

Kelebihan Argan Oil

Berikut ini Kelebihan Argan Oil:

  • Mampu menghilangkan stretch mark
    Kelebihan satu ini akan sangat membantu Anda dalam menghilangkan stretch mark. Guratan yang biasanya muncul di bagian paha, perut dan bokong, membuat banyak wanita tak percaya diri. Biasanya stretch mark hadir karena kehamilan dan penurunan berat badan. Namun, kini masalah tersebut bisa Anda atasi. Minyak argan dapat membantu menghapus masalah stretch mark.
  • Mencegah kulit dari sinar matahari
    Selain mampu menghilangkan stretch mark pada tubuh Anda setelah melahirkan. Argan oil juga bisa merangkap menjadi sunscreen yang bisa melindungi kulit wajah Anda dari sinar matahari. Dengan formula antioksidan dan kandungan vitamin E yang sangat tinggi, minyak argan akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari dan berbagai radikal bebas.

Argan Oil vs Minyak Zaitun

Kekurangan Argan Oil

Berikut ini Kekurangan Argan Oil:

  • Tidak mengatasi gejala penuaan
    Kekurangan yang ada pada argan oil yaitu Meskipun argan oil mengklaim bahwa memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab untuk kerusakan kulit yang mampu mencegah gejala penuaan seperti garis halus dan kerutan. Namun, beberapa produk argan oil justru tidak memberikan manfaat yang sama seperti yang diklaim.
  • Produk sering dipalsukan
    Harga argan oil yang relatif mahal membuat minyak ini sering dipalsukan dan didistribusikan ulang dengan harga yang murah, ataupun minyak argan asli sering dicampur dengan campuran minyak yang lain. Hal ini berdampak pada reaksi alergi pada sebagian orang akibat argan oil palsu yang beredar.

Rekomendasi Produk dengan Bahan Argan Oil

  1. Indoganic Argan Oil
    Rekomendasi pertama ada Indoganic Argan Oil. Kandungan antioksidan dalam wujud vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk melembabkan sekaligus memelihara elastisitas kulit wajah.
    Di sisi lain, argan oil sanggup menahan kelebihan minyak, sehingga ideal digunakan oleh Anda yang berkulit normal cenderung berminyak. Ketika dioleskan ke kulit, Indoganic Argan Oil tidak memberikan kesan lengket. Formula yang ringan menjadikannya cepat meresap ke dalam kulit.
  2. Now Foods Argan Oil Organic
    Produk argan oil terbaik selanjutnya datang dari Now Foods Argan Oil Organic. Untuk Anda yang tengah menghadapi masalah kekeringan di bagian-bagian tubuh, seperti rambut, kulit kepala, serta kulit tubuh, maka produk inilah solusinya. Now Foods Argan Oil kaya akan asam lemak yang sanggup melembabkan serta memperbaiki kondisi kulit dan rambut Anda. Selain itu, kandungan 100% argan oil murni di dalamnya juga menjadikan produk ini sanggup menutrisi, menenangkan, serta melindungi kulit secara maksimal.Produk ini juga diklaim sanggup membantu menjaga keseimbangan pH kulit sehingga bisa mengurangi sekresi sebum berlebih secara keseluruhan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau minyak olive adalah salah satu minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun.

Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun serta sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Minyak zaitun juga baik bagi kesehatan kulit. Ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh Minyak Zaitun loh. Nah, kami akan merangkumnya lebih jelas untuk Anda. Berikut penjelasannya:

Argan Oil vs Minyak Zaitun 2

Kelebihan Minyak Zaitun

Berikut ini Kelebihan Minyak Zaitun:

  • Mampu mengencangkan kulit
    Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun dapat membantu menjaga kadar air pada kulit wajah Anda. Hal ini ampuh membuat mengusir keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.
  • Mampu melindungi kulit dari radikal bebas
    Kelebihan lainnya yang ada pada minyak zaitun yaitu kaya akan kandungan vitamin A, D, E, dan K, seperti dilansir dari goodhousekeeping.com. Vitamin E sendiri yang terdapat dalam minyak zaitun merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kekurangan Minyak Zaitun

Berikut ini Kekurangan Minyak Zaitun:

  • Tidak cocok untuk kulit sensitif
    Bagi Anda yang memiliki kulit sangat sensitif, kering, dan juga rentan terhadap eksim maka sebaiknya berhati-hati menggunakan minyak zaitun, karena berpotensi menyebabkan kerusakan lebih lanjut bagi pelindung kulit.
  • Resiko timbul jerawat
    Kekurangan lainnya yang ada pada minyak ini yaitu beresiko menyumbat pori-pori di kulit wajah Anda. Hal ini bisa memicu tumbuhnya jerawat. Maka sebaiknya gunakan sedikit saja ketika Anda akan mengaplikasikannya di kulit wajah. Anda bisa mulai dengan perlahan, dan lihat bagaimana reaksi terhadap pemakaian minyak zaitun di kulit wajah Anda.

Rekomendasi Produk dengan Bahan Minyak Zaitun

  1. Ovale Olive Oil
    Tak hanya untuk wajah, minyak zaitun keluaran brand Ovale yang kali ini kami rekomendasikan memang diformulasikan untuk merawat seluruh bagian tubuh. Produk ini bisa digunakan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Dikemas dalam botol berukuran 100 ml dengan tutup aluminium, Ovale Olive Oil bisa dengan mudah Anda temukan di supermarket maupun minimarket. Berwarna bening kehijauan, aroma produk ini cenderung lembut dan tidak terlalu bertahan lama sehingga sesuai untuk Anda yang kurang suka dengan produk kecantikan yang terlalu wangi.
  2. Minyak Zaitun Hpai (Extra Virgin Olive Oil)
    Minyak zaitun Hpai merupakan minyak yang dikategorikan sebagai Extra Virgin Olive Oil atau EVOO. EVOO bisa juga disebut sebagai minyak zaitun murni lantaran tidak mengandung bahan campuran. Tak hanya bermanfaat bagi kecantikan, EVOO pada umumnya juga dapat dikonsumsi secara langsung. Minyak zaitun Hpai kerap digunakan sebagai campuran masker atau pembersih wajah.
KeteranganArgan Oil Minyak Zaitun
Tempat AsalBerasal dari MarokoPohon tradisional dari basin Mediterania
HargaRp59.200 - Rp130.000Rp35.000 - Rp120.000

Bagus mana Argan Oil vs Minyak Zaitun

KeteranganArgan Oil Minyak Zaitun
Kelebihan-Mampu menghilangkan stretch mark
-Mencegah kulit dari sinar matahari
-Mampu mengencangkan kulit
-Mampu melindungi kulit dari radikal bebas
Kekurangan-Tidak mengatasi gejala penuaan
-Produk sering dipalsukan
-Tidak cocok untuk kulit sensitif
-Resiko timbul jerawat

Kesimpulan

Dari perbandingan mengenai Argan Oil dan Minyak Zaitun diatas, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Selain itu keduanya sangat aman untuk Anda aplikasikan sebagai campuran masker atau pembersih wajah. Namun tetap ingat, gunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda ya!

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *