fbpx

Bagus mana Air Mawar atau Cuka Apel?

Memiliki wajah yang cerah dan mulus tidak semerta-merta menggunakan skincare dari merk ternama kok. Kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti Air Mawar dan Cuka Apel yang akan kita bahas kali ini.

Air Mawar dan Cuka Apel adalah bahan-bahan yang bermanfaat untuk wajah jadi lebih bersih dan sudah dipakai sejak puluhan tahun lamanya. Beberapa merk ternama juga sudah menggunakan kedua bahan ini untuk kandungan yang ada di dalamnya.

Penasaran dengan detail dari kedua bahan tersebut? Untuk itu yuk simak terus Bagusmana.id kali ini agar bisa kamu jadikan acuan dalam memilih produk pembersih wajah kamu jadi lebih cerah. Disini aja ya!

Air Mawar atau Cuka Apel

Air Mawar

Rose water atau air mawar mungkin bukan produk kecantikan yang terkenal. Padahal, air mawar sudah dipakai selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk produk kecantikan dan produk makanan juga minuman.

Air mawar dibuat dengan cara melakukan penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menciptakan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.

Air mawar mengandung bahan antiseptik serta antibakteri yang bermanfaat sebab efek relaksasinya pada kulit. Sifat dari air mawar sendiri yang anti inflamasi juga akan meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit kamu.

Selain itu, air mawar pula mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini dapat bekerja dengan baik di kulit wajah sebagai antioksidan yang dipercaya sanggup melawan penuaan (aging). Baca juga: Bagus mana Face Mist Pixy vs Mineral Botanica

Kelebihan Air Mawar

  • Toner wajah alami
    Manfaat air mawar yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Yup! Air mawar sering dipakai sebagai toner atau pembersih wajah yang dapat memberikan efek menyegarkan di kulit wajah. Kamu dapat menuangkan air mawar pada kapas, kemudian tepuk-tepuk pada permukaan wajah kamu. Lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin.
  • Mencegah munculnya jerawat
    Antiseptik yang terkandung di dalam air mawar berguna untuk menangani masalah bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat. Gunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum memakai skincare. Dengan cara yang sama, lakukan juga di malam hari.
  • Mencerahkan kulit wajah
    Manfaat air mawar lainnya yaitu untuk mencerahkan kulit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin A dan E yang bekerja amat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar sanggup memperkuat sel-sel kulit serta meregenerasi jaringan kulit.

Kekurangan Air Mawar

  • Resiko alergi
    Walaupun berbahan dasar dari alam, reaksi alergi atau iritasi bisa saja terjadi. Perihal ini tergantung pada jenis kulit dan tingkat ke-sensitifan terhadap adanya paparan suatu zat (baik itu alami maupun kimia). Jadi apabila timbul rasa gatal, perih, panas, kulit menjadi merah, atau bahkan bengkak/bentol maka sebaiknya kamu menghentikan pemakaian air mawar tersebut.
  • Tidak bisa menyembuhkan jerawat
    Jika kelebihan dari air mawar tadi mencegah adanya jerawat, maka berbeda jika wajah sudah terkena jerawat. Air mawar sendiri berbeda dengan cuka apel, yang mana tidak bisa untuk mengobati jerawat.
  • Tidak bisa membersihkan makeup
    Tidak bisa membersihkan makeup menjadi kekurangan yang sebenarnya tidak terlalu dipermasalahkan oleh beberapa pemakainya. Namun akan lebih baik jika air mawar bisa menjadi pembersih makeup.

Air Mawar atau Cuka Apel

Rekomendasi Air Mawar

1. Mustika Ratu Penyegar Mawar Merah
Produk ini mempunyai pasangan berupa Mustika Ratu Pembersih Mawar Merah yang berupa milk cleanser. Tetapi, kamu dapat memakai produk ini secara terpisah sebagai hydrating toner yang digunakan setelah kamu membersihkan wajah dengan sabun pembersih.

2. La Tulipe Air Mawar
Salah satu manfaat air mawar yaitu sebagai anti- aging buat wajah, seperti air mawar dari La Tulipe yang satu ini. Walaupun konsentrasi cairannya lebih thick dari air mawar pada umumnya, produk ini masih dapat meresap ke kapas dengan baik.

3. Haple.id Air Mawar
Sudah tahu belum jika air mawar dapat dipakai untuk menyeimbangkan pH di kulit wajahmu? Bahkan, air mawar dapat bekerja lebih baik dibanding dengan kandungan hydrating toner lainnya karena ia cenderung lebih lembut pada kulit wajah karena kandungan bahannya yang alami serta natural.

Cuka Apel

Cuka apel sudah terbukti menjadi solusi efektif untuk mengobati eksim dan kondisi kulit lainnya. Cuka apel juga berkhasiat untuk menjaga gigi dan tulang tetap kuat, mencegah rambut rontok, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, memperbaiki daya tahan tubuh dari serangan virus, bakteri, serta jamur.

Cuka apel mengandung beta-karoten, yang mendukung regenerasi sel-sel kulit mati. Cuka apel juga menjadi sumber asam asetat, asam laktat serta asam malat. Minuman sari apel ini bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membantu memerangi infeksi kulit, meredakan kulit kering, peradangan, serta gatal.

Membersihkan wajah dengan asam apel setiap hari bisa meremajakan kulit wajah, sebab mengandung sumber potasium yang amat baik, yang sanggup membantu menyeimbangkan pH kulit serta melawan alergi.

Air Mawar atau Cuka Apel

Tetapi, kamu tidak boleh memakai cuka apel murni untuk membasuh wajah. Buatlah larutan campuran: cuka apel 50% serta air 50%. Sebelum mencuci wajah dengan air ini, oleskan pada kulit tangan kamu terlebih dulu untuk menguji efeknya. Pastikan kulit kamu tidak sensitif.

Kelebihan Cuka Apel

  • Bantu kurangi bintik hitam
    Ketika kamu membersihkan wajah setiap hari dengan cuka apel, kamu akan melihat perubahan yang terjadi pada bintik-bintik hitam di wajah. Cuka apel kaya akan asam alfa hidroksi yang akan mengangkat sel kulit mati serta menggantinya dengan yang baru.
  • Melawan noda, jerawat serta bekas jerawat
    Cuka apel bisa memberikan efek yang sama seperti krim jerawat komersial. Sari apel ini mengandung asam malat yang bertabiat antijamur, antibakteri dan antiviral, sehingga mencegah pembentukan jerawat, mengurangi bekasnya serta melawan bakteri penyebab jerawat.
  • Lawan kerutan
    Cuka sari apel yang dilarutkan bisa membantu meminimalkan munculnya garis-garis halus serta keriput. Kamu dapat merendam kapas atau kain katun di dalam cuka sari apel encer, kemudian balurkan pada kulit kamu. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Kekurangan Cuka Apel

  • Efek gatal serta panas
    Bahaya cuka apel untuk wajah yang pertama yaitu bisa menimbulkan efek gatal serta panas pada wajah. Pada beberapa orang mungkin efek ini dapat diartikan bahwa cuka apel sedang bekerja menyelesaikan masalah yang kamu sedang alami. Seperti membasmi bakteri yang menimbulkan jerawat misalnya.
  • Iritasi kulit
    Selain memberikan efek gatal serta panas, bahaya cuka apel untuk wajah lainnya yaitu bisa menimbulkan iritasi kulit. Cuka apel mempunyai kandungan asam yang tinggi sehingga bisa berpotensi menimbulkan kulit melepuh, iritasi pada kulit, serta kulit kemerahan.
  • Kulit kering
    Bahaya cuka apel untuk wajah berikutnya yaitu bisa menimbulkan kulit kering. Pemakaian cuka apel pada kulit kering tidak direkomendasikan karena bisa memperburuk kondisi kulit. Selain karena bersifat asam, cuka apel juga merupakan produk fermentasi yang mempunyai kandungan alkohol.

Rekomendasi Cuka Apel

1. S&W Premium Food Apple Cider Vinegar
Dengan memakai cuka apel ini sebagai toner, kamu akan merasakan efek positif terhadap kulit, seperti menghaluskan wajah, menghilangkan jerawat, noda hitam, dan mengurangi minyak di wajah. Produk ini cocok untuk kamu yang menginginkan kulit wajah mulus serta cerah alami.

2. Dynamic Health Apple Cider Vinegar With Mother Certified Organic
Klaim dari produk ini sanggup menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol gula darah, menurunkan berat badan, bisa dipakai sebagai toner wajah, serta menghilangkan bau mulut.

3. Heinz Apple Cider Vinegar
Produk ini hadir dengan teknologi ultrafiltered yang mutakhir. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bila cuka apel Heinz Apple Cider Vinegar terlihat sangat jernih. Kandungan kadar asam dalam asam apel ini sampai 5% serta tentunya tidak mengandung alkohol.

  Air MawarCuka Apel
PembuatanPenyulingan kelopak bunga mawarPendiaman apel yang sudah dipotong dan diberi air gula selama 2-3 minggu
Kandungan vitamin A, C, dan ESumber potasium, beta-karoten

Bagus mana Air Mawar atau Cuka Apel?

  Air MawarCuka Apel
Kelebihan - Toner wajah alami
- Mencegah munculnya jerawat
- Mencerahkan kulit wajah
- Bantu kurangi bintik hitam
- Melawan noda, jerawat serta bekas jerawat
- Lawan kerutan
Kekurangan - Resiko alergi
- Tidak bisa menyembuhkan jerawat
- Tidak bisa membersihkan makeup
- Efek gatal serta panas
- Iritasi kulit
- Kulit kering

Kesimpulan

Setelah membahas Air Mawar dan Cuka Apel tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua bahan ini bermanfaat baik untuk wajah. Selalu pastikan kandungan lainnya yang ada di dalamnya agar tidak terkena resiko alergi yang buruk untuk kulit. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *